Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Sudah Siap untuk Mudik Lebaran? Jangan Sampai Melewatkan Persiapan Mudik Lebaran Berikut Ini, ya!

Wajib dipersiapkan jauh-jauh hari!

Bobobox.co.id — Kebahagian tampaknya sedang meliputi hampir sebagian besar masyarakat Indonesia. Pasalnya, pemerintah telah memberikan izin untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman.

Ini menjadi kali pertama setelah dua tahun terakhir, pandemi Covid-19 membuat kita tidak bisa berkumpul bersama anggota keluarga di kampung halaman demi mencegah penyebaran Covid.

Tak heran jika banyak orang yang sudah mulai mempersiapkan banyak hal untuk mudik. Namun, kamu mungkin saja melupakan beberapa hal esensial karena sudah lama tidak melakukan mudik lebaran.

Jika hal tersebut terjadi kepadamu, tidak usah khawatir. Pasalnya, Bob Koala sudah menyiapkan beberapa daftar persiapan mudik lebaran yang wajib kamu cek sebelum berangkat ke kampung halaman.

Melansir dari berbagai sumber, simak beberapa persiapannya berikut ini. Wajib dilakukan guna mendapatkan pengalaman mudik yang nyaman dan aman.

Daftar Persiapan Mudik Lebaran

1. Kondisi Tubuh yang Fit

Persiapan mudik lebaran pertama adalah memastikan bahwa tubuh dalam kondisi fit. Untuk yang satu ini, jangan sampai kamu memaksakan diri hanya untuk bisa sampai dengan cepat di kampung halaman.

Beberapa orang kerap memaksakan diri walau tubuh mereka tidak dalam kondisi yang sehat. Walhasil, kejadian yang tidak diinginkan seperti kecelakaan bisa saja meningkat risikonya untuk terjadi.

Di samping itu, ada baiknya jika kamu melakukan tes PCR Covid-19. Hal ini bertujuan untuk menjaga anggota keluargamu nanti. Kamu tentu tidak ingin membawa virus ke tubuh anggota keluarga di kampung, kan?

Tak lupa juga untuk menyiapkan sertifikat vaksin booster. Sementara itu, bagi penerima vaksin kedua, kamu wajib menunjukkan tes antigen negatif sebagai syarat perjalanan mudik 2022.

persiapan mudik lebaran keluarga sehat
sumber: pexels.com/@migsr87

2. Cek Keseluruhan Kendaraan

Kendaraan merupakan elemen penting dalam melakukan perjalanan mudik. Oleh karena itu, persiapan mudik lebaran yang tak boleh terlewatkan adalah mengecek keseluruhan kendaraan.

Memastikan kendaraan baik mobil atau motor dalam kondisi prima mampu memberikan kenyamanan selama perjalanan. Tak hanya itu, mudik lebaranmu kali ini pun akan aman dan juga lancar.

Namun, tak lupa juga untuk membawa toolkit selama perjalanan. Adapun toolkit yang mesti dibawa antara lain pisau lipat, tang, gunting, kunci L, obeng, kunci inggris, selotip, hingga senter.

Bagi mobil, ada baiknya jika kamu membawa ban serep dan dongkrak. Kedua barang tersebut nantinya dapat berguna ketika ban mobil utama bocor dalam perjalanan Mudik Lebaran 2022.

pria sedang cek kendaraan
sumber: pexels.com/@tim-samuel

Baca Juga: 8 Tempat Liburan Murah Di Bandung Yang Cocok Di Kunjungi Saat Lebaran


3. Pahami Rute Perjalanan

Perjalanan mudik ke kampung halaman biasanya harus ditempuh dengan jarak yang cukup jauh. Hal ini biasanya membuat waktu tempuh yang harus kamu lewati sangatlah lama apalagi jika macet.

Melewati jalur utama mungkin jadi pilihan banyak pemudik. Namun, tidak ada salahnya untuk memahami rute perjalanan lain yang siapa tahu bisa kamu gunakan jika jalur utama benar-benar macet.

Kamu bisa mengecek terlebih dahulu rute yang akan kamu tempuh. Nah, jika sudah tahu jalur utamanya, cobalah untuk menghafal setidaknya dua jalur alternatif yang bisa kamu gunakan.

Nantinya, persiapan mudik lebaran ini bisa dilakukan dengan menggunakan alat navitgasi seperti smartphone. Dengan begitu, perjalananmu akan jauh lebih aman dan bisa ditempuh dalam waktu singkat.

persiapan mudik lebaran memahami rute perjalanan
sumber: pexels.com/@pixabay

4. Isi Bahan Bakar dan E-Tol

Salah satu permasalahan saat mudik adalah kemacetan yang tidak bisa diprediksi. Bisa saja jalanan kosong di satu waktu dan di waktu lainnya, jalanan tersebut dipenuhi oleh kendaraan lainnya.

Untuk itu, persiapan mudik lebaran lainnya adalah memastikan bahan bakar dalam keadaan terisi penuh. Jikapun tidak, ada baiknya untuk mengisi lebih dari setengah bar pada kendaraannya.

Hal ini dilakukan sebagai antisipasi jika kemacetan parah kamu rasakan. Dengan kondisi bahan bakar yang terisi cukup banyak, kamu tidak akan khawatir saat bahan bakarmu habis dalam waktu dekat.

Tidak hanya bahan bakar, kamu juga wajib mengisi saldo e-tol. Persiapan mudik lebaran ini dilakukan jika kamu memang bakal sering menggunakan tol selama perjalanan mudikke kampung halaman.

pria mengisi bahan bakar kendaraan
sumber: pexels.com/@skitterphoto

Baca Juga: Sudah Siap Menyambut Hari Yang Fitri? Ketahuilah 10 Tradisi Lebaran Unik Di Indonesia!


5. Tentukan Jadwal Keberangkatan

Jadwal keberangkatan menjadi hal penting yang wajib dipertimbangkan. Pasalnya, salah memilih jadwal, kamu justru akan berhadapan dengan kemacetan yang begitu parah untuk bisa sampai di kampung halaman.

Untuk itu, jika tidak ada hal mendesak, sebaiknya berangkat tidak terlalu dekat dengan hari lebaran. Hari-hari dekat idulfitri biasanya terjadi penumpukan kendaraan, baik motor dan mobil di banyak jalur.

Kamu bisa menanggulanginya dengan melakukan keberangkatan lebih awal. Jadi, pastikan kembali kamu telah membuat rencana jadwal keberangkatan agar bisa mendapatkan perjalanan yang lebih aman.

Namun, saat memastikan untuk berangkat lebih awal, jangan lupa untuk membawa perbekalan lebih. Ini dilakukan jika kamu memutuskan untuk berpuasa selama melakukan mudik lebaran.

persiapan mudik lebaran tentukan jadwal keberangkatan
sumber: pexels.com/@artempodrez

6. Perlengkapan New Normal

Pandemi Covid-19 memang sudah menunjukkan adanya penurunan. Hal tersebut tentunya menjadi kabar baik karena sudah hampir dua tahun terakhir, banyak masyarakat yang tidak bisa mudik.

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, pemerintah mengajurkan setiap pemudik untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Misalkan saja, menggunakan masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

Tak hanya itu, pastikan juga kamu selalu membawa perlengkapan new normal. Perlengkapan ini rasanya sudah menjadi barang-barang yang kini dibawa dalam kehidupan sehari-hari.

Barang-barang tersebut antara lain hand sanitizer, masker cadangan, sabun tangan, tisu kering, dan semprotan disinfektan. Untuk itu, jangan lupakan persiapan mudik lebaran yang satu ini, ya!

perlengkapan new normal
sumber: bsimobile.co.id

Baca Juga: Unik Dan Cocok Untuk Kado. Ini Dia 10 Ide Inspirasi Hampers Lebaran 2022 Yang Menarik Perhatian!


7. Obat-obatan Pribadi

Persiapan mudik lebaran terakhir adalah memastikan kondisi kesehatan pemudik dan penumpang selama perjalanan. Untuk itu, membawa obat-obatan pribadi adalah hal yang sangat dianjurkan.

Membawa obat-obatan ini bisa membuatmu merasa lebih tenang, terutama jika ada anggota keluarga yang sakit saat perjalanan. Biasanya, ada beberapa obat yang perlu kamu bawa dalam kotak P3K.

Beberapa di antaranya adalah obat sakit kepala, obat masuk angin, obat alergi, dan obat diare. Namun, tidak ada salahnya untuk membawa obat-obatan lainnya yang tak kalah penting.

Misalkan saja, plester dan koyo untuk mengatasi rasa pegal yang mungkin kamu rasakan selama perjalanan. Jadi, jangan lupa untuk memastikan kamu membawa salah satu persiapan mudik lebaran ini, ya!

membawa obat-obatan pribadi
sumber: pexels.com/@pixabay

***

Itulah tadi tujuh persiapan mudik lebaran yang tidak boleh terlewatkan begitu saja.

Semoga artikel di atas bermanfaat, ya.

Jangan lupa untuk mengecek juga artikel-artikel menarik lainnya dari Bob yang bisa kamu baca di sini.

Jadikan Staycation di Bobobox sebagai Salah Satu Resolusimu!

Belum pernah staycation? Bingung untuk pilih tempat menginapnya? Tak usah ragu untuk memilih Bobobox. Malahan, kamu bisa menjadikan staycation di Bobobox ini sebagai salah satu resolusimu tahun ini!

Fasilitas futuristik bakal memanjakan dan membuat momen tahun baru rasanya bakal semakin mengasyikkan. Tak hanya itu, kamu bakal mendapatkan harga yang terbilang ramah di kantongmu, lo!

Untuk pemesanan, kamu bisa melakukannya di aplikasi Bobobox yang bisa kamu unduh di sini.

Bob tunggu kehadiranmu di cabang Bobobox terdekat di kotamu!

Kenyamanan Bobobox alun-alun Malang

You might also like