Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Sulit Dapatkan Pekerjaan? Mungkin Kamu Harus Mempertimbangkan 10 Pekerjaan yang Paling Dicari 2021 Oleh Perusahaan Berikut Ini

Ada yang menarik perhatianmu?

Bobobox.co.id — Pandemi virus corona yang belum berhenti berdampak begitu besar pada berbagai sektor. Salah satunya adalah banyaknya orang yang harus kehilangan pekerjaan.

Fakta tersebut membuat setiap lowongan pekerjaan kini dilamar oleh dua atau tiga kali lipat pelamar dibanding sebelum pandemi. Hal tersebut menjadikan tak sedikit orang kesulitan mendapatkan pekerjaan.

Teknologi yang semakin canggih ini sendiri bisa menjadi celah yang bisa dimanfaatkan. Pasalnya, kini, banyak pekerjaan yang begitu diminati oleh perusahaan karena efek percepatan revolusi industri ini.

Nah, dilansir JobStreet, ada 10 pekerjaan yang paling dicari 2021 oleh perusahaan. Mungkin saja, kamu yang sedang kesulitan mendapatkan pekerjaan bisa mempertimbangkan pekerjaan yang ada di daftar ini.

Berikut Pekerjaan yang Paling Dicari 2021

1. Copywriter dan Content Writer

Pekerjaan yang paling dicari 2021 pertama adalah copywriter dan content writer. Kedua pekerjaan tersebut menjadi profesi yang paling banyak dicari dan bakal jadi kesempatan emas untuk dicoba.

Walaupun, secara dasar, keduanya membutuhkan kemampuan menulis, ada perbedaan yang mesti kamu ketahui. Hal ini agar kamu tahu mana dari kedua pekerjaan tersebut yang sesuai dengan keinginanmu.

Copywriter menulis copy yang bertujuan untuk mempersuasi audiens dalam keperluan iklan maupun keperluan publikasi dari sebuah perusahaan. Sedangkan, content writer sendiri menulis tulisan dalam bentuk artikel untuk mengedukasi sekaligus menghibur.

Content writer pekerjaan yang paling dicari 2021
Content writer via unsplash.com/@kaitlynbaker

2. Web Developer

Pekerjaan yang paling dicari 2021 oleh banyak perusahaan adalah web developer. Hal ini tentu tak mengherankan mengingat merambahnya hampir semua perusahaan ke ranah digital.

Untuk itu, situs perusahaan menjadi suatu elemen penting yang wajib dimiliki. Dengan demikian, profesi seperti web developer pun sangat dibutuhkan guna membangun wajah bisnis perusahaan.

Web developer nantinya akan bertugas untuk membuat sebuah situs. Bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, Javascript menjadi skill yang wajib dikuasai jika kamu ingin mencoba karier ini.

Web developer pekerjaan yang paling dicari 2021
Web developer via unsplash.com/@emilep

3. UI/UX Designer

Perkembangan zaman membuat kebutuhan akan aplikasi ataupun situs tak terbantahkan lagi. Oleh karenanya, UI/UX designer menjadi salah satu pekerjaan yang paling dicari 2021 oleh perusahaan.

Kedua pekerjaan ini kerap kali dikaitkan walaupun dua bidang yang digeluti keduanya relatif berbeda. Pasalnya, User Experience (UX) dan Interface Experience adalah dua hal yang saling melengkapi.

Nantinya, UI designer akan bertugas untuk membuat interface yang nyaman digunakan oleh pengguna. Sedangkan, UX designer, mereka akan bertugas merancang pengalaman user saat menggunakan aplikasi atau situs.

UI/UX Designer pekerjaan yang paling dicari 2021
UI/UX Designer via pexels.com/@fabianwiktor

Baca Juga: Empat Hari Kerja Bikin Produktivitas Meningkat? Ini Alasannya


4. UX Writer

Masih berkaitan dengan UI/UX, UX writer merupakan pekerjaan yang paling dicari 2021 lainnya. Peran dari UX ini pun tak kalah pentingnya dengan UI/UX designer untuk keberlangsungan suatu bisnis.

Tanggung jawab dari UX writer adalah menuliskan kata-kata yang nantinya akan dilihat oleh pengguna dari tampilan muka aplikasi atau situs. Hal ini membuat tugas seorang UX writer tidaklah mudah.

Kamu yang berminat untuk mencoba karier ini dituntut untuk memilih diksi yang tepat. Tugas berat menanti di mana diksi yang dipilih harus dapat membangun komunikasi kuat dengan pengguna.

UX writer pekerjaan yang paling dicari 2021
UX writer via pexels.com/@picjumbo-com-55570

5. UX Researcher

Nah, pekerjaan baik dari UI/UX designer serta UX writer bergantung dengan pekerjaan yang paling dicari 2021. Pasalnya, orang inilah yang bertanggung jawab dalam melakukan segala riset terkait.

Seperti yang disebutkan, UX researcher nantinya akan mengumpulkan informasi dari para pengguna. Mereka akan melakukan pengumpulan informasi tersebut dengan metode kualitatif dan kuantitatif.

UX researcher akan mencari seluk beluk dari target pengguna perusahaan di mana mereka bekerja. Mereka akan bekerja sama dengan product manager, engineer, dan desainer untuk menciptakan produk.

UX Researcher pekerjaan yang paling dicari 2021
UX Researcher via unsplash.com/@uxindo

6. Digital Marketing

Meningkatnya penggunaan teknologi berdampak pada cara pemasaran produk. Pada momen ini, seorang digital marketing atau pemasaran digital menjadi pekerjaan yang paling dicari 2021.

Peran penting diemban oleh seorang digital marketing. Dengan adanya digital marketing, pemasaran sebuah produk pun akan semakin luas karena jangkauan internet yang menjangkau banyak kalangan.

Perusahaan pun mendapatkan keuntungan dari digital marketing. Kemudahan dalam menjangkau target pasar serta biaya yang lebih kecil adalah dua kelebihan yang dimiliki digital marketing.

Digital marketing pekerjaan yang paling dicari 2021
Digital marketing via pexels.com/@punchbrandstock

Baca Juga: Ikuti Tips Work Life Balance Berikut Ini Agar Hidupmu Lebih Seimbang!


7. SEO Specialist

Mesin pencarian menjadi salah satu tool yang wajib dimaksimalkan oleh perusahaan. Lewat mesin pencarian, sebuah perusahaan bisa menjadi rujukan jika memiliki rangking pencarian yang baik.

Di sinilah kerja SEO specialist. Pekerjaan yang paling dicari 2021 ini akan bertugas mengoptimalkan mesin pencarian. Hal tersebut demi meningkatkan traffic website serta ranking pencarian perusahaan.

Bagi yang tertarik, ada pengetahuan yang wajib dipelajari. Mulai dari SEO copywriting, desain layout, teknik iklan, serta pemahaman terkait search engine marketing adalah pengetahuan penting seorang SEO specialist.

SEO specialist pekerjaan yang paling dicari 2021
SEO specialist via unsplash.com/@mjessier

8. Social Media Strategist

Media sosial merupakan satu hal yang sulit dilepaskan. Hampir semua orang setidaknya memiliki satu akun pada media sosial populer macam Twitter, Facebook, ataupun Instagram.

Nah, darit tiap media sosial, berbeda pula pasar atau segmen yang ada pada platform tersebut. Peran dalam penyesuaian konten sebuah perusahaan inilah yang menjadi tanggung jawab social media specialist.

Social media specialist nantinya tak hanya bertugas untuk meningkatkan brand awareness saja. Tugas dari profesi ini akan bertujuan untuk memperkuat usaha marketing dan mendorong angka penjualan.

Social media strategist pekerjaan yang paling dicari 2021
Social media strategist via pexels.com/@kaboompics

9. Data Scientist

Era digital seperti sekarang ini menjadikan data scientist sebagai salah satu pekerjaan yang paling dicari 2021. Pasalnya, data digital dalam jumlah besar atau big data yang harus diolah.

Data scientist bisa dibilang menjadi orang dibalik kendali teknologi pengolahan data. Tugas yang diemban oleh data scientist adalah menganalisis hingga mendapatkan insight pengembangan bisnis.

Oleh karena itu pula, kemampuan analisis menjadi hal penting yang wajib dimiliki oleh seorang data scientist. Di samping itu, metode statistik akan menjadi ‘teman’ sehari-hari jika kamu menggeluti profesi ini.

Data scientist pekerjaan yang paling dicari 2021
Data scientist via unsplash.com/@campaign_creators

Baca Juga: Tips Memperkenalkan Diri Yang Baik Saat Wawancara Kerja


10. Information Security

Pekerjaan yang paling dicari 2021 oleh perusahaan terakhir adalah cyber security. Profesi ini pun disinyalir tak hanya begitu demanding tahun 2021 saja tetapi juga di masa yang akan datang.

Seperti namanya, tugas utama dari cyber security adalah menjaga keamanan data atau informasi penting dan rahasia perusahaan. Hal ini agar terhindarkan dari pihak tak bertanggung jawab.

Untuk itu information security atau infosec begitu dibutuhkan. Untuk menjadi seorang cyber security, kamu wajib terampil dalam pemrograman, memitigasi risiko, analisis malware, enkripsi data, dan cloud security.

Information security pekerjaan yang paling dicari 2021
Information security via pexels.com/@pixabay

Pusing dengan Kerjaan Menumpuk? Lepaskan Penat di Bobocabin, yuk!

Rasa penat dan pusing tujuh keliling kerap kali dirasakan saat mengerjakan tugas pekerjaan yang menumpuk. Saat weekend datang, melepas penat wajib dilakukan untuk merefresh kembali pikiran.

Menginap di Bobocabin adalah salah satu caranya. Dengan lokasi yang dekat alam, kepenatan yang kamu rasakan dijamin hilang dan kamu pun bakal kembali bersemangat menyambut hari Senin.

Untuk pemesanan, unduh aplikasi Bobobox lewat link ini, ya!

You might also like