Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Pantai Oetune Gurunnya Indonesia yang Indah di Pulau Sumba

Destinasi wisata yang wajib kamu datangi nih.

Nusa Tenggara Timur tidak ada habisnya menawarkan kejutan-kejutan keindahan alamnya. Mulai dari alam pegunungan, lautan, hingga padang pasir atau gurun. NTT juga banyak menyimpan keindahan alam yang masih tersembunyi yang masih jarang dijamahi oleh manusia, sehingga masih sangat asri.

Nah, kali ini Bob akan memberi info mengenai gurun yang ada di Nusa Tenggara Timur. Kamu pasti sudah mendengar tentang keindahan gurun pasir yang berada di salah satu pantai di Pulau Sumba. Namanya Pantai Oetune. Pantai ini  disebut-sebut sebagai gurunnya Indonesia lho. Penasaran kan? Yuk simak informasinya.

Gurun Eksotis di Pantai Oetune

gurun pantai oetune
ttskab.go.id

Berbicara tentang gurun pasti yang ada di bayanganmu adalah gurun pasir yang ada di Timur Tengah. Padahal ternyata Indonesia juga punya pesisir yang menyerupai gurun pasir yang indah. Walaupun tidak seluas Gurun Sahara, keindahan ‘gurun’ di Pantai Oetune ini dijamin memukau mata.

Ketika berwisata ke pantai, hal yang populer dilakukan adalah bersantai di pesisirnya dan melakukan kegiatan seperti bermain pasir atau berjemur. Kebanyakan pantai memiliki pesisir yang landai dengan permukaan yang rata. Namun, lain halnya dengan Pantai Oetune ini. Pesisirnya seolah berbukit dan bergelombang seperti gurun.

Hamparan pasir putih yang luas yang berada tidak jauh dari Pantai Oetune akan membuatmu berdecak kagum. Kamu akan merasa berada di gurun  di negara Timur Tengah. Tekstur pasir yang lembut dan hamparan pasir yang tertiup angin membentuk pola-pola gelombang persis di gurun sungguhan.

Bedanya, kamu tidak akan menemukan hewan Unta di sini. Suhu udara yang ada di gurun pasir Pantai Oetune juga tentunya berbeda dengan gurun aslinya. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan kepanasan seperti di gurun aslinya ya. Selain itu, pemandangan ini menjadi lengkap dengan adanya suara deburan ombak lautan.

Keindahan yang ditawarkan oleh Pantai Oetune sangatlah berbeda dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya. Selain hamparan pasir putihnya yang begitu lembut, Pantai Oetune juga memiliki gelombang ombak pecah yang sangat unik di setiap gulungannya. Di sepanjang batas pantainya juga tumbuh pohon Kasuari yang berjarak 6 – 8 meter, dan diperkirakan berusia hingga puluhan tahun.

Lokasi dan Rute ke Pantai Oetune

gurun pantai oetune
idntimes.com

Pantai Oetune berlokasi di Oebelo, Amanuban Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Lokasinya berjarak sekitar 115 km dari Kota Kupang. Kamu harus menempuh waktu kurang lebih 2 jam 30 menit sampai dengan 3 jam perjalanan untuk sampai ke pantai ini.

Untuk menuju lokasi, jika kamu tidak membawa kendaraan pribadi, kamu bisa menyewa kendaraan di Kota Kupang. Kamu harus melintasi jalur lintas selatan dengan kondisi jalanan yang bervariatif. Mulai dari jalan yang berbelok-belok, naik-turun bukit dan lembah, dan berbatu. Jadi kamu harus siap mental ya.

Selama di perjalanan kamu akan disuguhi pemandangan hamparan perbukitan serta rumah-rumah tradisional khas Timor yang menarik. Setelah kurang lebih menempuh perjalanan 2 jam 30 menit, kamu akan menemukan persimpangan. Jika lurus terus maka akan membawamu ke Pantai Kolbano.

Pantai Oetune berada di sebelum kawasan Pantai Kolbano. Jadi ambilah jalan yang searah dengan Pantai Kolbano. Kemudian, kamu akan menemukan banyak spanduk dengan tulisan wisata Pantai Oetune. Itu artinya kamu sudah berada di jalur yang tepat. Arahkan kendaraanmu untuk belok ke kanan menuju lokasi pantai.

Setelah menikmati keindahan pemandangan yang menemanimu sepanjang perjalanan. Rasa lelahmu akan terbayar dengan pemandangan yang disajikan Pantai Oetune. Deburan ombak, angin pantai yang sejuk, hamparan gurun pasir, serta birunya laut akan memanjakan setiap mata yang melihatnya.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

gurun pantai oetune
wisataoke.com

Setiap tempat wisata tentunya memiliki tarif untuk tiket masuk ke kawasannya. Berkunjung ke Pantai Oetune tidak akan membuat dompetmu menangis deh. Kamu bisa membawa serta keluarga besarmu ke sini tanpa khawatir kehabisan uang. Karena harga tiket masuk ke Pantai ini terbilang sangat murah.

Untuk masuk ke kawasan wisata Pantai Oetune ini kamu hanya perlu membayar Rp 3.000 saja per orang. Sebagai tambahan, kamu perlu menyisihkan untuk membayar parkir kendaraanmu sebesar Rp 1.000 untuk motor dan Rp 3.000 untuk mobil. Sangat murah kan?

Kamu juga tidak perlu khawatir karena pantai ini juga memiliki beberapa fasilitas umum yang bisa kamu gunakan. Fasilitas yang ada di pantai ini di antaranya toilet dan kamar bilas. Di sini juga tersedia beberapa kios kecil yang menjual makanan. Jadi kamu jangan takut akan kelaparan ya.

Selain itu terdapat juga jajaran lopo-lopo atau rumah tradisional khas warga Pulau Timor yang bisa kamu gunakan untuk tempat bersantai sejenak. Dengan harga yang sangat terjangkau, kamu bisa menikmati keindahan Pantai Oetune beserta gurun pasirnya, serta fasilitas umum lainnya. Liburanmu sudah pasti nyaman.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Pantai Oetune

gurun pantai oetune
travelingyuk.com

Sudah jauh jauh ke Pantai Oetune, tidak mungkin kan jika hanya berdiam saja di sini. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan di pantai ini salah satunya tentu saja berfoto-foto ria. Jangan sia-siakan kesempatanmu berada di pantai dengan gurun pasir indah tanpa melakukan apa-apa.

Eksplor seluruh sudut Pantai Oetune untuk mendapatkan spot foto yang oke dan lain daripada yang lain. Keindahan Pantai Oetune dan gurun pasirnya layak untuk kamu abadikan. Selain itu kamu juga bisa bermain pasir, bersantai di lopo-lopo sambil menyantap bekal piknikmu.

Namun, dikarenakan ombaknya yang besar, kamu tidak disarankan untuk berenang ke tengah ya. Cukup bermain air saja di bagian-bagian pantai dengan karang dan landai. Jangan lupa ambil foto sebanyak mungkin di gurun pasir yang tidak jauh dari pantai ya.

Kamu bisa memamerkan foto-foto dengan latar keindahan Pantai Oetune atau berlatar gurun pasir yang eksotis. Dijamin foto-foto yang kamu ambil pasti akan menarik perhatian teman-teman media sosialmu. Banyak juga pasangan yang melakukan sesi foto pre-wedding mereka di sini supaya terkesan berada di Timur Tengah.

Jadikan Bobobox Sebagai Teman Menginap Andalanmu

Melakukan rutinitas 24/7 sudah pasti membuatmu lelah dan stress. Kamu butuh waktu untuk melepaskan semua beban pekerjaan dan sekolahmu. Luangkan beberapa hari untuk berlibur atau sekedar staycation untuk membangun zona nyamanmu. Kamu bisa berlibur ke pantai atau berjalan-jalan sambil wisata kuliner di kotamu.

 

Tentu saja kamu juga perlu tempat nyaman dan oke untuk menginap. Bobobox hadir untuk melengkapi kebutuhan liburanmu. Dengan harga terjangkau dan fasilitas lengkap, dijamin kamu akan mendapatkan pengalaman menginap yang menyenangkan. Hotel kapsul berupa pods ini dilengkapi juga dengan teknologi canggih lho.

Setiap pods dilengkapi dengan lampu LED yang bisa kamu ubah warnanya sesuka hati. Ditambah ada speaker bluetooth untuk memutar musik kesukaanmu. So, tunggu apa lagi? Pesan pods -nya sekarang juga melalui aplikasi bobobox atau klik di link ini dan nikmati pengalaman menginap yang seru di Bobobox!

You might also like