pengalaman kerja

Pengalaman Kerja dari Mengelola Bisnis, Memangnya Bisa?

Saat melamar sebuah pekerjaan, salah satu syarat yang biasa dicantumkan adalah pengalaman kerja. Tapi apa sih sebenarnya pengalaman kerja itu? Apakah pengalaman kerja hanya bisa didapatkan dari kantor saja?

Jawabannya tentu tidak. Pengalaman kerja adalah ukuran berapa lama kamu pernah bertanggung jawab atas sebuah pekerjaan yang melibatkan keterampilan tertentu. Pengalaman ini bisa didapatkan dari magang saat kuliah, menjadi volunteer sebuah program, atau mengelola bisnis sendiri.

Jadi, kalau kamu bertanya apakah mengelola bisnis sendiri termasuk pengalaman kerja? Jawabannya tentu saja. Semua yang kamu lakukan dihitung sebagai pengalaman baik itu berbayar ataupun tidak.

Keahlian mengelola bisnis sebagai pengalaman kerja

pengalaman kerja

Photo by Alvaro Reyes on Unsplash

Meskipun mengelola bisnis bisa disebut pengalaman kerja, kamu harus tahu keahlian apa saja yang relevan saat dibawa ke dunia pekerjaan nantinya.

Jika apa yang kamu lakukan relevan, berarti bisnis kamu dihitung sebagai pengalaman kerja. Soalnya, mengelola bisnis membutuhkan keahlian yang cukup sulit. Apalagi kalau kamu memulai semuanya sendirian. Berikut adalah keahlian yang bisa berguna saat mengelola bisnis yang bisa kamu jadikan pengalaman kerja.

Baca Juga: Plus Dan Minus Kerja Kantoran Di Era Sekarang

1. Manajemen SDM

Seringkali mengelola bisnis berarti juga memiliki pengalaman dalam mengelola SDM atau sumber daya manusia. Sebagai pebisnis, jika kamu sudah memiliki karyawan tentu kamu akan paham soal ini. Pengelolaan dan manajemen SDM justru merupakan salah satu kemampuan yang bisa kamu banggakan karena tidak mudah didapatkan hanya dari pembelajaran formal saja. Jadi, skill ini memang banyak dicari oleh perusahaan, terutama untuk posisi-posisi yang cukup tinggi, seperti supervisor dan manajer.

Mengatur karyawan untuk bisa bekerja sesuai dengan aturan namun tetap dalam kondisi yang sehat tentunya tidak mudah. Agar semua berjalan dengan lancar, seorang pebisnis membutuhkan skill manajemen SDM yang kuat.

2. Manajemen Keuangan

Menjalani sebuah bisnis tentu akan ada uang yang masuk dan keluar. Kalau kamu masih baru dalam bisnis dan masih mengatur semuanya sendiri, kamu perlu memperhatikan dengan betul aliran uang bisnis kamu. Skill satu ini sangat dibutuhkan perusahaan, terutama untuk jabatan di bidang akuntansi dan finance.

Bobobox Maximum Comfort Banner

3. Marketing

Ini merupakan salah satu hal yang penting dalam berbisnis. Jika kamu produk yang kamu jual merupakan yang terbaik yang bisa kamu buat tapi tidak dikenal banyak orang percuma saja. Kamu perlu menguasai betul tentang marketing.

4. Komunikasi dan Negosiasi

Saat berbisnis, kamu akan berinteraksi dengan banyak orang dan membuat kesepakatan. Di sinilah kemampuan berkomunikasi dan bernegosiasi kamu diuji. Kemampuan berkomunikasi bisnis seperti ini hanya dapat diasah dan diperoleh dengan cara terjun langsung ke lapangan. Sehingga, skill ini bisa kamu jadikan sebagai selling point pribadi.

5. Perencanaan Proyek

Sebagai seorang pebisnis, pasti kamu sudah tahu betul betapa sulitnya merencanakan dan menjalankan sebuah bisnis yang sukses. Keberhasilan sebuah bisnis juga ditentukan oleh perencanaannya. Kalau kamu bisa membuat perencanaan yang baik, peluang kamu berhasil pun akan lebih besar. Kemampuan ini tidak dimiliki semua orang dan tentunya sangat dicar oleh perusahaan.

Baca Juga: 5 Buku Tentang Leadership Untuk Kamu Calon Pemimpin Masa Depan

Saatnya Mencari Pengalaman Kerja

pengalaman kerja

Photo by Carl Heyerdahl on Unsplash

Beberapa keahlian yang disebutkan di atas adalah keahlian yang cukup umum dan relevan yang bisa kamu gunakan untuk melamar pekerjaan nantinya.

Latih keahlian-keahlian tersebut saat mengelola bisnis kamu. Ketika kamu bekerja pada seseorang, kamu sudah memiliki keahlian yang dibutuhkan.

Hal ini pun berlaku kebalikannya. Mungkin kamu belum bisa memulai usaha sendiri dan ingin melatih keahlian tersebut di bawah pengawasan orang lain.

Kamu bisa mencari pekerjaan yang membutuhkan fresh graduates sebagai permulaan. Asah kemampuan kamu di sana lalu setelah kamu merasa bisa membuka usaha sendiri, jangan ragu untuk dieksekusi.

Pengalaman menginap yang nggak biasa

Bobobox Paskal; Banyak Fasilitas Dan Tempat Asik Di Sekitarnya!

Kamu boleh mencari pengalaman kerja, tapi jangan sampai terlalu lelah ya. Agendakan berlibur untuk menyegarkan pikiran dan istirahat. Kalau soal penginapan ya di Bobobox aja.

Hotel kapsul yang satu ini bakal ngasih kamu pengalaman menginap yang unik. Sentuhan modern bisa kamu temukan mulai dari desain pods yang futuristik, kunci kamar yang terintegrasi dengan telepon pintar, dan lampu led yang bisa kamu ubah sesuai suasana hati kamu.

Unduh aplikasinya, pesan kamarnya, lalu nikmati keseruan menginap di Bobobox!

Bobobox Maximum Comfort Banner

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles