Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Pekerjaan Sampingan yang Bisa Dilakukan selama WFH

Ada yang cocok untuk menjadi pekerjaan sampinganmu?

Bobobox.co.id — Saat melakukan work from home (wfh), mungkin kamu pernah berpikir untuk melakukan pekerjaan sampingan secara bersamaan. Hal tersebut tentunya cukup untuk menambah penghasilan setiap bulannya.

Namun, dengan adanya physical distancing yang sedang diterapkan, maka kamu pun dituntut untuk mencari pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan dari rumah. Apalagi kamu pun memang sedang melakukan WFH.

Satu hal penting yang perlu kamu ingat sebelum mengambil pekerjaan sampingan adalah manajemen waktu yang benar-benar harus kamu atur sedemikian rupa. Jangan sampai pekerjaan sampingan justru menghambat pekerjaan utamamu.

Di sini, Bob sudah merangkum 10 pekerjaan sampingan yang bisa kamu pertimbangkan untuk diambil selama masa work from home berlangsung saat ini. Beberapa di antaranya mungkin cocok untuk kamu lamar pekerjaannya.

Tutor Online

Pekerjaan sampingan pertama yang bisa dilakukan selama WFH adalah menjadi tutor online. Dengan hampir semua sekolah menginstruksikan untuk belajar di rumah, tentu pekerjaan ini pantas untuk kamu coba.

Biasanya, pelajaran di sekolah seperti bahasa Inggris, matematika, IPA, IPS, dan bahasa Indonesia menjadi pelajaran yang sering dicari tutor pelajaran tersebut. Hal ini tentunya menjadi peluang untuk kamu ambil.

Bagi kamu yang tidak terlalu mendalami pelajaran di sekolah, jangan patah arang. Pasalnya, kamu pun bisa menjadi tutor alat instrumen musik seperti gitar dan piano. Selain menambah pundi-pundi sehari-hari, kamu pun bisa menambah pengalaman dari tutor ini.

pekerjaan samping tutor online

Jual Barang Online

Pekerjaan sampingan yang satu ini mungkin sudah banyak melakukannya sekarang ini. Yap, apalagi kalau bukan menjual barang online. Menjual barang online ini tidak melulu harus dilakukan di e-commerce yang tersedia lho.

Sekarang ini, kamu bisa memanfaatkan aplikasi seperti WhatsApp untuk menyebarluaskan barang atau dagangan yang sedang kamu jual di rumah. Barang yang dijual bisa bermacam-macam.

Dengan mulai diterapkannya Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB), menjual kebutuhan sehari-hari seperti sayuran, buah-buahan, dan daging-dagingan menjadi barang yang mungkin pas untuk langkah pertama jualan online.

Dropshipper

Jika sebelumnya sudah ada berjualan online yang bisa dijadikan pekerjaan sampingan selama WFH, pekerjaan sampingan satu ini cukup mirip dengan berjualan online namun cukup berbeda pada praktiknya.

Pekerjaan yang dimaksud adalah menjadi dropshipper. Nah, sekarang ini pekerjaan sampingan tersebut memang sedang mendapat popularitasnya. Pasalnya, pekerjaan ini tidak perlu mengeluarkan modal.

Berbeda dengan berjualan online yang harus mengeluarkan modal terlebih dahulu untuk membuat barang dagangannya, saat menjadi dropshipper, kamu hanya perlu meminta distributor untuk mengirimkan barang yang diiklan ke pembeli.

via daya.id

Content Creator

Semakin majunya dunia digital menjadikan semakin banyak pula pekerjaan yang dulunya tidak justru muncul karena tuntutan zaman. Salah satu pekerjaan yang dimaksud adalah menjadi seorang content creator.

Hampir semua media sosial seperti YouTube, Instagram, dan lainnya menjadi ladang yang bisa dimaksimalkan oleh content creator. Sesuai namanya, content creator membuat konten menarik untuk dilihat orang banyak.

Berbagai macam genre content sudah bisa dengan mudah ditemui semisal tutorial make up, resep masak, dan gaming. Jika kamu memang punya ide-ide segar, pekerjaan sampingan ini bisa menghasilkan uang setiap harinya.

Desainer Grafis

Zaman sekarang, desain grafis menjadi salah satu hal yang cukup banyak dicari. Mulai dari toko online, perusahaan kecil, hingga perusahaan membutuhkan desain grafis guna mempromosikan barang atau jasa yang mereka punya.

Jika kamu mau memiliki keahlian dalam bidang desain grafis, mungkin pekerjaan sampingan ini bisa menambah penghasilanmu selama work from home. Tinggal duduk di depan laptop atau PC, kamu sudah bisa mengerjakan orderan desain grafis.

Kamu bisa menerima order tersebut melalui media sosial atau jika kamu mau, kamu bisa mempromosikannya di akun-akun promosi yang ada di Instagram ataupun Twitter.

Menjual Stok Foto

Senang fotografi dan mempunyai banyak koleksi foto-foto yang estetik di laptop atau smartphonemu? Bagaimana jika hasil foto-foto tersebut kamu jual? Nyatanya, sekarang ini, banyak lho yang membutuhkan foto-foto seperti itu.

Situs-situs stock foto seperti Shutterstocl, Flickr, Unsplash, Pixabay, Pexels, dan lainnya siap membeli hasil fotomu jika hasil foto-fotomu tersebut layak dan sesuai dengan kriteria yang situs tersebut tetapkan.

Selain bisa menghasilkan uang, hasil foto yang kamu jual di situs-situs tersebut pun bisa kamu jadikan sebagai tambahan portfolio pekerjaanmu. Sehingga, jika suatu dibutuhkan untuk melamar kerja, kamu bisa menggunakan foto tersebut sebagai bukti.

Penulis Konten

Pekerjaan sampingan selanjutnya yang bisa dilakukan selama WFH adalah menjadi penulis konten atau content writer. Jika kamu termasuk orang yang suka menulis dan sering mencurahkan tulisanmu di blog pribadi, ini waktu yang tepat untuk mendapatkan uang dari hobimu tersebut.

Banyak perusahaan yang membutuhkan penulis konten untuk keperluan situs yang mereka kelola. Sehingga, informasi lowongan pekerja lepas untuk penulis konten seringkali bermunculan di internet.

Saat menjadi seorang penulis konten lepas, kamu bisa mengerjakan tema yang diminta oleh perusahaan tersebut di rumah. Hal terpenting yang harus diperhatikan adalah detil dan deadline yang sudah ditentukan.

Editor Lepas

Masih berkaitan erat dengan bidang tulis menulis. Pekerjaan sampingan berikutnya adalah dengan menjadi editor lepas. Setelah sebelumnya sempat disinggung soal menjadi penulis, nah editor lepas ini bisa menjadi pilihan lain di bidang ini.

Salah satu hal yang harus kamu kuasai adalah cermat dan teliti. Pasalnya, seorang editor dituntut untuk melihat secara jeli apa saja yang dianggap kurang dari sebuah tulisan. Sehingga, kedua hal yang Bob sebutkan wajib kamu kuasai.

Beberapa jenis orderan yang biasa didapat oleh seorang editor lepas adalah cerpen, novel, hingga buku pelajaran. Jika orderan atau proyek yang didapat berbahasa Indonesia, sering-seringlah mengecek situs kbbi daring.

Penerjemah

Fasih berbahasa asing seperti bahasa Inggris, bahasa Jerman, dan lainnya? Jangan sia-siakan kemampuanmu dalam bahasa asing tersebut. Kamu bisa mendapatkan pekerjaan sampingan dari bahasa asing tersebut.

Caranya adalah dengan menjadi seorang penerjemah lepas. Dengan koneksi internet, rasanya kamu bisa mencari proyek dari berbagai situs freelancer yang ada di internet.

Jika kamu sudah memiliki rekam jejak yang lumayan banyak, kemungkinanmu untuk mendapatkan pekerjaan sampingan ini akan jauh lebih besar. Kamu hanya perlu mengirimkan hasil terjemahanmu ke situs penyedia jasa freelancer.

Pengembang Web

Pekerjaan sampingan terakhir yang bisa dilakukan selama WFH adalah menjadi pengembang web atau web developer. Dengan semakin banyaknya orang atau lembaga yang mempunyai situs pribadi, proyek untuk pekerjaan ini pun menjadi semakin banyak.

Situs-situs tersebut tentunya membutuhkan perawatan dan pengaturan layaknya sebuah rumah. Untuk itu, kamu yang paham soal bahasa pemrograman, inilah saat yang tepat untuk mendapatkan pundi-pundi dari keahlianmu tersebut.

Jika kamu belum terlalu paham soal bahasa pemrograman, ada beberapa tempat kursus online yang menyediakan course mengenai bahasa pemrograman ini. Asal ada kemauan pasti ada jalan.

Menginap dengan Nyaman Sambil Mengerjakan Pekerjaan Sampingan? Ya di Bobobox

Mencari tempat yang nyaman untuk mengerjakan pekerjaan sampingan selain rumah? Jika iya, kamu tinggal datang saja ke Bobobox. Hotel kapsul ini menyediakan fasilitas seperti koneksi WiFi yang bisa diandalkan untuk bekerja.

Pemesanan dan informasi lebih lanjut soal podnya, bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa kamu unduh di sini.

business traveler bobobox

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.