Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Agar Berjalan Lancar, Lakukanlah Persiapan Booster Vaksin Ini!

Bobobox.co.id — Presiden RI Joko Widodo telah mengumumkan proses vaksinasi booster mulai dari 12 Januari 2022. Untuk itu, kamu pun wajib untuk melakukan persiapan booster vaksin.

Melakukan persiapan booster vaksin tersebut bukan tanpa alasan. Dengan mengetahui persiapan yang wajib dilakukan, proses vaksinasi booster yang jadi suntikan ketiga bakal berjalan lancar.

Nah, kira-kira persiapan booster vaksin apa saja yang wajib kamu lakukan? Berikut adalah penjelasan singkat dari Bob.

Lakukan Persiapan Booster Vaksin Ini, Ya!

1. Tak Perlu Konsumsi Makanan dan Minuman Tertentu

Persiapan booster vaksin pertama yang wajib kamu lakukan adalah tidak perlu mengkhawatirkan konsumsi makanan dan minuman tertentu. Pasalnya, vaksin tak ada hubungannya dengan saluran cerna.

Untuk karena itu, kamu boleh mengonsumsi makanan yang bisa kamu konsumsi sebelum dan bahkan sesudah vaksin. Bahkan, sangat dianjurkan untuk tidak datang saat perut sedang kosong-kosongnya.

Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi rasa gugup yang mungkin saja muncul. Mengonsumsi makanan bernutrisi seperti sayuran hijau dan buah-buahan adalah wajib untuk dipertimbangkan.

Konsumsi makanan tertentu persiapan booster vaksin
Konsumsi makanan tertentu via pexels.com/@olly

2. Pastikan Kondisi Tubuh Fit

Kondisi tubuh fit adalah kondisi ideal yang mesti dijaga agar tidak mudah sakit. Pola hidup sehat seperti makan teratur, istirahat cukup, dan olahraga rutin adalah cara yang baik untuk kamu lakukan.

Nah, memastikan bahwa kondisi tubuh fit tersebut adalah satu dari persiapan booster vaksin juga. Tak hanya fit secara fisik, kamu pun wajib menyiapkan mental di mana kamu harus tetap tenang.

Oleh karenanya, jika kamu tidak merasa enak badan, tundalah penyuntikan vaksin booster yang telah dijadwalkan. Coba tanyakan kembali untuk melakukan penjadwalan ulang saat tubuh sudah fit.

Tubuh fit untuk persiapan booster vaksin
Kondisi tubuh fit via pexels.com/@olly

3. Pastikan Tubuh Terhidrasi

Setiap harinya, tubuh membutuhkan air setidaknya delapan gelas sehari. Walaupun begitu, ada baiknya untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh sebagai salah satu persiapan booster vaksin.

Pasalnya, tidak terhidrasinya tubuh dapat menimbulkan efek samping. Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh bisa meningkatkan risiko lemas, pusing atau pingsan jika berkelanjutan.

Saat mendapatkan vaksinasi, ada risiko munculnya KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi). Jika tubuhmu kekurangan cairan, risiko KIPI justru akan semakin meningkat pasca mendapatkan booster.

Tubuh terhidrasi untuk persiapan booster vaksin
Tubuh terhidrasi via pexels.com/@daria

Baca Juga: Siap Divaksin? Yuk Kita Cermati Persyaratan Vaksinasi Covid!


4. Jangan Hentikan Konsumsi Obat, Khususnya Komorbid

Banyak orang yang mungkin penasaran soal apakah konsumsi obat dilarang saat akan mendapatkan vaksinasi? Nah, hal tersebut bakal terjawab dari penjelasan yang Bob rangkum berikut ini.

Jika kamu sedang melakukan persiapan booster vaksin, kamu tidak perlu menghentikan konsumsi obat. Khususnya bagi orang dengan komorbid, kamu justru harus minum obat setiap harinya.

Meminum obat setiap harinya bertujuan agar kondisi orang tersebut terkontrol. Walaupun begitu, kondisi masing-masing berbeda yang membuat kamu wajib periksakan kondisimu terlebih dahulu.

Obat-obatan untuk persiapan booster vaksin
Obat-obatan via pexels.com/@freestocks

5. Jangan Lakukan Aktivitas Intensitas Tinggi Sebelum Vaksin Booster

Seperti yang kamu ketahui, olahraga adalah aktivitas bermanfaat yang menyehatkan tubuh. Tak heran jika kamu dianjurkan untuk melakukan olahraga tak peduli intensitas apapun setiap harinya.

Namun, saat melakukan persiapan booster vaksin, hindarilah melakukan olahraga. Aktivitas dengan intensitas tinggi justru membuat tubuh tidak siap dengan baik untuk dapatkan suntikan vaksin.

Jika kamu tetap ingin melakukan olahraga, sebaiknya lakukan olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang. Hal tersebut bertujuan agar tubuhmu tetap merasa rileks selama persiapan booster vaksin.

Aktivitas intensitas tinggi untuk persiapan booster vaksin
Aktivitas intensitas tinggi via pexels.com/@mary-taylor

6. Luangkan Waktu

Setelah melakukan persiapan booster vaksin sebelumnya, penting bagimu untuk mempersiapkan waktu khusus sesuai jadwal. Gunakanlah waktu luang untuk membuat proses vaksinasi lebih tenang.

Jika kamu termasuk pekerja kantoran, ada baiknya untuk mulai mengajukan cuti. Pastikanlah bahwa kamu memberikan keterangan secara terperinci agar cuti untuk vaksinasi disetujui oleh pimpinan.

Tak lupa perhitungkan perjalanan dari rumah menuju lokasi penyuntikan. Alokasikan juga waktu antrean, mendapatkan penyuntikan, hingga waktu jeda untuk melihat reaksi KIPI.

Luangkan waktu untuk persiapan booster vaksin
Luangkan waktu via pexels.com/@olyakobruseva

Baca Juga: Wajib Waspada Mulai Dari Sekarang. Simak Fakta Omicron, Varian Baru Covid-19 Berikut Ini!


7. Patuhi Protokol Kesehatan

Sesampainya di lokasi penyuntikan, persiapan booster vaksinasi berikutnya adalah mematuhi protokol kesehatan. Hal ini bertujuan untuk menghindari penularan yang mungkin saja terjadi karena kerumunan.

Pasalnya, selama vaksinasi booster, banyak orang yang mengantri untuk mendapatkannya. Oleh karena itu, menjaga jarak, menggunakan masker secara benar, dan rajin cuci tangan adalah jawabannya.

Tak lupa juga untuk mematuhi arahan dari penyelenggara vaksinasi. Biasanya, beberapa penyelenggara memiliki beberapa aturan yang berbeda dari satu penyelenggara ke penyelenggara lainnya.

Kenali Perbedaan Masker Kesehatan Asli dan Palsu
Ilustrasi Masker oleh Mika Baumeister dari Unsplash

8. Berpakaian yang Senyaman Mungkin

Seperti halnya saat mendapatkan suntikan pertama dan kedua vaksin, kamu wajib memakai pakaian yang nyaman. Hal tersebut pun berlaku selama proses persiapan booster vaksin kali ini.

Proses penyuntikan akan dilakukan di lengan bagian atas. Untuk itu, gunakanlah pakaian yang lebih longgar sehingga memudahkan petugas yang sedang berjaga saat akan menyuntikkan booster.

Kaos longgar mungkin bakal jadi opsi terbaik yang bisa kamu pilih. Untuk pakaian yang tidak dianjurkan, ada baiknya untuk tidak memakai pakaian berlengan panjang yang justru akan merepotkanmu nanti.

Pakaian yang nyaman via unsplash.com/@nimblemade

9. Jangan Panik soal Efek Samping

Setelah penyuntikan, ada yang namanya KIPI atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi. Beberapa orang mungkin saja merasakan reaksi KIPI setelah mendapatkan penyuntikan booster vaksin.

Reaksi KIPI yang biasanya muncul antara lain demam, sakit kepala, pegal, dan lainnya. Jika kamu termasuk orang yang merasakan reaksi tersebut, ada baiknya untuk tidak panik soal efek samping tersebut.

Hal terpenting yang wajib kamu jaga adalah kondisi tubuhmu dan menghindari stres. Kamu pun bisa berkonsultasi dengan dokter terdekat jika memang reaksi KIPI yang dirasa cukup mengganggu.

Efek samping vaksin via pexels.com/@olly

Baca Juga: Indra Penciuman Hilang Akibat Anosmia? Simak 7 Cara Menyembuhkan Anosmia Berikut Ini


10. Istirahat yang Cukup

Persiapan booster vaksin terakhir dari Bob adalah istirahatlah yang cukup setelah mendapatkan booster vaksin. Kamu mungkin akan mengalami reaksi KIPI seperti yang Bob sebutkan pada poin sebelumnya.

Jika badan merasa tidak enak badan akibat reaksi tersebut, coba ambillah waktu istirahat. Beristirahat yang cukup agar tubuhmu kembali bugar dan fit setelah mendapatkan penyuntikan vaksin booster.

Istirahat yang cukup via unsplash.com/@tsujigimi

***

Itulah tadi 10 persiapan booster vaksin yang harus kamu siapkan agar momen vaksin booster berjalan lancar.

Semoga artikel di atas bermanfaat, ya.

Jangan lupa untuk mengecek juga artikel-artikel menarik lainnya dari Bob yang bisa kamu baca di sini.

Menginap yang Bikin Bahagia? Ya di Bobobox

Bosan dengan pengalaman menginap yang itu-itu saja? Kamu bisa mendapatkan pengalaman menginap yang berbeda saat kamu menginap di Bobobox.

Pasalnya, Bobobox sendiri menyediakan fasilitas yang mampu membuatmu serasa berada di masa depan. Tidak heran jika banyak orang yang merasa bahagia sehabis menginap di Bobobox.

Informasi lebih lanjut soal pemesanan podnya bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh melalui link ini.

You might also like