Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Perbedaan Antara Hari Anak 1 Juni, 23 Juli, dan 20 November

Serupa tapi tidak sama

Bobobox.co.id — Di satu tahun kalender, terdapat banyak tanggal yang dikhususkan untuk penyelenggaraan acara ataupun peringatan tertentu. Mulai dari Hari Ibu yang diperingati pada tanggal 22 Desember hingga salah satunya yang bisa jadi membuatmu bingung yaitu Hari Anak.

Hari Anak sendiri diperingati pada tiga tanggal yang berbeda yaitu 1 Juni, 23 Juli, dan 20 November. Dengan tiga tanggal yang berbeda tentu kamu berpikir-pikir apa perbedaan dari peringatan pada ketiga tanggal tersebut.

Jika kamu masih bingung dan penasaran mengulik perbedaannya, berikut ini merupakan ulasan singkat mengenai perbedaan Hari Anak 1 Juni, 23 Juli, dan 20 November.

Hari Anak 20 November

Pada tanggal 20 November biasa diperingati Hari Anak Sedunia. Peringatan ini diciptakan untuk mengubah cara pandang bagaimana masyarakat melihat dan memperlakukan anak-anak. Peringatan ini diprakarsai oleh PBB sejak tahun 1954 namun sudah dimulai pada tahun 1946 saat UNICEF terbentuk.

Tanggal 20 November 1954 inilah, PBB menetapkan hari khusus untuk bersama negara-negara di seluruh dunia untuk bertukar pikiran terkait kesejahteraan anak. Sebagai contoh pada 20 November 1959 ditetapkannya Declaration of the Rights of the Child dan pada 20 November 1989 dimana PBB menyampaikan Convention on the Rights of the Child.

Selain karena hal tersebut, perbedaan peringatan tiap negara jugalah yang melatarbelakangi PBB untuk menyatukan peringatan hari anak di seluruh dunia pada hari yang sama. Hingga akhirnya ditetapkanlah tanggal 20 November sebagai Hari Anak Internasional.

hari anak 20 november

Hari Anak 1 Juni

Nah, Hari Anak Internasional ditetapkan guna menarik perhatian dan membuka mata dunia terhadap deretan isu-isu yang berdampak langsung kepada anak-anak. Pada tanggal 4 November 1949, tepatnya di kongres Women’s International Democratic Federation, ditetapkanlah bahwa tanggal 1 Juni merupakan Hari Anak Internasional.

Walaunpun penanggalannya ditetapkan berdasarkan hasil kongres di Moscow tahun 1949, pada tahun 1925, isu mengenai banyaknya anak yang terlantar dan diperlakukan dengan buruk sudah dibahas di Jenewa, Swiss yang hasil kongresnya sering disebut Deklarasi Jenewa.

Fakta menarik untuk Hari Anak Internasional ini adalah versi 1 Juni ini merupakan versi yang paling banyak diperingati oleh negara-negara di seluruh dunia mulai tahun 1950.

hari anak 23 juli

Hari Anak 23 Juli

Sedangkan yang terakhir yaitu Hari Anak 23 Juli. Yang satu ini, hanya Indonesia saja yang memperingatinya. Tak heran jika pada tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Anak Nasional. Penetapannya sendiri berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984.

Usut punya usut, penetapannya yang jatuh pada tanggal 23 Juli ini memang sengaja diseleraskan dengan tanggal di mana disahkannya Undang-Undang tentang Kesejahteraan Anak yaitu pada 23 Juli 1979.

Untuk yang bersifat nasional ini, peringatannya sendiri memiliki tanggal yang berbeda-beda di tiap negaranya. Hal tersebut disebabkan oleh perbedaan nilai sejarah, budaya, tradisi, momen penting negara, ataupun kebijakan pemerintah. Semisal Cina yang memperingatinya pada tanggal 4 April, sedangkan Indonesia pada tanggal 23 Juli.

via citraindonesia.com

Menginap Bersama Anak Tercinta? Ajak Saja Ke Bobobox

Mengikuti tumbuh kembang sang buah hati tentu sangat menyenangkan dan momen berharga bagi setiap orangtua. Sehingga, di saat liburan, mencari akomodasi penginapan yang cocok untuk anak jadi hal terpenting yang harus dilakukan.

Salah satu akomodasi penginapan yang recommended dan cocok untuk anak adalah Bobobox. Bobobox sendiri merupakan hotel kapsul kekinian yang dilengkapi fasilitas yang ramah terhadap anak.

Sebagai contoh, tiap podnya sendiri bisa dihuni oleh keluarga kecil yaitu 2 orang dewasa dan 1 orang anak. Jadi, tidak perlu khawatir jika si anak tidak bisa bergerak terlalu bebas di dalam podnya. Selain itu, ada lampu led yang bisa diubah sesuai dengan warna kesukaan si anak.

Penasaran untuk mencobanya? Pesan saja pod yang kamu inginkan melalui aplikasi Bobobox yang bisa kamu unduh melalui link ini. Jadi, yuk menginap di Bobobox!

Leave A Reply

Your email address will not be published.