Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Kenali Penyebab Gigi Sensitif dan Cara Mengobatinya

Kenali penyebab gigi sensitif berikut agar kesehatan gigi dan mulut terjaga!

Penyebab gigi sensitif berikut ini akan menjelaskan mengapa muncul sensasi ngilu dan nyeri pada gigi. Rasa ngilu dan nyeri tersebut muncul sebagai sebuah respons terhadap sejumlah kondisi. Salah satu kondisi yang bisa memicu timbulnya rasa nyeri dan ngilu ini adalah karena mengonsumsi makan atau minum yang panas atau dingin. Gigi sensitif ini bisa jadi hanya timbul untuk sementara waktu atau bahkan dalam jangka panjang. Yuk kita pelajari beberapa informasi mengenai penyebab gigi sensitif dan cara mengobatinya!

Gejala Gigi Sensitif

Saat kamu mengalami gigi sensitif kamu cenderung akan merasakan sensasi nyeri dan ngilu terutama pada bagian akar gigi. Sensasi tersebut muncul sebagai respons atas beberapa kondisi di antaranya seperti mengonsumsi makanan dan minuman yang panas atau dingin dan juga asam. Gigi sensitif pun bisa terjadi karena membersihkan gigi, baik dengan sikat atau benang gigi, menggunakan obat kumur dengan kandungan alkohol, dan terpapar udara dingin.

1. Penyebab Gigi Sensitif: Penipisan Email Gigi

Penyebab gigi sensitif yang pertama adalah penipisan enamel atau email yang merupakan lapisan terluar gigi. Email gigi ini memiliki fungsi untuk melindungi gigi dari kerusakan. Email gigi merupakan jaringan paling kuat yang ada pada tubuh manusia.

Namun meskipun demikian bukan berarti email gigi tidak dapat mengalami penipisan atau kerusakan. Saat email gigi semakin menipis maka risiko terjadinya gigi sensitif akan semakin tinggi. Penipisan email gigi ini terjadi diantaranya karena dipicu oleh konsumsi makanan atau minuman manis, asam, minuman bersoda, es batu, serta konsumsi vitamin C yang berlebihan.

2. Penyebab Gigi Sensitif: Kondisi Gigi dan Mulut

Penyebab gigi sensitif berikutnya adalah kondisi gigi dan mulut yang buruk seperti adanya gigi yang patah, berlubang atau membusuk dapat membuat dentin (zat di bawah email gigi) menjadi terbuka. Saat dentin terbuka maka gigi kamu akan mudah terasa nyeri karena memicu terjadinya gigi sensitif. Selain kondisi gigi yang buruk, penyebab gigi sensitif lainnya adalah karena kondisi gusi yang tidak sehat dan mengalami penyusutan. Penyusutan gusi ini kemudian dapat membuat akar gigi terlihat dan tidak terlindungi.

3. Penyebab Gigi Sensitif: Kondisi Lambung

Penyebab gigi sensitif selanjutnya adalah kondisi lambung yang sedang bermasalah. Saat kamu mengalami penyakit refluks asam lambung atau GERD umumnya akan disertai dengan peningkatan sensitifitas pada gigi. Penyebab gigi sensitif karena kondisi lambung ini terjadi karena asam lambung yang naik dari lambung dan kerongkongan kemudian mengikis email gigi. Tentunya penyebab gigi sensitif karena kondisi lambung ini bisa terjadi dalam jangka panjang.

4. Penyebab Gigi Sensitif: Kebiasaan dan Gaya Hidup yang Buruk

Tanpa kamu sadari hal beberapa kebiasaan buruk berikut ini merupakan salah satu penyebab gigi sensitif. Penyebab gigi sensitif ini bisa terjadi karena kebiasaan buruk seperti menyikat gigi terlalu keras atau menggunakan sikat gigi yang kasar. Selain itu penyebab gigi sensitif lainnya adalah kebiasaan menggertak gigi saat sedang tidur.

5. Penyebab Gigi Sensitif: Prosedur Medis

Penyebab gigi sensitif yang terakhir adalah karena sebelumnya telah melakukan salah satu dari bebera prosedur medis. Beberapa contoh tindakan medis pada gigi yang menjadi penyebab igi sensiif adalah prosedur tambal gigi dan pemutihan gigi. Namun meskipun demikian, penyebab gigi sendsitif yang timbul paska melakukan prosedur medis umumnya hanya akan berlangsung sementara dan akan hilang dalam beberapa hari.

Penyebab Gigi Sensitif
@benzoix via Freepik

Pengobatan Gigi Sensitif

Apakah gigi sensitif kamu muncul karena salah satu dari penyebab gigi sensitif yang Bob jelaskan di atas? Lalu apa yang harus kamu lakukan setelah mengetahui sumber penyebab gigi sensitif yang kamu alami? Tentunya kamu dapat mengatasi gigi sensitif kamu dengan melakukan pengobaan gigi sensitif dimulai dengan melakukan kebiasaan merawat kesehatan gigi dan mulut di rumah.

Jika kamu perhatikan dengan seksama, beberapa penyebab gigi sensitif di atas umumnya terjadi karena kebiasaan dan gaya hidup yang buruk. Pengobatan pertama terhadap gigi sensitif yang bisa kamu coba lakukan adalah dengan menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif dan memilih sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut. Saat menyikat gigi usahakan untuk menyikat gigi secara perlahan untuk membantu meredakan gejala gigi sensitif.

Jika kamu akan menggunakan obat kumur, pilihlah obat kumur yang bebas dari alkohol untuk menghindari timbulnya rasa nyeri dan linu pada gigi sensitif kamu. Jika setelah melakukan cara-cara di atas gigi kamu masi terasa nyeri atau bahkan semakin terasa sensitif maka segeralah konsultasikan dengan dokter gigi untuk mendapatkan metode pengobatan yang tepat. Dengan bergitu jika gigi sensitif disebabkan oleh gigi berlubang maka dokter gigi kamu akan melakukan prosedur tambal gigi.

Jika gigi sensitif yang kamu rasakan ternyata disebabkan oleh penyusutan gusi maka hal ini dapat diatasi dengan menyikat gigi dengan lembut disertai dengan usaha menjaga kebersihan mulut. Namun jika kondisi penyusutan gusi sudah cukup parah dan gigi semakin terasa sensitif maka dokter umumnya akan menyarankan tindakan cangkok gusi.

Cara-Cara untuk Merawat Gigimu Agar Tetap Putih dan Sehat
Ilustrasi Gigi Putih Alami / Photo by Hana Lopez on Unsplash

Pencegahan Gigi Sensitif

Setelah memahami apa saja penyebab gigi sensitif dan cara mengobatinya kamu pun harus memahami pencegahan gigi sensitif. Tentunya kamu dapat menghindari munculnya rasa nyeri dan ngilu pada gigi dengan melakukan perawatan kesehatan gigi dan mulut salah satunya dengan menyikat gigi dua kali sehari. Jangan lupa juga untuk memilih dan menggunakan sikat gigi dengan ujung yang lembut disertai dengan penggunaan pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride.

Selain itu penting juga bagi kamu untuk menyikat gigi dengan perlahan dan memastikan kebersihannya terjaga dengan membersihkan celah gigi menggunakan benang gigi. Hindari juga mengonsumsi makanan atau minuman asam dan manis secara berebihan. Semoga informasi mengenai penyebab gigi sensitif, pengobatan, dan pencegahannya ini bermanfaat ya!

Pasti Happy Staycation di Bobobox!

Bukan gigi putih cemerlang aja yang bisa bikin penampilanmu jadi lebih menarik, lho, tapi jiwa yang sehat dan bahagia juga. Dengan liburan, kamu bisa menjaga jiwa dan hatimu biar happy terus. Kamu nggak perlu bingung mau pilih hotel yang mana. Datang aja ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama nginap di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu. Pesan kamarnya pun nggak ribet, tinggal download aja aplikasinya di siniQR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Stay healthy, stay happy!

You might also like