Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Pertama Kali Naik Gunung? Jangan Lupa Bawa 6 Perlengkapan Mendaki Gunung Untuk Pemula Ini Ya!

Nggak perlu mahal, perlengkapan mendaki gunung untuk pemula ini wajib kamu miliki

Mendaki gunung adalah salah satu kegiatan yang diminati banyak orang. Bahkan di tengah pandemi pun gunung masih menjadi destinasi untuk dikunjungi. Tentunya mendaki gunung tidak mudah. Apalagi jika ini pertama kalinya kamu naik ke atas gunung. Untuk itu, kmau membutuhkan perlengkapan mendaki gunung untuk pemula. Apa saja ya peralatannya? Yuk kita simak bersama-sama.

Tas gunung (carrier)

perlengkapan mendaki gunung untuk pemula
Photo by Holly Mandarich on Unsplash

Tas adalah perlengkapan mendaki gunung untuk pemula yang harus kamu perhatikan. Soalnya, tas adalah tempat kamu menaruh hampir semua barang dan akan menempel di punggung selama pendakian. Oleh karena itu, kamu harus memerhatikan aspek kapasitas dan kenyamanan.

Untuk kapasitas, sebaiknya kamu menyesuaikan dengan lama pendakian. Carrier dengan kapasitas 35-50 liter cocok untuk digunakan mendaki selama dua hari karena barang yang dibawa juga tidak terlalu banyak.

Sedangkan untuk pendakian selama tiga atau lima hari, carrier berukuran 50-80 liter bisa jadi pilihan perlengkapan mendaki untuk pemula. Hal ini dikarenakan pendakian di atas dua hari biasanya menuntut kamu untuk membawa barang lebih banyak seperti pakaian tambahan dan lain-lain.

Selain itu, ada juga carrier berukuran 100 liter. Tas ini sebenarnya bukan perlengkapan mendaki gunung untuk pemula. Soalnya, tas ini lebih cocok digunakan untuk pendakian jangka panjang seperti ekspedisi, pendakian gunung di luar negri, dan perjalanan panjang lainnya.

Jaket gunung, perlengkapan mendaki gunung untuk pemula

perlengkapan mendaki gunung untuk pemula
Photo by v2osk on Unsplash

Kondisi cuaca di gunung berbeda dengan di darat. Biasanya, semakin tinggi kamu mendaki, semakin dingin cuacanya. Selain itu, angin dan hujan juga menjadi pertimbangan mengapa jas hujan atau jaket gunung merupakan perlengkapan mendaki gunung untuk pemula. Untuk kriterianya, kamu bisa mempertimbangkan aspek-aspek seperti ukuran, bahan, dan kemampuan menyerap air.

Ukuran perlengkapan mendaki gunung untuk pemula ini disarankan jangan terlalu pas atau terlalu besar. Lebih kamu menggunakan jaket gunung dengan ukuran yang sedikit lebih besar. Tujuannya adalah supaya kamu lebih nyaman bergerak dan bisa digunakan berlapis, seperti dengan jaket polar.

Nah, untuk bahan, perlengkapan mendaki gunung untuk pemula yang satu ini biasanya menggunakan polyester agar tahan angin dan air. Sedangkan untuk bagian dalam ada yang menggunakan polar atau furing. Bahan polar akan lebih hangat sehingga cocok digunakan di cuaca dingin dan bahan furing akan lebih sejuk sehingga cocok digunakan di cuaca panas.

Di sisi lain, ada juga jaket yang menggunakan teknologi goretex. Bahan ini membuat lapisan jaket menjadi anti air dan kedap udara, namun udara panas di dalam jaket tetap bisa dialirkan ke luar.

Tenda dan matras

perlengkapan mendaki gunung untuk pemula
Photo by Cristofer Jeschke on Unsplash

Tenda adalah perlengkapan mendaki gunung untuk pemula lain yang sangat penting. Di mana lagi selain di tenda kamu akan tidur? Kamu bisa memilih tenda dengan berbagai macam kriteria seperti dinding, cara pemasangan, dan kapasitas tenda.

Untuk dinding tenda, ada dua tipe yang bisa kamu pertimbangkan yaitu tunggal atau ganda. Tenda berdinding tunggal menggunakan hanya satu lapis kain tahan air. Di sisi lain, tenda berdinding ganda menggunakan flysheet sebagai penutup bagian atas yang anti air.

Untuk cara pemasangan perlengkapan mendaki gunung untuk pemula ini, ada tipe self-supporting dan non-self-supporting. Tipe self-supporting bisa kamu dirikan tanpa tambahan pasak. Di sisi lain, tenda non-self-supporting membutuhkan pasak.

Tenda self-supporting adalah perlengkapan mendaki gunung untuk pemula yang lebih direkomendasikan karena mudah untuk dipasang.

Sepatu gunung, perlengkapan mendaki gunung untuk pemula

perlengkapan mendaki gunung untuk pemula
Photo by Joanna Nix-Walkup on Unsplash

Memilih sepatu gunung agak sedikit dengan memilih sepatu biasa. Hal pertama yang perlu dipertimbangkan dari perlengkapan mendaki gunung untuk pemula ini adalah ukuran. Jika biasanya kamu mencari ukuran sepatu yang pas, sepatu gunung harus sedikit lebih longgar.

Alasannya adalah agar jari kaki kamu tidak kesakitan saat turun gunung. Selain itu, ukuran sepatu yang lebih besar membuat kamu bisa mengenakan kaus kaki yang lebih tebal. Udara di atas gunung bisa sangat dingin dan mengenakan kaus kaki tebal bisa sangat membantu kamu melawan dingin.

Hal lain yang perlu kamu pertimbangkan adalah leher sepatu. Sesuaikan jenis leher sepatu kamu dengan medan pendakian. Jika kamu mendaki di medan yang ringan, sepatu gunung dengan leher pendek sudah cukup.

Begitu pula sebaliknya. Jika kamu mendaki gunung dengan medan yang sulit dan tinggi, maka kamu harus mengenakan sepatu dengan leher yang sedikit lebh tinggi, setidaknya di atas mata kaki.

Nesting (peralatan memasak), perlengkapan mendaki gunung untuk pemula

perlengkapan mendaki gunung untuk pemula
Photo by Kyle Glenn on Unsplash

Jika sudah berada di atas gunung, kamu tidak akan menemukan warung yang menjual makanan. Oleh karena itu, memasak menjadi satu-satunya pilihan. Nah, perlengkapan mendaki gunung untuk pemula ini bisa kamu pilih berdasarkan jenis, bahan, dan ukuran.

Jenis perlengkapan mendaki gunung untuk pemula dengan bentuk kotak biasanya menjadi pilihan perlengkapan mendaki gunung untuk pemula. Nesting jenis ini mudah dibawa dan dimasukkan ke dalam carrier. Selain itu, ada juga yang berbentuk bundar dan lebar seperti wajan. Akan tetapi, untuk alasan kepraktisan, nesting berbentuk kotak lebih direkomendasikan sebagai perlengkapan mendaki untuk pemula.

Di samping itu, kamu juga akan membutuhkan kompor gas berukuran kecil. Namun, jika kamu bisa membuat api dari kayu yang tersedia, kompor gas tidak perlu kamu masukkan ke dalam daftar perlengkapan mendaki gunung untuk pemula.

Peralatan medis, perlengkapan mendaki gunung untuk pemula

perlengkapan mendaki gunung untuk pemula
Photo by Kristine Wook on Unsplash

Terakhir, perlengkapan mendaki gunung untuk pemula yang wajib kamu bawa adalah peralatan medis dan obat-obatan pribadi. Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di atas gunung, dan sebagai tindakan pertolongan pertama, peralatan medis perlu masuk ke dalam tas kamu.

Persiapkan obat-obatan standar yang biasanya masuk ke dalam resep dokter seperti obat asma atau obat alergi khusus. Kamu juga perlu membawa obat analgetik (pereda rasa sakit), obat diare, obat keracunan, obat flu, salep dengan antibiotik, dan obat untuk luka luar.

Bingung mau liburan ke mana? Staycation aja di Bobobox

bobobox

Bobobox adalah hotel kapsul yang menggunakan teknologi terkini. Hampir semua aktivitas menginap kamu terintegrasi melalui aplikasi seperti untuk memesan kamar, sebagai kunci kamar berbasi QR code, pengatur lampu, dan lain-lain.

Untuk memberikan gambaran pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob.

Selain itu, Bobobox juga adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka berfoto.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

You might also like