Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ingin Mengembangkan Skill Memasak? Pelajari Apa Itu Dutch Oven dan Kegunaaannya!

Bisa kamu gunakan di atas kompor atau di dalam oven

Selain terus mencoba resep baru, kamu juga bisa mengembangkan skill memasak kamu dengan menggunakan panci bernama Dutch oven. Dutch oven sendiri merupakan jenis panci besar dengan bobot yang cukup berat dibandingkan dengan jenis-jenis panci lainnya.

Bobot berat tersebut didapatkan dari bahan dasar pembuatan panci, yakni besi cor. Selain bobotnya yang berat, besi cor juga membuat Dutch oven sulit untuk dihancurkan dan dapat dipakai dalam jangka waktu yang lama tentu dengan perawatan yang baik. karenany, panci jenis ini terbilang cukup mahal. Satu pancinya bisa dihargai sampai jutaan rupiah.

Selain besi cor, kamu juga dapat menjumpai Dutch oven berbahan keramik, aluminium, stainless steel, dan juga terakota. Bahan-bahan tersebut bisa dijadikan alternatif jika kamu takut akan bobot besi cor yang terlalu berat. Hanya saja untuk hasil masakan yang maksimal, besi cor adalah yang terbaik.

Penggunaan besi cor sendiri sangat ideal untuk pengaturan suhu karena besi cor termasuk ke dalam konduktor panas yang buruk sehingga membutuhkan waktu yang lama sampai menjadi panas. Namun, panas yang didapat bisa dipertahankan dalam waktu yang lama meski dengan api kecil. Sementara itu, aluminium dan stainless steel biasanya akan cepat memanas.

Lebih lanjut, Dutch oven memiliki dinding tebal, dua gagang panci kuat yang menghadap ke luar, dan tutup yang rapat dengan pegangan di atasnya seperti kenop pintu. Dinding yang tebal tersebut memungkinkan panci untuk memanaskan makanan dengan suhu yang konsisten dari segala arah. Tutupnya yang rapat juga dapat mencegah uap dan air ke luar.

Maka dari itu, panci ini sangat pas jika digunakan untuk memasak daging. Saat kamu memasak daging, kamu hanya memerlukan sedikit energi untuk mempertahankan panas dalam panci. Dengan kata lain, meskipun menggunakan api kecil atau bahkan apinya padam, proses memasak masih terus berlanjut hingga panasnya hilang. Selain itu, uap juga tetap bertahan di dalam panci sehingga daging yang kamu masak akan lembut dan lembap.

Kegunaan Dutch Oven

via dutchovenscookware.com

Dutch Oven adalah panci serbaguna yang bisa digunakan baik di atas kompor maupun di dalam oven. Untuk penggunaan di atas kompor, Dutch oven cocok untuk braising, stewing  dan simmering. Ketiga cara memasak tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama dengan suhu yang rendah agar semua rasanya dapat menyatu. Mengingat kemampuannya dalam mempertahankan suhu yang rendah dalam waktu lama, panci ini sangat cocok untuk ketiga hal tersebut.

Lebih lanjut, bahan besi cor Dutch oven juga bisa digunakan untuk memasak dengan teknik searing (membakar dengan sedikit minyak dengan api kecil). Dalam hal ini, kamu bisa memanaskan daging sampai kecoklatan dalam Dutch oven sebelum kamu lanjut dengan braising.

Merebus juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan panci ini mengingat ukurannya yang cukup besar. Kamu bisa merebus pasta dan ayam atau membuat nasi. Selain itu, karena kemampuannya dalam menahan panas yang cukup tinggi, panci ini juga bisa kamu fungsikan untuk menggoreng lho.

via sandraseasycooking.com

Selanjutnya, Dutch oven juga bisa kamu gunakan untuk memasak di dalam oven. Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah roasting. Kemampuannya mempertahankan panas dipadukan dengan tutupnya yang sangat rapat akan membantu kamu menghasilkan daging dan sayuran yang terpanggang sempurna dan tetap juicy.

Selain itu, kamu juga bisa memanggang (bake) roti atau makanan lainnya yang perlu dipanggan dengan oven. Panas yang dihasilkan dari panci tersebut bertindak seperti perapian batu pada oven untuk roti atau pizza.

Kalau sudah lelah memasak, kini saatnya kamu beristirahat dengan nyaman. Ingin suasana baru? Yuk ke Bobobox.

Hotel kapsul berlogo koala ini menawarkan akomodasi dengan berbagai fasilitas menarik. Salah satunya adalah fitur moodlamp yang memungkinkan kamu untuk mengganti warna cahaya lampu di dalam kamar.

Pengaturannya dapat dilakukan lewat aplikasi Bobobox di ponsel kamu atau panel yang tersedia di dekat jendela kamar. Tersedia sekitar 16 warna yang bisa kamu pilih sesuai mood kamu. selain bisa kamu jadikan latar berfoto yang Instragammable, fitur ini juga dapat membantu kualitas tidur kamu tentu dengan pilihan warna yang tepat.

Yuk tunggu apa lagi? Segera unduh aplikasinya di PlayStore atau App Store sekarang juga.

You might also like