Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Alasan Mengapa Sarapan Sehat Penting Untuk Kamu

Sarapan sehat bukan hanya sekadar makan lho. Ada banyak manfaat yang bisa kamu ambil dari makan di pagi hari.

Untuk memulai hari dengan lebih baik, kamu membutuhkan asupan energi. Sumber energi terbaik bisa kamu dapatkan dari sarapan sehat. Tak hanya sebagai sumber tenaga, sarapan sehat juga memiliki manfaat lain yang baik bagi tubuh. Nah, daripada penasaran, langsung saja kita simak 10 manfaat sarapan sehat berikut ini.

Sarapan sehat sebagai sumber tenaga

sarapan sehat
Photo by Robert Collins on Unsplash

Saat kamu tidur sekitar 10 jam, hati akan melepaskan glikogen untuk menjaga kadar gula dalam darah. Hal ini sangat penting karena otak sepenuhnya mengandalkan glukosa untuk berfungsi.

Nah, ketika kamu bangun di pagi hari, kadar glukosa di dalam tubuh akan menurun. Dengan mengonsumsi sarapan sehat, kamu akan menaikkan kadar glukosa dalam tubuh sebagai sumber tenaga untuk beraktivitas.

Membantu mengontrol berat badan

sarapan sehat
Photo by i yunmai on Unsplash

Sarapan dipercaya bisa membantu mengurangi berat badan. Akan tetapi, sebuah penelitian mengatakan bahwa melewatkan sarapan justru memiliki pengaruh lebih banyak terhadap berat badan. Bahkan, tidak sarapan bisa membantu mengurangi konsumsi kalori sebanyak 400 kalori per hari.

Di sisi lain, sarapan bisa membantu mengurangi hasrat untuk makan sepanjang hari yang membuat konsumsi kalori berlebih. Di samping perbedaannya, keduanya memiliki manfaat masing-masing. Namun, jika kamu memutuskan untuk sarapan, pastikan kamu mengonsumsi sarapan sehat dan bukan sembarangan makanan.

Sumber nutrisi yang baik bagi tubuh

sarapan sehat
Photo by Brooke Lark on Unsplash

Sarapan sehat bukan sembarangan sarapan. Kamu harus memerhatikan betul-betul apa yang masuk ke dalam tubuh. Jangan hanya makan untuk menghilangkan rasa lapar. Akan tetapi, makanlah untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Menurut pakar nutrisi dari Universitas Delaware, Sharon Collison, yang dilansir dari situs Time, ada empat elemen penting dari sarapan sehat yaitu protein, biji-bijian, lemak baik, dan sayuran/buah-buahan. Protein dan lemak dapat meningkatkan rasa kenyang dan biji-bijian dan buah adalah sumber serat, vitamin, dan mineral.

Meningkatkan kemampuan berpikir

sarapan sehat
Photo by bruce mars on Unsplash

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Otsuka Pharmaceutical menunjukkan bahwa adanya korelasi antara sarapan sehat dan kemampuan otak.

Dalam penelitian tersebut, sejumlah mahasiswa mengganti sarapan mereka dengan 3 jenis air yaitu air mineral, air gula, dan makanan bernutrisi dalam bentuk cairan. Hasilnya, mahasiswa yang mengonsumsi sarapan sehat memiliki kemampuan konsenstrasi yang lebih baik dan tidak merasa lelah dalam waktu yang lebih lama saat mengerjakan tes.

Mencegah terkena penyakit

sarapan sehat
Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Menurut situs Betterhealth, jika dibandingkan dengan orang-orang yang tidak terbiasa makan sarapan sehat, orang yang terbiasa makan sarapan sehat lebih cenderung terhindar dari berbagai penyakit. Beberapa di antaranya adalah penyakit diabetes dan obesitas. Akan tetapi, tidak makan sarapan sehat bukanlah penyebab utamanya.

Menurut National Health Service, ada faktor lain dalam penelitian tentang hubungan antara sarapan dan penyakit yang harus diperhatikan. Gaya hidup adalah salah satunya.

Orang yang terbiasa sarapan sehat cenderung memiliki gaya hidup yang lebih sehat dibandingkan dengan orang yang tak biasa sarapan. Sarapan hanyalah salah satunya dan tidak bisa digunakan sebagai patokan penyebab peynakit.

Baik untuk jantung

sarapan sehat
Photo by Debby Hudson on Unsplash

Salah satu penyakit yang sering dikaitkan dengan sarapan adalah penyakit jantung. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Journal of the American College of Cardiology pada tahun 2017, orang yang melewatkan sarapan sehat beresiko terkena aterosklerosis.

Akan tetapi, dilansir dari situs WebMD, ditemukan bahwa orang yang melewatkan sarapan memiliki hubungan erat dengan pola hidup yang kurang baik seperti merokok, minum alkohol, dan jarang berolahraga. Hal ini bisa disebabkan oleh pergeseran gaya hidup.

Oleh karena itu, meskipun tidak ada kaitan langsung dengan penyakit jantung, makan sarapan sehat bisa menjadi awal untuk gaya hidup yang lebih baik.

Membantu anak untuk lebih fokus

sarapan sehat
Photo by Taylor Wilcox on Unsplash

Menurut Osama Hamdy dari Joslin Diabetes Center, tubuh akan berada pada kondisi konservasi jika kamu tidak makan sarapan sehat. Hal ini berarti otak bekerja lebih pelan karena tidak memiliki cukup asupan energi. Oleh karena itu, anak sekolah memerlukan sarapan untuk bisa berkonsentrasi lebih baik.

Memulai hari lebih awal

sarapan sehat
Photo by Danielle MacInnes on Unsplash

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bangun lebih awal memiliki banyak manfaat seperti pola tidur yang lebih teratur, berkurangnya stres, dan memberikan tubuh waktu untuk beradaptasi dengan aktivitas. Oleh karena itu, sarapan sehat bisa menjadi pemicu kamu untuk bangun lebih awal dan memulai hari dengan lebih baik.

Mengontrol gula darah

sarapan sehat
Photo by Sharon McCutcheon on Unsplash

Menurut Osama Hamdy, sarapan sehat juga bisa membantu mengontrol gula darah. Baik jika kamu memiliki diabetes ataupun tidak.

Hamdy mengatakan bahwa orang yang memiliki diabetes cenderung mengidap hypoglycemia atay kadar gula darah yang rendah jika melewatkan sarapan. Ini adalah hal yang berbahaya karena bisa menyebabkan kecemasan, kelelahan, atau gemetaran.

Di sisi lain, orang yang tidak memiliki diabetes juga bisa mengambil manfaat dari sarapan sehat. Dengan rutin sarapan, kamu bisa mencegah resiko terkena resistensi insulin.Ini adalah kondisi di mana sel pada otot, lemak, dan hati tidak merespon insulin dengan baik.

Hal ini menyebabkan sel-sel tersebut tidak bis menggunakan glukosa pada darah sebagai sumber energi. Alhasil, sebagai gantinya, pankreas akan memproduksi lebih banyak insulin.

Memperbaiki suasana hati

sarapan sehat
Photo by Andre Hunter on Unsplash

Pernah mendengar istilah good food good mood? Ini adalah pernyataan yang bisa dibuktikan kebenarannya. Menurut Harvard Health Publishing, pencernaan manusia tidak hanya berfungsi untuk mencerna makanan tapi juga menatur suasana hati.

Hal ini disebabkan oleh serotonin yang 95 persen diproduksi di saluran pencernaan. Serotonin merupakan neurotransmitter yang berfungsi untuk mengatur tidur, nafsu makan, suasana hati, dan rasa sakit. Serotonin sangat dipengaruhi oleh bakteri. Oleh karena itu, apa yang masuk ke dalam perut sangat menentukan seperti apa diri kamu kemudian.

Tetap bahagia dengan menginap di Bobobox

bobobox

Bobobox adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Selain itu, desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati.

Nggak cuma itu, teknologi yang digunakan juga canggih. Untuk memesan kamar, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Bobobox. Aplikasi ini, selain untuk memesan, juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Tinggal pindai saja QR code-nya.

Di kamarnya juga kamu akan menemukan lampu led yang bisa kamu atur sesuai dengan suasana hati kamu. Modenya pun ada banyak. Mau untuk tidur? Ada. Mau untuk meditasi? Tinggal pakai mode zen. Pokoknya pas banget untuk melepas stres dan liburan.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak!

You might also like