penyebab darah rendah

7 Penyebab Darah Rendah yang Perlu Diwaspadai Beserta Cara Menanganinya

Bobobox.co.id — Sama halnya seperti penyebab darah tinggi, penyebab darah rendah pun perlu kamu waspadai. Hal tersebut untuk menghindarkanmu dari situasi atau kondisi lanjutan yang tentu kamu ingin hindari.

Darah rendah atau hipotensi sendiri adalah kondisi tekanan darah seseorang yang berada di bawah nilai 90/60 mmHg. Padahal, normalnya, orang dewasa memiliki tekanan darah sekitar 120/80 mmHg.

Oleh karenanya, untuk menghindarkanmu dari masalah kesehatan serius yang diakibatkan hipotensi, berikut adalah tujuh penyebab darah rendah yang mesti kamu waspadai beserta cara mengatasinya.

Simak Tujuh Penyebab Darah Rendah Berikut Ini

1. Olahraga Berintensitas Tinggi

Penyebab darah rendah pertama adalah olahraga berintensitas tinggi. Jadi, bisa dibilang bahwa penyebab darah rendah tak hanya berkaitan dengan sebuah penyakit tetapi juga bisa disebabkan oleh aktivitas fisik berat.

Saat melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat, ada efek yang bisa terjadi dalam waktu singkat. Efek tersebut pun bisa terjadi dalam jangka panjang pada orang yang rutin berolahraga dengan intensitas terlalu tinggi.

Hal tersebut terjadi karena gerakan tubuh saat berolahraga yang dapat meningkatkan pasokan oksigen dalam tubuh. Kondisi tersebut yang menjadikan atlet biasanya memiliki tekanan darah yang lebih rendah.

Olahraga intensitas tinggi penyebab darah rendah

Olahraga intensitas tinggi via pexels.com/@jeshoots-com-147458

2. Dehidrasi

Selain olahraga intensitas tinggi, dehidrasi merupakan penyebab darah rendah lainnya. Saat tubuh kehilangan lebih banyak air dibanding yang dibutuhkan, kondisi tersebut justru menimbulkan berbagai efek samping.

Pusing dan kelelahan merupakan kondisi yang mungkin saja terjadi yang mungkin menimbulkan darah rendah. Demam, muntah, diare berat, dan konsumsi diuretik adalah beberapa faktor yang menjadi penyebab dehidrasi.

Dehidrasi penyebab darah rendah

Dehidrasi via © Martinmark | Dreamstime.com


Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk. Efektif Dan Mudah Dilakukan!


3. Kehilangan Darah

Cedera besar atau pendarahan internal bisa mengurangi jumlah darah dalam tubuh. Kehilangan darah tersebut menjadi salah satu penyebab darah rendah yang mesti kamu waspadai jika sempat terjadi kepadamu.

Jika terjadi dalam jumlah yang banyak, hal tersebut bisa menyebabkan penurunan tekanan darah yang parah. Di samping itu, kamu pun mesti mengetahui perbedaan antara kekurangan darah dan juga darah rendah.

Kehilangan darah penyebab darah rendah

Kehilangan darah via pexels.com/@karolina-grabowska

4. Gangguan Jantung

Masalah atau gangguan jantung adalah penyebab darah rendah lain yang wajib diperhatikan. Gangguan pada salah satu organ terpenting manusia ini mencakup aritmia, serangan jantung, dan gagal jantung.

Masalah tersebut sering kali memicu darah rendah. Hal tersebut bisa terjadi karena jantung tidak lagi kuat dalam untuk memompa darah ke seluruh tubuh yang justru memengaruhi tekanan darah dan mengurangi aliran darah.

Gangguan jantung penyebab darah rendah

Gangguan jantung via pexels.com/@freestocks

5. Reaksi Infeksi Berat

Sepsis atau septikemia adalah kondisi infeksi berat yang terjadi kepada seseorang ketika bakteri atau kuman yang memasuki aliran darah. Dalam tahap lebih lanjut, hal tersebut bisa mengakibatkan syok septik.

Saat terjadi syok septik, penderitanya dapat mengalami penurunan tekanan darah. Penyebab darah rendah ini pun tak hanya menurunkan tekanan darah penderitanya saja tetapi juga dapat merusak organ tubuh.

Reaksi infeksi berat penyebab darah rendah

Reaksi infeksi berat via Justin Paget Photography Ltd/Getty Images


Baca Juga: 7 Cara Atasi Masuk Angin Alami. Terbukti Ampuh Untuk Hilangkan Masuk Angin


6. Efek Samping Obat-Obatan Tertentu

Obat-obatan pun bisa menjadi penyebab darah rendah. Mengonsumsi beberapa obat-obatan seperti obat antihipertensi, antidepresan, diuretik bisa memberikan efek samping berupa menurunnya tekanan darah.

Walaupun begitu, biasanya penurunan tekanan darah tersebut akan hilang dengan sndiri. Efek samping darah rendah ini akan menghilang setelah menghentikan konsumsi obat-obatan yang tadi disebutkan.

Efek samping obat-obatan tertentu penyebab darah rendah

Efek samping obat-obatan tertentu via pexels.com/@freestocks

7. Hipotensi Ortostatik

Penyebab darah rendah terakhir adalah hipotensi ortostatik. Bagi kamu yang tak tahu, hipotensi ortostatik adalah kondisi penurunan tekanan darah akibat perubahan posisi tubuh seseorang yang terlalu cepat.

Saat seseorang mengalami kondisi tersebut, ada beberapa ciri-ciri yang bisa tampak. Pusing, berkunang-kunang, dan sensasi seperti hendak pingsan dirasa penderitanya.

Namun, gejala tersebut umumnya hanya berlangsung selama beberapa menit saja. Kondisi tersebut bakal mereda dengan sendirinya setelah tekanan darah kembali pada kondisi normal.

Hipotensi Ortostatik penyebab darah rendah

Hipotensi Ortostatik via medbriefnamibia.com

Berikut adalah Cara Menangani Darah Rendah

Setelah sebelumnya, Bob sudah membahas mengenai penyebab darah rendah, ulasan berikutnya adalah cara menanganinya. Langsung saja simak tiga cara menangani darah rendah berikut ini.

1. Perbanyak Minum Air Putih

Cara mengatasi darah rendah pertama adalah dengan memperbanyak minum air putih. Mengonsumsi kebutuhan air putih setiap harinya bakal mengurangi risiko dehirasi yang merupakan salah satu penyebab darah rendah.

Untuk mengatasi penyebab darah rendah ini, Ada cara lain selain dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh untuk menghindari dehidrasi. Cara tersebut adalah mewaspadai faktor yang memicu tubuh kehilangan banyak cairan.

Beberapa faktor yang dapat memicu kehilangan banyak cairan antara lain demam, muntah, diare, dan olahraga intensitas tinggi. Dengan begitu, kamu bisa menghindari dehidrasi dengan lebih optimal.


Baca Juga: Inilah 7 Cara Mengecilkan Perut. Alami Dan Mudah Dipraktikkan!


2. Tidak Berubah Posisi Secara Mendadak

Cara lain bisa dilakukan untuk mengatasi jika sewaktu-waktu kamu mengalami salah satu penyebab darah rendah di atas. Cara tersebut adalah tidak mengubah posisi tubuhmu saat menurunnya tekanan darah secara mendadak.

Cara mengatasi darah rendah ini biasanya untuk mencegah terjadi hipotensi ortostatik. Untuk itu, agar dapat menghindari rasa pusing yang mungkin muncul, cobalah untuk menarik napas dalam-dalam sejenak.

Lalu, duduklah selama beberapa menit sebelum bangkit dari tempat tidur. Coba juga untuk meregangkan otot-otot kaki untuk membantu melancarkan peredaran tubuh sebagai alternatif mengatasi darah rendah

3. Tidak Makan Dalam Porsi Besar Sekaligus

Selain dua cara di atas, kamu pun bisa mengaplikasikan cara mengatasi darah rendah terakhir dari Bob di artikel kali ini. Cara tersebut adalah untuk tidak memakan makanan dalam porsi besar dalam satu waktu.

Menghindari konsumsi makanan prosi besar sekaligus dapat membuat darah lebih banyak mengalir ke saluran sistem pencernaan. Tak hanya itu, jantung pun akan berdetak elbih cepat untuk menyeimbangkan tekanan darah.

Minum air putih penyebab darah rendah

Minum air putih via pexels.com/@daria

Untuk cara mengatasi darah rendah, kamu bisa menyimak cara lainnya di sini.

Nah, itulah tadi 7 penyebab darah rendah yang perlu kamu waspadai beserta cara menanganinya.

Jangan lupa untuk cek artikel menarik terbaru lainnya dari Bob dengan mengklik link ini, ya!

Menginap untuk Mengusir Rasa Bosan? Datang aja ke Bobobox

Jika kamu memang sedang merasa bosan saat sendirian di rumah, kamu bisa mencoba untuk staycation. Bobobox adalah tempat yang paling cocok untuk kamu pilih untuk mengusir rasa bosan yang kamu rasakan.

Bobobox sendiri merupakan hotel kapsul yang mengusung konsep futuristik. Sehingga, kamu bakal menemukan fasilitas-fasilitas kekinian selama staycation di Bobobox dengan harga inap per malamnya terbilang murah.

Informasi lebih lanjut soal pemesanan dan podnya bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles