Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Sudah Beroperasi Ratusan Tahun, Inilah 10 Pasar Tertua di Dunia

Ada yang jadi ikon sebuah negara!

Bobobox.co.id — Perkembangan zaman yang semakin maju terjadi berbagai sektor termasuk pasar. Walaupun begitu, pasar-pasar yang bisa dibilang pasar tertua di duniapun masih tetap eksis hingga saat ini.

Tak hilangnya ciri khas menjadikan pasar tersebut masih beroperasi bahkan ada beberapa yang menjadi ikon dari sebuah kota hingga negara. Hal ini tentu menjadikan pasar tersebut jadi destinasi wisatawan asing.

Kira-kira pasar mana saja yang masuk ke dalam daftar pasar tertua di dunia? Berikut adalah kesepuluh pasar yang Bob maksud.

Berikut adalah Pasar Tertua di Dunia

1. Grand Bazaar, Turki

Pasar tertua di dunia pertama adalah Grand Bazaar. Berlokasi di Istanbul, Grand Bazaar merupakan pasar tertua paling terkenal di dunia di mana mulai pembangunan pada tahun 1455 dan selesai pada tahun 1461.

Dengan status tersebut, tak heran jika pasar tertua ini sudah menjadi bagian sejarah dan ikon Turki. Hal tersebut semakin diperkuat dengan segala aktivitas masyarakat Istanbul yang melekat dengan Grand Bazaar.

Saat ini, Grand Bazaar menempati 64 jalan utama dengan lebih dari 4.000 toko menjajakan dagangan mereka. Ribuan toko tersebut menjual berbagai barang seperti perhiasan, karpet, dan tentunya oleh-oleh khas Turki.

Grand Bazaar, Istanbul pasar tertua di dunia
Grand Bazaar, Istanbul via istanbulphotos/Shutterstock

2. Nishiki, Jepang

Pasar tertua di dunia berikut adalah Nishiki Market. Untuk pasar satu ini, ada yang menyebut bahwa pasar yang dikenal sebagai Kyo No Daidokoro ini justru lebih tua jika harus dibandingkan dengan Grand Bazaar, Turki.

Pada awalnya, Nishiki adalah sebuah distrik grosir ikan yang dibuka pada tahun 1310. Setelah berbagai toko yang lebih besar pindah, area tersebut akhirnya berubah dari yang awalnya pasar grosir menjadi eceran.

Untuk saat ini, pasar dengan luas ini menawarkan berbagai bahan alat untuk masak, alat makan, hingga sediakan gerai makanan. Tak aneh juga jika pasar ini pun jadi tempat yang wajib dikunjungi saat singgah di Kyoto.

Nishiki, Kyoto pasar tertua di dunia
Nishiki, Kyoto via Tom Bricker/travelcaffeine.com

3. La Boqueria, Spanyol

Sama seperti halnya Nishiki Market, La Boqueria pun memiliki sejarah yang sebenarnya lebih awal dibanding Grand Bazaar. Salah satu buktinya adalah catatan sejarah di mana nama La Boqueria ada sejak 1217.

Pada saat itu, pasar ini masih berbentuk meja dengan barang dagangan berupa daging. Barulah pada tahun 1835, diadakan konvensi yang memutuskan untuk membangun bangunan resmi La Boqueria.

Akhirnya, pada tahun 1840, pasar tertua di dunia ini mulai beroperasi. Pada tahun 1914, atap metal pun dibangun yang terlihat hingga kini. Pasar ini pun kerap menggelar tur wisata kuliner yang cocok untuk wisatawan.

La Boqueria, Barcelona pasar tertua di dunia
La Boqueria, Barcelona via Frank/locationscout.net

Baca Juga: Menjadi Saksi Bisu Sejarah, Inilah 8 Bandara Tertua Di Dunia Yang Masih Beroperasi Hingga Kini


4. Easton Farmers’ Market, Amerika Serikat

Pindah ke Easton, Pennsylvania, kamu bakal menemukan pasar tertua di dunia lainnya. Pasar tersebut adalah Easton Farmers’ Market yang sudah berdiri sejak 1752 dan dijuluki sebagai pasar yang ‘tak pernah tidur’.

Julukan tersebut bukannya tanpa alasan yang jelas. Julukan tersebut diberikan kepada pasar ini karena Easton Farmers’ Market ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan seperti tak pernah sepi oleh pengunjung yang datang.

Kebanyakan para pedagang menjual berbagai macam sayuran dan buah-buahan yang ditanam langsung oleh petani lokal. Hal ini pula yang menjadikan produknya masih segar serta harga yang cukup murah.

Easton Farmers' Market, Easton pasar tertua di dunia
Easton Farmers’ Market, Easton via rfohl.com

5. Borough Market, Inggris

Borough Market di London merupakan pasar tertua di dunia lainnya. Pasar ini pertama kali beroperasi tak terlampau jauh dari Easton Farmers’ Market. Borough Market dibangun pertama kali tiga tahun berselang.

Lokasi ini sejak dahulu sudah dikenal sebagai salah satu pasar yang menjual produk-produk segar. Produk yang dijual masih tetap segar karena produknya memang dijual langsung oleh para petani setempat.

Dalam sejarahnya, pasar yang beroperasi selama tujuh jam ini sempat berhenti beroperasi akibat kebakaran. Kini, kamu sudah bisa menikmati momen berbelanja bahan-bahan pokok dengan nyaman di sini.

Borough Market, London pasar tertua di dunia
Borough Market, London via cktravels.com

6. St. Lawrence Market, Kanada

Toronto merupakan kota terbesar di Kanada sekaligus ibu kota Provinsi Ontario. Dibalik kota dengan luas 630,2 kilometer persegi ini, terdapat St. Lawrence Market, salah satu pasar tertua di dunia yang masih beroperasi.

Pasar tersebut pertama kali berdiri pada tahun 1803. St. Lawrence Market ini menjadi tempat di mana para petani menjual hasil panen mereka. Kebanyakan hasil panen tersebut adalah sayuran, buah, keju, dan daging.

Hal tersebut seudah menjadi turun temurun sejak pertama kali pasar ini dibuka. Tak hanya menjual hasil panen petani, St. Lawrence Market pun juga memasok produk impor berkualitas seperti buah-buahan tropis.

St. Lawrence Market, Toronto pasar tertua di dunia
St. Lawrence Market, Toronto via Getty

Baca Juga: Dijamin Menakjubkan, Inilah 7 Taman Nasional Terbesar Di Dunia


7. Galleria Vittorio Emanuele II, Italia

Sebagai salah satu kota terbesar di Italia, Milan memiliki keunikannya tersendiri yang mampu membuatnya berbeda. Salah satunya soal fashion yang menjadikan kota ini dijuluki sebagai kota fashion.

Julukan tersebut tercemin dari salah satu pasar tertua di dunia yakni Galleria Vittorio Emanuele II. Bangunan yang lebih mirip seperti mal dibanding pasar ini pertama kali dibangun pada tahun 1860 dengan kubah kaca transparan.

Tak pelak keindahan bisa langsug terpancar dari bangunan yang berhubungan dengan Piazza Della Scala ke Piazza Del Duomo. Pasar tertua ini bakal memanjakan kamu yang senang berbelanja pakaian brand ternama.

Galleria Vittorio Emanuele II, Milan pasar tertua di dunia
Galleria Vittorio Emanuele II, Milan via milanostyle.com

8. Campo de Fiori Market, Italia

Tak jauh dari Milan, kamu pun bisa mengunjungi pasar tertua di dunia lainnya di Italia. Campo de Fiori Market adalah pasar yang dimaksud di mana pasar ini merupakan pasar yang sangat populer di Roma.

Pada awalnya, pasar ini berada di Piazza Navona, salah satu ruang terbuka publik di Roma. Namun, pada tahun 1869, pasar tersebut akhirnya dipindahkan ke kawasan Plaza Campo de Fiori hingga saat ini.

Campo de Fiori Market ini bakal jadi tempat yang cocok untuk memeroleh produk segar dan sehat. Pasar ini pun bisa membuatmu rindu tanah air karena kegiatan tawar menawar layaknya di pasar tradisional di Indonesia.

Campo de Fiori Market, Roma pasar tertua di dunia
Campo de Fiori Market, Roma via fromhometorome.com

9. Queen Victoria Market, Australia

Pasar tertua di dunia lainnya adalah Queen Victoria Market. Pasar ini sendiri tak hanya menyandang status pasar tertua di Australia saja. Dengan luas 17 hektar, pasar ini pun menjadi pasar terbesar di negeri kangguru tersebut.

Pertama kali dibuka pada tahun 1878, Queen Victoria Market awalnya merupakan pasar buah dan sayuran. Namun, seiring berjalannya waktu dan mulai banyaknya pengunjung, suvenir khas pun dijajakan.

Dibalik statusnya sebagai pasar terbesar di Australia, tersimpan sejarah yang kontroversial. Pasalnya, setelah sempat beralih fungsi menjadi lembaga pemasyarakat wanita, pasar ini konon merupakan situs pemakaman.

Queen Victoria Market, Melbourne pasar tertua di dunia
Queen Victoria Market, Melbourne via Kyle Pasalskyj/Timeout

Baca Juga: Ini Dia Potret 7 Jembatan Terunik Di Dunia. Berani Untuk Lewat?


10. Tsukiji Outer Market, Jepang

Pasar tertua di dunia terakhir di daftar Bob kali ini adalah Tsukiji Outer Market. Pasar yang berada di Tokyo ini dikenal sebagai pasar grosir terbesar khusus berjualan berbagai jenis ikan dan hasil laut lainnya.

Pertama kali dibangun pada tahun 1935, Tsukiji Outer Market ini setiap harinya menjual lebih dari 400 jenis hidangan laut. Penjualan tersebut tak hanya datang dari lokal saja tetapi juga luar negeri.

Tak mengherankan jika para wisatawan sudah biasa datang sebelum subuh untuk melihat proses pelelangan ikan. Di samping membeli ikan, para wisatawan pun kerap mencoba sashimi yang jadi favorit di pasar ini.

Tsukiji Outer Market, Tokyo pasar tertua di dunia
Tsukiji Outer Market, Tokyo via Shutterstock/URAIWONS

Menginap dengan Aman? Ya di Bobobox!

Habis “jalan-jalan” virtual, enaknya istirahat di Bobobox! Hotel kapsul ini menawarkan fasilitas seperti QR Code yang mampu menjaga barang berhargamu dari tangan-tangan usil.

Informasi pemesanannya bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

bobobox kebayoran baru

You might also like