Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Permainan-Permainan Tradisional yang Hits di Tahun 90an

Nostalgia dengan Permainan Tahun 90an

Masa kecil adalah masanya melakukan permainan yang menarik dan mengasyikkan. Namun sayang, di era yang serba gadget seperti sekarang ini, kamu akan lebih sering melihat anak-anak yang sibuk dengan gadgetnya sendiri.

Zaman memang sudah berubah sehingga jenis permainan untuk anak-anak sekarang ini jauh berbeda dengan tahun 90an.

Meskipun gadget-gadget tersebut juga menawarkan berbagai macam permainan, namun di satu sisi hal itu agak membatasi interaksi serta aktivitas motorik anak.

Jika kamu bandingankan dengan permainan anak yang hits di tahun 90an, permainan-permainan tersebut mendorong anak untuk menjadi lebih aktif, lincah, dan banyak melakukan interaksi dengan anak-anak lainnya.

Nah, untuk kamu yang sempat merasakan asyiknya permainan di tahun 90an, yuk bernostalgia dengan beberapa permainan yang hits di tahun 90an!

@lovedbychrista

Permainan Bekel

Bola bekel bisa kamu mainkan di dalam ruangan. Yang kamu butuhkan adalah sebuah bola dan beberapa biji bekel yang akan dimainkan secara bergiliran.

Permainan ini mengharuskan kamu untuk melempar bola tersebut kemudian membalik biji bekel sebelum bola jatuh lagi ke tangan kamu. Kecepatan tangan akan sangat dibutuhkan saat bermain.

@da_ffana

PermainanCongklak

Congklak juga umumnya dilakukan di dalam ruangan dan dimainkan oleh dua orang saja. Untuk memainkannya, kamu harus memiliki sebuah papan congklak dan juga biji congklak (umumnya berbentuk cangkang kerang).

Selanjutnya, kamu menentukan siapa yang bermain duluan lalu mulai mengisi bulatan-bulatan pada papan congklak kamu dengan biji-biji tersebut. Yang paling banyak mengisi biji ke bulatan masing-masing adalah pemenangnya.

@bocah2k.an

Petak Umpet

Petak umpet adalah salah satu permainan yang cukup populer dan mengharuskan seseorang untuk berjaga di satu titik sambil menutup mata dan berhitung sampai angka tertentu sementara yang lain akan bersembunyi.

Setelah itu, anak yang berjaga harus menemukan anak-anak lainnya dan jangan sampai anak-anak yang bersembunyi menyentuh titik jaganya. Kalau tidak, anak yang berjaga dianggap kalah dan harus berjaga lagi di sesi berikutnya.

@muhammadsirojj17

Permainan Lompat Tali

Meskipun bisa dimainkan seorang diri, lompat tali jauh lebih seru jika dimainkan bersama dengan yang lain, minimal tiga orang pemain.

Satu orang bertugas memegang tali di sisi kanan dan satu orang lagi memegang sisi kiri. Pemegang tali akan memutar tali tersebut dan orang ke tiga harus melompati tali tersebut.

Karena harus banyak melompat, permainan ini lebih enak di lakukan di luar ruangan dan juga membutuhkan banyak tenaga.

@kalenedukasi

Permainan Engkle

Sebelum mulai, kamu harus terlebih dulu menggambar beberapa kotak di tanah. Setelah itu, siapkan batu atau potongan genting untuk kamu lempar nantinya.

Tugas kamu selanjutnya adalah melompati kotak-kotak yang sudah kamu gambar dengan satu kaki untuk mengambil batu atau genting yang kamu lempar sebelumnya.

@rahagastya

Permainan Layang-Layang

Bermain layang-layang enaknya dilakukan di tempat luas dan terbuka karena kamu akan membutuhkan angin untuk menerbangkan layang-layang kamu.

Permainan ini juga cukup terjangkau dan peralatannya dapat kamu beli di warung-warung dekat rumah kamu.

@adambishawa

Permainan Ular Naga

Ular naga adalah permainan yang dilakukan beramai-ramai. Kamu akan membutuhkan dua orang, biasanya yang berbadan tinggi sebagai gerbang.

Sisanya akan berjejer sambil berpegangan pada pundak atau baju teman yang ada di depannya lalu bergerak melingkar dan melewati gerbang tersebut. Anak yang paling depan akan berperan sebagai induknya

Sambil berjalan memutar, mereka pun harus menyanyikan sebuah lagu. Nah, nantinya di akhir lagu akan ada satu orang yang tertangkap oleh gerbang.

Setelah itu akan terjadi perdebatan antara gerbang dan si induk serta anak-anak di belakangnya.

Anak yang tertangkap harus memutuskan untuk tetap bersama induk atau bergabung dengan gerbang. Permainan akan berlanjut hingga si induk tidak memiliki anak lagi.

@jelipratanti

Boneka Kertas Bongkar Pasang (BP)

Permainan yang satu ini lebih populer di kalangan anak perempuan karena boneka kertas tersebut umumnya berupa gadis cantik atau manis yang dilengkapi dengan pakaian-pakaian indah beserta pernak-perniknya.

Permainan ini disebut bongkar pasang karena kamu bisa membongkar pakaian-pakaian tersebut dan memasangkannya pada boneka kertas sesuai yang kamu mau.

@septainigo

Ular Tangga

Ular tangga melibatkan sebuah papan permainan berisi kotak-kotak berangka, dadu dan bidak sebagai penanda perjalanan kamu.

Di beberapa kotak, kamu akan menemukan tangga yang bisa membawa kamu naik ke angka yang lebih tinggi. Namun, ada pula ular-ular memanjang yang akan membawa kamu ke nomor yang lebih rendah. Yang pertama mencapai finish adalah pemenangnya.

@iwan_hpg

Katapel

Permainan yang satu ini umumnya lebih populer di kalangan laki-laki. Yang kamu butuhkan adalah sebuah katapel yang bisa kamu buat sendiri dan batu atau kerikil (atau gulungan karet gelang sehingga tidak menyakitkan) untuk kamu tembakkan ke target kamu.

@rajaegrang_eyanghangcokrobung

Egrang

Permainan egrang melibatkan dua bilah bambu yang dibuat agar memiliki pijakan untuk kaki kamu.

Nah, untuk memainkannya, kamu harus meletakkan kaki kamu di atas pijakan tersebut dan mulai berjalan sambil memegangi tongkat babmbunya.

Permainan ini akan membutuhkan konsentrasi tinggi karena kamu harus bisa menyeimbangkan tubuh kamu di atas tongkat bambu tersebut.

@jelajah_garut

Galah Asin atau Gobak Sodor

Galah asin atau gobak sodor adalah permainan yang membutuhkan kerja sama kelompok serta kelincahan. Permainan ini umumnya dilakukan di lapangan atau halaman rumah yang agak luas. Lapangan tersebut harus ditandai dengan beberapa garis batas berbentuk segi empat.

Untuk memainkannya, dibutuhkan dua tim yang beranggotakan tiga sampai tujuh orang. Inti dari permainannya adalah untuk menghadang lawan yang akan menembus garis akhir dan kembali ke garis awal.

Sementara itu, pihak lawan harus bisa menghindari sentuhan tangan serta kejaran pihak penjaga. Pihak lawan dinyatakan kalah jika dia terkena sentuhan tangan penjaga.

@pelangi.studio_photography

Kelereng

Permainan yang melibatkan bola kaca warna-warni ini umumnya digandrungi oleh anak-anak lelaki. Cara memainkannya pun sederhana.

Sebelum memulai permainan, kamu harus menemukan medan yang cukup datar lalu membuat lingkaran di atasnya dengan menggunakan kapur warna putih.

Letakkan beberapa kelereng di dalam lingkaran tersebut sesuai dengan kesepakatan para pemain. Kemudian kamu akan menembak kelereng-kelereng dalam lingkaran tersebut dengan menggunakan kelereng gacon sampai ada yang keluar dari garis.

@ppt_permata_

Kapal Otok-Otok

Kapal otok-otok ini umumnya terbuat dari seng atau kaleng dan dijalankan di atas baskom berisi air. Nama otok-otok sendiri diambil dari bunyi kapal yang setelah dinyalakan dan bergerak maju akan mengeluarkan bunyi seperti otok-otok.

Cara kerjanya sendiri menggunakan prinsip tekanan uap air yang sudah dipanaskan oleh api kecil yang ada dalm kapal.

Kapal tersebut terdorong untuk bergerak karena keluar masuknya air dari knalpot akibat perbedaan suhu pada pipa kapal.

@diseberangjalan

Pesawat kertas

Mainan ini sangat sederhana dan bisa kamu buat sendiri dengan menggunakan kertas dari buku tulis kamu.

Kamu cukup membentuknya menjadi pesawat dan dalam hitungan detik, pesawat siap diterbangkan.

Yang unik dari permainan ini adalah sebelum diterbangkan, kamu bisa meniup pesawat kamu terlebih dahulu dengan mulut terbuka lebar, katanya sih biar pesawat kamu bisa terbang tinggi.

Dapatkan pengalaman menginap yang mengasyikkan di Bobobox. Dengan fasilitas yang nyaman, desain kekinian, dan kemudahan dalam proses pemesanan, kamu dapat menginap dengan harga yang sangat terjangkau.

Unduh aplikasinya dan dapatkan promo-promo menarik yang sayang untuk kamu lewatkan!

You might also like