Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Bahan Pengganti Gula untuk Buka Puasa

Kamu lebih suka yang mana?

Bobobox.co.id — Berbukalah dengan yang manis. Frasa tersebut mungkin paling populer terdengar apalagi di bulan Ramadan seperti sekarang ini. Seringkali, hal tersebut menjadi sebuah kewajiban saat buka puasa.

Walaupun belum ada hadis yang secara jelas menyebutkan hal tersebut, nyatanya sesuatu yang manis seperti gula memang sangat dibutuhkan oleh tubuh apalagi setelah seharian berpuasa.

Namun, kadar gula yang dikonsumsi pun haruslah sesuai takaran. Jika tidak, glukosa dalam darah akan meningkat. Oleh karena itu, kamu sebenarnya bisa mengganti gula saat buka puasa, lho.

Nah, Bob sudah merangkum 7 bahan pengganti gula yang bisa kamu konsumsi saat buka puasa. Beberapa bahan penggantinya bisa ditemukan dengan mudah di pasar tradisional atau minimarket terdekat, kok.

Madu

Bahan pengganti gula pasir untuk buka puasa pertama ini mungkin sudah banyak diketahui oleh orang banyak. Pasalnya, jika bahan satu ini memang sering digunakan saat kehabisan gula pasir.

Yap, apalagi kalau bukan madu. Sebagai pemanis alami, madu memang cocok untuk dikonsumsi sebagai bahan pengganti saat buka puasa. Rasanya yang manis menjadi salah satu alasan kenapa madu cocok dikonsumsi.

Sebenarnya, jumlah kalori pada madu lebih tinggi dibanding gula pasir. Namun, hal yang membedakannya adalah madu tidak akan meningkatkan gula darahmu dalam waktu yang cepat seperti halnya gula pasir.

Tidak hanya itu, madu memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh. Mulai dari vitamin B2, B3, B5, B7, vitamin C, dan potassium yang berguna untuk meredekan rasa sakit pada tenggorokan.

Gula Aren

Bahan pengganti gula pasir untuk buka puasa selanjutnya sudah tidak asing lagi. Pasalnya, bahan pengganti tersebut sekarang ini sering ditemukan di minuman-minuman kekinian karena cita rasanya yang enak di lidah.

Bahan pengganti yang dimaksud adalah gula aren. Sampai saat ini, banyak orang yang masih kebingungan dengan mana yang disebut gula aren, gula merah, dan brown sugar. Ketiga jenis gula tersebut nyatanya berbeda lho.

Gula aren sendiri dipilih untuk menggantikan gula pasir untuk buka puasa karena kandungan sukrosanya yang lebih rendah dibandingkan gula pasir. Walaupun begitu, secara kandungan kalori dan karbohidrat, keduanya memiliki nilai kandungan yang sama.

Selain kandungan sukrosanya yang lebih rendah, gula aren pun cukup mudah untuk didapatkan. Kamu cukup mengunjungi toko atau pasar tradisional karena banyak tersedia di kedua tempat tersebut.

Sirup Beras Merah

Sirup beras merah bisa menjadi alternatif lainnya yang bisa digunakan untuk buka puasa. Bahan pengganti yang satu ini mungkin cukup asing di telingamu karena umumnya dikonsumsi dalam bentuk nasi.

Padahal, jenis sirup ini sudah sangat mudah untuk ditemukan di berbagai toko online di e-commerce yang kamu gunakan sehari-hari dan bisa menjadi pengganti gula karena kalorinya yang rendah.

Dalam satu sendok sirup beras merah, kandungan kalorinya sendiri hanya sebesar 13 kalori saja. Selain rendah kalori, sirup beras merah mengandung kandungan lainnya seperti magnesium, zink, dan berbagai macam vitamin.

Soal rasa, sirup beras merah memiliki rasa yang sangat mirip dengan karamel dan butterscotch. Dengan rasanya yang seperti karamel, minumanmu pun dijamin tambah manis lagi namun dengan rendah kalori.

Sirup Kurma

Biasanya, kurma menjadi salah satu oleh-oleh yang bisa dibawa oleh orang yang sudah naik haji. Kurma yang dibawa pun pada umumnya dalam bentuk buah bukan seperti yang Bob akan bahas kali ini.

Sehingga, wajar saja jika mengonsumsi kurma dalam bentuk buah yang lebih umum dibandingkan dalam bentuk sirup. Padahal, kurma dalam bentuk sirup bisa dijadikan sebagai pengganti gula pasir untuk buka puasa.

Di Indonesia sendiri, gula aren dan gula merah menjadi dua pengganti gula pasir yang cukup populer karena mudah didapat dan relatif murah. Namun, sirup kurma layak Bob rekomendasikan karena lebih sehat dibandingkan kedua gula tersebut.

Sirup buah kurma mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh saat buka puasa. Mulai dari vitamin, mineral, antioksidan, serat, dan protein ada dalam sirup kurma. Kekurangan dari sirup kurma mungkin harganya yang relatif mahal.

Sirup Maple

Bahan alternatif lainnya yang bisa digunakan sebagai pengganti gula saat buka puasa adalah sirup maple. Sirup pengganti gula ini berasal dari getah pohon maple yang sudah dimasak.

Kamu mungkin lebih mengenal sirup maple sebagai salah satu pemanis tambahan saat menikmati pancakge ataupun waffle. Padahal, jenis sirup ini memiliki kandungan yang cocok sebagai pengganti gula.

Jenis sirup ini memiliki kandungan sukrosa yang lebih rendah dibanding madu. Tidak hanya sukrosanya yang rendah, kandungan lainnya seperti magnesium, zink, dan zat besi terdapat pada sirup maple.

Sama seperti halnya sirup kurma, harga yang relatif mahal sering menjadikan sirup maple jarang dilirik untuk mengganti gula pasir yang biasa dijadikan sebagai pemanis minuman untuk buka puasa.

Daun Stevia

Stevia merupakan salah jenis tanaman yang tumbuh di negara beriklim tropis seperti halnya Indonesia. Sehingga, daun yang satu ini sebenarnya cukup mudah ditemukan di Indonesia.

Namun, kemudahan tersebut tidak dibarengi dengan banyaknya orang yang mengetahui bahwa jenis daun satu ini bisa dijadikan sebagai salah satu pengganti gula pasir saat buka buka nanti.

Salah satu keunggulan dari daun stevia ini adalah bebas kalori dan gula. Sehingga, daun ini akan cocok untuk menjadi pemanis tambahan dan aman untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Tidak hanya cocok untuk penderita diabetes, bagi kamu yang sedang menjalankan program diet, kamu bisa menggunakan daun stevia sebagai pemanis minuman yang nantinya kamu minum untuk buka puasa.

Sirup Jagung

Bahan pengganti gula pasir untuk buka puasa terakhir adalah sirup jagung. Sirup jagung merupakan salah satu bahan yang sering digunakan sebagai penambah rasa manis di berbagai jenis makanan.

Nah, sehingga wajar saja jika Bob menyarankan untuk memakai sirup jagung sebagai alternatif pengganti gula pasir. Walaupun begitu, ada hal yang harus kamu perhatikan baik-baik sebelum memakai sirup jagung untuk buka puasa.

Pasalnya, kandungan fruktosa yang relatif tinggi membuat penggunaan sirup jagung tidak disarankan untuk digunakan secara berlebihan. Hal tersebut guna menghindari risiko penyakit yang siap menyerang seperti obesitas dan diabetes.

Oleh karena itu, penggunaan sirup jagung untuk pengganti gula pasir haruslah dalam takaran yang pas dan tidak berlebihan. Kamu tentu tidak ingin kesehatanmu memburuk, bukan begitu?

via naturallysavvy.com

Ingin Mencoba Menginap di Hotel Kapsul? Datang saja Langsung ke Bobobox

Mencari penginapan yang nyaman bisa membuatmu pusing tujuh keliling. Apalagi jika kamu terbiasa dengan penginapan konvesional, mungkin kamu ragu untuk mengganti preferensimu dengan hotel kapsul.

Padahal, ada hotel kapsul yang siap memberikan kenyamanan yang kamu butuhkan selama menginap. Tidak tanggung-tanggung, fasilitasnya tidak kalah dengan hotel berbintang lima. Hotel kapsul yang dimaksud adalah Bobobox.

Jadi, tunggu apalagi? Unduh aplikasi Bobobox dan pesan pod untuk menginap sekarang juga.

You might also like