Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Cara Mudah Melakukan Perawatan Kecantikan Selama #dirumahaja

Karena merawat diri itu penting, kapan pun dan di mana pun.

Masifnya penyebaran virus corona yang menyebabkan Covid-19 membuat diterapkannya physical distancing atau penjagaan jarak hampir di seluruh dunia.

Hal ini berdampak pada dialihkannya berbagai kegiatan, terutama kegiatan yang melibatkan banyak orang dalam satu tempat, ke dalam rumah masing-masing. Mulai dari bekerja, sekolah, bahkan berbelanja, semua dianjurkan untuk dilakukan dari rumah.

Berada di rumah saja mungkin bisa membuatmu mengabaikan perawatan kecantikan diri yang biasanya kamu lakukan di salon atau klinik kecantikan. Padahal, perawatan kecantikan itu penting dilakukan secara rutin.

Merawat Wajah dengan Air Jeruk
Foto oleh Noah Buscher dari Unsplash

Jika kamu melewatkan perawatan tersebut, bisa-bisa timbul break out di wajahmu, kerontokan pada rambutmu, atau malah keringnya kulit tangan dan kukumu karena tidak ternutrisi dengan baik.

Namun, jangan khawatir! Bob beri tip dan trik menarik deh agar kamu bisa melakukan perawatan kecantikan sendiri di rumah. Tenang, caranya mudah dan sederhana, kok. Simak tip dan triknya di bawah ini, ya!

Perawatan kecantikan pada rambut dengan dua langkah mudah

Kelli J. Bartlett, seorang direktur artistik dari produk kecantikan ternama Glamsquad, menyarankan untuk melakukan dua langkah mudah ini untuk membantu menutrisi rambut agar tetap sehat dan kuat.

Pertama, kamu membutuhkan cuka sari apel. Campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:5, artinya dalam 100 mililiter air, kamu membutuhkan 20 mililiter cuka sari apel.

Masukan cairan cuka tersebut ke dalam botol semprot dan semprotkan pada kulit kepalamu secara merata. Jika tidak ada botol semprot, kamu bisa mengoleskannya langsung pada kulit kepalamu. Diamkan selama kurang lebih 5 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

Cara Mudah Melakukan Perawatan Kecantikan Selama #dirumahaja
Foto dari oliviajenkins.com.au

Bartlett menambahkan bahwa cuka apel bisa membantu mengatasi ketombe akibat debu, jamur, atau sisa sampo yang masih menempel di kulit kepala. Ini disebabkan oleh kandungan di dalam cuka apel yang berfungsi sebagai antibakteri dan antiinflamasi.

Selain itu, cuka apel juga bisa mengembalikan keseimbangan PH pada kulit kepala. PH yang seimbang dapat menjadikan kulit kepala sehat dan kuat, serta menjadikan rambut tidak mudah rontok.

Langkah kedua adalah menggunakan mayones. Jika kamu memiliki rambut yang pendek, gunakan 1 hingga 2 sendok makan mayones sebagai masker rambutmu. Kamu bisa menyesuaikan jumlahnya jika kamu memiliki rambut yang lebih panjang.

Oleskan mayones ke seluruh rambut yang masih dalam keadaan basah, terutama ujung rambut. Setelah itu, pijat lembut kulit kepala dan diamkan selama 15 menit, kemudian bilas sampai bersih.

Cara Mudah Melakukan Perawatan Kecantikan Selama #dirumahaja
Foto oleh Sara Cervera dari Unsplash

Mayones dapat menutrisi rambut karena mengandung telur yang bisa membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan menguatkan setiap helai rambut.

Dua langkah ini bisa kamu lakukan satu kali saja dalam sebulan, jika kamu sering keramas. Namun, jika kamu hanya keramas 4 atau 5 hari sekali, lakukan kedua langkah ini setiap dua minggu sekali.

Lakukan perawatan wajah dengan DIY sederhana

Siapa bilang melakukan perawatan wajah sendiri itu super ribet? Bartlett justru membeberkan 4 langkah mudah untuk melakukan facial sendiri dengan produk dan peralatan yang ada di rumah.

Kamu bisa melakukan rutinitas perawatan wajah ini satu minggu sekali untuk hasil yang maksimal. Jika kamu terlalu sibuk dan tidak memungkinkan melakukannya seminggu sekali, lakukan minimal sebulan sekali.

  • Menguapi wajah

Langkah pertama, buatlah uap dengan cara yang sederhana, yaitu dengan merebus air di dalam sebuah panci. Kamu juga bisa menambahkan kulit jeruk atau buah-buahan yang mengandung vitamin C dan antioksidan untuk membantu kulitmu tampak bercahaya.

Setelah air mendidih, matikan api dan tutup panci selama satu menit. Kemudian, buka tutup panci dan posisikan wajahmu sekitar 20-30 sentimeter dari mulut panci. Biarkan uap mengenai wajahmu selama sekitar 8-10 menit untuk membuka pori-pori.

Cara Mudah Melakukan Perawatan Kecantikan Selama #dirumahaja
Foto dari Getty Images
  • Bersihkan wajah dan lakukan eksfoliasi

Campurkan soda kue sebanyak satu sendok teh dengan cleanser untuk membuat scrub wajah yang lembut. Soda kue berperan aktif sebagai pembersih dan eksfoliator yang efektif untuk wajah.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu juga bisa mencampur madu dan gula merah untuk membantu mengeksfoliasi bagian luar wajahmu agar terasa lebih bersih. Campuran madu dan gula merah ini juga bagus untuk dipakai untuk mengeksfoliasi bibir.

Cara Mudah Melakukan Perawatan Kecantikan Selama #dirumahaja
Foto dari epiphanydermatology.com
  • Gunakan masker alami

Hal yang mungkin baru kamu tahu adalah kentang sebenarnya merupakan bahan untuk membuat masker alami yang sangat baik untuk wajah.

Bartlett menuturkan bahwa kentang kaya akan vitamin C, zinc, dan magnesium yang sebenarnya bagus untuk kulit wajah, terutama jika kamu memiliki masalah jerawat. Kentang dapat membantu mengurangi kemerahan dan peradangan akibat jerawat.

Caranya, iris tipis kentang mentah, lalu letakkan di seluruh wajah. Diamkan selama sekitar 20 menit, kemudian bilas wajah dengan air dingin.

Kamu juga bisa menggunakan bahan masker alami lainnya seperti bengkuang, aloe vera, tomat, mentimun, bahkan charcoal, sesuai dengan kebutuhan kulitmu, ya.

Cara Mudah Melakukan Perawatan Kecantikan Selama #dirumahaja
Foto oleh JESHOOTS.COM dari Unsplash
  • Lakukan penyegaran untuk kulit wajah

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah menutup kembali pori-pori wajahmu. Kamu bisa mencuci langsung wajahmu dengan air dingin secara perlahan atau gunakan handuk yang telah dibasahi air dingin, kemudian usapkan ke seluruh permukaan wajah.

Jika kamu ingin lebih yakin, lakukan teknik ice roller. Teknik ice roller adalah melapisi es batu dengan plastik atau sapu tangan tipis, kemudian mengusapkannya perlahan ke seluruh wajah. Selain menutup pori-pori, langkah ini jelas bisa membantu menyegarkan dan mengencangkan kulit wajahmu.

Cara Mudah Melakukan Perawatan Kecantikan Selama #dirumahaja
Foto oleh Tomáš Lištiak dari Unsplash

Tangan dan kuku juga harus dirawat, lho!

Melakukan banyak pekerjaan rumah selama di rumah saja bisa membuat kulit tangan dan kukumu kering dan keriput. Lakukan perawatan sederhana agar tangan dan kukumu bisa terhidrasi dengan baik.

Siapkan semangkuk air hangat yang telah dicampur dengan satu sendok makan minyak zaitun. Rendam tangan dan kukumu selama 10 menit, kemudian keringkan dengan menggunakan handuk.

Minyak zaitun bermanfaat untuk melembabkan dan melembutkan kuku. Selain itu, minyak zaitun juga dapat merangsang pertumbuhan pada kutikula atau pangkal kuku, dan dapat membuat kuku terlihat lebih mengkilap tanpa dikikir.

Beri hidrasi yang cukup dengan mengaplikasikan krim tangan, lotion, atau body butter dari ujung kuku hingga pergelangan tangan. Kamu bisa mengaplikasikan krim ini sesering mungkin saat kamu merasa tanganmu kering dan kasar.

Cara Mudah Melakukan Perawatan Kecantikan Selama #dirumahaja
Foto oleh Element5 Digital dari Unsplash

Melakukan perawatan kecantikan sendiri di rumah tidak sesulit yang dibayangkan, ‘kan? Yuk, coba di rumah agar kulit dan rambutmu tetap terawat dengan baik.

 

bobobox

Selain melakukan perawatan kecantikan sendiri, ada lagi lo kemudahan lain yang bisa kamu dapatkan. Ya, kemudahan menginap di Bobobox! Kamu bisa mendapatkan pengalaman yang seru dan menyenangkan dengan bermalam di hotel kapsul yang dilengkapi dengan fasilitas bergaya modern dan futuristik. Unduh aplikasinya di sini dan pesan kamar sekarang!

You might also like