Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Hindari Penyebab Stres di Pagi Hari Berikut Agar Kamu Bahagia

Penyebab stres di pagi hari ini ternyata merupakan biang keladinya!

Penyebab stres di pagi hari berikut ini umumnya akan menjadi gangguan emosi atau mood yang terjadi terus menerus. Faktor munculnya depresi sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan seperti stres dan juga faktor biologis seperti keseimbangan cairan kimia otak yang mampu menurunkan kemampuan otak untuk menjaga mood tetap stabil. Kondisi ini juga kerap disebut dengan depresi pagi hari atau morning depression. Berikut adalah informasinya dan beberapa penyebab stres di pagi hari

Penyebab Stres di Pagi Hari: Apa itu Depresi Pagi Hari?

@jofreepik via Freepik

Unruk memahami pembahasan kita kali ini Bob akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu depresi pagi hari. Depresi yang kamu alami di pagi hari umumnya merupakan suatu gejala yang dialami seseorang, khususnya penderita depresi klinis. Kondisi ini menggambarkan suasana hati yang sangat buruk di pagi hari. Beberapa gejala depresi di pagi hari ini di antaranya adalah perasaan sangat sedih, frustasi, kemarahan, hingga rasa tidak bertenaga atau kelelahan.

Depresi jenis ini merupakan salah satu gejala awal dari gangguan depresi klinis dan juga dikenal sebagai gejala variasi mood diurnal. Mood diurnal merupakan gejala depresi atau mood saat pagi hari dipengaruhi oleh ritme sirkadian seseorang dan merupakan proses biologis yang mengatur jadwal kerja berbagai fungsi tubuh manusia. Beberapa contoh dari ritme sirkadran adalah suhu tubuh, tekanan darah, dan produksi hormon selama satu hari penuh.

Penyebab Stres di Pagi Hari: Mengapa Kondisi ini Bisa Terjadi?

Gangguan ritme sirkadian ini dianggap sebagai salah satu penyebab dari depresi jenis ini yang mampu dibuktikan oleh sebuah penelitian. Suaru penelitian menunjukan bahwa pada dasarnya orang yang mengalami depresi pagi hari cenderung mengalami perubahan ritme sirkadian karena perubahan jam tidurnya. Hal ini dikarenakan jam biologis manusia normal adalah terjaga saat pagi hari dan terlelap pada waktu malam hari.


Baca Juga: 5 Manfaat Memijat Telinga Sebelum Tidur. Mengurangi Tingkat Stres Hingga Membuat Kepala Terasa Lebih Ringan!


Ritem sirkadanian berupa jam biologis ini sangat penting untuk melancarkan metabolisme, mengatur energi, berkonsentrasi, menjaga keseimbangan mood. Selain itu jam bioligis juga bertanggung jawab dalam memelihara kesehatan tubuh secara keseluruhan. Ritme sirkadian normal bagi tubuh juga memiliki peranan yang sangat penting untuk produksi hormon tertentu yang sesuai dengan kebutuhan seperti hormon kortisol.

1. Penyebab Stres di Pagi Hari: Tidak Mempersiapkan Diri Pada Malam Sebelumnya

Penyebab stres di pagi hari yang pertama adalah Cara terbaik untuk mencegah rasa stres di pagi hari adalah dengan merencanakannya pada malam sebelumnya. Untuk menghindari penyebab stres di pagi hari ini kamu bisa coba menata pakaian, mengemas makan siang anak-anak, dan bahkan memutuskan apa yang ingin kamu santap untuk sarapan malam sebelumnya. Hal ini dilakukan agar penyebab stres di pagi hari berupa kepanikan tidak menggangu hari kamu.

2. Penyebab Stres di Pagi Hari: Kurang tidur

Penyebab stres di pagi hari selanjutnya adalah kurang tidur. Para ahli sepakat bahwa kurang tidur merupakan penyebab stres di pagi hari yang dapat mempersulit kamu melakukan aktivitas. Jam alarm tradisional umumnya akan membangunkan kamu  dalam keadaan panik dan membuat kamu tersentak.

Hal ini kemudian dapat menyebabkan lonjakan hormon stres. Untuk menghindari penyebab stres di pagi hari ini kamu bisa memberi diri kamu cukup waktu antara waktu tidur. Jangan lupa juga luangkan waktu yang kamu butuhkan untuk bangun untuk mengatasi penyebab stres di pagi hari ini.

3. Penyebab Stres di Pagi Hari: Cek Media Sosial

Penyebab stres di pagi hari berikutnya adalah kebiasaan kamu memeriksa media sosial di pagi hari. Dewasa ini kebiasaan memerika ponsel di pagi hari untuk mencari email, berita terbaru, atau untuk tetap terhubung dengan teman di media sosial dipandang sebagai kebiasaan yang normal. Namun ternyata tanpa kamu sadari konsumsi berita ini merupakan penyebab stres di pagi hari. Oleh karena itu kamu bisa membatasi konsumsi berita menjadi sekitar 30 menit pada pagi hari dan 30 menit pada sore hari.

4. Penyebab Stres di Pagi Hari: Melewatkan Sarapan atau Makan yang Tidak Sehat

Penyebab Stres di Pagi Hari

Tak kalah membahayakan dengan penyebab stres di pagi hari di atas, penyebab stres di pagi hari yang satu ini juga kerap kali menjadi biang keladi di balik buruknya suasana hati kamu di pagi hari. Jika kamu memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan olahan, kamu memiliki kemungkinan besar kekurangan vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk meningkatkan energi dan mengurangi kabut otak. Penyebab stres di pagi hari ini membuat kamu kesulitan untuk fokus dan energi mudah terkuras.

5. Penyebab Stres di Pagi Hari: Tidak Membahas Rutinitas Pagi dengan Keluarga

Penyebab stres di pagi hari yang terakhir adalah kurangnya komunikasi dengan anggota keluarga, kerabat, atau teman yang tinggal bersama dengan kamu. Seorang ahli psikolog bernama Prichard mengatakan bahwa sangat penting untuk memahami bagaimana orang lain yang tinggal dengan kamu dan berurusan dengan pagi hari. Hal ini akan membantu kamu bersiap-siap dan tidak menambah stres pada rutinitas kamu sendiri.


Baca Juga: 8 Starter Pack Anti Stress Berikut Ini Bantu Pikiranmu Lebih Tenang


Tips Liburan Tanpa Stres? Menginap Saja di Bobobox

Untuk kamu yang tidak bisa liburan jauh, tips liburan yang satu ini cocok untukmu. Kamu bisa coba staycation di Bobobox, loh untuk sekedar refreshing dari padatnya jadwal pekerjaanmu. Di Bobobox kamu akan merasakan sensasi menginap yang unik, nyaman dan aman. Bobobox merupakan hotel kapsul yang sudah terintegrasi IoT dimana Bobobox sudah dilengkapi dengan wifi yang super kencang untuk menemanimu browsing.

Banyak hal mitos yang biasanya menghantuimu saat ingin menginap di hotel kapsul. Salah satunya adalah kamu tidak bisa tidur nyenyak selama di menginap di hotel kapsul. Padahal, hal tersebut nyatanya tidak akan terjadi saat kamu menginap di Bobobox. Hotel kapsul yang Bob rekomendasikan ini menjamin kenyamanan yang akan kamu dapat saat menginap di Bobobox.

bobobox kebayoran baru

Selama kamu menginap di Bobobox, kamu hanya akan bisa mengakses podsmu melalui telepon pintarmu saja sehingga menginap di Bobobox terjamin aman, deh. Bobobox juga memiliki konsep futuristik yang unik sehingga kamu akan merasa seperti sedang menginap di pesawat ruang angkasa selama kamu di dalam pods Bobobox. Di dalam pods juga kamu bisa mengubah warna-warna lampu hanya dengan sekali sentuh, loh.

Kamu juga bisa mengajak satu temanmu untuk menginap sama-sama di Bobobox, loh. Pods Bobobox yang nyaman dan cukup untuk dua orang akan menambah keseruan staycationmu. Jadi, jangan lupa jadikan staycation di Bobobox menjadi salah satu tips liburan supaya tidak stress oleh pekerjaan. Kamu bisa  intip pods Bobobox lewat 360° virtual tour untuk gambaran yang lebih nyata. Bobobox juga menawarkan banyak promo, loh yang bisa kamu cek di sini.

You might also like