Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Indahnya Pemandangan Pulau Batu Berlayar

Keindahan alamnya memanggilmu untuk datang

Bobobox.co.id — Menjelang musim liburan, tentu kamu sudah mulai bersiap-siap guna menyiapkan ke mana liburanmu kali ini. Banyak sekali destinasi wisata yang bisa kamu tuju khususnya di dalam negeri. Mulai dari bersenang-senang taman bermain di perkotaan, tempat wisata alam yang menyejukkan hingga menikmati indahnya pemandangan.

Nah, berbicara soal pemandangan, Belitung termasuk salah satu provinsi yang menawarkan pemandangan alam yang keindahannya tidak perlu dipertanyakan lagi. Mulai dari Danau Kanolin, Bukit Perahu, Pantai Tanjung Kelayang, hingga yang akan dibahas pada artikel ini yaitu Pulau Batu Belayar.

Pulau Batu Berlayar ini sendiri bisa terlihat dari Pantai Tanjung Kelayang. Indahnya pemandangan Pulau Batu Berlayar menjadikan tempat wisata ini seringkali dikunjungi oleh wisatawan yang datang. Penasaran dengan informasi lebih mendetil soal destinasi wisata satu ini? Yuk, simak ulasan singkat dari Bob berikut ini.

via flickr.com

Lokasi Pulau Batu Berlayar

Lokasi Pulau Batu Berlayar ini sebenarnya tidak jauh dari Pantai Tanjung Kelayang. Kurang lebih hanya 15 menit waktu yang kamu butuhkan untuk bisa sampai ke tempat ini dari pantai tersebut. Satu-satunya cara untuk bisa sampai ke sini adalah dengan menggunakan perahu nelayan yang siap melayanimu di pesisir pantai.

Khususnya bagi kamu yang berasal dari luar Belitung, tentu kamu membutuhkan rute perjalanan untuk bisa sampai terlebih dahulu ke Pantai Tanjung Kelayang. Rute perjalanan yang akan dibahas secara singkat ini dimulai dari Bandara Belitung TJQ yang ada di Jalan Sudirman.

Pertama, jarak yang akan kamu tempuh berkisar antara 32 kilometer hingga 40 kilometer. Sedangkan, waktu tempuhnya sendiri berada di kisaran 40 hingga 60 menit tergantung situasi lalu lintas saat kamu sedang melakukan perjalananmu ke Pantai Tanjung Kelayang.

Untuk sampai ke Pantai Tanjung Kelayang, ada tiga rute perjalanan yang bisa kamu pilih. Sesuaikanlah dengan seberapa lengangnya lalu lintas pada saat kamu berlibur di Belitung. Berikut ini merupakan rute-rute yang bisa kamu pilih.

  • Rute 1: Jalan Sudirman – Belok kanan ke hingga akhirnya sampai ke Jalan Tanjung Pandan-Tanjung Kelayang
  • Rute 2: Jalan Sudirman – Jalan Serma Abdullah – Jalan Sijuk – Jalan Tanjung Pandan-Tanjung Kelayang
  • Rute 3: Jalan Sudirman – Jalan Serma Abdullah – Jalan Air Ketetok – Jalan Sijuk – Jalan Kapten Saridin – Jalan Gatot Subroto – Jalan Pattimura – Jalan Tanjung Pandan-Tanjung Kelayang

Daya Tarik Pulau Batu Berlayar

Pulau Batu Belayar ini adalah sebuah pulau kecil yang di mana pada bagian tengah pulau tersebut berdiri beberapa buah batu granit besar tersusun rapi diatas pasir putih yang dikelilingi air laut nan jernih. Daya tarik tempat wisata ini tentu pemandangan batu granit yang menjadi ikon Pulau Batu Berlayar.

Di momen air laut pasang, kamu akan menemukan keunikan dari pemandangan batu-batu granit yang ada di Pulau Berlayar. Seluruh permukaan pulau tersebut akan digenangi oleh air laut di saat air laut pasang yang menyebabkan batu-batu granit tersebut terlihat seperti sedang berlayar.

via khairulleon.com

Jadi, memang ada baiknya untuk menikmati pemandangan yang eksotis dari Pulau Batu Berlayar, kamu harus menunggu air laut untuk surut terlebih dahulu hingga akhirnya kamu bisa singgah, berjalan-jalan santai hingga menaiki beberapa bebatuan granit selama di sini.

Tak hanya soal pemandangan bebatuan granit saja yang menjadi daya tarik tempat wisata Belitung ini, ada juga deburan ombak yang berpadu padan dengan cantik bersama cuaca tropis khas Belitung. Tak ketinggalan ada juga pasir putih yang lembut siap mempermudahmu dalam berjalan-jalan saat menikmati pemandangan alamnya yang memanggil.

via flickr.com

Aktivitas Selama di Pulau Batu Berlayar

Dengan daya tarik bebatuan granitnya, tentu salah satu aktivitas yang menjadi favorit bagi para wisatawan yang datang adalah memotret pemandangan yang memanjakan mata. Apalagi, latar belakang bebatuan granit yang seperti latar di film-film pantai menjadikannya cocok untuk diabadikan melalui smartphonemu.

Jika kamu sudah puas dengan berfoto-foto dengan latar belakang pemandangan bebatuan granit, kamu bisa berjalan-jalan di pesisir pantainya. Air lautnya yang jernih ditambah dengan dasar laut yang tidak terlalu dalam, kamu bisa melihat secara langsung ikan-ikan kecil yang menjadi penunggu pulau ini.

via khairulleon.com

Atau jika kamu memang ingin, kamu bisa snorkeling di beberapa spot yang ada di sini. Selama snorkeling, kamu bisa melihat aneka biota laut seperti terumbu karang dan berbagai jenis ikan yang berada di air laut yang masih terjaga keasriannya.

Terakhir, jika kamu merasa bosan berada di Pulau Batu Berlayar, kamu pun bisa main ke pulau-pulau yang tidak jauh dari tempat wisata Belitung ini. Pulau-pulau seperti Pulau Pasir, Pulau Lengkuas, dan Pulau Babi bisa kamu eksplorasi setelah puas menikmati indahnya pemandangan di Pulau Batu Berlayar.

pemandangan pulau batu
via pegipegi.com

Biaya untuk bisa ke Pulau Batu Berlayar

Untuk biaya yang harus kamu keluarkan sendiri bervariasi, bergantung dari mana kamu berasal dan seberapa lama kamu akan tinggal di Belitung. Perahu nelayannya sendiri bisa disewa dengan kisaran harga 500 ribu ke atas dan sewa perahu ini bisa dibagi dengan wisatawan lainnya yang ingin pergi ke Pulau Batu Berlayar.

Nah, bila kamu dari luar Belitung, kisaran harga untuk PP pesawat adalah 1 juta rupiah dari Bandara Soekarno Hatta. Tiket pesawat ini bisa kamu dapatkan dengan murah di beberapa momen tertentu seperti saat diskon atau dipesan jauh-jauh hari.

Tambahannya sendiri di antaranya adalah sewa motor per harinya 70 ribu atau sewa mobil per harinya 250 ribuan. Sedangkan untuk penginapan, bagi kamu yang ingin hemat, beberapa penginapan bisa kamu inapi dengan harga yang relatif murah yaitu 250 ribu per harinya.

via singkatcerita.com

Menginap dengan Seru Hanya di Bobobox

Tak puas rasanya jika liburan ke destinasi wisata yang kamu tuju tanpa menginap di akomodasi penginapan. Pasalnya, jika hanya 1 hari saja di destinasi wisatanya, bisa jadi kamu belum terlalu puas dalam menikmati masa-masa liburan yang tentu sangat untuk dilewatkan begitu saja.

Salah satu akomodasi penginapan yang Bob rekomendasikan adalah Bobobox. Bobobox sendiri merupakan hotel kapsul yang mengusung konsep futuristik. Jadi jangan heran jika kamu akan dimanjakan dengan fasilitas-fasilitas keren selama kamu menginap di hotel bermaskot Koala ini.

Fasilitas-fasilitas keren seperti lampu led, pengeras suara Bluetooth, QR Code, loker, pantri, musala, hingga toilet bisa kamu manfaatkan. Soal kebersihan, tenang saja karena pihak hotel sendiri selalu mengedepankan kepuasan para pelanggan yang datang.

Soal harga, dengan ditunjang fasilitas-fasilitas keren ini tentu kamu berpikir bahwa kamu harus merogoh kocek dalam-dalam untuk bisa menginap semalam di Bobobox. Padahal, harga inapnya sendiri terbilang terjangkau dan akan sangat cocok bagi kamu yang sedang traveling hemat.

Ingin memesan kamar kapsulnya? Cukup unduh aplikasi Bobobox secara gratis di sini dan kamu sudah bisa memesan kamar kapsul yang kamu inginkan di mana pun dan kapan pun kamu inginkan.

kamar bobobox

You might also like