Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Hotel Bintang Lima? Bukan, Ini 7 Penjara Paling Mewah di Dunia!

Fasilitas mewah bak hotel bintang lima!

Bobobox.co.id — Saat mendengar kata ‘penjara’, yang terbayang dalam benakmu adalah tempat yang menyeramkan dengan para narapidana yang berwajah sangat dan bertato. Hal tersebut tentu hal yang wajar.

Walaupun begitu, tak semua penjara seperti itu, lho. Ada juga penjara yang justru memiliki fasilitas layaknya hotel bintang lima. Fasilitas yang ditawarkan oleh penjara tersebut bahkan bisa membuatmu nyaman seharian di sana.

Penjara paling mewah di dunia tersebut tak hanya dilengkapi dengan fasilitas memadai. Beragam program sengaja diaplikasikan guna memberikan pendidikan bagi para narapidana untuk bisa mudah beradaptasi saat keluar penjara.

Nah, kira-kira di mana sajakah penjara paling mewah di dunia tersebut? Yuk, simak ulasan singkat mengenai 7 penjara paling mewah di dunia versi Bob berikut ini. Fasilitas mewah bak hotel bintang lima!

Otago Corrections Facility (Selandia Baru)

Penjara paling mewah di dunia pertama berada tak jauh dari Indonesia. Otago Corrections Facility atau OCF yang berada di Selandia Baru merupakan salah satu penjara yang diklaim sebagai penjara paling nyaman.

Kenyamanan tersebut tercermin dari 335 kamar tidur yang ada di penjara ini. Penunjang dari ratusan kamar tidur tersebut adalah 200 orang staf yang dipekerjakan oleh salah satu penjara paling mewah di dunia ini.

Fasilitas yang disediakan oleh para napi pun terbilang mewah. Penjara ini dilengkapi dengan kamar dengan televisi di dalamnya, laoangan rugbi, dan kelas-kelas yang membuat nyaman para napi.

Di samping itu, fasilitas kelas yang disediakan ditujukan untuk perubahan para napi. Dengan adanya fasilitas tersebut, para napi diharapkan mengembangkan keterampilannya saat menjalani hukuman.

penjara paling mewah di dunia
via naylorlove.co.nz

Justice Center Leoben (Austria)

Penjara paling mewah di dunia berikutnya adalah Justice Center Leoben yang berada di Austria. Kesan yang bisa didapat saat pertama kali melihat eksterior bangunannya justru jauh dari sebuah penjara.

Bahkan, penjara ini terlihat seperti hotel, baik dari luar maupun dalam bangunannya. Walaupun terbilang mewah dan unik, penjara ini sendiri sangatlah sepi dari para napi yang menghuni penjara ini.

Pasalnya, Austria terkenal sebagai salah satu negara teraman di dunia. Tak heran jika tingkat kriminalitas di Austri sangatlah rendah hingga menjadikan banyak penjara di negara ini kosong.

Penjara paling mewah di dunia dikhususkan bagi para pelanggar hukum tanpa kekerasan. Soal fasilitas, penjara ini menyediakan fasilitas lengkap seperti dapur, televisi, gym, dan lapangan basket.

Paul Ott via world-architects.com

HMP Addiewell (Skotlandia)

Skotlandia pun ‘mengirimkan’ wakilnya dalam daftar penjara paling mewah di dunia. Penjara tersebut sendiri yakni Her Majesty’s Prison (HMP) Addiewell yang berada di Addiewell, desa kecil di Selatan Skotlandia.

HMP Addiewell sendiri merupakan penjara yang didesain sebagai sarana ‘pendidikan’ bagi para napinya. Metode yang diterapkan pada para napi dimaksudkan agar napi dapat berperilaku seperti orang normal.

Salah satu contohnya adalah setiap napi akan mendapatkan pembentukan skill produktif selama 40 jam setiap minggunya. Tujuannya tak lain dan tak bukan untuk mempermudah transisi napi.

Di bawah pengawasan Sodexo Justice Services, para napi sudah pasti mendapatkan kesempatan kembali ke kehidupan normal mereka. Hal ini karena program yang dijalankan penjara ini.

Daily Record via edinburghlive.co.uk

Halden Prison (Norwegia)

Norwegia merupakan salah satu negara paling bahagia di dunia 2020. Nah, dibalik itu, Norwegia sendiri memiliki dua penjara paling mewah di dunia. Salah satunya adalah Halden Prison.

Berada di Halden, Halden Prison ini termasuk salah satu yang terbesar di Norwegia. Jangan heran jika penjara paling mewah di dunia ini menerima para narapidana dari berbagai negara di dunia.

Kondisi dan standar hidup di dalam penjaranya yang begitu unik membuat Halden Prison banjir pujian. Para narapidana mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan olahraga dan musik.

Sebagai salah satu yang termewah, Halden Prison pun terkenal akan keamanan maksimum yang diterapkan. Kaca pelindung, dinding baja, dan dinding beton menjadi bukti nyatanya.

STR/Reuters /Landov via npr.org

Bastøy Prison (Norwegia)

Selain Halden Prison, Norwegia memiliki satu lagi penjara paling mewah di dunia. Penjara tersebut adalah Bastøy Prison yang dikenal sebagai penjara yang bersih, nyaman, dan berfasilitas lengkap.

Penjara ini sendiri terletak di sebuah pulau khusus yang sengaja dibuat sebagai tempat pembinaan para narapidana. Tak hanya penjara, pulau tersebut berisikan pusat perbelanjaan, perkebunan, dan lainnya.

Berbeda dengan Halden Prison, Bastøy Prison hanya menampung sekitar 100 napi saja. Para napi ini berkesempatan untuk menikmati kegiatan seperti berkuda, tenis, ski, dan memancing.

Soal keamanan, Bastøy Prison ini sama seperti Halden Prison. Penjara paling mewah di dunia ini memiliki standar keamanan maksimum yang tidak memberikan kemungkinan napi untuk kabur.

via allthatsinteresting.com

Champ-Dollon Prison (Swiss)

Sebagai negara paling ramah untuk turis, tak heran jika tingkat kriminalitas di Swiss tergolong rendah. Bahkan, salah satu penjara paling mewah di dunia yang ada pun kerap kali kosong.

Penjara tersebut adalah Champ-Dollon Prison. Penjara satu ini tidak bisa dibilang sebagai sebuah penjara. Pasalnya, suasanya penjaranya sangatlah nyaman dan justru mirip seperti hotel.

Bukti konkretnya adalah sel triple occupancy dengan kamar mandi. Kasur dan ruang kamar untuk napi pun terbilang nyaman dan malah lebih terlihat seperti asrama mahasiswa pada umumnya.

Fasilitas mewah tersebut ditunjang dengan didikan yang baik untuk para napi. Para napi didorong untuk menghasilkan karya-karya yang kerap kali dimuat dalam pameran-pameran seni di Swiss.

Keystone via lacote.ch

JVA Fuhlsbuettel Prison (Jerman)

Penjara paling mewah di dunia terakhir adalah JVA Fuhsbuettel Prison. JVA Fuhsbuettel Prison bisa dibilang salah satu penjara tertua di daftar ini karena dibangun pada tahun 1879.

Pada tahun 2010 dan 2011, penjara ini mendapatkan perombakan besar-besaran. Hasilnya adalah penampilan dan fasilitas dari penjara yang terlihat seperti hotel-hotel pada umumnya.

Ruangan sel yang nyaman dengan adanya kasur, toilet pribadi, dan sofa. Di luar kamar tahanan, beragam fasilitas diberikan mulai dari ruang konferensi hingga ruang rekreasi untuk narapidana.

Soal makanan, para napi mendapatkan tiga hingga empat kali makan setiap harinya. Selain itu, ada suguhan tarian di ruang konferensi yang menjadi hiburan tersendiri bagi para narapidananya.

DPA via tag24.de

Menginap tanpa Perlu Takut? Ya di Bobobox

Daftar penjara paling mewah di dunia di atas bisa saja membuatmu ingin menginap santai di penginapan. Nah, Bob sendiri mempunyai rekomendasi yang tepat bagi kamu yang sedang ingin menginap santap.

Penginapan tersebut adalah Bobobox. Dilengkapi dengan fasilitas wah, harga yang ditawarkan untuk tiap malamnya justru terbilang murah di kantong. Kamu pun jadi semakin senang untuk menginap di Bobobox.

Untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut, kamu bisa mendapatkannya di aplikasi Bobobox yang bisa kamu unduh di sini.

Bobocabin by Bobobox Indonesia

You might also like