Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Masih Bingung? Ini Dia Perbedaan Asuransi Kesehatan dan Asuransi Jiwa

Perbedaan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa faktanya cukup beragam, lho!

Perbedaan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa berikut ini akan sangat membantu bagi kamu yang sedang kebingungan memilih jenis asuransi yang kamu butuhkan. Banyak orang masih belum memahami betul mengenai perbedaan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa sehingga akhirnya salah memilih jenis asuransi yang kemudian tidak memenuhi kebutuhannya.

Pada dasaranya perbedaan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa terletak pada kebutuhan dan risiko dari si pemegang polis.

Di sisi lain asuransi kesehatan merupakan jenis asuransi yang memberikan manfaat jaminan keamanan finansial kepada pemegang polis atau pihak tertanggung jika yang bersangkutan mengalami risiko gangguan kesehatan akibat sakit atau kecelakaan. Agar lebih jelas, yuk simak beberapa perbedaan asuransi kesehatan dan asuransi berikut ini.

Perbedaan Asuransi Kesehatan dan Asuransi Jiwa: Asuransi Umum

@mytdrive

asuransi umum seperti asuransi rumah, asuransi kendaraan, dan sebagainya.

Perbedaan Asuransi Kesehatan dan Asuransi Jiwa: Asuransi Jiwa

Perbedaan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa yang pertama akan Bob tunjukan adalah dari segi manfaatnya. Untuk asuransi jiwa jenis manfaat yang bisa diterima adalah sejumlah uang pertanggungan atau santunan asuransi kepada penerima manfaat/keluarga/ahli waris dari tertanggung/peserta asuransi jika tertanggung/peserta asuransi meninggal dunia akibat masalah kesehatan penyakit atau kecelakaan.

Perbedaan Asuransi Kesehatan dan Asuransi Jiwa: Asuransi Kesehatan

Perbedaan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa selanjutnya jika dilihat dari sisi asuransi kesehatan adalah adanya jaminan biaya ketika pemegang polis mengalami gangguan kesehatan (sakit dan/atau kecelakaan). Asuransi kesehatan ini umumnya  menanggung biaya rumah sakit  seperti rawat inap, dokter, obat, dan tindakan operasi berdasarkan syarat yang tertera di polis.

Baca Juga: Selamat Hari Kesehatan Jiwa Sedunia! Ini Dia 10 Tips untuk Membuat Hidupmu Lebih Tenang dan Bahagia!

Perbedaan Asuransi Kesehatan dan Asuransi Jiwa: Produk Asuransi Jiwa Unit Link

Perbedaan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa berikutnya juga bisa dilihat dari sisi asuransi jiwa unit link. Asuransi jenis ini merupakan investasi yang memberikan dua manfaat sekaligus dalam satu polis. Kedua manfaat tersebut adalah perlindungan serta manfaat investasi yang juga memiliki risiko sesuai dengan dana investasi yang dipilih.

Perbedaan Asuransi Kesehatan dan Asuransi Jiwa: Memiliki Fungsi Ganda

Produk asuransi jiwa unit link yang disebutkan di atas bisa menjadi opsi bagi kamu yang merasa kesulitan untuk mengurus dana investasi dan dana perlindungan secara terpisah. Investasi jenis ini banyak diminati karena memiliki fungsi ganda.

Perbedaan Asuransi Kesehatan dan Asuransi Jiwa: Fleksibel karena Dapat Menambah Manfaat

Perbedaan Asuransi Kesehatan dan Asuransi Jiwa

Sudah memiliki asuransi jiwa tapi kamu merasa manfaat perlindungan masih kurang? Kamu juga bisa juga menambah manfaat kesehatan (rider) lainnya sesuai kebutuhan. Untuk mengetahui jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan, kamu bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu mengenai hal ini dengan tenaga pemasar agar tidak salah memilih.

Perbedaan Asuransi Kesehatan dan Asuransi Jiwa: Jangka Waktu Pertanggungan

Perbedaan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa yang bisa kamu perhatikan adalah mengenai jangka waktu pertanggungan. Beberapa jenis asuransi kesehatan ada yang hanya menanggung hingga usia 70 tahun. Sedangkan perbedaan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa unit link umumnya masa pertanggungannya cukup panjang hingga usia 99 tahun. Namun bisa dibilang keduanya memiliki jangka waktu pertanggungan yang panjang.

Perbedaan Asuransi Kesehatan dan Asuransi Jiwa: Prosedur Klaim

Perbedaan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa yang terakhir bisa kamu lihat dari prosedur klaimnya. Bagi kamu yang memiliki asuransi jiwa maka proses klaimnya adalah mengisi formulir, menyerahkan polis, dan surat keterangan dokter yang menyatakan sebab kematian termasuk surat keterangan meninggal.

Perbedaan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa dari sisi klaim asuransi kesehatan faktanya bisa dilakukan dengan dua cara. Beberapa perusahaan asuransi ada yang menerapkan sistem kartu dan yang menggunakan sistem reimbursement. Pada sistem kartu, pihak asuransi akan langsung melakukan pembayaran pada rumah sakit dan untuk sistem reimburse, kamu harus terlebih dulu membayar biaya layanan kesehatan untuk kemudian diganti oleh pihak asuransi.

Perbedaan Asuransi Kesehatan dan Asuransi Jiwa: Mana yang Harus Kamu Pilih

Setelah mempelajari perbedaan asuansi kesehatan dan asuransi jiwa di atas maka kamu seharusnya sudh mulai mengenali kebutuhan kamu sendiri. Mana jenis asuransi yang sebaiknya dipilih semua kembali pada kebutuhan masing-masing. Asuransi jiwa idealnya dibutuhkan oleh kamu yang menjadi tulang punggung keluarga seperti yang disebutkan sebelumnya. Sedangkan asuransi kesehatan sebaiknya dimiliki setiap orang sebagai perlindungan kesehatan seperti halnya BPJS kesehatan.

Baca Juga: Tingkatkan Kesehatan Jasmani dan Rohanimu dengan Crystal Healing

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

You might also like