Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Yuk Lihat Negara-Negara dengan Perayaan Idul Adha Terunik di Dunia!

Negara-negara ini juga punya perayaan Idul Adha terunik di dunia, lho!

Seperti halnya Idul Fitri, hari raya yang satu ini pun tentunya sudah lama dinanti-nantikan, terutama oleh umat Muslim. Namun, keceriaan dan kebahagiaan Idul Adha bisa dirasakan oleh semua orang, terlepas agama dan etnisnya. Di tahun 2021 ini, dilansir dari Kompas, Idul Adha jatuh pada tanggal 20 Juli. Pada masa pandemi seperti sekarang, penyelenggaraan ibadah mengalami banyak penyesuaian. Namun, perubahan tersebut jangan sampai mengurangi keikhlasan dalam beribadah dan keceriaan Idul Adha, ya!

perayaan idul adha terunik di dunia
Sumber: Birmingham Mail

Nah, salah satu tradisi Idul Adha yang paling khas di Indonesia adalah berkurban. Selepas salat Ied, biasanya umat Muslim berkumpul untuk melakukan pemotongan hewan kurban seperti kambing dan sapi. Ustaz KH Wahyul Afif Al-Ghafiqi, dalam wawancaranya dengan CNN Indonesia menyebutkan makna kurban di Idul Adha. Kurban yang dilakukan merupakan bentuk pengorbanan melalui pemberian harta yang kita cintai kepada orang lain dengan tujuan beribadah.


Baca Juga: Ingin Kurban Online untuk Idul Adha? Di mana dan Bagaimana Caranya?


Kurban bukanlah satu-satunya tradisi Idul Adha di Indonesia. Jangan lupa soal pesta sate atau barbekyu daging di sore atau malam hari! Sisa atau jatah daging kurban yang kita dapat biasanya disulap menjadi sajian sate yang sedap. Hidangan ini pun makin lezat saat kita menyantapnya bersama keluarga! Ya, bisa dibilang bakar-bakar sate pun jadi salah satu bentuk perayaan Idul Adha terunik di dunia dari Indonesia. Pokoknya seru deh!

Nah, di artikel ini Bob akan mengajak kamu melihat perayaan Idul Adha terunik di dunia dari negara-negara lain. Nggak kalah asyik dengan perayaan di Indonesia deh! Yuk simak seperti apa kemeriahan perayaan Idul Adha di negara-negara ini!

1. Turki

perayaan idul adha terunik di dunia
Sumber: MyGaziantep

Di hari raya seperti Idul Fitri atau Idul Adha, kita tentunya ingin tampil keren dan cantik, dong! Namun, di Turki bukan hanya orang saja yang ingin glow-up; hewan-hewan kurban juga mendapatkan makeover! Tradisi menghias hewan kurban jadi salah satu perayaan Idul Adha terunik di dunia. Dilansir dari Medcom, hewan-hewan kurban di Turki dihias dengan hena dan pita cantik. Biar pun disembelih, harus tetap shining shimmering splendid, ya!


Baca Juga: Ingin Wajah Sehat dan Cerah? Yuk, Konsumsi 5 Makanan yang Bisa Membuat Wajah Glowing Berikut!


2. Pakistan

perayaan idul adha terunik di dunia
Sumber: Arab News

Perayaan Idul Adha terunik di dunia yang berikutnya ada di Pakistan. Idul Adha di Pakistan dirayakan dengan meriah. Bahkan, dilansir dari Have Halal Will Travel, libur Idul Adha bisa berlangsung hingga empat hari, lho! Bisa puas-puasin makan daging sapi atau kambing tuh! Sebelum salat Ied, para wanita di Pakistan akan menghias dirinya dengan desain hena yang cantik. Bahkan, dilansir dari 99.co, hewan-hewan kurban pun ikut dihias dengan bunga. Wow!

3. Tiongkok

perayaan idul adha terunik di dunia
Sumber: Xinhua

Meskipun umat Muslim menjadi minoritas di sini, Tiongkok juga ternyata punya perayaan Idul Adha terunik di dunia, lho! Umat Muslim di Xinjiang punya tradisi spesial. Dilansir dari Global Times, umat Muslim Xinjiang berkumpul di depan masjid Id Kah untuk menari. Keseruan ini menarik minat para wisatawan untuk ikut joget, lho! Beberapa orang bahkan mengenakan pakaian tradisional. Pokoknya di Idul Adha, semua orang bergembira ria!


Baca Juga: Berani Tahan? Yuk Coba Cicipi 5 Makanan Pedas Khas Tionghoa Ini!


4. Mesir

perayaan idul adha terunik di dunia
Sumber: AJ+ via Twitter

Perayaan Idul Adha terunik di dunia yang berikutnya bisa kamu saksikan di Mesir. Idul Adha di Kairo, Mesir mungkin dirayakan sama seperti di Indonesia. Umat Muslim melakukan salat Ied dan berkurban. But there’s a catch! Seperti dilansir dari The National News, balon-balon warna-warni sudah disiapkan di luar masjid. Begitu salat Ied selesai, balon-balon ini akan dijatuhkan dan para umat Muslim berburu balon warna-warni. Meriah dan mengasyikkan!

5. Singapura

perayaan idul adha terunik di dunia
Sumber: The Straits Times

Negara tetangga kita juga punya perayaan Idul Adha yang nggak kalah meriah. Ibadah-ibadah utama seperti salat Ied dan kurban dilaksanakan oleh umat Muslim Singapura. Setelah itu, seperti halnya di Indonesia, mereka berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga. Selain itu, dilansir dari publicholidays.sg, di Singapura juga banyak diadakan bazar untuk memeriahkan Idul Adha. Kawasan-kawasan seperti Geylang Serai dan Kampong Glam menjadi pusatnya bazar Idul Adha. Makanan-makanan lezat sudah pasti ada dong!


Baca Juga: Inilah 7 Tempat Belanja di Singapura yang Wajib Disambangi Para Shopaholic!


5. Korea Selatan

perayaan idul adha terunik di dunia
Sumber: Jam Digital

Seperti halnya di Tiongkok, umat Muslim menjadi minoritas di negara ginseng ini. Namun, Korea punya salah satu perayaan Idul Adha terunik di dunia. Dilansir dari Korea.net, umat Muslim di Korea tidak bisa melakukan kurban secara langsung. Pasalnya, mereka harus mengikuti aturan dari undang-undang pengendalian kebersihan produk peternakan. Sebagai gantinya, Federasi Muslim Korea akan membagikan roti dan susu kepada siapa pun yang datang ke masjid. Umat Muslim Korea juga tetap bisa menikmati daging di restoran-restoran halal. Pokoknya daebak!


Baca Juga: Pencinta Drakor Wajib Tahu! Berikut OST Drama Korea Terbaik Sepanjang Masa


6. Inggris

perayaan idul adha terunik di dunia
Sumber: rasmig.blogspot.com

Umat Muslim di Inggris merayakan Idul Adha dengan cukup meriah. Idul Adha sendiri bukanlah libur nasional di Inggris, tetapi hal ini tidak menyurutkan semangat dan keceriaan umat Muslim. Dilansir dari Time and Date, umat Muslim di Inggris mengenakan pakaian terbaik dan mengikuti salat Ied di masjid. Ibadah kurban pun tidak terlupakan. Selain itu, masjid-masjid dan beberapa organisasi juga biasanya menggelar acara makan-makan untuk masyarakat, terutama mereka yang kurang mampu.

7. India

perayaan idul adha terunik di dunia
Sumber: New Indian Express

Perayaan Idul Adha terunik di dunia yang terakhir datang dari India. Di Indonesia, salah satu hewan yang biasa dikurbankan adalah sapi. Namun, di India sapi dianggap sebagai hewan yang suci oleh umat Hindu. Oleh karena itu, dilansir dari AniNews, umat Muslim di India diimbau untuk tidak mengurbankan sapi untuk menghormati umat Hindu. Oh, ya! Dilansir dari Times Now News, Idul Adha di India lebih dikenal dengan sebutan festival Bakrid. Biasanya, Idul Adha di India dirayakan satu hari setelah Idul Adha di Arab Saudi, lho!

Itulah negara-negara dengan perayaan Idul Adha terunik di dunia. Kira-kira, kalau ada kesempatan, kamu ingin menghabiskan Idul Adha di negara apa nih? Yang jelas, semoga Idul Adha tahun ini bisa membawa kebahagiaan dan keberkahan untuk kita semua. Manfaatkan momen liburan nanti untuk berkumpul bersama keluarga. Tetap jaga kondisi tubuhmu dan ikuti protokol kesehatan, ya!

Liburan Singkat di Bobobox Pasti Asyik!

Nggak perlu menghabiskan budget besar atau memakan jatah cuti untuk menyegarkan pikiran. Liburan singkatmu di Bobobox dijamin akan seru. Setiap pod di Bobobox sudah dilengkapi teknologi yang terintegrasi dengan aplikasi ponsel. Interiornya yang luas dan stylish juga akan bikin kamu nyaman dan betah! Apalagi, ada Bluetooth speaker yang bisa menjadi sarana hiburan di pod.

Sebelum berkunjung, pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi Bobobox ke ponselmu. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk melakukan reservasi, mengakses pod, hingga mengatur pencahayaan dalam kapsul. Aplikasi ini tersedia secara gratis untuk platform iOS dan Android. Ada banyak promosi menarik yang sayang jika terlewatkan juga, lho!

You might also like