Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Jangan Salah Sebut Penggunaan Kata Dalam Bahasa Inggris Berikut!

Gak perlu lagi bingung dan takut salah. Kini kamu bisa membedakannya!

Penggunaan kata dalam bahasa Inggris berikut ini seringkali salah diucapkan banyak orang. Faktanya terdapat lebih dari 170.000 kata dalam bahasa Inggris. Dari jumlah kata sebesar itu, pasti ada beberapa di antaranya yang serupa, baik dari segi ejaan maupun pelafalan yang tentunya membuat kita kerap kali bingung dalam membedakannya.

Kira-kira apa saja penggunaan kaa dalam bahasa Inggris yang seringkali salah diucapkan tersebut? Berikut adalah beberapa penggunaan kata dalam bahasa Inggris yang sebaiknya tak salah kamu ucapkan!

1. Penggunaan Kata Dalam Bahasa Inggris: Affect vs Effect

Penggunaan kata dalam bahasa Inggis yang pertama adalah cara menguncapkan kata affect dan effevt. Jika dilihat sekilas kedua kata ini terlihat dan terdengar mirip yang membuat orang menyangka kedua kata ini memiliki arti yang sama. Affect merupakan salah satu kata kerja (verb), sementara “effect” adalah kata benda (noun). Kata affect lebih digunakan untuk menyatakan tindakan sedangkan effect menyatakan hasil tindakan itu.

2. Penggunaan Kata Dalam Bahasa Inggris: Advise vs Advice

Penggunaan kata dalam bahasa Inggris selanjutnya adalah kata advise and advice. Kedua kata ini memang memiliki bunyi yang mirip namun memiliki fungsi kata yang berebda. Sama halnya dengan contoh penggunaan kata dalam bahasa Inggris sebelumnya, advise digunaka untuk menyatakan tindakan. Di sisi lain kata advic adalah kata benda abstrak dan hasil dari tindakan itu.

Baca Juga: 10 Kata Bahasa Inggris Jakarta Selatan Mainstream

3. Penggunaan Kata Dalam Bahasa Inggris: Compliment vs Complement

Penggunaan kata dalam bahasa Inggris berikutnya adalah penggunaan kata compliment dan complement. Kedua kata bahasa Inggris ini bisa digunakan sebagai kata kerja dan sama-sama memiliki pengertian positif. Compliment memiliki arti pujian atau pernyataan positif mengenai seseorang atau sesuatu hal seperti rambut baru, pakaian, dan lain-lain.

Sedangkan kata complement mengandung arti menyertai, atau melengkapi, sehingga menjadi lebih baik. Meskipun terdengar aau terlihat mirip, faktanya penggunaan kata dalam bahasa Inggris memiliki makna yang benar-benar berbeda.

4. Penggunaan Kata Dalam Bahasa Inggris: Principle vs Principal

Kedua penggunaan kata dalam bahasa Inggris ini merupakan salah contoh homonim atau kata berlafal sama. meskipun memiliki pelafalan yang sama namun kata ini berbeda ejaan dan makna. Kekeliruan dalam penggunaan kata dalam bahasa Inggris ini kerap terjadi.

Kedua kata ini adalah kata benda, namun secara makna “principle” (prinsip) adalah kata benda abstrak yang berarti asas yang menjadi pokok dasar berpikir dan bertindak. Di sisi lain penggunan kata dalam bahasa Inggris “principal” artinya “kepala sekolah”.

5. Penggunaan Kata Dalam Bahasa Inggris: They’re vs Their, You’re vs Your

Ayo siapa diantara kalian yang masih kebingungan membedakan keempat kata bahasa Inggris di atas? Beberapa contoh kata ini bisa dibilang merupakan kesalahan penggunaan kata dalam bahasa Inggris yang sangat umum ditemukan tidak terkecuali di kalangan penutur asli. Sebagai informasi, kata “they’re” dan “you’re” merupakan bentuk singkat “they are” dan “you are”.

Contohnya: “They’re (they are) going to be late” atau “You’re (you are) welcome.” Sementara, “their” dan “your” tanpa tanda kutip adalah bentuk kepemilikan atas suatu hal. Contohnya, “My friends forgot to bring their swimsuit” atau “Can I borrow your book?”

6. Penggunaan Kata Dalam Bahasa Inggris: Wi-Fi

Masih bingun cara membaca Wi-Fi? Wi-Fi faktanya adalah salah satu penggunan kata dalam bahasa Inggris sehari hari yang paling sering salah diucapkan. Penggunan kata dalam bahasa Inggris ini bukan dibaca sebagai “waifi” atau “wifi.” Pengucapan “waifi” adalah oenggunan kata dalam bahasa Inggris yang tepat karena Wi-Fi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity.

Baca Juga: Inilah Negara-Negara yang Ajarkan Bahasa Indonesia Sebagai Mata Pelajaran

Lalu, kenapa Wi-Fi dibaca /waɪfaɪ/ atau “waifai” bukan “waifi” seperti asal singkatannya? Ternyata, konsonan /ɪ/ seperti i pada kata fish biasanya tidak berada di akhir kata tanpa diikuti konsonan. Karena itulah dia dibaca sebagai “waifai.” Selain itu, pengucapan “waifai” juga dianggap lebih menarik karena mengandung rima. Sama halnya seperti pada kata sci-fi atau hi-fi.

Sci-fi pun sering salah dibaca sebagai “saifi” karena merupakan singkatan dari science fiction. Padahal, cara membacanya adalah “saifai.” Jangan sampai salah lagi, ya!

7. Penggunaan Kata Dalam Bahasa Inggris: Meme

 penggunaan kata dalam bahasa Inggris

Meme memang sesuatu hal yang erat hubungannya dengan hal-hal berbau lucu yang mudah kita temukan di sosial media. Kata meme seringkali dibaca apa adanya seakan dia memang ditulis dalam bahasa Indonesia. Beberapa orang bahkan membaca meme sebagai mimi.

Faktanya penggunaan kata dalam bahasa Inggris ini dibaca sebagai “meem” atau “mim” dalam ejaan bahasa Indonesia. Mudah ya, ternyata? Kata bahasa Inggris ini memang baru banyak terdengar beberapa tahun belakangan. Faktanya penggunaan kata dalam bahasa Inggris ini sudah lama ada sejak dicetuskan dalam buku “The Selfish Gene” tahun 1976 lalu.

8. Penggunaan Kata Dalam Bahasa Inggris: Hoaks

Penggunaan kata dalam bahasa Inggis yang terakhir yang seringkali salah diucapkan adalah kata hoaks. Kata satu ini pasti sudah sangat sering kamu dengarkan. Namun orang Indonesia seringkali menyebut kata hoaks seperti apa yang tertulis atau bahkan tanpa akhiran huruf s. Faktanya kata hoaks sebenarnya hanya dilafalkan “hoks”.

Semoga dengan adanya beberapa contoh penggunan kata dalam bahasa Inggris di atas dapat membantu kamu belajar melafalkan bahasa Inggris lebih baik ya. Semangat belajar!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

You might also like