Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Pemberani dan Cerdik, Ini Dia Kisah Pelaut Legendaris Dunia!

Ini dia beberapa pelaut legendaris yang berpengaruh di dunia.

Kisah pelaut legendaris berikut ini menguak berbagai sudut dunia yang pasa zaman dahulu masih tersembunyi. Lewat para pelaut ini, kita jadi mengenal berbagai rute atau jalur perdagangan kuno. Siapa sajakah para pelaut hebat yang memberikan kontribusi luar biasa bagi dunia? Berikut adalah informasinya!

1. Kisah Pelaut Legendaris Dunia: John Cabot (1450-1500)

Kisah pelaut legendaris yang pertama adalah John Cabot. Cabot merupakan seorang penjelajah maritim yang lahir pada tahun 1450 di Italia dan dikenal dengan penjelajahannya ke bagian pesisir Amerika Utara. Penjelajahan Cabot ini berlangsung pada periode waktu yang sama dengan Christopher Columbus. Kemudian pada tahun 1497, Cabot sempat bertandang di Irlandia, Atlantik, lalu kembali ke Bristol di Inggris.

Sampai saat ini kematiannya masih dianggap sebagai misteri dan kontradiktif. Hal ini dikarenakan catatan sejarah yang tersisa sampai saat ini pun minim mengabadikan perjalanannya. Walaupun begitu, nama Cabot abadi hingga saat ini atas jasa-jasanya menjelajah. Nama Cabot sampai saat ini dapat dengan mudah ditemukan menjadi nama sekolah, jalanan, alun-alun, menara dan sebagainya baik itu di Italia, Inggris, dan Kanada untuk menghormati jasa-jasanya.

2. Kisah Pelaut Legendaris Dunia: Roald Amundsen (1872-1928)

Kisah selanjutnya berasal dari Roal Amundsen yang dikenal sebagai orang pertama yang disebut sukses mencapai Kutub Selatan dan Kutub Utara. Amundsen melakukan ekspedisi pertamanya melalui Northwest Passage di wilayah Arktik. Ia lahir di Norwegia pada tahun 1872 dan sejak awal memang memiliki obsesi untuk menjelajahi tempat-tempat dengan kondisi yang ekstrem.

Atas obeseinya tersebut ia berhasil menunjukkan kepada dunia tentang bagaimana kerasnya kehidupan di daerah kutub. Pada tahun 1921 sayangnya Amundsen dilaporkan hilang saat sedang melakukan misi penyelamatan dan ada banyak kecurigaan bahwa dia terbunuh karena kecelakaan kapal.

3. Kisah Pelaut Legendaris Dunia: Kapten James Cook (1728-1779)

Kisah Pelaut Legendaris Dunia
@Liputan6.com

Orang berpengaruh dalam sejarah penjelajahan laut lainnya adalah James Cook. Cook merupakan pelaut asal Eropa pertama yang menemukan Hawaii. Cook lahir pada tahun 1728 di Yorkshire, Inggris, dan merupakan seorang kapten Royal Navy dan dikenal sukses menjelajahi pantai timur Australia.

Sesampainya di Selandia Baru, Cook kemudian melanjutkan perjalanan ke Antartika Circle untuk akhirnya mencapai zona beku di Kanada Barat dan Alaska. Pada tahun 1779 sayangnya Cook terbunuh oleh suku-suku Hawaii saat mencoba menyerang kepulauan dan mengambil alih sandera raja Hawaii.

4. Kisah Pelaut Legendaris Dunia: Xuan Zang (602-664)

Tak hanya pelaut berkebangsaan Barat, salah satu pelaut legendaris juga berasal dari benua Asia. Ia adaah Xuan Zang yang merupakan seorang biksu Buddha Cina yang lahir pada tahun 602. Dalam perjalanan memperdalam pengetahuan tentang Buddhisme, Zang melakukan perjalanan hampir ke semua tempat di China sejak tahap awal kehidupannya. Pada tahun 627, ia kemudian melakukan perjalanan dari Gansu dan akhirnya sampai di India.

Baca Juga: Sambut Hari Laut Sedunia dengan Fakta Seputar Laut Berikut!

5. Kisah Pelaut Legendaris Dunia: Amerigo Vespucci (1454-1512)

Namanya terdengar familiar? Faktanya pemberian nama negara ‘Amerika’ diambil dari salah satu penjelajah terbesar sepanjang masa bernama Amerigo Vespucci. Berdasarkan catatan sejarah, Vespucci yang berasal dari Italia itu dikatakan melakukan sebanyak empat pelayaran dan yang terakhir diduga dilakukan pada tahun 1503. Selain Amerika, Brasil dan Hindia Barat yang mewakili sebagai bagian dari wilayah Asia adalah beberapa kiprahnya saat menjelajahi dunia.

6. Kisah Pelaut Legendaris Dunia: Vasco da Gama (1469-1524)

Kisah Pelaut Legendaris Dunia
@Kompasiana.com

Vasco da Gama adalah seorang penjelajah Portugis yang lahir tahun 1469 dan berperan penting dalam membangun perdagangan laut antara Portugal dan India. Dalam pelayaran pertamanya, Vasco da Gama meninggalkan Portugal pada 1487 dan mengunjungi India pada tahun 1498. Di India ia menghabiskan hampir satu dekade dan menjadi sosok penting yang mengenalkan bumbu lada dan kayu manis pertama kali ke Eropa.

7. Kisah Pelaut Legendaris Dunia: Marco Polo (1254-1324)

Siapa tidak tahu Marco Polo? Namanya dikenal menjadi sebagai seorang pelaut legendaris yang bermula sebagai seorang pedagang dari kota Venesia. Marco Pola melalukukan empat tahun perjalanan ke Asia dan berhasil memengaruhi perdagangan besar di Eropa dan India Timur. Selanjutnya, dia sampai di China dari Karakoram ke kota Beijing. Dia menghabiskan waktu sekitar 24 tahun di Asia dan kembali ke Venesia pada 1295.

8. Kisah Pelaut Legendaris Dunia: Ibnu Battuda (1304-1369)

Seorang pelaut legendaris asal Maroko benrma Ibnu Battuda dikenal telah melakukan perjalanan selama dunia abad pertengahan selama lebih dari 30 tahun. Battuda telah menjelajahi berbagai negara seperti Amerika Utara, Irak, Persia, Somalia dan Jazirah Arab antara tahun 1325 dan 1332. Hingga saat ini, Battuda masih mengilhami banyak umat Islam dan penulis perjalanan seluruh dunia dalam hal eksplorasi.

9. Kisah Pelaut Legendaris Dunia: Christopher Columbus (1451-1506)

Kisah Pelaut Legendaris Dunia
@Liputan6.com

Bicara tentang pelaut legendaris berikutnya ada juga Christopher Colombus yang melakukan perjalanan dengan 120 awak kapal untuk menemukan sebuah dunia baru. Ia menjelajahi Watling’s Island di Bahama yang ia namakan sebagai San Salvador, kemudian Kuba, Jamaika dan Haiti, daratan Amerika Selatan, Trinidad, Tobago dan Grenada.

10. Kisah Pelaut Legendaris Dunia: Ferdinand Magellan (1480-1521)

Pelaut legendaris yang terakhir adalah Magellan yang mengelilingi dunia dan melakukan pelayaran pertama melintasi Samudera Pasifik. Magellan lahir dari keluarga Portugis pada 1480 dan ditunjuk oleh seorang raja Spanyol untuk menemukan sebuah ronde ke kepulauan Maluku.

Baca Juga: Misterius dan Menyeramkan, Simak 10 Makhluk Mitos Laut Paling Menyeramkan Berikut Ini!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

You might also like