Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Pencegahan Yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tak Tertular Virus Corona

Lakukan pencegahan virus corona seperti berikut ini!

Virus corona kini telah menyerang ribuan orang di berbagai negara dan menelan banyak korban jiwa. Kejadian ini kemudian dinyatakan sebagai sebuah fenomena global pandemic. Wabah virus corona merupakan jenis virus baru sehigga dinamakan sebagai novelcoronavirus2019 (2019-nCoV). Virus corona yang juga dikenal sebagai covid19 ini merupakan salah satu virus yang termasuk dalam golongan virus yang cukup mematikan seperti halnya dengan virus penyebab severe acute respiratory syndrome (SARS) dan Middle-East respiratory syndrome (MERS).

Saat ini virus corona telah mewabah di negara Indonesia dan menimbulkan kepanikan. Daripada menguras energi dengan panik yang berlebihan, sebaiknya kamu dapat melakukan beberapa pencegahan infeksi virus corona. Pencegahan-pencegahan virus corona ini bisa kamu mulai dengan hal terkecil dari keseharian kamu. Seiring kamu melakukan pencegahan secara mandiri, pemerintah dan tenaga medis pun bergerak dalam mengatasi pasien yang terinfeksi virus corona.

Dengan melakukan pencegahan-pencegahan infeksi virus corona, kamu ikut berkontribusi dalam membantu mengurangi beban tenaga medis. Organisasi kesehatan dunia (WHO) pun telah meminta seluruh pemimpin dunia untuk menerapkan himbauan melakukan aktivitas dari rumah bagi masyarakatnya.

Himbauan ini merupakan salah satu tindakan atau penanganan untuk menghadapi adanya wabah virus Corona tersebut yang juga dikenal dengan social distancing. Untuk meminimalisir kemungkinan terinfeksi virus corona yang sedang mewabah ini, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Berikut adalah langkah-langkah pencegahan yang dapat kamu lakukan.

Mencuci Tangan Dengan Benar Untuk Mencegah Infeksi Virus Corona

virus corona
Photo by National Cancer Institute on Unsplash

Pencegahan paling sederhana yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencuci tangan kamu di air mengalir dengan menggunkan sabun. Meskipun sederhana, faktanya mencuci tangan merupakan cara yang sangat efektif untuk menghindari infeksi virus corona terlebih setelah kamu beraktifitas di luar rumah. Pastikan untuk mencuci tangan kamu secara bersih dan menyuluruh dengan air dan sabun setidaknya selama 20 detik.

Bagian yang harus kamu cuci bersih termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Setelah selesai mencuci tangan dengan bersih keringkan kedua tangan kamu menggunakan handuk atau tisu yang bersih. Jika kamu sedang berada di luar seperti transportasi publik, supermarket, atau tempat umum lainnya mungkin akan sediki sulit bagi kamu untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Namun kamu dapat mensiasatinya dnga mengguanakan cairan alkohol atau hand sanitizer.

Gunakan Masker

Penggunaan masker sebenarnya lebih direkomendasikan untuk digunakan bagi orang yang sakit dan juga para petugas medis yang langsung beinteraksi dengan pasien terinfeksi virus corona. Namun jika kamu memilikinya di rumah, kamu bisa kenakan masker yang kamu miliki sebagai upaya pencegahan infeksi virus corona. Terdapat dua jenis maker yang cukup baik mencegah penularan virus corona yaitu masker bedah dan masker N95.

Masker bedah atau surgical mask merupakan masker sekali pakai yang paling umum digunakan. Masker ini mudah ditemukan seperti di mini market atau apotik, harganya terjangkau, dan nyaman dipakai, sehingga banyak orang yang menggunakan masker ini saat beraktivitas sehari-hari. Sedangkan masker N95 adalah masker yang didisain untuk menyaring partikel berbahaya di udara dan lebih direkomendasikan untuk mencegah infeksi virus corona.

Namun mengingat ketersediaan masker kini sudah mulai menipis dan banyak tenaga medis yang kesulitan untuk mendapatkan dua jenis maker di atas alangkah baiknya kita tidak memebelinya dalam skala besar. Bagi kamu yang tak banyak beraktivitas di luar rumah dan melakukan social distancing, kamu bisa mensiasatinya dengan menggunakan masker kain. Masker kain yang dijual di pasaran bisa kamu tambahkan tisu sebagai filter tambahan.

Masker ini dinilai cukup baik digunakan bagi kamu yang memang tidak seintens petugas medis dalam berinteraksi dengan pasien terinefeksi virus corona. Walaupun masker kain dapat diguakan berulang kali, pastikan untuk mencuci bersih masker kamu setelah digunakan dan mengeringkannya dengan benar sebelum menggunakannya kembali.

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Hal penting lainnya untuk mencegah risiko infeksi virus corona adalah dengan manjaga daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang kuat selain dapat meminimalisir infeksi virus corona juga dinilai efektif dalam mencegah munculnya berbagai macam penyakit. Kamu bisa menjaga daya tahan tubuh kamu dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan kaya nutrisi. Jangan lupa juga untuk menjaga tubuh kamu tetap terhidrasi dengan baik.

Saat menjalani masa karantina di rumah kamu bisa melakukan beragai kegiatan untuk mengisi waktu yang baik untuk tubuh kamu. Mencoba beberapa gerakan olahraga yang bisa kamu ikuti dari video online bisa membantu kamu memperbanyak aktivita fisik dan membuat tubuh kamu bugar. Kamu juga bisa melakukan aktivitas masak dengan menyiapkan makanan yang sehat juga lezat.

Ajukan Izin Remote (Work From Home) Jika Sakit

Sebagian perusahaan memberikan kebijakan bagi karyawannya untuk melakukan kerja di rumah atau work from home. Namun kebijakan ini tak bisa dinikmati banyak orang karena beberapa perusahaan lainnya harus tetap beroperasi untuk melayani kebutuhan masyarakat. Beberapa orang seperti petugas medis, karyawan retail di supermarket, dan lain sebagainya harus tetap berkerja di luar rumah.

Mungkin kamu pun salah satu diantaranya yang tidak bisa menjalankan work from home dan harus bekerja di luar rumah seperti biasa. Namun di saat kamu merasa tidak enak badan atau sakit, Bob sarankan untuk tidak memaksakan diri tetap bekerja dan masuk kantor. Saat kondisi kesehatan kamu sedang buruk dan merasa sedang tidak sehat, imun tubuh kamu akan rendah sehingga resiko tertular virus atau penyakit lain akan lebih mudah.

Terapkan Etika Ketika Bersin & Batuk

Saat kamu akan batuk dan bersin, usahakan untuk menutup mulut kamu dengan tisu atau menggunakan siku kamu. Hindari untuk menutup malu kamu dengan telapak tangan saat batuk atau bersin untuk menghindari kamu tak menyentuh permukaan benda disekitar kamu menggunakan tangan yang telah terkena droplet batuk dan bersin.

Menjaga Jarak (social distance)

Kamu bisa mendukung himbauan pemerintah dengan melakukan social distancing dan mulai beraktivitas di alam rumah. Upaya pencegahan ini dinilai efektif untuk membantu memberi waktu kepada para pertugas medis yang sedang berusaha mengatasi pasien yang terinfeksi virus.

Kamu bisa melakukan beberapa aktivitas di luar rumah jika memang dinilai cukup urgent. Jika tidak, lebih baik tetap tinggal di rumah ya. Penting bagi kita semua untuk mengikut himbauan pemerintah dalam menjalani social distancing, mencuci tangan, juga menjaga daya tahan tubuh.

Beristirahat dengan cukup dan menjaga kualitas tidur pun tak kalah pentingnya dalam menjaga imunitas tubuh. Jika kamu membutuhkan tempat yang nyaman untuk menjalani masa karantina ditemani dengan akses internet yang mencukupi kamu bisa coba pengalaman menginap di Bobobox. Unduh aplikasi Bobobox untuk lakukan pemesanan!

You might also like