Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Siap Staycation Lagi? Perhatikan Dulu 5 Hal Ini, Ya!

Supaya staycation kamu tetap aman dan menyenangkan!

Nggak terasa, ya, kita sudah memasuki pertengahan tahun 2020. Pandemi COVID-19 sepertinya menggagalkan rencana-rencana kalian, seperti staycation atau menonton konser. Akibat wabah virus corona, beragam aktivitas menjadi terganggu secara signifikan. Banyak juga dari kalian yang mungkin harus berdiam di rumah dalam jangka waktu lama. Hmm… Sudah berapa bulan, nih, kalian diam di rumah? Pasti penat saat tidak bisa pergi ke mana-mana. Kegiatan belanja bulanan yang biasa-biasa saja mungkin sekarang rasanya seperti liburan, ya.

Namun, seperti yang bisa dilihat di berita dan berbagai media, orang-orang secara bertahap mulai beraktivitas seperti biasa. PSBB di beberapa daerah pun mulai berakhir. Seperti dilansir dari CNN Indonesia, masa PSBB di Kota Bandung berakhir pada hari Jumat, 26 Juni 2020. Namun, penyesuaian-penyesuaian baru tetap diterapkan berdasarkan protokol keselamatan. Beberapa mal dan restoran kembali buka, meskipun memang memiliki jam operasional yang lebih terbatas.

tips staycation aman
Sumber: Tempo

Beberapa daerah justru mengalami perpanjangan masa PSBB. Dikutip dari PRFM News, masa PSBB di Bogor, Depok, dan Bekasi justru diperpanjang hingga 16 Juli 2020. Perpanjangan ini diterapkan karena ketiga daerah tersebut masih berada dalam kategori zona kuning. Aduh! Semoga kondisi segera membaik, ya, supaya semua bisa kembali beraktivitas. Untuk kamu berdomisili di zona yang lebih aman, mungkin beberapa aktivitas sudah bisa dinikmati, seperti berkunjung ke mal atau berlibur.

Nah, untuk kamu yang sudah diizinkan staycation, jangan terburu-buru! Bob paham kok kalau kalian mungkin sudah nggak sabar untuk berlibur. Namun, ada 5 hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memesan hotel dan menikmati liburan. Meskipun terkesan merepotkan, hal-hal ini layak dipikirkan demi keamananmu dan orang lain. Bob bahas lebih lanjut di bawah ini, ya!

1. Periksa Kondisi Kesehatan Pribadi Sebelum Berlibur

tips staycation aman
Credit: Jesper Aggergaard @ Unsplash

Hal pertama yang harus kamu pertimbangkan sebelum menikmati staycation adalah kondisi fisikmu sendiri. Kamu mungkin berniat menghabiskan banyak waktu di kamar hotelmu. Namun, dalam kondisi seperti sekarang, keluar rumah rasanya seperti masuk ke medan perang. Kamu harus “dipersenjatai” berbagai amunisi dan perlindungan diri. Nah, salah satunya adalah sistem imunitas tubuhmu. Saat kondisi fisik kurang fit, imunitas tubuh menurun sehingga kamu lebih rentan terkena penyakit.

Kalau kamu sedang sakit atau baru saja sembuh, lebih baik tunda dulu rencana staycation. Jangan sampai kondisimu malah memburuk lagi, atau orang lain justru tertular penykait dari kamu. Untuk saat ini, matangkan dulu rencanamu dengan mengumpulkan dana yang lebih besar sambil mencari informasi akomodasi secara lengkap. Dalam kondisi seperti ini, playing safe is your best bet. Tunggu sebentar lagi sampai kondisimu lebih fit, ya!

Sambil menunggu pulih, kamu bisa meningkatkan imunitas tubuh dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan. Dilansir dari Healthline, ada beberapa makanan yang ternyata baik untuk kekebalan tubuh. Buah-buahan sitrun seperti jeruk, lemon, dan jeruk nipis bisa jadi pilihan yang tepat. Untuk sayuran, kamu bisa mengonsumsi brokoli dan bayam. Kiwi dan pepaya juga layak kamu coba.

2. Dapatkan Update Situasi Kotamu

tips staycation aman
Credit: Obi Onyeador @ Unsplash

Beberapa moda transportasi antarkota sudah mulai beroperasi. Kamu sebenarnya bisa saja menikmati liburan di luar kota. Namun, demi keamanan mungkin lebih baik kamu mencoba staycation di dalam kota terlebih dahulu. Meskipun demikian, kamu tetap harus mencari dan mendapatkan update mengenai situasi kotamu sendiri. Beberapa kota atau daerah masih melaksanakan PSBB. Sementara di kota atau daerah lainnya, PSBB sudah berakhir. Kalau PSBB. masih dilaksanakan di kotamu, baiknya kamu tunda dulu rencana liburanmu.

Selain itu, cari tahu juga kawasan di kotamu yang mungkin masih tergolong rawan. Daerah tempat tinggalmu mungkin termasuk area yang lebih aman. Namun, bisa saja kawasan di sekitar hotel yang kamu inginkan masih terbilang rawan. Kalau kamu sudah memiliki beberapa pilihan hotel untuk dikunjungi, coba cari tahu mengenai kondisi di sekitar hotel tersebut. Pastikan situasi di kawasan tersebut sudah lebih aman atau kondusif.

3. Pahami Kebijakan Reservasi Hotel

tips staycation aman
Credit: Mimi Thian @ Unsplash

Hal penting berikutnya yang perlu diperhatikan adalah kebijakan hotel terkait reservasi kamar. Dalam situasi seperti saat ini, keadaan bisa saja berubah secara mendadak. Ya, rencana staycation yang sudah kamu susun bisa jadi harus dibatalkan karena perubahan situasi tersebut. Jika kondisi memburuk, bukan hanya liburanmu saja yang harus ditunda. Berbagai tempat umum, termasuk hotel dan mal pun bisa jadi harus kembali ditutup. Kamu pasti kesal kalau hal seperti itu harus terjadi, tetapi, ya, mau bagaimana lagi?

Nah, untuk menghindari kerugian dari segi finansial, pahami kebijakan pembatalan yang diterapkan hotel pilihanmu. Selama pandemi ini, banyak hotel menerapkan kebijakan free cancelation atau gratis pembatalan untuk reservasi kamar. Dengan kebijakan ini, uangmu tidak akan melayang jika sewaktu-waktu kamu harus membatalkan liburan. Selain free cancellation, beberapa hotel juga mungkin menerima permintaan perubahan jadwal tanpa biaya tambahan. Oleh karena itu, pastikan kamu membaca peraturan dari pihak hotel dan memilih akomodasi dengan kebijakan pembatalan gratis.

4. Tentukan Moda Transportasi yang Akan Digunakan

tips staycation aman
Credit: Edvin Johansson @ Unsplash

Seiring new normal, orang-orang sudah mulai kembali beraktivitas. Transportasi umum secara berangsur-angsur beroperasi kembali. Meskipun kamu sudah bisa menggunakan beberapa jenis transportasi umum, physical distancing tetap perlu kamu lakukan. Namun, pada prakteknya menjaga jarak tidak selalu bisa dilakukan secara optimal di kendaraan umum. Selain itu, saat menggunakan kendaraan umum, kamu akan bertemu dengan orang-orang yang berbeda.

Jika memungkinkan, gunakan kendaraan pribadi saat kamu akan menikmati staycation di hotel. Kamu bisa memakai mobil atau motor. Dengan demikian, keamananmu bisa jauh lebih terjaga. Namun, berkendara di masa pandemi pun tetap ada aturannya. Seperti dilansir dari Kumparan, para pengguna mobil pribadi di Jakarta harus membatasi jumlah penumpang sebanyak 50% dari kapasitas total kendaraan. Tidak ada kendaraan pribadi? Sebetulnya tidak masalah. Kamu boleh kok menggunakan transportasi umum seperti taksi. Namun, pastikan kamu tetap mengikuti protokol keamanan, ya!

5. Kenali Protokol Keamanan Hotel dan Siapkan Masker Cadangan

tips staycation aman
Sumber: @Planet_EXO

Hal terakhir yang tidak boleh terlupakan sebelum kamu pergi staycation adalah mengikuti protokol hotel. Nah, setiap properti menerapkan protokol yang kurang lebih serupa. Namun, mungkin terdapat sedikit perbedaan pada protokol di masing-masing properti. Kamu bisa menghubungi pihak hotel sejak awal untuk bertanya mengenai protokol dan persyaratan yang harus dipenuhi. Apa pun itu, sebisa mungkin tetap patuhi peraturan yang diterapkan oleh pihak hotel. Usahakan kamu tidak banyak berkeliaran di tempat yang ramai. Tetap jaga jarak dengan pengunjung lain. Jangan lupa rajin mencuci tangan dan membawa hand sanitizer.

Selain itu, ada baiknya kamu juga mempersiapkan masker cadangan. Usahakan kamu tidak sampai mengenakan masker yang sama beberapa hari berturut-turut, terutama jika kamu sering meninggalkan kamar. Yang jelas, sebagian besar properti mewajibkan para pengunjung untuk mengenakan masker sebelum bisa masuk ke hotel. Oleh karena itu, pastikan kamu tidak sampai lupa membawa masker, ya, supaya bisa menikmati staycation.

Dengan kelima tips yang Bob sajikan di atas, semoga kamu bisa menikmati staycation yang aman, nyaman, dan menyenangkan, ya! Saat ini, kondisi memang belum sepenuhnya kondusif untuk melakukan beberapa aktivitas. Namun, kamu tidak boleh sampai “kalah” dan kehilangan kesenangan dalam hidup. Dengan tetap mengikuti protokol dan mempertimbangkan beberapa aspek, liburan yang mengasyikkan bisa kamu nikmati!

Sudah Punya Pilihan Akomodasi yang Aman dan Nyaman?

Kalau belum, Bob punya rekomendasi hotel yang seru: Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini tidak hanya aman dan nyaman, tetapi juga unik! Bobobox mengintegrasikan teknologi en-capsule dengan aplikasi seluler. Nggak perlu lagi repot-repot bawa room card! Kamu bisa mengakses pod dan mengunci pintu melalui aplikasi di ponselmu. Pencahayaan juga bisa diatur lewat ponsel. Cocok deh buat kamu yang senang rebahan!

Interior pod bergaya futuristik juga dijamin bikin kamu betah! Tempat tidur yang nyaman dan bersih membuat kualitas tidurmu pun tetap terjamin. Oh, ya! Bobobox juga dilengkapi beberapa fasilitas umum, seperti pantry, communal space, dan shared bathroom. Baik pod dan communal space di Bobobox sama-sama Insta-worthy, lho! Seru deh buat kamu yang suka foto-foto. Bobobox juga punya vending machine untuk minuman. Jadi, kamu nggak perlu repot-repot keluar hotel untuk membeli minum.

Nah, Bob sempat sebut aplikasi ponsel, ‘kan? Aplikasi Bobobox bisa kamu unduh secara gratis dan tersedia untuk platform Android dan iOS. Oh, ya! Lewat aplikasi ini, kamu juga bisa melakukan reservasi secara langsung. Eh, ada beragam notifikasi dan promo menarik yang bisa kamu dapatkan juga, lho! Jadi, setelah kamu mempertimbangkan beragam hal dan mempersiapkan diri, boleh banget pesan pod-mu di Bobobox! Ayo download aplikasinya dan nikmati staycation aman dan seru di Bobobox! Bob tunggu, ya!