Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Siap Divaksin? Yuk Kita Cermati Persyaratan Vaksinasi Covid!

Apakah kamu memenuhi persyaratan vaksinasi covid? Ketahui jawabannya di sini!

Persyaratan vaksinasi covid belakangan ini mulai disosialisasikan oleh para petugas kesehatan termasuk pemerintah. Mengingat pandemi virus corona sampai saat ini belum berakhir, vaksinasi merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan oleh kita semua untuk mengakhiri rantai penyebaran virus. Setelah satu tahun Indonesia berjibaku dengan pandemi virus corona ini, angka warga yang terinfeksi baik di Indonesia dan di dunia masih terus menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan.

Dalam mengakhiri pandemi virus corona ini pembatasan kegiatan masyarakat dan mengajak masyarakat untuk melakukan protokol kesehatan tidaklah cukup. Pandemi virus corona ini hanya bisa diakhiri dengan penyediaan vaksin bagi masyarakat. Namun faktanya tak semua orang bisa melakukan vaksinasi virus corona karena beberapa alasan tertentu. Sejak tanggal 13 Januari 2021 lalu, program vaksin COVID-19 telah dijalankan dengan mengutamakan para petugas kesehatan.

Untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat atas vaksin virus corona ini, Presiden RI, Joko Widodo, menjadi penerima vaksin pertama yang berasal dari Sinovac. Setelah melakukan vaksinasi tahap pertama untuk para tenaga kerja medis maka tahap selanjutnya akan dilanjutkan kepada masyarakat. Diharapkan pada Maret 2022, seluruh masyarakat di tanah air telah mendapatkan vaksinasi COVID-19. Lalu seperti apakah persyaran vaksinasi covid tersebut? Yuk simak ulasannya berikut!

Mengapa Harus Memenuhi Persyaratan Vaksinasi Covid?

Persyaratan vaksinasi covid ini tak cukup dilakukan dengan hanya menjalankan protokol kesehatan serta menghindari kerumunan. Salah satu pencegahan yang bisa dilakukan untuk mengatasi corona adalah vaksinasi. Vaksinasi adalah proses memasukan virus atau bakteri yang sudah dilemahkan atau dimatikan. Virus tersebut kemudian akan merangsang imun tubuh dalam pembentukan antibodi. Antibodi yang akan terbentuk tentunya bergantung dengan vaksin yang dimasukkan ke dalam tubuh.

@who.int

Vaksinasi virus Covid memberikan artian bahwa virus yang dilumpuhkan dan dimasukkan ke dalam tubuh tersebut akan membentuk antibodi terhadap virus corona. Dilansir dari John Hopkins Medicine, semua vaksin yang akan digunakan sudah dinyatakan aman karena melewati beberapa uji klinis termasuk vaksin yang diproduksi oleh Sinovac. Vaksin Sinovac merupakan salah satu jenis vaksin yang dipilih oleh pemerintah kita dan digunakan di Indonesia.

Persyaratan Vaksinasi Covid

Persyaratan vaksinasi covid ini diberlakukan dengan tujuan melindungi masyarakat yang memiliki kondisi kesehatan tertentu. Dengan mengenali persyaratan vaksinasi covid masyarakat diharapkan dapat mempersiapkan diri untuk melakukan vaksinasi sesuai jadwal daerahnya masing-masing.

Bagi mereka yang tidak memenuhi persyaratan vaksinasi covid diharapkan untuk tetap melakukan perlindungan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencui tangan. Berikut ini adalah beberapa persyaratan vaksinasi covid yang diambil dari Laman Resmi Republik Indonesia:

1. Persyaratan vaksinasi covid: tidak memiliki penyakit yang terdapat dalam format screening/penapisan. Penyakit tersebut adalah:

  • Pernah menderita Covid-19; mengalami gejala infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) seperti batuk/pilek/sesak napas dalam 7 hari terakhir;
  • Sedang mendapatkan terapi aktif jangka panjang terhadap penyakit kelainan darah;
  • Jantung (gagal jantung/penyakit jantung koroner);
  • Autoimun sistemik (SLE/Lupus, Sjogren, vaskulitis, dan autoimun lainnya);
  • Penyakit ginjal kronis/sedang menjalani hemodialysis/dialysis peritoneal/transplantasi ginjal/sindroma nefrotik dengan kortikosteroid);
  • Reumatik autoimun/rhematoid arthritis; penyakit saluran pencernaan kronis;
  • Penyakit hipertiroid/hipotiroid karena autoimun; dan penyakit kanker, kelainan darah, imunokompromais/defisiensi imun, dan penerima produk darah/transfusi.

2.  Persyaratan vaksinasi covid: tidak sedang hamil atau menyusui.

3. Persyaratan vaksinasi covid: tidak ada anggota keluarga serumah yang kontak erat/suspek/konfirmasi/sedang dalam perawatan karena penyakit Covid-19.

4. Persyaratan vaksinasi covid: jika berdasarkan pengukuran suhu tubuh calon penerima vaksin sedang demam (suhu sama atau di atas 37,5 Celcius), vaksinasi ditunda sampai pasien sembuh dan terbukti bukan menderita Covid-19 dan dilakukan screening ulang pada saat kunjungan berikutnya.

5. Persyaratan vaksinasi covid: jika berdasarkan pengukuran tekanan darah didapatkan hasil di atas atau sama dengan 140/90 maka vaksinasi tidak diberikan.

6. Persyaratan vaksinasi covid: penderita diabetes melitus (DM) tipe 2 terkontrol dan HbA1C di bawah 58 mmol/mol atau 7,5% dapat diberikan vaksinasi.

7. Persyaratan vaksinasi covid: bagi penderita HIV, bila angka CD4 <200 atau tidak diketahui maka vaksinasi tidak diberikan.

8. Persyaratan vaksinasi covid: jika memiliki penyakit paru (asma, PPOK, TBC), vaksinasi ditunda sampai kondisi pasien terkontrol baik. Untuk pasien TBC dalam pengobatan dapat diberikan vaksinasi, minimal setelah dua minggu mendapat obat anti tuberkulosis.

9. Persyaratan vaksinasi covid: bagi penyakit lain yang tidak disebutkan dalam format penapisan ini dapat berkonsultasi kepada dokter ahli yang merawat. Disarankan saat mendatangi tempat layanan vaksinasi dapat membawa surat keterangan atau catatan medis dari dokter yang menangani selama ini.

Persyaratan Vaksinasi Covid: Seberapa Pentingkah Vaksin Covid?

Persyaratan vaksinasi Covid di atas diberlakukan untuk menghindari timbulnya efek samping yang tidak diinginkan bagi mereka yang memiliki kondisi kesehatan tertentu. Lalu seberapa pentingkah melakukan vaksinasi Covid? Jawabannya adalah sangat penting. Dengan melakukan vaksinasi Covid maka kamu tidak hanya melindungi diri sendiri, keluarga, dan masyarakat dari COVID-19, tetapi juga memulihkan kondisi sosial dan ekonomi negara yang terkena dampak pandemi.

Vaksinasi atau imunisasi Covid ini memiliki tujuan untuk menciptakan sistem kekebalan tubuh pada seseorang. Terbentuknya antibodi virus corona ini kemudian membuat tubuh mampu mengenali dan dengan cepat melawan bakteri atau virus penyebab infeksi. Selain itu pemberian vaksin COVID-19 ini juga berkontribusi pada penurunan angka kesakitan dan angka kematian akibat virus ini.

Persyaratan vaksinasi Covid
cnn.com

Semakin banyak masyarakat yang melakukan vaksinasi viru Covid maka hal ini akan mendorong terbentuknya herd immunity atau kekebalan kelompok. Kekebalan kelompok ini akan melindungi masyarakat kita yang tidak memenuhi persyaratan vaksin karena potensi tertular dari masyarakat lain akan semakin menurun.

Upaya pemerintah dengan melaksanakan tahap awal vaksinasi ini adalah langkah tepat yang layak diapresiasi. Meskipun demikian diharapkan dengan adanya vaksin Covid ini tidak membuat lengah masyarakat. Perlu diingat karena vaksin tersebut membutuhkan waktu agar tubuh dapat membentuk antibodi (kekebalan).

Persyaratan vaksinasi covid ini pun sudah teruji klinis dan sudah diuji kepada beberapa relawan di Indonesia sebelum pada akhirnya diedarkan untuk masyarakat luas. Kehadiran vaksin Covid ini tentunya akan membawa banyak manfaat dengan melindungi kita dari infeksi virus Corona.

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Bobobox adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Selain itu, desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan baru Bobobox bernama Bobocabin!

Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota. Kombinasi dari ketenangan alam yang dibalut dengan sentuhan teknologi membuat pengalaman menginap kamu menjadi tidak terlupakan. Dengan menyediakan aktivitas petualangan yang menarik sekaligus mendukung pemberdayaan masyarakat lokal, Bobocabin siap menjadi bagian dari gaya hidup baru kamu. Yuk segera pilih dan pesan tanggal menginap kamu lewat aplikasi Bobobox!

You might also like