Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Perempuan yang Hobi Lembur Lebih Berisiko Kena Diabetes; Memang Benar?

Hati-hati nih buat para perempuan.

Tumpukan pekerjaan membuat seseorang terkadang lupa waktu saat bekerja. Sehingga mereka harus memperpanjang waktu kerjanya di kantor alias lembur. Padahal hal tersebut bisa menyebabkan gangguan-gangguan kesehatan. Salah satunya menyebabkan perempuan lebih berisiko terkena diabetes. Nah lo!

Hobi Lembur Meningkatkan Resiko Diabetes pada Perempuan

Selain menyita banyak hal, seperti waktu istirahat berkurang dan menyita waktu untuk bersosialisasi. Lembur juga dapat menimbulkan bahaya kesehatan terutama pada perempuan. Hal itu disebabkan karena lembur yang dilakukan secara terus menerus tanpa istirahat yang cukup.perempuan lembur berisiko diabetes

Dimuat dalam jurnal BMJ Open Diabetes Research and Care tahun 2018    . Sebuah penelitian mengungkapkan alasan mengapa perempuan yang bekerja lembur beresiko terkena diabetes. Dari 7.000 orang pekerja dinyatakan bahwa perempuan yang bekerja lebih dari 45 jam seminggu berisiko terkena diabetes tipe dua.

“Lingkungan pekerjaan jelas berperan dalam peningkatan risiko diabetes tipe dua dan penyakit kronis lainnya, itulah yang perlu disadari. Bekerja lembur bukanlah salah satu gaya hidup sehat,” ujar peneliti senior Institute for Work and Health Toronto, Kanada.

Pemimpin penelitian, Peter Smith, menyatakan bahwa resiko diabetes pada perempuan yang bekerja lembur meningkat hingga 50%. Ia juga menyatakan bahwa jam kerja yang panjang juga dapat menimbulkan stress. Hal itu menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan meningkatnya resistensi insulin yang memicu timbulnya diabetes.

Mengapa Perempuan yang Sering Lembur Lebih Rentan terhadap Diabetes?

Meskipun dikatakan bahwa lembur menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit diabetes. Nyatanya hal ini tidak berpengaruh pada laki-laki. Padahal seorang ahli epidemiologi, Cameron Mustard, laki-laki memiliki berisiko terkena penyakit yang lebih tinggi secara umum.

Fakta lain yang lebih mengejutkan, ditemukan bahwa lembur malah menurunkan kasus diabetes pada laki-laki. Dalam sebuah penelitian, diyakini bahwa ada faktor lain penyebab rentannya perempuan yang lembur terhadap diabetes. Peneliti meyakini hal ini berhubungan dengan pekerjaan rumah yang lebih sering dikerjakan oleh perempuan.

Ini menyebabkan perempuan yang lembur masih harus melakukan pekerjaan tambahan lagi ketika berada di rumah. Sehingga waktu kerja perempuan lebih banyak dibandingkan dengan laki-laki. Oleh sebab itu, perempuan memiliki waktu istirahat yang tidak cukup dan pola hidup tidak sehat.

Pekerjaan rumah tangga yang wajib diselesaikan membuat perempuan kurang menjaga asupan makanannya dan berolahraga. Faktor inilah yang memicu peningkatan risiko perempuan lebih rentan terhadap stress  dan memicu penyakit diabetes.

Hal yang Perlu Diperhatikan Jika Lembur Tak Dapat Dihindari

Terkadang lembur tak dapat dihindari ketika seseorang dihadapkan dengan banyak pekerjaan dan deadline. Meski mereka telah mengetahui fakta dan adanya penelitian soal bahaya sering lembur. Jika sudah begini, hal yang harus dilakukan adalah melakukan pengecekan kesehatan secara berkala. Juga mengatur pola hidup.perempuan lembur berisiko diabetes

Bagi kamu yang sering lembur, usahakan untuk melakukan olahraga kecil saat berada di kantor. Contohnya dengan memilih tangga dibandingkan lift atau dengan melakukan olahraga ringan. Perbaiki kebiasaan yang kurang sehat seperti merokok atau terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji.

Mulailah terapkan hidup sehat dengan rajin berolahraga, tidur cukup, dan makan makanan yang sehat seperti perbanyak sayuran dan buah. Jika keluarga memiliki riwayat diabetes, sebaiknya kamu melakukan pemeriksaan rutin ke dokter untuk pengecekan gula darah. Atau bisa dilakukan sendiri dengan alat pengecek gula darah. Hal itu penting untuk pencegahan risiko timbulnya diabetes.

Kurangi Stress dengan Menginap di Bobobox

bobobox

Lembur boleh saja dilakukan, tapi jangan terlalu sering. Usahakan luangkan waktumu untuk memanjakan diri dan beristirahat. Menginap di Bobobox bisa menjadi pilihanmu untuk rehat sejenak dari pekerjaan yang menumpuk. Kamu akan dimanjakan dengan fasilitas pod yang nyaman dan dilengkapi teknologi canggih. Pesan pods -nya sekarang melalui aplikasi bobobox atau kunjungi lamannya di sini.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.