@Racool_studio via Freepik

Gigi Kuning? Ini Dia Penyebabnya dan Cara Terbaik untuk Memutihkan Gigi Secara Alami!

Memiliki gigi putih bersih adalah dambaan semua orang. Selain sebagai cerminan kebersihan diri, gigi putih tentunya dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang apalagi ketika bertemu dengan orang lain. Sayangnya, akibat kebiasaan-kebiasaan tertentu dan sering bertambahnya usia, tidak semua orang dapat mempertahankan gigi putih mereka.

Untuk mengatasi masalah gigi kuning itu, sebagian orang memilih untuk melakukan perawatan dengan dana yang cukup besar. Meski begitu, bukan berarti kamu tidak bisa memiliki gigi putih jika tidak merogoh kocek yang dalam. Ada beberapa cara memutihkan gigi secara alami yang bisa kamu coba tanpa perlu dana yang terlalu besar! Ingin tahu apa saja? Yuk simak informasinya di bawah ini!

Penyebab Gigi Kuning

@benkolde via Unsplash

Sebelum mengetahui beberapa cara memutihkan gigi secara alami, kamu perlu tahu apa saja yang bisa membuat gigi kamu menguning. Hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan agar gigi kamu tetap terawat dan tidak kehilangan kemilaunya.

Gigi kuning sendiri bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah makanan atau minuman yang sering kamu konsumsi seperti teh, kopi, alkohol, makanan atau minuman manis (seperti permen), dan makanan atau minuman berpewarna (misal soda, saus, anggur merah, bit, blueberry dan sebagainya).

Zat-zat dalam makanan atau minuman tersebut biasanya akan menempel pada enamel gigi kamu. Karenanya, seiring berjalannya waktu gigi kamu akan menguning terutama jika kamu tidak segera menggosok gigi setelah mengonsumsi hal-hal tersebut.

Kebiasan merokok, malas menggosok gigi (sehingga menimbulkan plak yang tampak kekuningan), penggunaan obat tetes mata serta penyakit tertentu juga bisa menjadi penyebab gigi kamu menguning. Selain itu, gigi kuning juga bisa disebabkan oleh enamel (lapisan terluar gigi) yang mulai menipis seiring dengan pertambahan usia. Enamel yang menipis akan menunjukkan dentin (jaringan tulang di bawah enamel yang secara alami memang berwarna kuning).

Oil Pulling

@izgubljenausvemiru via Unsplash

Oil pulling atau berkumur dengan minyak merupakan salah satu cara memutihkan gigi secara alami yang bisa kamu coba. Oil pulling ini merupakan terapi pengobatan kuno India untuk menjaga kesehatan dan kebersihan mulut serta menghilangkan racun dari tubuh.

Cara memutihkan gigi secara alami ini mengharuskan kamu untuk berkumur dengan satu sendok minyak selama sekitar 20 menit. Jika belum terbiasa, kamu bisa memulainya dengan lima sampai 10 menit. Pastikan kamu tidak meludahkan minyaknya ke wastafel karena dapat menyumbat pipa. Lebih baik, kamu membuangnya ke tempat sampah. Selain itu, gosok gigi seperti biasa juga tetap dilakukan ya!

Minyak yang umumnya digunakan dalam terapi tradisional ini adalah minyak wijen atau bunga matahari. Namun, selain kedua minyak tersebut pun tidak bermasalah. Sebagai alternatif, kamu bisa berkumur dengan minyak kelapa yang memiliki tambahan asam laurat (berperan melawan infeksi serta meningkatkan kekebalan).

Terapi ini sendiri dipercaya bisa melawan radang gusi, bakteri penyebab bau mulut serta plak yang kerap membuat gigi kamu tampak kuning. Meskipun belum ada penelitian yang membuktikan tentang pemutihan gigi dengan oil pulling, terapi ini cukup aman karena tidak akan mengikis enamel kamu.

Baking Soda

@rudoelena via Freepik

Penggunaan baking soda mungkin merupakan salah satu cara memutihkan gigi secara alami yang kerap kali kamu dengar. Baking soda sendiri dikenal memiliki kandungan pemutih di dalamnya. Selain memutihkan, baking soda juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri dalam mulut. Karena itu, tidak heran banyak produk pasta gigi yang mengandung baking soda ini.

Penggunaan baking soda ini tidak akan memutihkan gigi kamu secara instan. Kamu perlu melakukannya beberapa kali hingga terlihat perbedaan yang cukup signifikan. Cara pemakaiannya adalah dengan mencampurkan satu sendok teh baking soda dengan dua sendok teh air.

Lalu, sikatlah gigi kamu dengan menggunakan campuran tersebut. Setelah itu, berkumur-kumurlah seperti biasa. Perlu diingat, cara memutihkan gigi secara alami ini hanya dilakukan beberapa kali saja per minggu.

Makan Buah dan Sayur

@cenali via Unsplash

Cara memutihkan gigi secara alami berikutnya adalah dengan mengonsumsi buah dan sayuran dengan kadar air yang tinggi. Buah dan sayuran yang renyah, mentah serta berkadar air tinggi (misal apel dan wortel) dapat membantu membersihkan plak saat kamu mengunyahnya.

Selain itu, buah dan sayuran juga akan meningkatkan produksi air lir yang dapat membantu membersihkan sisa-sisa makanan pada gigi. Vitamin C yang terkandung di dalamnya juga dapat mencegah perubahan pada gigi.

Stroberi

@kyawthutun via Unsplash

Salah satu buah yang dipercaya bisa memutihkan gigi adalah stroberi. Cara memutihkan gigi secara alami dengan stroberi ini sebelumnya dipopulerkan oleh para selebriti. Mereka berpendapat bahwa asam malat dalam buah asam ini dapat membantu menghilangkan perubahan warna pada di gigi serta mengakat noda yang menempel padanya.

Mengingat belum adanya penelitian yang bisa mendukung cara memutihkan gigi secara alami ini, sebaiknya kamu menggunakan stroberi hanya beberapa kali saja per minggu. Selain itu, penggunaan berlebihan juga mungkin malah merusak enamel gigi karena adanya kandungan asam sitrat dalam stroberi.

Cara penggunaannya cukup dengan menggosokkan bagian luar stroberi pada gigi kamu. Kamu juga bisa mencampurkan baking soda dengan stroberi yang telah dihancurkan. Lalu, gosokkan campuran tersebut ke gigi kamu.

Siwak

via naturallivingideas.com

Siwak merupakan batang kering yang sejak zaman dahulu sudah digunakan untuk membersihkan gigi serta membuat gigi tampak putih dan mengkilap. Kandungan silica, bahan abrasif dalam siwak yang dinilai mampu mencegah pembentukan plak serta menghilangkan noda kuning pada gigi.

Cara memutihkan gigi secara alami dengan siwak adalah dengan menggosokkan batang siwat secara merata ke seluruh gigi. Kamu bisa mengaplikasikannya dua hinggan tiga kali sehari.

Perbanyak Kalsium

@kimgorga via Unsplash

Selain karena noda dan plak, gigi kuning juga disebabkan oleh enamel yang terkikis sehingga menampilkan dentin yang berwarna kuning di bawahnya. Nah, untuk menguatkan enamel gigi kamu, sebaiknya kamu memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung kalsium seperti susu, keju dan brokoli.

Pilihan susu yang tepat untuk memutihkan gigi adalah susu sapi murni. Kamu bisa meminumnya secara rutin setiap hari agar kekuatan enamel tetap terjaga. Selain itu, kandungan fosfor dan magnesiumnya juga dapat membantu memperkuat gigi serta memutihkan gigi secara alami.

Tampilan yang oke juga bisa kamu dapat jika kamu terlihat fresh dan salah satu hal yang berkontribusi pada kesegaran tubuh dan pikiran kamu adalah tidur yang cukup dan bebas dari stres. Jika kamu mulai merasa suntuk dengan keseharian kamu sehingga membuat tidur kamu tidak nyaman, mungkin kamu butuh liburan untuk menghilangkan penat kamu.

Jika sudah mantap untuk pergi berlibur, jangan lupa pilihlah hotel yang nyaman agar kualitas tidur kamu tetap terjaga saat jauh dari rumah. Salah satu hotel yang tidak akan membuat kamu menyesal adalah Bobobox, hotel kapsul berlogo koala.

Hotel yang satu ini sudah tersedia di beberapa kota besar Indonesia lho yaitu Bandung, Jakarta, Semarang, Yogyakarta dan Solo. Fasilitas yang ditawarkan oleh Bobobox ini sudah terintegrasi dengan teknologi canggih sehingga memudahkan kamu dalam pemakaiannya.

Ada keyless access berupa QR code untuk akses kamar (no need to use conventional keys), Bluetooth speaker yang bisa kamu atur langsung dari ponsel, moodlamp yang memberi kamu banyak pilihan warna untuk menerangi pod kamu, dan masih banyak lagi. Sebelum menikmati itu semua, unduh dulu aplikasi Boboboxnya di Play Store atau App Store!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles