Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Pertimbangkan Hal-Hal Berikut Ini Agar Kamu Tidak Salah Menentukan Pilihan Karier

Jangan sampai salah jalur

Memperoleh pekerjaan terbilang susah-susah gampang, bergantung pada usaha, ketersediaan lapangan kerja serta skill yang dimiliki masing-masing orang. Karenanya, tidak jarang pekerjaan yang dijalani tidak sejalan dengan karier impian yang sudah didambakan sejak lama. Tidak sedikit orang justru terjebak dalam pilihan karier yang tidak sesuai keinginan sehingga performa dalam bekerja pun menjadi kurang maksimal dan rasa frustasi pun lebih sering menjadi teman.

Agar hal tersebut tidak menimpa kamu, simak yuk beberapa tips menentukan pilihan karier berikut ini!

Kenali Diri Sendiri

@stories via Freepik

Tips menentukan pilihan karier ini mungkin terdengar klise. Namun, mengenali diri sendiri adalah langkah pertama yang perlu kamu ambil. Sebelum menentukan pilihan karir, kamu perlu mengetahui apa minat kamu, nilai-nilai dan prinsip yang kamu anut, serta bakat dan kemampuan apa yang kamu miliki.

Setiap orang tentu memiliki kemampuan, bakat, minat serta prinsip yang berbeda-beda. Ada yang senang berinteraksi dengan banyak orang, ada yang lebih suka berada di belakang layar, dan ada juga yang suka tantangan. Ada yang jago menulis, menggambar, menghitung uang dan masih banyak lagi.

Dengan mengetahui segala kemampuan yang kamu punya, kamu bisa semakin memperdalam dan mengasah kelebihan tersebut sehingga bisa berkarier di bidang yang sesuai dengan kemampuan kamu. Kamu tentu tetap perlu beradaptasi dengan lingkungan kerja serta job desc pekerjaan kamu. Namun, semuanya bisa terasa mudah dan menyenangkan jika karier yang kamu jalani sesuai dengan skill yang kamu punya. Kamu bisa mencoba melakukan tes atau membuat daftar pertanyaan untuk menyaring kira-kira pekerjaan apa yang sesuai dengan karier impian kamu.

Buat Daftar Pekerjaan

@cathrynlavery via Unsplash

Dewasa ini, kamu mungkin menjumpai banyak pilihan pekerjaan apalagi dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Setelah melakukan serangkaian tes karier atau menyaring berbagai pekerjaan yang paling cocok dengan kamu, kamu masih harus memahami detail setiap pekerjaan tersebut dan menemukan yang paling sesuai.

Tips menentukan pilihan karier ini bisa kamu coba agar kamu tidak salah langkah atau menyesal di kemudian hari. Kamu bisa melakukan research tentang background study, job description, sistem kerja, serta pelatihan apa yang kira-kira kamu butuhkan tentang pekerjaan tersebut. Kamu mungkin akan menemukan informasi tidak terduga saat menjelajahi informasi tentang pekerjaan-pekerjaan tersebut.

Kamu bisa saja mendapati job desc yang kurang menarik perhatian atau tidak sesuai dengan kriteria yang kamu inginkan. Kualifikasi untuk pekerjaan tersebut juga bisa saja tidak sesuai dengan passion atau latar belakang pendidikan kamu sehingga nantinya kamu harus berusaha lebih ekstra untuk beradaptasi dan mengejar ketidaktahuan kamu. Kalau begitu, kamu bisa mencoretnya dari daftar dan fokus pada pilihan pekerjaan lainnya.

Jika kamu masih belum yakin, kamu bisa bertanya pada orang-orang yang sudah terlebih dahulu terjun ke dalam profesi tersebut. Coba tanyakan pada teman, saudara, atau orang asing dengan memanfaatkan media sosial seperti forum, grup, atau LinkedIn.

BACA JUGA: Sulit Dapatkan Pekerjaan? Mungkin Kamu Harus Mempertimbangkan 10 Pekerjaan Yang Paling Dicari 2021 Oleh Perusahaan Berikut Ini

Pikirkan Hal yang Menyenangkan dan Membuat Semangat

@giulia_bertelli via Unsplash

Tips menentukan pilihan karier berikutnya adalah dengan mempertimbangkan hal-hal yang bisa membuat kamu senang dan bersemangat. Setiap orang pasti menginginkan pekerjaan yang dapat mereka nikmati. Jika kamu kerap dilanda rasa takut saat membicarakan soal pekerjaan kamu, kemungkinan kamu telah salah memilih jenjang karier.

Pekerjaan sendiri tidak harus melulu mengikuti mayoritas, misal bekerja kantoran atau untuk pemerintah. Kamu juga bisa lho mempertimbangkan hobby yang sudah pasti kamu sukai dan senangi. Jika kamu suka menulis, mungkin dunia jurnalisme atau fiksi bisa kamu tekuni.

Suka memasak? Kamu bisa mencoba karier menjadi koki atau membuka usaha makanan seperti catering, tempat makan, makanan ringan, dan semacamnya. Jika kamu punya kelebihan dalam bahasa asing, kamu bisa menjajal dunia penerjemahan, menulis, dan sebagainya.

Abaikan rumput tetangga yang selalu tampak lebih hijau dan fokus saja pada hal yang membuat kamu nyaman. Siapa yang tahu ternyata hobi kamu membawa banyak pundi-pundi uang!

BACA JUGA: Hati-Hati! Ini Dia 10 Mindset Salah Kaprah Fresh Graduate Dalam Memilih Pekerjaan

Pertimbangan Gaji

Alexander Mils via Unsplash

Jenjang karier yang berbeda tentu menawarkan pendapatan yang juga beragam. Gaji terkadang tidak bisa disamakan dengan kepuasan yang kamu dapat dalam pekerjaan. Namun, dengan mempertimbangkan gaji yang kamu dapat, kamu bisa memperkirakan berapa banyak uang yang akan kamu terima di awal karier serta tahun-tahun selanjutnya setelah kamu memperoleh cukup banyak pengalaman. Dengan begitu, kamu juga bisa belajar mengalokasikan dana untuk keperluan mendasar hingga hiburan.

Keluar dari Zona Nyaman

@pch.vector via Freepik

Memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan karier impian jarang terjadi dalam satu kali percobaan. Kamu mungkin terlanjur mengambil pekerjaan yang ternyata tidak sesuai passion, kemampuan dan prinsip kamu. Jangan bersedih!

Tidak ada kata terlambat untuk meraih karier impian kamu. Beranikan diri untuk keluar dari zona nyaman dan cobalah hal baru. Jika kamu terus terjebak dalam jenjang karier yang tidak tepat, sulit bagi kamu untuk memperoleh kesempatan mengerjar karier impian.

Kamu bisa mencoba mengembangkan kemampuan diri, bertemu dengan orang baru, hingga akhirnya menjajal pekerjaan baru. Jadikan pengalaman di pekerjaan lama sebagai pelajaran. Renungkan apa yang membuat kamu nyaman di pekerjaan lama dan apa yang tidak kamu sukai. Dengan begitu, kamu bisa melangkah ke depan dengan ringan dan penuh semangat.

BACA JUGA: Sering Menangis Di Toilet Kantor? Ini Dia 10 Ciri-Ciri Lingkungan Kerja Yang Tak Sehat

Ajukan Pertanyaan

Jess Bailey via Unsplash

Tips menentukan pilihan karier satu ini juga bisa kamu lakukan untuk semakin memantapkan pilihan. Ada banyak pertanyaan yang dapat kamu lontarkan pada diri sendiri, beberapa di antaranya adalah:

  • Apa saja kelemahan dan kelebihan kamu?
  • Kegiatan apa yang kamu sukai?
  • Apa kamu suka berada di dalam atau luar ruagan?
  • Apa kamu lebih suka bekerja dengan orang, data, buku atau hewan?
  • Apa kamu termasuk leader atau follower?
  • Apa kamu lebih suka berfokus menghasilkan ide atau melakuka tindakan?
  • Apa kamu memilih bekerja sendiri atau dalam kelompok?
  • Apa kamu termasuk orang kreatif atau lebih nyaman dengan rutinitas dan terstruktur?
  • Akankah kamu menikmati pekerjaan tersebut?
  • Cocokkah dengan preferensi kamu?
  • Apa kemampuan kamu sesuai dengan pekerjaannya?
  • Apa perusahaan yang kamu tuju sesuai dengan prinsip kamu?
  • Adakah kendala yang perlu dipertimbangkan, misalnya lokasi, kurangnya skill, dan jumlah gaji?

Saatnya Beraksi!

Bram Naus via Unsplash

Setelah menetukan pilihan, mulailah membuat rencana karier kamu. Tuliskan tujuan serta langkah-langkah yang perlu kamu ambil untuk bisa mencapai impian tersebut. Masukkan kira-kira kendala apa yang akan kamu hadapi, kekurangan apa yang perlu kamu perbaiki, skill apa yang perlu kamu kuasai, serta hal-hal yang bisa kamu gunakan untuk mengembangkan diri. Jangan lupa siapkan CV dan portfolio terbaik kamu!

Stay Happy bersama Bob!

Sebelum mulai menggeluti karier impian kamu, manjakan diri dulu yuk dengan staycation di Bobobox! Hotel kapsul satu ini akan memberikan pengalaman menginap yang berbeda dengan konsepnya yang unik dan modern.

Selain itu, Bobobox juga dilengkapi dengan fitur lampu LED yang bisa kamu sesuaikan dengan suasana hati dan kebutuhan. Apapun mood kamu, pasti nyaman selama bersama Bobobox. Untuk pemesanannya kamarnya, gampang banget. Tinggal unduh aplikasi Bobobox dan booking kamar yang kamu mau. Kamu akan mendapatkan QR code yang berfungsi sebagai kunci masuk kamr. No ribet-ribet kan?

You might also like