Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Penemuan Misterius Sepanjang Masa Ini Masih Membuat Para Ilmuwan Kebingungan Hingga Kini!

Apa ya yang bikin penemuan misterius sepanjang masa ini jadi misteri?

Sejarah menyimpan banyak kisah yang belum terungkap. Hal ini terlihat dari penemuan-penemuan yang terus bermunculan. Seringkali penemuan ini juga membuat banyak orang penasaran, seperti penemuan misterius sepanjang masa berikut ini.

Bola Batu Kosta Rika

penemuan misterius sepanjang masa
Photo by Axxis10 via Wikimedia Commons

Penemuan misterius sepanjang masa pertama datang dari Kosta Rika. Di sana, tepatnya di Delta Diquís dan di Isla del Caño, kamu akan menemukan lebih dari 300 bola batu yang tersusun secara misterius.

Banyak mitos yang beredar seputar penemuan misterius sepanjang masa ini, seperti berasal dari Atlantis atau terbentuk secara alami. Beberapa legenda lokal bahkan menyatakan, penduduk asli memiliki akses ke ramuan yang dapat melembutkan batu tersebut.

Batu kapur misalnya, dapat dilarutkan dengan larutan asam yang diperoleh dari tumbuhan. Penelitian yang dipimpin oleh Joseph Davidovits dari Geopolymer Institute di Prancis telah ditawarkan untuk mendukung hipotesis ini. Namun, sebagian besar bola dibuat dari gabro, batuan beku tahan asam.

Penemuan misterius sepanjang masa ini juga lekat dengan budaya Diquís yang punah, dan kadang-kadang disebut sebagai Diquís Spheres. Batu-batu tersebut adalah patung batu paling terkenal di daerah Isthmo-Kolombia.

Burung Moa Owen, penemuan misterius sepanjang masa

penemuan misterius sepanjang masa
Photo by Ryan Baumann via Wikimedia Commons

Sekelompok arkeolog menemukan cakar berukuran besar yang mirip dinosaurus. Cakar ini ditemukan ketika mereka melakukan penggalian di Gunung Owen, Selandia Baru pada tahun 1986. Para ahli menyatakan bahwa cakar tersebut cocok dengan karakteristik burung moa yang sudah punah.

Burung moa merupakan spesies endemik Selandia Baru, sejenis burung yang tidak bisa terbang dan tidak memiliki lunas di tulang dada. Penemuan misterius sepanjang masa ini adalah spesies moa terakhir yang sudah punah dan diperkirakan menghilang sejak tahun 1500 M.

Ketika ditemukan oleh para arkeolog, penemuan misterius sepanjang masa ini masih terlihat utuh. Otot dan kulit bersisik masih dapat dilihat dengan jelas pada cakar tersebut.

Garis Nazca

penemuan misterius sepanjang masa
Photo by Fábio Hanashiro on Unsplash

Garis Nazca adalah kumpulan geoglyph raksasa peninggalan suku Nazca kuno yang ada di Peru. Penemuan misterius sepanjang masa ini adalah garis-garis yang menampilkan gambar tumbuhan, hewan, dan bentuk-bentuk lain di atas padang pasir.

Terdapat lebih dari 300 Garis Nazca berusia 2.000 tahun yang hanya dapat dinikmati jika dilihat dari udara.Penelitian terbaru menunjukkan bahwa Garis Nazca memiliki keterkaitan dengan air.

Penemuan misterius sepanjang masa ini digunakan bukan sebagai sistem irigasi melainkan dibuat sebagai bagian dari ritual pembawa hujan.

Meskipun telah dipelajari selama lebih dari 80 tahun, Garis Nazca masih menjadi misteri bagi para peneliti hingga sekarang.

Gobekli Tepe, penemuan misterius sepanjang masa

penemuan misterius sepanjang masa
Photo by Teomancimit via Wikimedia Commons

Gobekli Tepe adalah situs arkeologi Neolitik yang berada di dekat kota Şanlıurfa di Anatolia Tenggara, Turki. Penemuan misterius sepanjang masa ini mulai digali pada tahun 1995 dan telah mengubah cara berpikir para arkeolog tentang asal mula peradaban.

Penemuan misterius sepanjang masa berusia lebih dari 12.000 tahun ini memiliki struktur melingkar. Di dalamnya terdapat batu dengan ukiran yang rumit dan pilar berbentuk huruf T. Diperkirakan bahwa Gobekli Tepe lebih tua dari penemuan pertanian atau bahkan tembikar.

Meskipun diperkirakan sebagai tempat ritual, para arkeolog belum menemukan bukti pemukiman permanen di Gobekli Tepe. Salah satu kemungkinan adalah situs tersebut merupakan tempat berkumpul.

Manuskrip Voynich, penemuan misterius sepanjang masa

penemuan misterius sepanjang masa
voynich.nu

Sejak pertama kali ditemukan pada tahun 1912, Naskah Voynich menjadi misteri dan bahan perbincangan. Penemuan misterius sepanjang masa ini penuh dengan tulisan tangan dalam bahasa atau kode yang tidak diketahui.

Selain itu, buku ini juga banyak memiliki gambar aneh seperti tumbuhan asing, wanita telanjang, benda aneh, dan simbol zodiak.

Manuskrip ini dinamai atas Wilfrid Voynich, seorang pedagang buku Polandia yang membelinya pada tahun 1912. Di samping berbagai hipotesisnya, asal dan penulis penemuan misterius sepanjang masa ini belum diketahui secara pasti. Ada beberapa halaman yang hilang dan hanya sekitar 240 halaman tersisa.

Monumen Yonaguni, penemuan misterius sepanjang masa

penemuan misterius sepanjang masa
Photo by Melkov via Wikimedia Commons

Penemuan misterius sepanjang masa ini adalah susunan batu yang tenggelam di lepas pantai Yonaguni, daerah paling selatan dari Kepulauan Ryukyu, Jepang.

Monumen ini memiliki bentuk persegi panjang dan pertama kali ditemukan oleh penyelam scuba. Selain itu, monument ini memiliki panjang lebih dari 50 meter dan lebar sekitar 20 meter. Sejumlah peneliti telah mengunjungi situs tersebut, tetapi asalnya masih belum bisa dipastikan.

Menurut beberapa peneliti, penemuan misterius sepanjang masa tersebut adalah buatan manusia. Selain banyak garis lurus, beberapa batuan konon memiliki ukiran. Namun, peneliti lain mengklaim bahwa monumen itu terbentuk secara alami. Susunannya dibentuk selama bertahun-tahun oleh arus bawah air.

Mereka juga menyatakan bahwa penemuan misterius sepanjang masa tersebut tidak begitu simetris. Strukturnya juga terbuat dari batuan padat, bukan batu yang digunakan oleh manusia dalam membangun.

Permainan tertua di dunia

penemuan misterius sepanjang masa
Photo by Amy Humphries on Unsplash

Walter Crist, seorang peneliti di American Museum of Natural History di New York, menemukan salah satu permainan tertua pada tahun 2018. Ia memeriksa pola tidak biasa yang dipahat pada bebatuan di tempat penampungan batu kuno. yang diketahui tersimpan di lantai sebuah gua di barat daya Azerbaijan.

Meskipun model permainannya mudah dikenali, para arkeolog masih belum bisa mengetahui bagaimana cara permainan itu dimainkan. Beberapa mengira itu adalah bentuk kuno dari backgammon atau cribbage.

Meskipun begitu, beberapa peneliti berasumsi bahwa penemuan misterius sepanjang masa tersebut adalah contoh Game of 58 Holes yang berusia 4000 tahun.

Menurut Metropolitan Museum of Art, Permainan tersebut dimainkan sebagai perlombaan antara dua pemain dengan bidak permainan berupa pasak yang dimasukkan ke dalam lubang yang membentuk lintasan masing-masing pemain.

Mau staycation di tempat yang anti-mainstream? Menginap di Bobobox aja!

Enggak semua liburan harus mahal dan jauh. Kamu bisa kok liburan di kota sendiri dengan harga yang terjangkau. Di mana lagi kalau bukan staycation di Bobobox?

Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang menggunakan teknologi terkini. Hampir semua aktivitas menginap kamu terintegrasi melalui aplikasi seperti untuk memesan kamar, sebagai kunci kamar berbasi QR code, pengatur lampu, dan lain-lain.

Selain itu, Bobobox juga adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto.

Nggak percaya? Tenang. Supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

You might also like