Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Peringatan Hari Air Sedunia

Yuk pelajari pentingnya menjaga kualitas dan kuantitas air di sekitar kita!

Hari air sedunia atau yang dikenal dengan istilah world water day adalah sebuah peringatan yang ditujukan sebagai bentuk kampanye dalam menarik perhatian publik akan pentingnya air bersih. Faktanya miliaran orang saat ini masih hidup tanpa tersedianya air bersih. Banyak diantara masyarakat kita yang masih berjuang bertahan hidup dengan kualitas air yang memprihatinkan atau bahkan dengan minimnya air tersedia.

Beberapa masyarakat lainnya terkadang bahkan harus menghadapi situasi diskriminasi. Beberapa masyarakat terpinggirkan mengalami kesulitan dalam mengakses dan mengelola air bersih yang mereka butuhkan. Hingga saat ini setidaknya satu dari sembilan orang atau sekitar 2,1 miliar penduduk dunia masih mengalami kesulitan mendapatkan akses air bersih. Seperti apakah sejarah dibalik peringatan hari air sedunia? Berikut adalah informasinya!

Sejarah Hari Air Sedunia

hari air sedunia
/infokebali.com/

Kamu mungkin bertanya-tanya apa alasan utama dibalik eksistensi peringatan hari air sedunia atau world water day ini? Peringatan hari air sedunia secara resmi diumumkan pada acara sidang umum Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) pada 22 Desember 1992 di kota Rio de Janeiro, Brasil. Pada sidang umum tersebut PBB bersama anggotanya termasuk juga negara Indonesia memutuskan hari air sedunia atau world water day jatuh pada 22 Maret.

Peringatan hari air sedunia ini mulai diperingati sejak tahun 1993. Pada tahun 2015, para pemimpin dunia kembali berkumpul di New York dalam rangka sidang umum PBB ke-70. Salah satu agenda sidang umum tersebut adalah menetapkan pembangunan berkelanjutan yang dikenal dengan istilah Sustainable Development Goals (SDGs). Agenda ini terdiri dari pembangunan berkelanjutan meliputi 17 tujuan utama pembangunan berkelanjutan.

Salah satu tujuan agenda yang dijharapkan tercapai adalah isu terkait masalah air yang tertuang dalam tujuan butir ke enam. Tujuan butir ke enam ini secara jelas mengungkapkan harapan terpenuhinya kebutuhan masyarakat dunia terhadap air pada tahun 2030. Mengutip www.worldwaterday.org, tujuan butir ke enam ini memiliki artian tidak meninggalkan siapa pun masyarakat dunia di belakang.

Tujuan Hari Air Sedunia

Hari air sedunia merupakan salah satu perayaan tahunan yang berhasil menarik perhatian masyarakat dunia. Tujuan diperingatinya hari air sedunia tidak lain adalah untuk mendedikasikan dan mengapresiasi betapa pentingnya keberadaan air bersih bagi seluruh penduduk dunia. Penting bagi kita dewasa ini untuk mulai menumbuhkan kesadaran akan pentingnya memenuhi kebutuhan air bersih dalam kehidupan sehari-sehari.

Mengingat kini kita berada ditengah beragam ancaman kerusakan lingkungan yang menghantui. Masyarakat dunia harus kembali diingatkan mengenai pentingnya air bagi kehidupan dan penyadaran untuk pengelolaan sumber-sumber air bersih yang berkelanjutan. Hari air sedunia mulai diperingati dalam rangka memotivasi masyarakat dunia agar memberikan dukungan dalam hal konservasi air salah satunya dengan mengurangi penggunaan keran air sepanjang hari.

Momen peringatan hari air sedunia ini dapat menjadi sebuah kesempatan bagi bagi kita semua sebagai bagian dari  masyarakat dunia untuk lebih meningkatkan kesadaran mengenai air. Hari air sedunia menjadi momen untuk mengajak masyarakat dunia untuk lebih mencintai dan menjaga lingkungan. Masyarakat diajak untuk lebih banyak menanam pohon agar hutan kembali hijau untuk menanggulangi angka kerusakan lingkungan.

Menamam pohon saat hari air sedunia juga dinilai efektif untuk memurnikan kembali air akibat kerusakan ekosistem. Jika cara ini dilakukan bersama serentak dengan masyarakat di belahan dunia lain saat hari air sedunia, maka dapat dipastikan bahwa ketersediaan air akan kembali melimpah. Melimpahnya ketersediaan air akan memberi banyak dampak positif. Tentunya masyarakat dunia tak akan mengalami krisis air bersih untuk keberlangsungan hidup.

Hari Air Sedunia: Dibentuknya UN Water

pixabay.com

Pada tahun 2003 Komite Tingkat Tinggi PBB meresmikan UN Water. UN Water merupakan sebuah wadah untuk menjalankan mekanisme koordinasi antar lembaga di dalam PBB untuk semua isuyang berhubungan dengan air tawar termasuk sanitasi. Pembentukan UN Water dilakukan untuk membantu mengatasi hubungan antar sektor mengenai isu air sehingga dapat memaksimalkan tindakan yang terkoordinasi dengan seluruh sistem yang ada.

Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa tujuan dibentuknya UN Water adalah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dari program kerja sekaligus proyek Komite Tingkat Tinggi PBB. UN Water berkerja dengan memfasilitasi upaya bersama dan memaksimalkan aksi seluruh sistem yang terkoordinasi secara efektif. Dukungan diberikan kepada negara-negara anggota dalam mencapai tujuan yang terikat waktu, sasaran dan tindakan.

Lingkup pekerjaan UN Water melingkupi seluruh aspek permasalahan air tawar termasuk permukaan dan sumber daya air tanah juga antar muka air tawar dan laut. Hal ini pun berkaitan dengan kualitas dan kuantitas sumber air tawar, pengembangan, manajemen, dan pengawasan, penilaian dan penggunaan. Memperingati hari air sedunia kita pun diharapkan dapat berkontribusi menjaga lingkungan dengan baik. Lalu apa sajakah masalah megenai kualitas air dunia?

Hari Air Sedunia: Masalah Krisis Kualitas

Dalam sidang umum tersebut PBB menyampaikan sejumlah data terkait kondisi krisis air yang terjadi di skala internasional. Faktanya adalah sekitar 2,1 miliar orang hidup tanpa air bersih di rumahnya. Terhitung sekitar lebih dari 700 balita meninggal setiap hari karena diare. Hal ini disebabkan konsumsi air kotor dan sanitasi yang buruk. Hal ini tentu menjadi masalah utama yang menjadi prioritas seluruh anggota PBB untuk memenuhi kebutuhan air yang berkualitas kepada seluruh masyarakat.

Masalah lainnya adalah terhitung satu dari empat sekolah dasar di seluruh dunia tidak menyediakan layanan air minum. Anak-anak yang duduk di bangku sekolah dasar berada di tahapan tumbuh kembang yang membutuhkan asupan gizi juga air yang mencukupi. Memperingati hari air sedunia diharapkan seluruh anak-anak di dunia dapat memaksimalkan tumbuh kembang mereka dengan adanya layanan air minum di sekolah dasar.

Secara global terdapat sekitar 80% orang yang tidak punya akses air bersih hidup di pedesaan. Hal ini pun menjadi perhatian seluruh anggota PBB untuk memaksimalkan jangkauan pemenuhan kebutuhan air yang bersih hingga pedesaan. Sekitar 4 miliar orang mengalami kelangkaan air selama minimal satu bulan tiap tahunnya. Dalam kondisi seperti ini orang-orang kaya umumnya menerima layanan sanitasi dan air bersih dengan harga murah.

Lain halnya dengan orang miskin yang harus membayar cukup mahal untuk mendapatkan layanan sanitasi dengan kualitas sama atau bahkan lebih rendah. Dengan masalah-masalah mengenai air yang Bob sampaikan di atas cukup menggambarkan betapa daruratnya isu mengenai air ini jika dibiarkan berlarut-larut. Jika dibiarkan begitu saja, masalah ini akan berkembang dan berdampak kepada kehidupan 700 juta orang di seluruh dunia yang terancam akibat kelangkaan air.

Hari Air Sedunia: Memperbaiki Kualitas Air

Tumbuhan memiliki fungsi sebagai penyaring. Dengan melakukan penanaman pohon di sepanjang sungai dapat menjaga saluran air tetap bersih. Ayo sama-sama jaga lingkungan kita agar kita dapat meningkatkan kualitas hidup kita. Memenuhi kebutuhan air kita sama pentingnya dengan memenuhi kebutuhan istirahat. Bobobox adalah hotel kapsul yang menawakan kamu pengalaman istirahat yang nyaman. Unduh aplikasi Bobobox untuk informasi lebih lengkap!

bobo
travelingyuk.com

You might also like