Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

6 Pantai Terdekat di Yogyakarta yang Sayang Untuk Dilewatkan

Kamu pasti tahu dengan pantai terakhir yang ada di daftar kali ini

Bobobox.co.id — Berbicara mengenai Yogyakarta, satu hal yang seringkali didengungkan adalah soal keistimewaan dari kota ini. Yogyakarta sendiri merupakan provinsi yang diberi status sebagai daerah istimewa juga kewenangan otonomi khusus selain Provinsi Aceh. Pemberian status daerah istimewa ini disandang oleh Yogyakarta semenjak pembentukannya secara de jure pada tahun 1950 dan sejak pengakuannya secara de facto.

Tidak hanya memiliki status khusus sebagai daerah istimewa, banyak juga tempat-tempat wisata istimewa yang ditawarkan oleh kota gudeg ini. Mulai dari Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, Jalan Malioboro, Istana Air Taman Sari, hingga Keraton Yogyakartanya sendiri. Tidak ketinggalan juga pantai-pantainya yang sayang untuk dilewatkan.

Banyaknya tempat wisata yang bisa dikunjungi tentu menarik perhatianmu untuk sekadar berlibur sesaat di kota yang terkenal akan kreasi batiknya. Nah, kalau kamu memiliki waktu yang relatif tak banyak dan berkeinginan untuk menikmati keindahan pantai terdekat yang ada di Yogyakarta. Berikut pantai terdekat dari Yogyakarta yang worth it untuk kamu kunjungi.

Pantai Indrayanti

Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, DIY

Pantai terdekat pertama yang ada pada daftar ini adalah Pantai Indrayanti. Pantai yang diberi nama lain Pantai Pulang Syawal oleh pemerintah daerah tergolong sangat bersih sehingga kamu akan jarang menemukan sampah yang dibuang sembarangan.

Di sini, kamu akan mendapati dirimu jatuh hati pada hamparan pasir putih yang memesona yang berpadu manis dengan birunya air laut yang memanggilmu dengan ombak-ombak kecilnya. Tak lupa tersedia juga gazebo di sekitar area pantai bagi kamu yang ingin beristirahat sambil merasakan hembusan angin sepoi-sepoi dengan ditemani es kelapa muda yang menyegarkan.

Kamu yang senang berfoto-foto, Pantai Indrayanti memberikanmu berbagai spot yang bisa kamu gunakan sebagai latar belakang foto yang kamu ambil. Jangan lewatkan kesempatan untuk memotret keindahan alam pantai terdekat dari Yogyakarta ini saat terbenamnya matahari. Nah, untuk tiket masuknya, kamu hanya dikenakan biaya sebesar 10 ribu rupiah per motornya.

pantai terdekat indrayanti
via cahayamalam.com

Pantai Timang

Kecamatan Tepus, Gunungkidul, DIY

Pantai terdekat dari Yogyakarta selanjutnya yang Bob rekomendasikan adalah Pantai Timang. Bagi kamu yang ingin datang ke Pantai Timang, kamu harus menyiapkan energi dan mental yang cukup. Hal ini karena akses jalan untuk sampai ke pantai ini masih relatif kurang baik seperti jalannya yang masih bebatuan dan terjal sehingga bisa jadi akan benar-benar menantang untukmu.

Setelah sampai di Pantai Timang, sebenarnya kamu sudah bisa menikmati keindahan pantainya yang eksotis. Namun, ada satu tempat yang lainnya yang menjadi primadona wisatawan yang datang ke pantai terdekat dari Yogyakarta ini. Tempat tersebut adalah Pulau Timang yang berada di seberang Pantai Timang.

Untuk sampai ke Pulau Timang, kamu harus menggunakan gondala tradisional yang terbuat dari kayu yang disewakan oleh warga sekitar. Saat menyebrang, adrenalinmu akan diuji karena pada ketinggian gondalanya sekitar 10 meter ini, deru ombak bisa jadi siap menerpamu kapan saja. Tapi tenang saja karena sesampainya di Pulau Timang, semua pengorbananmu untuk sampai di sana akan terbayarkan dengan apa yang kamu saksikan dari pulau tersebut.

via pantainesia.com

Pantai Ngrehenan

Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul, DIY

Menginginkan liburan di pantai namun dengan keadaan yang tidak terlalu ramai, kamu bisa mencoba untuk datang ke pantai yang masuk ke daftar pantai terdekat di Yogyakarta ini. Pantai Ngrehenan ini berada di sebelah timur Pantai Ngobaran yang sama-sama berada di Desa Kanigoro.

Saat kamu sampai di Pantai Ngrehenan, kamu akan dengan mudah melihat bukit kapur yang ada di sebelah kiri dan kananmu. Pemandangan tebing berwarna hijau dengan air laut birunya tentu memanjakan matamu. Selain itu, pasir pantai putihnya yang masih bersih akan menambah kesenanganmu saat melakukan beragam aktivitas bersama teman atau keluarga.

Nah, bagi kamu pecinta seafood, Pantai Ngrehenan siap memuaskan rasa laparmu untuk menyantap lezatnya makanan olahan seafood yang masih segar.Tak heran mengingat di pantai ini kamu bisa melihat dengan dekat bagaimana para nelayan berburu ikan di laut. Sehingga saat pulang, selain senang, kamu pun akan merasa puas dan kenyang.

via visitingjogja.com

Pantai Wediombo

Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul, DIY

Takut terseret ombak saat bermain-main di tepi pantai? Jika iya, di Pantai Wediombo, kamu tidak perlu khawatir hal tersebut akan terjadi padamu. Di sini, kamu akan mendapati laguna yang cukup luas untuk kamu yang senang bermain-main air atau berenang. Laguna tersebut diapit oleh batu karang yang membuatmu akan tetap aman saat berada di laguna tersebut.

Untuk sampai ke sini, kamu harus menyiapkan staminamu dengan baik karena Pantai Wediombo berada agak di bawah sehingga kamu harus menuruni anak tangga yang ada. Walaupun demikian, rasa lelahmu akan terbayar dengan kecantikan Pantai Wediombo khususnya di saat matahari mulai terbenam.

Kamu pun bisa menikmati upacara tradisional Ngalangi yang secara rutin digelar di Pantai Wediombo setahun sekali. Upacara tersebut diadakan guna mengungkapkan rasa syukur yang dirasakan oleh warga sekitar atas anugerah dan rezeki yang sudah diberi oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

via piknikasik.com

Pantai Siung

Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, DIY

Kalau kamu termasuk seseorang yang menyukai olahraga memanjat, bisa jadi pantai terdekat dari Yogyakarta ini akan cocok untuk kamu kunjungi. Pantai Siung ini berjarak sekitar 70 kilometer dari pusat kota sehingga akan memakan waktu yang relatif lama untuk sampai ke sini saat kamu memang sedang berada di daerah pusat kota Yogyakarta.

Di sekitar pantai, kamu bisa menemukan batu karang berukuran besar yang akan membuatmu semakin tertantang untuk memanjatnya. Salah satu batu karang yang cukup populer di kalangan wisatawan adalah Siung Wanara. Dinamakan seperti karena karang tersebut memiliki bentuk yang menyerupai gigi kera. Siung dalam bahasa Jawa berarti gigi taring.

Di Pantai Siung ini, banyak sekali warung makan berjejer di sekitar pantainya yang dimiliki oleh warga sekitar. Nah, bagi kamu yang ingin lebih lama berada di pantai ini, kamu pun bisa berkemah di tepi pantai karena Pantai Siung menyediakan camping ground yang bisa kamu manfaatkan sebagai tempat beristirahat sejenak sekaligus menikmati indahnya kombinasi pantai dan malam yang cantik tiada dua.

via sewamotordijogja.com

Pantai Parangtritis

Kecamatan Kretek, Bantul, DIY

Sudah barang tentu jika kamu mengetahui pantai terdekat dari Yogyakarta satu ini? Pantai Parangtritis bisa dibilang menjadi pantai yang sangat populer. Kepopulerannya ini sampai membuat para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta rela untuk sekadar datang ke Pantai Parangtritis.

Berlokasi kira-kira 25 kilometer di selatan pusat kota, pantai terdekat ini setiap harinya tidak pernah sepi dengan hilir mudik para wisatawan yang datang. Pesona ombak dengan gumuk pasir (bukit pasir) yang terkenal akan keunikannya membuat banyak para wisatawan betah untuk berlama-lama di pantai ini.

Beberapa kegiatan lainnya yang bisa kamu lakukan di Pantai Parangtritis diantaranya paralayang di bukit Parang Endog, sand boarding, bermain layangan, hanya berjalan-jalan kecil atau menaiki delman sembari menunggu tenggelamnya matahari.

via piknikasik.com

Takut ribet mencari kendaraan di Jogja? Jangan khawatir, kamu bisa menikmati petualangan yang nyaman dan aman dengan car rental yang bisa kamu booking di sini!

Ingin Mencoba Menginap di Hotel Kapsul? Datang aja ke Bobobox!

Liburan biasanya memang tidak akan afdal jika tidak dibarengi dengan acara menginap. Terkadang, kamu menginginkan pengalaman yang tidak biasa. Maka dari itulah, kamu ingin mencoba untuk menginap di hotel kapsul. Salah satu hotel kapsul yang recommended untuk kamu coba adalah Bobobox.

Konsepnya yang kekinian dengan fasilitas yang tidak kalah keren jelas akan memberikan sesuatu yang berbeda pada kesempatan menginapmu kali ini. Ditambah dengan pemesanan tiap podnya yang sangat praktis tentu menjadi nilai tambah tersendiri. Kamu cukup unduh aplikasinya di sini dan tinggal bayar dengan cara cashlesspod yang kamu pesan sudah siap di tanggal yang kamu tentukan.

You might also like