Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Serupa Tapi Tak Sama: Perbedaan Lotek dengan Gado-Gado, Karedok, dan Pecel

Sama-sama berbumbu kacang dengan cita rasa yang berbeda

Selain sajian kuliner dengan rasa rempah yang kuat, Indonesia juga dikenal dengan sajian sederhana namun melekat di lidah. Jangan salah, meskipun sederhana, namun sajian ini justru mampu menjadi penyeimbang dengan rasa yang ringan dan tak kalah menggiurkan.

Sebagai contoh, tengok saja lotek, gado-gado, karedok, dan pecel. Makanan berbahan dasar sayuran dengan bumbu kacang ini cukup digemari. Pasalnya, meski berbahan dasar sayuran, paduan bumbu kacangnya membuat rasa menjadi lebih nikmat dan tak kalah mengenyangkan.

Sekilas, hidangan tersebut memang tampak serupa. Bahkan, ada pula yang menganggap keempat makanan tersebut hanya berbeda dari nama dan asal daerahnya saja. Namun, ternyata makanan tersebut memiliki perbedaan, lho. Daripada bingung, simak penjelasan Bob tentang perbedaan lotek dengan gado-gado, karedok, dan pecel berikut ini, yuk!

Bahan dasar sayuran

Perbedaan lotek dengan gado-gado, karedok, dan pecel yang pertama ada pada sayuran yang digunakan. Biasanya,  lotek menggunakan paling sedikit tiga jenis sayuran, yakni bayam, kol, dan tauge. Ketiga sayuran tersebut direbus terlebih dahulu sampai matang.

Mirip dengan lotek, gado-gado juga menggunakan tauge dan kol sebagai komposisi sayuran yang digunakan. Kedua bahan sayur tersebut juga direbus terlebih dahulu hingga matang. Bedanya, gado-gado juga menggunakan sayuran mentah, yakni selada dan mentimun.

via mangcook.com

Sayuran mentah juga digunakan karedok sebagai ciri khas utama. Karedok menggunakan tauge, mentimun, kol, kacang panjang, terong hijau, dan kemangi yang hanya dicuci bersih dan dipotong-potong secukupnya. Meskipun menggunakan sayuran mentah, namun rasa karedok tak kalah enak dengan sensasi tekstur sayuran yang masih renyah.

Sedangkan pecel memiliki komposisi sayuran yang lebih banyak dari lotek, gado-gado, maupun karedok. Dalam satu porsi pecel, kamu bisa menemukan banyak sayuran seperti bayam, kangkung, daun singkong, daun pucuk pepaya, kacang panjang, kembang turi, dan kemangi.

Oleh karena itu, selain enak, keempat sajian ini juga dijamin menyehatkan. Dari komposisi sayurannya saja, sudah jelas ‘kan perbedaan lotek dengan gado-gado, karedok, dan pecel.

Bumbu kacang dengan rasa khas

Sepintas, bumbu kacang yang digunakan dalam sajian lotek, gado-gado, karedok, dan pecel memang terlihat sama. Namun, jika sudah mencicipinya, dijamin bumbu kacang akan membuat perbedaan lotek dengan gado-gado, karedok, dan pecel menjadi semakin kentara.

Ciri khas cari lotek dan karedok adalah bumbu kacangnya menggunakan tambahan berupa tempe goreng, terasi, dan kencur. Ketiga bahan tersebut dihaluskan bersamaan dengan bahan bumbu yang lain, seperti kacang tanah, bawang putih, garam, gula merah, dan cabai. Tak heran ‘kan jika bumbu lotek  dan karedok terasa lebih padat dan kental.

Serupa Tapi Tak Sama: Perbedaan Lotek dengan Gado-Gado, Karedok, dan Pecel
via mangcook.com

Perbedaan lotek dengan gado-gado juga terletak pada bumbu kacangnya. Selain kacang tanah bawang putih, bawang merah, terasi, garam, gula, dan cabai merah, gado-gado juga menggunakan santan, daun salam, cuka, dan kecap. Tak hanya itu, perbedaan lotek dengan gado-gado lainnya ada pada tekstur bumbu pada gado-gado yang lebih encer, sehingga sering disebut saus kacang.

Sedangkan pada hidangan pecel, bumbu kacangnya lebih sederhana dari gado-gado, yakni tanpa menambahkan santan, daun salam, cuka, dan kecap. Bumbu kacangnya hanya ditambahkan irisan daun jeruk yang membuat aromanya menjadi lebih wangi.

Bumbu pecel juga terasa lebih ringan di lidah ketimbang saus kacang pada gado-gado. Bumbu kacang pada pecel biasanya hanya dihaluskan, lalu disimpan dengan wadah kedap udara dan disajikan mendadak dengan cara mencampurkannya dengan air panas.

‘Teman’ sajian yang mengenyangkan dan pas

Menyantap keempat menu sajian sayuran tersebut belum lengkap tanpa ‘teman’ yang bisa mengenyangkan. Biasanya, penjual lotek atau karedok melengkapi sajiannya dengan pilihan lontong, ketupat atau nasi, yang bisa dipilih sesuai selera. Tak hanya itu, ada pula beberapa penjual lotek yang mencampurkan gorengan yang telah dipotong-potong.

Sama halnya dengan lotek dan karedok, gado-gado juga biasa dijual lengkap dengan lontong atau ketupat. Perbedaan lotek dengan gado-gado lainnya adalah, pada gado-gado juga biasa ditambahkan tahu goreng, tempe goreng dan telur rebus. Tak heran jika menyantap seporsi gado-gado saja sudah sangat mengenyangkan.

Serupa Tapi Tak Sama: Perbedaan Lotek dengan Gado-Gado, Karedok, dan Pecel
Nia Rohaniah via Pinterest

Pada sajian pecel, ‘teman’ sajian yang terkenal adalah nasi. Itulah sebabnya banyak dijumpai penjual nasi pecel. Namun, beberapa penjual juga ada yang menjajakan pecel yang disantap dengan lontong yang sama enaknya.

Pecel juga akan lebih nikmat jika dimakan bersamaan dengan tempe goreng dan rempeyek kacang atau teri. Namun, saat ini sudah banyak pula penjual yang menyajikan berbagai lauk tambahan, seperti ayam goreng, telur mata sapi, jeroan ayam, gepuk, dan lain sebagainya.

Teknik penyajian

Memiliki tampilan sajian yang serupa, bukan berarti disajikan dengan cara yang sama pula. Ya, perbedaan lotek dengan gado-gado, karedok, dan pecel selanjutnya ada pada teknik penyajiannya.

Pada sajian lotek dan karedok, biasanya bumbu kacang digiling dengan menggunakan cobek dan diencerkan terlebih dahulu. Di tempat yang sama, tambahkan irisan sayuran dan campurkan hingga sayuran terlapisi dengan bumbu kacang yang lezat. Lotek dan karedok pun siap disantap bersama lontong, ketupat, atau nasi.

Lain halnya dengan penyajian gado-gado, yang terlebih dahulu meletakkan lontong dan irisan sayuran di atas piring. Jangan lupa untuk menambahkan irisan tahu, tempe dan telur rebus sebagai pelengkap. Setelah itu, barulah tuangkan saus kacang di atasnya. Terakhir, tambahkan kerupuk gado-gado, yang biasanya berwarna merah muda.

Hampir mirip dengan gado-gado, penyajian nasi pecel juga dengan cara meletakkan nasi panas di atas piring. Kemudian, tambahkan berbagai macam sayur rebusan, dan siram dengan bumbu kacang di atasnya. Tentu saja, makan nasi pecel tak lengkap tanpa tempe goreng dan rempeyek.

Serupa Tapi Tak Sama: Perbedaan Lotek dengan Gado-Gado, Karedok, dan Pecel
via unileverfoodsolutions.co.id

Ternyata, tak sulit ‘kan menemukan perbedaan lotek dengan gado-gado, karedok, dan pecel? Jika sudah bisa membedakan, yuk, hunting hidangan sayuran tersebut bareng Bob! Dengan perbedaan lotek dengan gado-gado, karedok, dan pecel yang ada, kamu jadi lebih mudah mengetahui sajian mana yang menjadi seleramu.

Menginap nyaman tanpa harus khawatir dengan kebersihan? Bobobox saja!

Mencari perbedaan lotek denga gado-gado mungkin tak terlalu sulit. Namun, sulit enggak ya mencari tempat menginap yang bersih dan nyaman? Jangan khawatir, menginap saja di Bobobox! Dijamin aman karena tim Bobobox selalu menjaga kebersihan dan keamanan para tamu dengan melakukan pembersihan menyeluruh dan menyemprotkan disinfektan.

Selain itu, Bobobox juga akan memberikan suasana baru dengan fasilitasnya yang menarik sehingga kamu tak akan merasa bosan. Ada lampu LED yang warnanya bisa kamu atur sendiri sesuai dengan sausana hatimu, atau bisa juga menghubungkan smartphone dengan audio musik untuk mendengarkan lagu favoritmu.

Bobobox juga memiliki desain yang bergaya super modern dan futuristik, sehingga kamu bisa berfoto dengan latar yang instagrammable. Penasaran dengan interiornya? Kamu bisa kok melakukan virtual tour untuk melihat beragam fasilitas hi-tech hotel pod ini. Tunggu apa lagi, pesan kamar lewat aplikasi Bobobox sekarang!

bobobox hotel aman covid

You might also like