Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ingin Hemat? Ini Dia 10 Peralatan Untuk Membuat Furnitur Sendiri di Rumah!

Bisa dilanjutkan untuk jadi bisnis!

Bobobox.co.id — Furnitur minimalis sekarang ini menjadi salah satu primadona bagi keluarga muda hampir seluruh negara. Namun, ada hal yang mesti dibayar untuk mendapatkan furnitur minimalis tersebut.

Harga yang ditawarkan sendiri relatif mahal karena menggunakan bahan berkualitas dan penyesuaian dari nilai estetikanya. Dengan kondisi tersebut, tak ada salahnya untuk membuat furniturmu sendiri di rumah.

Jika kamu termasuk orang yang hobi dalam kerajinan kayu, hal tersebut tentu menjadi nilai tambah. Kamu bisa saja mengembangkan hobi untuk membuat furnitur sendiri di rumah menjadi sebuah bisnis.

Namun, untuk membuatnya, kamu tentu membutuhkan peralatan untuk membuat furnitur sendiri di rumah. Berikut ini merupakan 10 peralatan yang wajib kamu miliki. Harga yang mahal dari alatnya bisa jadi modal bisnismu nanti, lho!

Sander Machine

Peralatan untuk membuat furnitur sendiri pertama adalah sander machine. Sandar machine sendiri di Indonesia lebih kenal dengan nama mesin amplas. Kamu tentu sudah bisa menebak fungsi dari perkakas ini.

Ya, alat ini berfungsi untuk menghaluskan bagian permukaan kayu. Mesin ini akan menentukan kesempurnaan dari sebuah furnitur. Jika tidak rapi, tentu furnitur yang kamu buat sendiri rumah jadi kurang bagus.

Mesin amplas ini sendiri menggunakan mekanisme bertenaga listrik untuk menggerakan motornya. Secara umum, pada mesin ini kerap kali ada di beberapa alat multi guna lainnya atau juga bor listrik.

via woodmagazine.com

Table Saw

Peralatan untuk membuat furnitur sendiri berikutnya adalah table saw. Table saw atau meja gergaji merupakan meja kerja yang dilengkapi alat pemotong pada meja tersebut untuk memotong kayu dengan mudah.

Alat potong yang ada di meja ini berupa gergaji bertenaga listrik. Kamu hanya tinggal menggerakan kayu atau benda yang akan dipotong sesuai dengan rancangan yang sudah kamu pikirkan sebelumnya.

Dengan gerak alat pemotong yang otomatis, kamu wajib berhati-hati. Pastikan kembali keselamatanmu saat menggunakan peralatan untuk membuat furnitur sendiri ini agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

peralatan untuk membuat furnitur sendiri
Jean via woodworkjunkie.com

Drilling Machine

Kamu mungkin sudah tak asing dengan peralatan untuk membuat furnitur sendiri ini. Pasalnya, perkakas ini merupakan salah satu peralatan paling sering digunakan oleh tukang dalam membangun furnitur.

Peralatan untuk membuat furnitur sendiri tersebut adalah drilling machine atau mesin bor. Kegunaan dari mesin ini sendiri adalah untuk membuat atau memperbesar lubang pada kayu atau dinding rumah.

Cara kerjanya pun cukup mudah. Kamu hanya tinggal memegangnya dengan satu atau dua tangan. Arahkan pada bagian yang ingin dilubangi. Kemudian, kamu tinggal menekan tombol yang nantinya mesin bornya berputar.

Makita via businessinsider.com

Air Compressor

Air compressor merupakan salah satu peralatan untuk membuat furnitur sendiri di rumah yang wajib dimiliki. Peralatan satu ini biasa digunakan untuk meningkatkan atau memapatkan fluida gas.

Mesin kompresor ini pun menjadi sumber tenaga peralatan untuk membuat furnitur sendiri lainnya, spray gun. Hal tersebut karena peralatan ini mampu memberikan tekanan udara untuk mendorong cat pada spray gun.

Peralatan ini sendiri memiliki beberapa jenis yang bisa kamu pilih. Beberapa jenis air compressor antara lain air compressor mini, air compressor direct driven, air compressor belt driven, dan air compressor screw.

via hip2save.com

Spray Gun

Peralatan untuk membuat furnitur sendiri di rumah berikutnya ini sudah sempat Bob sebutkan pada poin sebelumnya. Spray gun bisa digunakan dengan bantuan dari udara bertekanan dari mesin kompresor.

Spray gun merupakan peralatan yang biasa digunakan untuk menyemprotkan cat cair pada bidang permukaan furnitur. Peralatan ini menjadi pengganti kuas karena tak memerlukan tenaga yang berlebih.

Dengan tenaga yang tak terkuras, kamu bisa memanfaatkannya untuk melakukan pekerjaan lainnya. Hal ini tentu bisa menghemat waktumu dalam membuat sebuah furnitur idamanmu sendiri di rumah.

via toolboxadvice.com

Trimmer dan Router Machine

Nah, peralatan yang satu ini wajib untuk dimiliki dalam pengerjaan kayu dan furnitur. Pasalnya, fungsi dari peralatan untuk membuat furnitur sendiri di rumah ini cukup banyak dan akan sangat membantumu.

Fungsi dari trimmer dan router machine ini antara lain untuk merapikan sambungan kayu dan membuat profil, membuat lengkungan pada sisi kayu, membuat purus dan lubangnya serta membuat celah sambungan.

Berbicara soal trimmer, kamu akan mendapati puluhan jenis mata trimmer. Namun, hanya dua jenis saja yang biasa digunakan. Kedua jenis mata trimmer tersebut adalah straight bit dan beading bit.

yanik88 / Getty Images via thesprucecrafts.com

Circular Saw

Biasanya, kamu menggunakan gergaji untuk memotong kayu. Namun, gergaji sendiri membutuhkan tenaga yang relatif besar saat kamu berusaha untuk memotong kayu dengan ketebalan tertentu.

Untuk mempermudah hal tersebut, circular saw atau gergaji circular adalah peralatan untuk membuat furnitur sendiri wajib ada. Pasalnya, kamu bakal dipermudah dalam proses pemotongan kayu untuk furnitur.

Kerja dari mesin ini pun sangatlah mudah. Sama seperti halnya gergaji, kamu tinggal menempatkan pisau berbentuk lingkaran pada titik yang sudah ditentukan. Alat ini bisa digunakan sebelum menggunakan table saw.

gpointstudio / Getty Images via dealnews.com

Block Pane

Block pane menjadi peralatan untuk membuat furnitur sendiri di rumah yang akan sangat membantumu. Dikenal juga dengan sebutan pasah, alat ini memiliki beberapa fungsi saat pembuatan furnitur.

Misalkan saja, alat ini berguna untuk membentuk sebuah balok kayu. Balok kayu tersebut sendiri bisa dibentuk dalam mengurangi ketebalan, menghaluskan permukaan yang kasar, bahkan memberi aspek dekorasi.

Nah, jika dulu block pane ini masih dalam bentuk yang relatif tradisional. Kini, kamu sudah bisa menemukan berbagai merk block plane dalam bentuk mesin yang jauh lebih memudahkanmu nantinya.

via forwoodkers.com

Nailer

Peralatan untuk membuat furnitur sendiri di rumah lainnya adalah nailer. Nailer sendiri akan sangat membantu proses perakitan furnitur khususnya dalam mengunci kayu pada saat pengeleman dilakukan.

Hal tersebut dilakukan agar kayu tak ‘lari’ saat akan diklem sekaligus memberikan tekanan agar kayu dapat merekat lebih kuat. Mesin paku ini pun bisa dengan mudah ditemukan di pasaran dalam berbagai jenis.

Ada mesin paku yang menggunakan udara sehingga membutuhkan mesin kompresor untuk menggunakannya. Ada pula yang menggunakan listrik yang lebih sederhana namun listrik yang dibutuhkan relatif besar.

via businessinsider.com

Wood Chisel

Peralatan untuk membuat furnitur sendiri di rumah terakhir adalah wood chisel. Wood chisel atau alat pahat kayu mungkin memiliki fungsi yang hampir serupa seperti halnya block pane yang juga wajib dimiliki.

Namun, alat pahat kayu ini lebih berfokus pada aktivitas seperti mengupas, membentuk, dan mengukir kayu. Tak heran jika perkakas satu ini termasuk perkakas yang pasti digunakan oleh pengrajin kayu.

Penggunaan alat pahat kayu ini pun relatif simpel namun tetap memerlukan keterampilan tangan dan konsistensi. Dengan alat ini, kamu bisa membuat art woodwork yang ciamik untuk furnitur yang kamu bikin sendiri.

via davidsdiy.com

Mendapat Pengalaman Menginap Berbeda? Ya di Bobobox

Jika kamu sedang mencari akomodasi penginapan dengan fasilitas mewah namun dengan harga inap yang murah, datang saja ke Bobobox.

Beberapa fasilitas mewah yang ada di sini di antaranya adalah lampu led, pengeras suara Bluetooth, hingga kamar pod yang luas. Pemesanan pod bisa dilakukan melalui aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

You might also like