Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Pentingnya Self-Care untuk Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi

Sisihkan waktu untuk diri kamu sendiri

Pandemi COVID-19 yang sudah berlangsung lebih dari setengah tahun telah membawa banyak dampak bagi masyarakat dunia. Salah satunya adalah rasa jenuh akibat pembatasan sosial yang mengharuskan orang-orang untuk tetap berada di rumah demi mencegah penyebaran penyakit tersebut. Selain itu, tidak sedikit pula orang terkena PHK atau dirumahkan sampai batas waktu yang tidak ditentukan tanpa ada penghasilan untuk menghidupi keseharian mereka.

Hal-hal tersebut beserta sederet hal lainnya yang menjenuhkan, memilukan serta meresahkan mungkin dapat mengancam kesehatan mental masyarakat. Karenanya di tengah pandemi global ini, self-care untuk kesehatan mental sangat penting agar kesehatan secara menyeluruh tetap terjaga.

Self-care sendiri bisa diartikan sebagai kegiatan memperhatikan diri sendiri baik dari segi mental, emosional, dan juga fisik sehingga tetap bisa menjadi pribadi yang positif dan tetap produktif. Self-care juga bisa didefinisikan sebagai tindakan perawatan terhadap diri sendiri dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat baik secara jasmani maupun rohani.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan diharapkan dapat meningkatkan kebahagiaan serta kenyamanan kamu. Dengan begitu, setelah merawat atau memperhatikan diri kamu pun dapat lebih mencintai dan menghargai diri kamu sendiri.

Hal ini tentu dapat membantu mengurangi segala hal yang berpotensi mengancam kesehatan mental kamu, misal mengurangi stres, kecemasan hingga depresi. Lalau, seperti apa kegiatan self-care untuk kesehatan mental itu? Simak di bawah yuk!

Melakukan Self-Care untuk Kesehatan Mental

@neonbrand via Unsplash

Ada banyak kegiatan self-care untuk kesehatan mental yang dapat kamu coba selama pandemi ini. Salah satunya adalah dengan menekuni atau menemukan hobi baru. Pergerakan kamu mungkin terbatas di rumah saja, namun bukan berarti kamu tidak bisa melakukan apapun.

Sebagai contoh, kamu bisa menekuni kegiatan memasak atau berkebun. Dengan memfokuskan diri kamu pada kegiatan tersebut, pikiran negatif yang kerap kali mengganggu hari-hari kamu dapat teralihkan. Kamu pun bisa perlahan-lahan menghilangkan rasa cemas yang sering menghinggapi kamu sehingga kamu tidak lagi bergelut dengan pikiran-pikiran negatif.

@pouredbyfi via Unsplash

Selain melakukan hobi, self-care untuk kesehatan mental juga dapat dilakukan dengan membuat diri kamu nyaman selama di rumah. Kamu bisa memanfaatkan lilin aromaterapi yang memiliki fungsi sebagai media terapi untuk memberikan ketenangan pada tubuh dan pikiran kamu.

Dengan adanya lilin tersebut, rumah kamu akan terasa wangi. Keadaan ini tentu dapat menciptakan suasana yang nyaman dan menenangkan meski kamu hanya di rumah saja. Selain itu, kehadirannya juga dapat membantu menghilangkan stres serta membuat tidur kamu lebih nyenyak.

Selain hal-hal di atas, tindakan self-care untuk kesehatan mental lainnya yang patut dicoba adalah menjauhkan diri kamu dari berita-berita yang tidak ingin kamu baca. Informasi memang penting, namun kamu perlu membatasi diri dari hal-hal yang justru membuat kamu merasa cemas atau terpuruk, contohnya berita-berita hoax yang kerap kali meresahkan masyarakat.

Untuk itu, ada baiknya kamu membuat jadwal berkala untuk menyentuh gawai serta media sosial kamu. Kamu bisa mulai denga menonaktifkan ponsel kamu dalam jangka waktu tertentu untuk menjernihkan pikiran kamu.

Sebagai gantinya, kamu bisa beralih ke hal-hal lain misalnya membaca buku. Sebagaimana tubuh, jiwa kamu juga memerlukan asupan. Selain mengalihkan fokus kamu, membaca juga akan memperluas wawasan serta sudut pandang kamu sehingga kamu bisa lebih bijak dalam menjalani hidup.

Luangkan Waktu untuk Sendiri

nginep di bobobox

Tentunya masih banyak kegiatan self-care untuk kesehatan mental yang dapat kamu terapkan selama pandemi ini. Namun yang terpenting adalah kamu harus tetap optimis dan berpikiran positif. Kamu juga perlu meluangkan waktu untuk diri sendiri misal dengan melakukan staycation seorang diri. Hal ini dapat memberikan kesempatan pada otak kamu untuk beristirahat serta membantu menjernihkan pikiran dan mengurangi stres.

Tidak usah bingung cari tempatnya di mana, ke Bobobox aja! Nyaman dan tentunya aman di tengah pandemi COVID-19 ini. Bobobox memiliki tim cleaner yang siap sedia membersihkan ruangan tempat kamu menginap, apalagi jika kamu sampai menginap lebih dari satu hari, jangan sungkan untuk meminta mereka melakukan penyemprotan di dalam kamar kamu.

Dengan begitu, kamu pun bebas memanjakan diri di dalam kamar. Kamu bisa membaca sambil mendengarkan lagu lewat fitur Bluetooth speaker. Manfaatkan juga Wi-Fi kencangnya, kamu bisa streaming deh sampai puas. Selain itu, kamu juga akan menjumpai fitur moodlamp yang memungkinkan kamu mengubah warna lampu sesuai mood. Tidur kamu makin berkualitas, kesehatan mental tetap terjaga!

You might also like