Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Jangan Sampai Terkecoh! Ini Dia Perbedaan Irit dan Pelit

Perbedaan irit dan pelit ini menjelaskan bahwa kedua sifat ini tidaklah sama!

Perbedaan irit dan pelit masih sering menjadi argumen sebagian orang. Irit dan pelit, keduanya memamg memiliki asosiasi yang erat dengan perilaku seseorang terhadap uang atau bagaimana mereka mengelola uang. Perbedaan irit dan pelit ini sangat penting untuk kamu ketahui karakteristiknya agar kamu tak salah melabeli seseorang. Sebagian orang memandang irit dan pelit keduanya memiliki image yang buruk dan sebagian lainnya melihat ada salah satu yang lebih baik.

Seperti yang kamu sadari, uang merupakan salah satu aspek penting agar dapat bertahan hidup. Tak heran jika sebagian orang pada akhirnya memiliki sifat irit maupun pelit saat mereka mengelola keuangan mereka. Namun bukan berarti sifat irit dan pelit ini lekat kaitannya dengan mereka yang tidak mampu, memiliki uang pas-pasan, atau bahkan orang miskin. Banyak juga lho faktanya mereka yang berkecukupan ataupun kaya raya yang memiliki kedua sifat ini.

Meskipun terdengar seperti sama, terdapat perbedaan irit dan pelit yang bisa kamu identifikasi dengan mudah. Kedua sifat ini faktanya memiliki banyak sekali perbedaan yang bisa dibilang cukup signifikan. Setelah kamu mempelajari informasi mengenai perbedaan irit dan pelit berikut ini, kamu tak akan lagi kesulitan membedakan keduanya. Yuk simak langsung informasinya seperti di bawah ini!

1. Perbedaan Irit dan Pelit: Enggan untuk Memberi Vs Melihat Kondisi dan Kebutuhan

Perbedaan pelit dan irit yang pertama bisa kamu perhatikan adalah dalam hal memberi. Biasanya orang yang pelit cenderung enggan untuk memberi. Ketika orang pelit memberi, mereka akan selalu mengungkit setiap pemberiannya ke orang yang diberikan. Hal ini berbanding terbalik dengan orang irit yang bisanya meskipun dalam jumlah sedikit, terutama bagi orang-orang yang mereka anggap membutuhkan.

2. Perbedaan Irit dan Pelit: Mengeluarkan Uang untuk Kepentingan Pribadinya

Perbedaan irit dan pelit berikutnya yang bisa kamu perhatikan adalah bagaimana mereka menghabiskan uang untuk kepentingan pribadi. Orang pelit biasanya tidak akan mudah untuk mengeluarkan uang bahkan untuk keperluan pribadinya. Hal ini membuat mereka mencari cara untuk sebisa mungkin mendapatkan apa yang diinginkan secara gratis. Sedangkan orang irit akan memilah terlebih dahulu mana saja yang merupakan kebutuhan dan mana yang merupakan keinginan.

3. Perbedaan Irit dan Pelit: Mempertimbangkan Harga Vs Kualitas

Perbedaan irit dan pelit selanjutnya adalah bagaimana sifat mereka dalam membeli barang. Orang irit umumnya tidak akan ragu untuk membeli barang dengan harga yang sedikit lebih mahal asalkan barang tersebut memiliki jangka waktu penggunaan yang panjang. Sedangkan orang pelit biasanya mereka akan lebih memilih barang dengan harga murah meskipun dengan kualitas yang tidak terlalu bagus dan tidak awet.

4. Perbedaan Irit dan Pelit: Menyimpan Uang Tanpa Alasan Vs Menabung dan Investasi

Perbedaan pelit dan irit ini mengenai bagaimana cara mereka menyimpan uang. Orang pelit memiliki karakteristik menyimpan uang tanpa tujuan apapun. Hal ini membuat mereka menabung hanya didasari oleh rasa takut akan kekurangan di kemudian hari. Di sisi lain orang irit biasanya sudah memiliki tujuan alokasi uang untuk masa yang akan datang secara rapi mengenai mana saja yang ditabung dan mana yang diinvestasikan,

5. Perbedaan Irit dan Pelit: Enggan Memberi Tip Vs Memberi Tip Sesuai Kualitas Layanan

Perbedaan Irit dan Pelit

Perbedaan pelit dan irit selanjutnya adalah dalam hal tip setelah menerima pelayanan. Orang pelit relatif tidak mau memberikan tip. Jangankan memberi untuk orang lain, mereka pun bahkan seringkali pelit untuk diri sendiri. Berbeda dengan orang pelit, orang irit tak ragu untuk memberikan tip sesuai dengan pelayanan dan kinerjanya.

6. Perbedaan Irit dan Pelit: Minimalis Vs Memprioritaskan Keperluan

Perbedaan pelit dan irit selanjutnya bisa kamu lihat dari cara mereka memprioritaskan kebutuhan. Orang pelit memiliki kecenderungan untuk sebisa mungkin mengurangi keperluan. Hal ini dilakukan agar mereka tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli kebutuhan lainnya. Sedangkan orang irit justru sangat memprioritaskan kebutuhan yang wajib dibeli. Orang irit juga akan membagi manakah yang harus dibeli dan manakah yang tidak.

7. Perbedaan Irit dan Pelit: Minta Ditraktir Vs Tidak Ragu untuk Split Bill

Perbedaan pelit dan irit selanjutnya adalah dalam hal membayar makanan. Seperti penjelasan di atas, orang pelit akan lebih sering meminta untuk ditraktir meskipun sebenarnya mereka memiliki cukup banyak uang. Hal ini tentu berbeda dengan orang irit yang cenderung berhemat. Mereka tidak akan ragu untuk split bill dan menolak secara halus jika diajak nongkrong di cafe saat keuangan sedang tidak memungkinkan.

8. Perbedaan Irit dan Pelit: Perhitungan Vs Hanya Memperhitungkan di Awal Saja

Perbedaan pelit dan irit selanjutnya adalah dari cara mereka melakukan perhitungan. Pada dasarnya mereka sama-sama perhitungan. Perbedaan irit dan pelit bisa terlihat dengan bagaimana orang irit cenderung memperhitungkan semuanya secara matang sebelum memberikan sesuatu pada orang lain. Sebaliknya orang pelit perhitungan sejak awal hingga akhir sehingga mereka cenderung sering membicarakan pemberian mereka terhadap seseorang di masa depan.

9. Perbedaan Irit dan Pelit: Menabung

Investasi
@kreditgogo.com

Perbedaan irit dan pelit ini juga bisa kamu kenali lewat pengelolaan keuangan pribadinya. Perbedaan irit dan pelit ini bisa kamu lihat melalui berapa banyak uang yang mereka sisihkan untuk menabung. Orang pelit biasanya menabungkan semua uangnya untuk dan enggan menggunakannya untuk keperluan apapun. Di sisi lain orang irit hanya akan menabung sebagian dari uangnya saja. Oleh karena itu sisa uang yang tidak ditabung bisa ia gunakan untuk berbagai kebutuhan.

10. Perbedaan Irit dan Pelit: Orang Pelit Kikir Vs Orang Irit Bijaksana

Perbedaan pelit dan irit yang terakhir adalah mengenai kesimpulan dari perbedaan irit dan pelit di atas. Bisa disimpulkan dari tulisan di atas bahwa pelit adalah sebuah sifat yang identik dengan kikir. Orang pelit biasanya tidak mau mengeluarkan uang yang seharusnya menjadi kewajibannya. Sedangkan irit atau hemat justru adalah sebuah sifat yang bijaksana karena mereka mampu membedakan mana saja yang menjadi kebutuhan dan mana yang merupakan pemborosan.

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Bobobox adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Selain itu, desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan baru Bobobox bernama Bobocabin!

Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota. Kombinasi dari ketenangan alam yang dibalut dengan sentuhan teknologi membuat pengalaman menginap kamu menjadi tidak terlupakan. Dengan menyediakan aktivitas petualangan yang menarik sekaligus mendukung pemberdayaan masyarakat lokal, Bobocabin siap menjadi bagian dari gaya hidup baru kamu. Yuk segera pilih dan pesan tanggal menginap kamu lewat aplikasi Bobobox!

Bobobox Pods Pancoran

You might also like