Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Gatal Akibat Gigitan Serangga? Cobalah Pereda Gatal Gigitan Serangga Ini!

Bisa langsung dicoba di rumah

Bobobox.co.id — Sudah sejak lama, minyak esensial digunakan untuk berbagai kondisi yang berhubungan dengan kesehatan. Menjadi pereda gatal gigitan serangga adalah satu dari sekian banyak manfaatnya.

Bagi yang belum tahu, minyak esensial adalah ekstrak sulingan berkonsentrasi tinggi dari tanaman tertentu. Bisa digunakan sebagai pengharum ruangan membuatnya jadi pilihan banyak keluarga.

Daripada penasaran, berikut adalah 10 pereda gatal gigitan serangga berupa minyak esensial yang berkhasiat dalam mengurangi rasa gatal yang menjadi akibat dari digigit serangga seperti nyamuk.

Pereda Gatal Gigitan Serangga yang Ampuh

1. Basil

Pereda gatal gigitan serangga pertama yang terbukti ampuh adalah minyak basil. Sifat antiradang dari minyak esensial ini dapat membantu dalam meredakan iritasi kemerahan akibat gigitan serangga.

Tak hanya itu, manfaat dari minyak esensial basil ini pun tak sampai di situ saja. Sifat antimikroba dari minyak tersebut juga berkhasiat dalam mencegah terjadinya infeksi berkelanjutan yang mungkin terjadi.

Untuk penggunaannya, larutkan 2 hingga 3 tetes minyak basil dengan 1 sdt minyak zaitun atau minyak almon. Setelah itu, barulah oleskan campuran minyak tersebut pada bagian kulit yang terkena gigitan.

Basil pereda gatal gigitan serangga
Basil via pexels.com/@monicore

2. Chamomile

Bunga chamomile merupakan bunga yang memiliki wangi yang begitu harum. Wangi yang dihasilkan oleh bunga inilah yang menjadikannya kerap dimanfaat untuk dibuat teh sebagai minuman pengantar tidur.

Di samping itu, minyak chamomile pun bisa bermanfaat sebagai pereda gatal gigitan serangga, lho. Sifat antiradangnya mampu membantu dalam mengatasi reaksi ringan seperti kulit gatal dan iritasi.

Sama seperti halnya minyak basil, cukup larutkan 2 hingga 3 tetes minyak chamomile dengan 1 sdt minyak zaitun atau almon. Setelah itu, oleskan pada bagian kulit yang tersenggat oleh serangga.

Bunga chamomile pereda gatal gigitan serangga
Bunga chamomile via pexels.com/@sebastians

3. Lavender

Soal pereda gatal gigitan serangga, lavender adalah minyak esensial yang bakal direkomendasikan banyak orang. Minyak ini memiliki efek antiradang yang berguna untuk memperbaiki sel kulit yang rusak.

Tak hanya itu, sifat menenangkan yang pun dimiliki oleh tanaman berwarna ungu tersebut. Hal tersebut menjadikan lavender memiliki kemampuan untuk menghilangkan rasa sakit akibat gigitan serangga.

Dibanding pereda gatal gigitan serangga lainnya, penggunaan lavender ini terbilang simpel. Kamu bisa lansung mengoleskan minyak lavender tersebut ke bagian kulit yang jadi bekas gigitan serangga.

Lavender pereda gatal gigitan serangga
Lavender via unsplash.com/@anniespratt

Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk. Efektif Dan Mudah Dilakukan!


4. Minyak Eucalyptus

Minyak kayu putih atau dikenal juga minyak Eucalyptus merupakan minyak yang ada di hampir semua rumah. Beragam manfaat seperti menenangkan dan menghangatkan kulit bakal didapat penggunanya.

Alhasil, manfaat minyak kayu putih tersebut membuat bahan alami ini sebagai pereda gatal gigitan serangga. Aromanya yang harum pun membuat produk satu ini sangat direkomendasikan untuk digunakan.

Cara pengaplikasian dari minyak Eucalyptus pun terbilang mudah. Kamu hanya perlu memilih salah satu produk minyak kayu putih di pasaran dan oleskan langsung minyaknya ke bagian yang memerah.

Minyak Eucalyptus
Minyak Eucalyptus via istock

5. Peppermint

Peppermint merupakan salah satu minyak esensial yang cukup populer di samping lavender. Seperti halnya lavender, peppermint pun bisa kamu gunakan sebagai salah satu pereda gatal gigitan serangga.

Minyak esensial ini terkenal akan sifat antiradangnya. Sempat Bob singgung sebelumnya, sifat antiradang ini terbukti ampuh dalam mengatasi gatal, iritasi, hingga sensasi terbakar akibat digigit serangga.

Menggunakan minyak ini tidak boleh langsung dioleskan ke permukaan kulit. Pasalnya, melakukan hal tersebut justru dapat menyebabkan perih dan malah mampu memperburuk kondisi iritasi kulit.

Daun peppermint pereda gatal gigitan serangga
Daun peppermint via pexels.com/@pixabay

6. Camphor

Minyak esensial camphor memang kurang familiar di telinga. Walaupun begitu, tanaman yang masih satu kerabat dengan kayu manis tersebut nyatanya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit.

Beberapa di antaranya antara lain meredakan gatal, sakit, iritasi, dan peradangan akibat gigitan serangga. Minyak esensial ini pun mampu menenangkan dan menyejukkan kulit yang teriritasi.

Namun, penggunaan pereda gatal gigitan serangga ini hanya diperuntukkan untuk iritasi ringan saja. Jangan sampai dioleskan ke luka yang parah karena justru dapat membuat iritasi semakin memburuk.

Camphor pereda gatal gigitan serangga
Camphor via recipes.timesofindia.com

Baca Juga: 7 Cara Atasi Masuk Angin Alami. Terbukti Ampuh Untuk Hilangkan Masuk Angin


7. Tree Tea Oil

Bagi kamu yang memiliki masalah seperti jerawat, tea tree oil umum digunakan sebagai obat jerawat. Padahal, minyak satu ini pun bisa digunakan sebagai obat untuk atasi gatal dari gigitan serangga.

Sifat antibakteri pada minyak esensial ini dapat membantu dalam mencegah bakteri agar tak berkembang. Tak hanya itu, minyak pohon teh ini mampu mengurangi gatal dan bengkak pada kulit.

Untuk menggunakannya, kamu perlu melarutkan 2 hingga 3 tetes minyak ini dengan 1 sdt minyak zaitun atau minyak kelapa. Setelah itu, barulah kamu bisa mengoleskan langsung pada bagian yang gatal.

bahan alami anti nyamuk
Sumber: https://meramuda.com/beauty-health/beberapa-cara-memanfaatkan-tea-tree-oil/

8. Minyak Serai

Minyak serai merupakan pereda gatal gigitan serangga yang bisa jadi pilihan untukmu. Efek antimikroba yang terdapat pada minyak serai berperan penting dalam meminimalisir efek gigitan serangga.

Pasalnya, sifat antimikroba tersebut mampu mencegah infeksi bakteri yang mungkin terjadi. Selain itu, efek inflamasi dalam minyak serai memiliki peranan dalam mengurangi rasa sakit pada kulit.

Sama seperti halnya minyak esensial seperti lavender, minyak serai ini tak perlu dicampurkan dengan minyak almon. Kamu bisa langsung mengoleskannya pada sumber gatal akibat sengatan serangga.

Minyak serai pereda gatal gigitan serangga
Minyak serai via shutterstock

9. Thyme

Thyme sendiri merupakan daun yang masih berada di keluarga mint. Biasanya, daun tersebut kerap dijadikan sebagai campuran bahan masakan karena memiliki manfaat dalam memperkaya cita rasa makanan.

Menariknya, minyak esensial thyme pun mampu dimanfaatkan sebagai salah satu pereda gatal gigitan serangga. Efek sejuk dan dingin yang menyejukkan kulit adalah sensasi yang didapat dari minyak ini.

Di samping itu, aromanya yang menyegarkan justru ditakuti oleh serangga. Akibatnya, menggunakan minyak thyme ini akan menghalau serangga seperti nyamuk untuk kembali menggigit tubuhmu.

Thyme pereda gatal gigitan serangga
Thyme via unsplash.com/@calbertmelu

Baca Juga: Buang Air Besar Kelewat Lancar? Ini Dia Obat Diare Alami Yang Mudah Kamu Temui


10. Witch Hazel

Pereda gatal gigitan serangga terakhir di daftar ini adalah Witch Hazel. Air sulingan dari daun dan batang tanaman tersebut yang mampu mengobati rasa gatal yang diakibatkan oleh gigitan serangga.

Air sulingan tersebut mampu mencegah bekas gigitan agar tidak terinfeksi dan menjaga luka tetap bersih. Bahkan, peradangan dan memang pun bisa berkurang berkat tanaman witch hazel.

Kamu hanya perlu mengoleskan minyak witch hazel langsung ke kulit yang memerah akibat digigit seranggat. Tunggulah beberapa saat untuk mendapatkan hasil dari olesan minyak esensial tersebut.

Witch Hazel pereda gatal gigitan serangga
Witch Hazel via unsplash.com/@viazavier

***

Itulah tadi 10 pereda gatal gigitan serangga berupa minyak essensial yang bisa kamu coba di rumah.

Semoga artikel di atas bermanfaat, ya.

Jangan lupa untuk mengecek juga artikel-artikel menarik lainnya dari Bob yang bisa kamu baca di Blog Bobobox Indonesia.

Menginap yang Bikin Bahagia? Ya di Bobobox

Bosan dengan pengalaman menginap yang itu-itu saja? Kamu bisa mendapatkan pengalaman menginap yang berbeda saat kamu menginap di Bobobox.

Pasalnya, Bobobox sendiri menyediakan fasilitas yang mampu membuatmu serasa berada di masa depan. Tidak heran jika banyak orang yang merasa bahagia sehabis menginap di Bobobox.

Informasi lebih lanjut soal pemesanan podnya bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh melalui link ini.

bobobox kebayoran baru

You might also like