Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Persyaratan yang Harus Disiapkan Sebelum Tes CPNS

Pastikan persiapanmu sudah matang ya!

 

syarat cpns
kompas.com

Pendaftaran CPNS 2020

Pendaftaran seleksi penerimaan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) telah dibuka sejak tahun 2019 lalu, tepatnya tanggal 11 November 2019. Proses perekrutan CPNS kini telah sampai pada tahap tes SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) sejak tanggal 26 Januari 2020 di seluruh Indonesia.

Tahapan tes seleksi kompetensi ini akan berlangsung hingga awal Maret 2020 dan kemudian dilanjutkan dengan SKB (Seleksi Kompetensi Bidang) yang akan dimulai pada tanggal 25 Maret 2020. Lalu setelah itu pemerintah berencana akan membuka kembali proses penerimaan CPNS tahun 2020.

Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas BKN, Paryono mengatakan bahwa kemungkinan pendaftaran CPNS 2020 akan dibuka pada bulan September 2020. Kemudian menanggapi kabar tersebut Menpan Tjahjo Kumolo ungkap tiga formasi yang paling dibutuhkan, salah satunya yaitu di bidang pendidikan.

Jadi bagi kamu yang belum sempat mendaftar di tahun 2019 atau gagal kamu masih ikut serta pendaftaran berikutnya. Sebelum itu, ada baiknya kamu lakukan persiapan supaya tidak terburu-buru nantinya. Hal itu akan bisa membantumu supaya kamu siap ketika CPNS 2020 dibuka.

Jangan sampai kesalahan tahun lalu terulang lagi karena minimnya persiapan dan kurangnya kelengkapan persyaratan yang harus dipenuhi. Kali ini Bob akan memberi informasi mengenai apa-apa saja yang harus kamu siapkan untuk pendaftaran seleksi penerimaan CPNS 2020. Simak baik baik ya!

Persyaratan Pendaftaran CPNS yang Harus Kamu Siapkan

syarat cpns
zonanusantara.com

Jika kamu ingin melakukan pendaftaran calon pegawai tentunya banyak hal yang perlu kamu persiapkan. Persyaratan CPNS setiap tahunnya tentulah selalu ada pembaharuan. Penambahan atau pengurangan dokumen yang harus dikumpulkan, cara pengumpulan, sistem pendaftaran, dan lain-lain.

Kamu harus selalu update dengan setiap pembaharuan tersebut supaya tidak ketinggalan informasi atau bahkan salah informasi. Namun, beberapa persyaratan pendaftaran juga ada yang masih sama dari tahun ke tahun misalnya untuk berkas identitas diri dan latar belakang pendidikan.

Selain persyaratan dokumen dan pesyaratan umum yang harus disiapkan, jangan lupa juga untuk melakukan pendaftaran di situs portal SSCASN jika kamu belum memiliki akunnya. Jika kamu sudah memiliki akun yang terdaftar di portal tersebut maka kamu tinggal melakukan login saja untuk mengecek informasi perihal CPNS.

Dokumen yang Harus Disiapkan Pendaftar CPNS

syarat cpns

Berikut adalah dokumen-dokumen persyaratan untuk mendaftar seleksi penerimaan CPNS sebelum kamu melakukan pendaftaran di portal SSCASN:

  1. Pas Foto berwarna berlatar belakang warna merah: Pastikan kamu memiliki pas foto dengan ketentuan tersebut baik itu cetak maupun soft copy -nya.
  2. Swafoto dengan Kartu Identitas diri dan Kartu Informasi Akun: Kamu harus melakukan swafoto dengan memegang dua kartu tersebut untuk kemudian diunggah di portal SSCASN.
  3. KTP/Surat Keterangan Kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Ijazah: Siapkan hasil scan KTP atau kamu juga bisa memotretnya dengan menggunakan kamera telepon genggam. Namun, pastikan informasi yang ada di kartu identitasmu terlihat jelas.
  4. Transkrip nilai dan ijazah pendidikan terakhir (SMA/S1/S2/S3) sesuai dengan persyaratan formasi yang dipilih.
  5. Surat lamaran: Buatlah surat lamaran yang ditujukan kepada instansi atau formasi yang dipilih.
  6. Dokumen pendukung lainnya yang dijadikan persyaratan oleh instansi atau formasi yang diminati.

Dokumen-dokumen tersebut nantinya harus diunggah melalui situs portal SSCASN, jadi pastikan kamu membuat soft copy dan sesuaikan ukuran kapasitas dengan ketentuan (misalnya maksimal 200 KB). Tahun 2019 lalu pelamar hanya boleh mendaftar pada satu instansi dan satu formasi jabatan saja.

Jadi pastikan kamu mempertimbangkan dengan baik dan mencari informasi mengenai instansi dan formasi di Kementrian/Lembaga/Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota yang diminati. Seleksi Kompetensi Dasar dilakukan memggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test).

Persyaratan Umum CPNS

syarat cpns
economy.okezone.co.id

Pada dasarnya setiap penduduk Indonesia yang berstatus Warga Negara Indonesia (WNI) dapat mendaftarkan diri sebagai PNS apabila memenuhi persyaratan. Hal itu disebutkan dalam Pasal 23 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

Persyaratan umum bagi pendaftar CPNS adalah sebagai berikut:
  1. Berstatus WNI (Warga Negara Indonesia) dan terdaftar di data sensus serta memiliki kartu identitas resmi.
  2. Pendaftar minimal berusia 18 tahun dan maksimal berusia 35 tahun saat mendaftar (tergantung instansi dan formasi tertentu yang diminati).
  3. Tidak pernah terlibat dalam tindak kejahatan atau kasus pidana yang menyebabkan orang tersebut dipenjara berdasarkan putusan pengadilan/lembaga hukum.
  4. Tidak pernah di-PHK atau diberhentikan secara hormat atas permintaan sendiri atau secara tidak hormat sebagai PNS/ASN, TNI, anggota Polri, atau pegawai swasta.
  5. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Republik Indonesia.
  6. Tidak menjadi atau terdaftar sebagai anggota dan pengurus partai politik maupun terlibat politik praktis.
  7. Memiliki kualifikasi atau latar pendidikan sesuai persyaratan instansi dan formasi yang diminati.
  8. Sehat jasmani dan rohani.
  9. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau di luar negara yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah.
  10. Persyaratan lain ditentukan dan disesuaikan dengan kebutuhan formasi yang ditetapkan PPK.

Selain persyaratan umum di atas, ada batas usia yang diberlakukan untuk jabatan tertentu, yaitu maksimal 40 tahun. Jabatan tertentu yang dimaksud adalah beberapa jabatan yang ditetapkan oleh Presiden. Tahun 2019 pemerintah telah membuka 197.111 formasi.

Formasi tersebut terdiri dari instansi pusat sebanyak 27.854 formasi di kementrian/lembaga dan instansi daerah sebanyak 159.257 formasi pada 462 pemerintah daerah. Pada tahun 2019 lalu pemerintah tidak membuka formasi tenaga administrasi. Adapun formasi CPNS yang dibuka adalah formasi umum dan formasi khusus.

Formasi khusus terdiri dari cumlaude, diaspora, dan disabilitas pada Instansi Pusat dan Daerah, formasi khusus putra-putri Papua, dan formasi lainnya yang sifatnya strategis pada Instansi Pusat. Sedangkan formasi jabatan yang dibuka meliputi tenaga pendidikan, kesehatan, teknis fungsional, dan teknis lainnya.

Untuk formasi yang dibuka untuk seleksi CPNS 2020 kemungkinan tidak akan jauh berbeda dari tahun lalu. Namun jumlah lowongan yang dikehendaki oleh pemerintah mungkin akan berbeda sesuai kebutuhan instansi terkait. Jadi siapkan ketentuan dan persyaratannya mulai dari sekarang ya.

Hotel Kapsul Nyaman dengan Harga Terjangkau? Ya Bobobox!

Pelaksanaan tes CPNS diselenggarakan di seluruh Indonesia. Namun, tidak semua kota dijadikan tempat pelaksaan tes tersebut. Terkadang kamu mendapat tempat yang bukan kampung halamanmu dan harus pergi ke luar kota untuk mengikuti tesnya.

Saat kamu akan mengikuti tes CPNS di kota yang cukup jauh tentu kamu harus menginap dan datang lebih awal dari sebelum hari pelaksanaannya. Sulitnya mencari hotel yang nyaman dan terjangkau yang dekat dari pusat kota menjadi permasalahan untukmu.

Jangan khawatir! Kamu bisa menginap dengan nyaman, fasilitas oke, dan harga terjangkau di Bobobox. Dilengkapi dengan teknologi lampu LED dan bluetooth speaker yang bikin suasana menginapmu semakin menyenangkan. Tersedia juga fasilitas pantry dan communal space yang bisa kamu pakai untuk belajar sambil ngopi.

Pesan pods-nya sekarang melalui aplikasi bobobox yang bisa kamu unduh ke ponselmu atau kunjungi laman web bobobox dengan mengklik link ini.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.