Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Simak 7 Penyebab HP Cepat Panas Beserta Cara Mengatasinya!

Agar HP awet lebih lama

Bobobox.co.id — Meningkatnya suhu smartphone menjadi masalah yang wajib kamu perhatikan. Pasalnya, banyak orang yang kerap melakukan penyebab HP cepat panas secara tidak disengaja.

Menjaga suhu smartphone tetap normal berarti menjaga usia smartphone dalam jangka waktu lama. Smartphone yang panas justru memicu bermacam kerugian yang pastinya ingin kamu hindari.

Agar suhu tetap terjaga dan smartphonemu awet dalam waktu yang lama, simak ulasan Bob mengenai 7 penyebab HP cepat panas beserta cara mengatasinya berikut ini.

Beberapa Penyebab HP Cepat Panas

1. Streaming dan Main Video Game Terlalu Lama

Penyebab HP cepat panas pertama adalah streaming dan bermain video game terlalu lama. Walaupun keduanya adalah kegiatan mengasyikkan, kedua aktivitas tersebut justru tak baik untuk kesehatan smartphone.

Hal tersebut terjadi karena kinerja GPU yang bekerja sangat keras untuk mengakomodasi kegiatan pengisi waktu luang tersebut. Akibatnya, smartphonemu akan lebih cepat panas dibanding biasanya.

Untuk itu, gunakanlah smartphone untuk bermain video game ataupun streaming video favorit secukupnya saja. Istirahatkanlah sejenak jika ada indikasi suhunya mulai meningkat secara ekstrem.

penyebab HP cepat panas main game terlalu lama
Main game terlalu lama via pexels.com/@rodnae-prod

2. Pengaruh Lingkungan Sekitar

Sinar matahari yang berlebihan adalah penyebab HP cepat panas lainnya. Selain itu, masih ada beberapa faktor lingkungan lainnya yang berpengaruh pada suhu sebuah smartphone.

Misalkan saja, smartphone yang berada di ruangan yang cukup panas akan membuat perangkat suhunya mudah meninggi. Tak hanya itu, meletakkannya di dashboard pun cukup berpengaruh.

Oleh karena itu, mulailah memerhatikan di mana kamu meletakkan smartphonemu. Jangan sampai faktor lingkungan yang jadi penyebab HP cepat panas ini justru membuat smartphonemu cepat rusak.

Pengaruh lingkungan sekitar penyebab HP cepat panas
Pengaruh lingkungan sekitar via pexels.com/@bradleyhook

Baca Juga: Agar Awet Lebih Lama, Hindari 7 Kebiasaan Bikin Laptop Cepat Rusak Berikut Ini!


3. Kecerahan Layar Terlalu Terang

Kecerahan layar mampu memengaruhi smartphone milikmu. Jika mengaturnya terlalu tinggi, hal tersebut justru dapat memengaruhi kinerja perangkat dan juga membuat baterai cepat habis.

Secara otomatis, kecerahan layar terlalu tinggi pun membuat smartphonemu lebih cepat panas. Penyebab HP cepat panas ini memaksa baterai smartphone harus bekerja lebih keras.

Cobalah mengaktifkan kecerahan otomatis dibanding mengaturnya secara maksimal. Dengan fitur tersebut, kecerahan smartphone bergantung seberapa terang di tiap situasinya.

penyebab HP cepat panas kecerahan smartphone
Kecerahan smartphone via macworld.co.uk

4. Banyak Aplikasi yang Dijalankan

Dengan banyaknya kebutuhan, kamu kerap menjalankan banyak aplikasi dalam sekali waktu. Setelah selesai, banyak orang yang justru kelupaan untuk menutup aplikasi yang tadi dijalankan.

Padahal, banyaknya aplikasi yang terbuka secara bersamaan justru menjadi penyebab HP cepat panas paling umum. Tidak benar-benarnya tertutup aplikasi tersebut tak hanya jadi penyebab panas.

Di samping itu, hal tersebut pun membuat baterai cepat boros dan performa smartphone lemot. Untuk itu, tutuplah aplikasi yang sudah kamu gunakan sebelumnya gar suhu HP tetap stabil.

Banyak aplikasi berjalan penyebab HP cepat panas
Banyak aplikasi berjalan via pexels.com/@pixabay

Baca Juga: Baterai Smartphone Kamu Cepat Habis? Lakukan Tips Hemat Baterai Smartphone Berikut Ini Agar Lebih Tahan Lama


5. Masalah Baterai

Smartphonemu seringkali tiba-tiba panas tanpa sebab? Jika iya, mungkin kamu perlu mengingat kapan kamu membeli HP tersebut. Bisa saja baterai dari smartphonemu sudah cukup lama dipakai.

Pasalnya, baterai tersebut akan menurun secara kualitas. Akibatnya, hal tersebut justru dapat memicu suhu baterai cepat panas atau habis walaupun pemakaiannya terbilang biasa-biasa saja.

Untuk masalah baterai ini, ada baiknya kamu berhati-hati. Beberapa masalah baterai justru mengakibat efek yang sangat serius. Salah satunya adalah kasus di mana HP meledak akibat masalah baterai.

Masalah baterai penyebab HP cepat panas
Masalah baterai via pexels.com/@lastly

6. Sinyal Tidak Stabil

Saat berada di lokasi yang jauh dari perkotaan, sinyal adalah permasalahan yang mungkin kamu alami. Namun, jika kamu mengalami masalah ini, ada baikny untuk menggunakan fitur airplane mode.

Memaksakan smartphone mencari sinyal secara terus menerus pada kondisi tak stabil justru menjadi penyebab HP cepat panas. Bahkan, hal tersebut bisa membuat baterai habis dalam waktu singkat.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa mematikan data seluler. Bahkan, jika memungkinkan kamu bisa mematikan berbagai fitur lain yang kerap terlupakan seperti fitur location dan Bluetooth.

Sinyal tak stabil penyebab HP cepat panas
Sinyal tak stabil via pexels.com/@tima-miroshnichenko

Baca Juga: 5 Tips Agar Smartphonemu Tidak Mudah Kebobolan


7. Menggunakan HP saat Dicharge

Penyebab HP cepat panas terakhir adalah menggunakan HP saat dicharge. Kebiasaan satu ini adalah salah satu kebiasaan buruk yang wajib kamu ubah mulai dari sekarang.

Penggunaan smartphone saat dicharge justru membuat perangkat tersebut lebih cepat panas. Bahkan, kasus terburuk yang bisa saja terjadi adalah kualitas baterai yang akan menurun.

Ada baiknya jika kamu menempatkan smartphone di tempat sejuk dan rata. Hindarilah untuk menempatkan HP saat dicharge di kasur atau bantal yang malah mempercepat suhu naik.

Menggunakan HP saat dicharge via pexels.com/@hasanalbari

Cara Mengatasi Penyebab HP Cepat Panas

Setelah sebelumnya membahas soal penyebab HP cepat panas, Bob akan membagikan cara mengatasi salah satu permasalahan smartphone tersebut. Berikut adalah ulasan lengkapnya.

1. Kurangin Aktivitas Multitasking

Cara mengatasi HP cepat panas pertama adalah mengurangi aktivitas multitasking. Walaupun boleh digunakan untuk aktivitas multitasking, ada baiknya jika kamu tak terlalu sering melakukannya.

Menggunakan aplikasi secara bersamaan tentunya akan membuat smartphone lebih cepat panas. Tak hanya itu, kondisi tersebut justru membuat prosesor dari HPmu bekerja semakin berat.

Untuk meredakan smartphone yang panas, kurangilah aktivitas multitasking tersebut. Dengan mengurangi kebiasaan buruk ini, masa pakai baterai smartphonemu akan lebih meningkat.

2. Diamkan Beberapa Saat

Saat suhu smartphonemu naik secara drastis, ada baiknya untuk mendiamkannya beberapa saat. Dengan mendiamkannya, suhu smartphone akan berangsur normal.

Walaupun begitu, hindarilah untuk menyimpan smartphone di atas bantal atau dan di bawah sinar matahari. Kondisi tersebut justru akan membuat smartphonemu semakin panas.

Tak hanya itu, cek juga charger yang kamu gunakan. Jika kamu menggunakan charger tidak asli, hal tersebut bisa membuat suhu smartphone cepat panas dan mengancam kesehatan baterai juga.

3. Atur Beberapa Fitur

Cara mengatasi HP cepat panas terakhir adalah mengatur beberapa fitur yang tak sengaja kamu aktifkan. Beberapa fitur seperti GPS dan Bluetooth bisa menyebabkan HP panas dan baterai cepat habis.

Walaupun dalam keadaan diam, membiarkan kedua fitur tersebut tetap akan membuat smartphone panas. Oleh karena itu, aktifkanlah kedua fitur tersebut hanya saat kamu memang menggunakannya.

Jangan lupa untuk mematikan kedua fitur tersebut setelah kamu gunakan. Tak hanya itu, cek juga fitur lain yang membuat suhu smartphone cepat panas seperti tingkat kecerahan layar smartphonemu.

***

Itulah tadi tujuh penyebab HP cepat panas beserta cara mengatasinya.

Semoga artikel di atas bermanfaat, ya!

Jangan lupa untuk mengecek juga artikel-artikel menarik lainnya dari Bob yang bisa kamu baca di sini.

Menginap dengan Pengalaman Berbeda? Ya di Bobobox

Terkadang, kamu menginginkan pengalaman menginap yang berbeda saat liburan. Rasa bosan dengan hal itu-itu saja menjadi salah satu dari sekian banyak alasan mengapa kamu ingin pengalaman berbeda saat menginap.

Jika hal itu yang kamu mau, datang saja ke Bobobox. Hotel kapsul ini menawarkan fasilitas-fasilitas keren yang sudah terbukti memberikan banyak orang pengalaman menginap yang tak terlupakan.

Penasaran seperti apa? Unduh aplikasi Bobobox terlebih dahulu di sini untuk pemesanan podnya.

promo bobobox

You might also like