Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Pantai Merah Banyuwangi: Surga yang Tersembunyi

Punya rencana mengunjungi Banyuwangi? Yuk kunjungi Pantai Merah Banyuwangi!

Pantai Merah Banyuwangi merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Pulau Jawa yang patut kamu kunjungi bersama keluarga, sahabat, atau pasangan, Ketika kamu sedang ingin berlibur ke kota sambil wisata kuliner kamu mungkin akan berlibur ke Bandung dan saat ingin pergi ke tempat yang kental dengan kebudayaannya kamu mungkin terpikirkan Kota Jogja. Lalu apa yang spesial dengan Banyuwangi? Banyuwangi merupakan destinasi wisata yang populer dengan keindahan alamnya.

superadventure.co.id

Kamu bisa mengunjungi berbagai perbukitan yang indah, taman nasional yang terawat, dan tentunya jajaran pantai yang menawan di bagian ujung timur Pulau Jawa. Tak mengherankan jika banyak wisatawan yang tergiur dan tertarik mengunjungi Banyuwangi untuk dapat menikmati pemandangan alamnya. Terdapat puluhan pantai yang mengelilingi Kabupaten Banyuwangi yang bisa kamu kunjungi dan salah satu diantaranya adalah Pantai Merah Banyuwangi.

Pantai yang terletak di bagian selatan Kabupaten Banyuwangi ini merupakan primadona wisata pantai Banyuwangi. Nama Pantai Merah Banyuwangi diambil dari sebuah bukit kecil yang berada tak jauh dari lokasi Pantai Merah Banyuwangi. Bukit kecil ini memiliki tinggi sekitar 200 meter dan tersusun dari tanah berwarna merah. Bukit tersebut dapat kamu kunjungi saat air laut sedang surut. Sebaliknya ketika air laut pasang maka bukit ini akan menjadi sebuah pulau yang terpisahkan oleh air laut dari pantai.

Selain hamparan pantai yang indah kamu juga dapat melihat sebuah pura di sekitar Pantai Merah Banyuwangi. Pura tersebut sering digunakan umat Hindu sekitar untuk melakukan beberapa upacara keagamaan. Pantai Merah Banyuwangi terbentang hingga 3 kilometer dan menghadap langsung Samudera Hindia ke arah selatan. Karakteristik pasir di Pantai Merah Banyuwangi ini adalah berwarna putih dan terkadang terlihat merah muda atau kemerahan. Penasaran dengan info lengkapnya? Yuk, simak!

Pantai Merah Banyuwangi
@Pantainesia

Harga Tiket Masuk

Bagi kamu yang tertarik mengunjungi Pantai Merah Banyuwangi kamu tak perlu khawatir memasuki kawasan wisata ini dengan mengorbankan kantong kamu. Kamu hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp8.000,00 per orang untuk dapat menikmati keindahan Pantai Merah Banyuwangi. Bagi kamu yang membawa kendaraan pribadi kamu perlu membayar parkir kendaraan yang berbeda dengan tiket masuk.

Bagi kamu yang membawa kendaraan berupa mobil kamu perlu membayar biaya parkir sebesar Rp5.000,00 sedangkan untuk parkir motor adalah senilai Rp2.000,00. Baik biaya tiket masuk maupun biaya parkir Pantai Merah Banyuwangi ini sama-sama tergolong murah untuk ukuran tempat wisata. Jika kamu berasal dari luar kota atau bertempat tinggal jauh dari Pantai Merah Banyuwangi kamu juga dapat memanfaatkan fasilitas homestay untuk beristirahat di malam hari. Rata-rata homestay di sekitar Pantai Merah Banyuwangi ini dibanderol dengan harga sekitar Rp100.000,00 per malamnya.

Rute Menuju Lokasi

Lalu dimanakah letak persis Pantai Merah Banyuwangi? Tempat wisata ini dapat kamu kunjungi dengan menempuh perjalanan sekitar 60 kilometer dari pusat Kabupaten Banyuwangi. Jika kamu memulai perjalanan dari pusat kota maka kamu harus terlebih dahulu berkendara ke arah Srono kemudian menuju Kesilir. Setelah mencapai Kesilir lajukan kendaraan kamu hingga sampai ke kawasan Pantai Merah Banyuwangi.

Perlu kamu ketahui bahwa kamu akan melalui beberapa jalan desa dan banyak jalan yang cukup berkelak-kelok. Oleh karena itu siapkan bekal berupa makanan, minuman, dan juga obat-obatan yang mencukupi. Namun meskipun demikian, perjalanan menuju Pantai Merah Banyuwangi ini cukup mudah dituju karena lokasi pantai ini sudah sangat terkenal. Kamu tak perlu takut tersesat karena kamu akan menemukan banyak papan penunjuk jalan menuju Pantai Merah Banyuwangi.

Jika kamu tidak dapat menggunakan kendaraan pribadi, kamu dapat memanfaatkan kendaraan umum yang bisa kamu temukan di Terminal Banyuwangi. Dari Terminal Banyuwangi kamu dapat menggunakan bis jurusan Pesanggaran kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan jasa ojek. Jika kamu memulai perjalanan dengan menggunakan kendaraan umum dari arah Jember jangan lupa untuk turun di Terminal Jajag untuk kemudian menggunakan bis menuju Pesanggaran.

@Travel Kompas

Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan di Pantai Merah Banyuwangi

1. Snorkeling

Salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan di Pantai Merah Banyuwangi adalah snorkeling. Meskipun Pantai Merah Banyuwangi tidak seperti pantai yang terkenal dengan aktivotas snorkeling-nya seperti Karimun Jawa atau pantai snorkeling lainnya, Pantai Merah Banyuwangi ini mampu menyuguhkan pemandangan wisata bawah laut yang mengagumkan.

Bagi kamu yang ingin merasakan pengalaman snorkeling di Pantai Merah Banyuwangi kamu harus terlebih dahulu menyewa peralatan snorkeling yang tersedia di sekitar pantai dengan harga yang cukup terjangkau. Nikmati pengalaman melihat keindahan kehidupan bawah laut seperti terumbu karang dan ikan laut di sini!

2. Berselancar

Aktivitas lain selain snorkeling yang bisa kamu coba adalah surfing atau berselancar. Siapa sangka jika pantai di Banyuwangi ini merupakan salah satu destinasi favorit para peselancar lokal dan mancanegara untuk berselancar. Hal ini dikarenakan ombak pantainya yang cocok untuk digunakan berselancar. Tak heran jika pantai ini bahkan sempat menjadi tuan rumah kompetisi selancar tingkat internasional.

Selain ombaknya yang cocok dimanfaatkan untuk para proesional berselancar beberapa titik lain pantai ini memiliki ombak yang lebih bersahabat. Oleh karena itu pantai ini pun cocok untuk digunakan para wisatawan yang baru ingin mencoba atau ingin belajar surfing. Bagi kamu yang tidak memiliki papan selancar sendiri,kamu bisa menyewa papan selancar di sekitar pantai melalui jasa penyewaan selancar dengan harga sekitar Rp50.000,00.

@Wisata Mantap

3. Berkeliling di Bukit Pasir Merah

Bagi kamu yang senang jalan-jalan dan melakukan eksplorasi tempat wisata kamu bisa coba mengunjungi bukit pasir merah yang berada tak jauh dari kawasan pantai ini. Untuk dapat mencapai bukit ini, kamu harus menunggu air laut surut agar jalan menuju bukit terbuka untuk dilalui. Waktu yang paling tepat bai kamu mengunjungi bukit ini adalah pada saat sore hari sekitar jam 3 karena pada saat itu air laut mulai surut.

4. Berkemah

Selain menginap di homestay yang tersedia di sekitar pantai kamu juga bisa mencoba pengalaman berkemah di dekat pantai. Kamu bisa membawa perlengkapan tenda sendiri dari rumah ataupun menyewa berbagai perlengkapan kemah yang kamu butuhkan melalui pengelola pantai.

Pastikan untuk mengantongi izin berkemah terlebih dahulu sebelum akhirnya kamu memutuskan untuk berkemah. Biasanya kamu akan diminta untuk menunggu setelah pantai selesai dibersihkan untuk akhirnya diperbolehkan berkemah dan mendirikan tenda. Kamu juga bisa menyalakan api unggun. Saat sore menjelang malam kamu bisa menikmati keindahan pantai dan menjumpai beberapa turis asing yang masih berselancar saat berada di tenda. Jangan lupa jaga kebersihan ya!

Menginap dengan Harga Terjangkau? Ya di Bobobox

Jika kamu sedang mencari akomodasi penginapan dengan harga terjangkau, coba datang ke Bobobox. Hotel kapsul satu ini menawarkan harga penginapan yang murah namun dengan fasilitas yang wah! Informasi lebih lanjut soal pemesanan podnya bisa kamu dapatkan di aplikasi Bobobox yang bisa kamu unduh di sini.

Super Comfy Bobobox Pods