Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Dari Larangan Diramal sampai Siram Toilet, Inilah 7 Peraturan Paling Aneh di Dunia!

Peraturan paling aneh dari berbagai negara yang bikin kita geleng-geleng!

Setiap negara punya ciri khas dan keunikannya masing-masing. Yang lebih jelas sih, ciri khasnya terlihat dari landmark, bahasa, dan festival yang sering diadakan. Walaupun ada beberapa negara yang punya kesamaan, seperti Indonesia dan Malaysia, tetap saja masing-masing ada keunikan tersendiri. Dan keunikan tersebutlah yang bikin hidup makin seru dan berwarna!

Selain landmark dan festival, budaya dan peraturan juga jadi hal yang membedakan satu negara dengan negara lain. Ya, memang sih pasti ada beberapa budaya dan peraturan yang sama. Namun, setiap negara juga biasanya punya peraturan khusus. Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Kita tentunya harus mengikuti peraturan yang berlaku saat berkunjung ke negara tertentu.

peraturan paling aneh
Sumber: https://unsplash.com/photos/1zFlrpWTs3Y

Baca Juga: Ingin Tinggal di Luar Negeri dengan Budget Terbatas? Inilah 7 Negara dengan Living Cost Termurah!


Namun, terkadang peraturan yang berlaku terasa aneh, membingungkan, atau nggak masuk akal. Nah, dalam artikel ini, Bob akan bahas 7 peraturan paling aneh dari berbagai kawasan di dunia. Kalau kamu berkunjung ke negara atau kawasan ini, pastikan kamu nggak sampai melanggar peraturan. Pasalnya, hukuman untuk peraturan paling aneh berikut cukup serius! Yuk simak di bawah ini!

Dilarang “Rusuh” di Pernikahan (Australia)

Prosesi pernikahan adalah momen yang sakral. Tentunya nggak ada dong yang ingin prosesi atau pesta ini diganggu. Pasti kita akan kesal dan marah saat momen spesial kita diganggu oleh orang lain. Nah, di Australia, salah satu peraturan paling aneh yang berlaku adalah larangan mengganggu acara pernikahan. Untuk yang satu ini sih nggak begitu aneh, ya?

peraturan paling aneh
Sumber: https://unsplash.com/photos/Iv3yJpmOmZc

Dilansir dari Le Brun & Associates, mengganggu atau “ngerusuh” di prosesi pernikahan adalah tindakan ilegal. Hukumannya nggak main-main. Pelakunya bisa kena denda 10 ribu dolar Australia! Jadi, pastikan kamu nggak aneh-aneh saat diundang ke acara pernikahan di Australia. Oh, ya! Peraturan yang sama berlaku untuk acara pemakaman juga.


Baca Juga: 7 Konsep Foto Prewedding Ini Dijamin Instagrammable dan Anti-Mainstream!


Dilarang Siram Kloset di Malam Hari (Swiss)

Nah, kalau yang satu ini sih termasuk peraturan paling aneh di dunia. Di Swiss, kamu bisa bebas pakai kamar mandi di malam hari. Pasalnya, ada larangan menyiram kloset di malam hari. Dilansir dari Outlook India, larangan ini berlaku dari jam 10 malam hingga jam 7 pagi. Alasannya adalah agar ketenangan istirahat atau tidur orang lain nggak terganggu.

peraturan paling aneh
Sumber: https://www.pexels.com/photo/woman-in-white-dress-shirt-using-smartphone-while-sitting-on-toilet-bowl-7622583/

Peraturan ini sendiri tidak dimandatkan oleh pemerintah Swiss sebetulnya. Namun, ini sudah menjadi semacam common courtesy di Swiss. Bahkan, pemilik properti di Swiss bebas menerapkan peraturan sendiri, termasuk larangan flush kloset. Buat cowok, di Swiss juga nggak boleh pipis sambil berdiri setelah jam 10 malam. Duh! Kalau kebelet, gimana dong?

Dilarang Meramal dan Diramal (Maryland, Amerika Serikat)

Peraturan paling aneh yang berikutnya nggak kalah bikin bingung. Di Maryland, Amerika Serikat, ada larangan meramal dan diramal. Intinya, semua hal berbau ramal-ramalan dianggap ilegal. Dilansir dari Baltimore Sun, pelakunya bisa mendapatkan hukuman 500 dolar Amerika Serikat. Bahkan, pelakunya juga bisa dipenjara selama satu tahun!

peraturan paling aneh
Sumber: https://www.pexels.com/photo/fashion-love-people-woman-7221656/

Portal Capital Gazette menyorot kisah Sharon Moore, seorang fortune teller asal Maryland. Profesinya sebagai fortune teller terlindungi oleh peraturan Anne Arundel County. Kalau ia bekerja di Baltimore, pekerjaannya menjadi ilegal. Sementara itu, kalau ia tinggal di daerah lain, ia harus menunjukkan semacam Surat Tanda Kelakuan Baik dari kepolisian. Aduh ribet!


Baca Juga: Dari Virus Ebola Hingga Donald Trump Menjadi Presiden, Ini Dia Ramalan The Simpsons yang Menjadi Kenyataan


Dilarang Berkendara sambil Telanjang Dada (Thailand)

Kalau peraturan paling aneh yang satu ini, Bob rasa masuk akal juga. Di Thailand, berkendara sambil telanjang dada adalah hal yang ilegal. Dilansir dari utas tanya jawab The Thaiger, larangan tersebut memang ada di Undang-Undang Hukum Pidana Thailand. Tidak mengenakan baju saat berkendara bisa bikin kamu kena denda maksimal 500 baht.

peraturan paling aneh
Sumber: https://www.pexels.com/photo/man-inside-vehicle-13861/

Di budaya Thailand, para pengendara harus mengenakan baju yang tertutup sebagai bentuk manner yang baik. Oleh karena itu, peraturan paling aneh ini diberlakukan. Lagi pula, berkendara sambil telanjang dada ‘kan bisa bikin masuk angin. Apalagi kalau kamu naik motor. Nggak dingin tuh memangnya? Niatnya pamer ABS, eh malah dapat tato kerokan. He he he.

Dilarang Makan Permen Karet (Singapura)

Negara tetangga kita dikenal dengan julukan fine city. Pasalnya, Singapura memang punya banyak hukum unik dengan hukuman yang nggak unik. Salah satunya adalah larangan memakan dan memperjualbelikan permen karet. Dilansir dari The Culture Trip, larangan ini sudah berlaku sejak tahun 1992 karena bekas permen karet dianggap mengganggu kenyamanan umum.

peraturan paling aneh
Sumber: https://www.pexels.com/photo/fashion-people-woman-relaxation-7680139/

Namun, sejak tahun 2004 warga Singapura bisa membeli permen karet dari apotek untuk kebutuhan medis. Jadi, beli permen karet bukan sebatas untuk ngemil yang manis-manis, ya. Oh, ya! Kalau kamu ketahuan memperjualbelikan permen karet di Singapura, kamu bisa kena hukuman denda yang besar hingga penjara!


Baca Juga: 7 Hukum Unik dan Aneh di Singapura. Dendanya Ada yang Seharga iPhone X, Lho!


Dilarang Kehabisan Bensin di Jalan Tol (Jerman)

Jerman terkenal sebagai salah satu produsen otomotif terbaik di dunia. Perkembangannya di dunia otomotif juga didukung infrastruktur yang keren. Salah satunya adalah autobahn. Menurut CNN Indonesia, autobahn adalah sebutan untuk jalan raya antardaerah. Keunikannya adalah beberapa bentang autobahn tidak punya limit kecepatan. Bisa ngebut ala Dominic Toretto tuh!

peraturan paling aneh
Sumber: https://www.pexels.com/photo/woman-in-yellow-shirt-while-filling-up-her-car-with-gasoline-3812750/

Namun, beberapa ruas autobahn tetap punya limit kecepatan, tetapi memang tinggi. Karena itu, Jerman menetapkan peraturan paling aneh, yaitu larangan kehabisan bensin. Dilansir dari Schumacher Cargo, kehabisan bensin adalah tindakan ilegal yang bisa memicu terhambatnya lalu lintas. Saat lalu lintas tersendat dan ada mobil yang ngebut, ‘kan bahaya.

Dilarang Pakai Atribut Winnie the Pooh (Tuszyn, Polandia)

Peraturan paling aneh yang terakhir datang dari Polandia, tepatnya kota Tuszyn. Dilansir dari Daily Mail, karakter Winnie the Pooh di-ban dari logo sebuah tempat bermain. Pasalnya, Winnie the Pooh dianggap tidak senonoh karena tidak berpakaian dengan pantas. Ya, memang sih karakter ini hanya pakai kaus dan nggak pakai celana. Tapi, masa harus sampai di-ban sih?

peraturan paling aneh
Sumber: https://koinworks.com/blog/belajar-bisnis-winnie-the-pooh/

Hujatan untuk karakter ciptaan A. A. Milne nggak berhenti sampai di situ. Beberapa petinggi konservatif di Tuszyn juga merasa bahwa Pooh ini punya gender yang nggak jelas. Bahkan, dilansir dari NZ Herald, Pooh sampai disebut hermaprodit, lho! Aduh! Mereka pun mengusulkan karakter beruang asal Polandia, Uszatek sebagai gantinya. Ckckck.


Baca Juga: Inilah 5 Rekomendasi Serial Kartun Indonesia yang Kocak dan Harus Kamu Tonton!


Pernah Dengar Peraturan Paling Aneh yang Lain?

Coba dong share peraturan paling aneh lain yang kamu pernah dengar. Namun, seaneh apa pun peraturan tersebut, kalau kita berkunjung ke negara yang bersangkutan, tetap ikuti, ya. Bagaimana pun juga kita harus mengikuti peraturan yang berlaku di tempat yang kita datangi. Jadi, kita bisa tetap menghormati warga setempat saat berlibur.

Nah, ngomongin soal liburan, sudah tahu nggak kalau Bobobox punya beberapa cabang? Ya, nggak hanya di Bandung, Bobobox juga hadir di Jakarta, Semarang, Solo, Yogyakarta, Toba, Tangerang, dan Bekasi! Jadi, ada lebih banyak kota untuk mencoba pengalaman menginap di hotel kapsul yang unik dan technologic! Apalagi, Bobobox juga punya beragam fasilitas umum untuk menunjang kebutuhanmu.

Ayo download juga aplikasi Bobobox ke ponselmu. Aplikasi ini tersedia secara gratis untuk platform iOS dan Android. Mau pesan atau akses pod, atur pencahayaan, dan kontak staf hotel? Lewat aplikasi Bobobox saja langsung! Ada beragam promo menarik juga yang jangan sampai terlewatkan. Yuk download sekarang!

You might also like