Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Pantai Indah Labengki Island , Sulawesi Tenggara

Pantai indah

Wisata alam eksotis di Indonesia seperti tidak ada habis-habisnya untuk dieksplorasi. Dari air terjun yang megah, bukit-bukit yang menawarkan pemandangan ciamik, hingga pantai indah yang tersebar di setiap pulaunya. Nah, di review kali ini, ada satu pantai indah yang boleh diadu kecantikannya dan bisa dijadikan referensi liburan akhir tahunmu.

Pulau Labengki

Pantai Indah
https://haraduta.com/open-trip/labengki-sombori/

Mungkin beberapa dari kamu sudah pernah mendengar tentang pantai indah Pulau Labengki dan pulau-pulau disekitarnya. Gugusan pulau yang terletak di Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara ini sekarang menjadi daya tarik wisata yang baru bagi turis baik dalam negeri maupun luar negeri.

Apa sih yang istimewa dari Pulau Labengki? Tentu saja pantai pasir putih indahnya, laut yang jernih, serta panorama alam bawah laut yang keren banget. Selain itu kamu juga bisa berinteraksi dengan warga lokal Labengki, suku Bajau.

Pantai Indah di Pulau Labengki

Labengki sendiri merupakan gugusan pulau-pulau kecil dimana di setiap sisi pulau dihiasi beberapa pantai indah yang masih asri dan sepi. Kemanapun kamu melangkah di Labengki, pantai indah sudah siap menyambut.

Dari pulau-pulau tersebut hanya Labengki kecil yang cukup padat penduduk. Dominasi suku Bajau memenuhi pulau ini, sedangkan Labengki besar adalah kawasan hutan yang dilindungi dan tidak berpenduduk.

Labengki yang Alami

Jadi apa saja sih yang bisa dinikmati di Labengki? Bob bilang sih, hampir semua tempat di Pulau Labengki bisa kamu nikmati. Sejak perahu kayumu menepi di dermaga Labengki kecil, pantai indah dan air laut yang sangat jernih sudah menghipnotismu untuk berenang.

Kegiatan snorkelling tidak boleh luput dari list kamu. Sulawesi Tenggara terkenal akan surga bawah lautnya. Mungkin kamu sudah pernah mendengar Wakatobi yang berlokasi di provinsi yang sama. Nah, pantai indah dan kekayaan alam bawah laut Labengki ini tidak boleh kamu sia-siakan.

Ada beberapa tempat snorkelling yang Bob  rekomendasikan di Labengki, salah satunya ada di Pantai Pasir Panjang dan Blue Lagoon. Jelajahi semua pantai indah tersebut selagi bisa, jangan sampai menyesal.

Karst Tajam Khas Labengki

Pantai Indah
https://travacello.com/tour/labengki-sombori-4d3n/

Selagi kamu di Labengki, kamu benar-benar harus siapkan fisik yang oke karena di Labengki kamu akan tergoda untuk menaiki batu-batu karst licin untuk melihat gugusan kepulauan Labengki dari ketinggian. Salah satu karst yang wajib untuk didaki adalah Puncak Khayangan.

Saat ini pemerintah setempat sedang mengembangkan wisata Kepulauan Labengki dan Sombori, termasuk untuk mendaki batuan karst, pengunjung sudah mulai bisa menggunakan anak tangga. Jangan tanya deh pemandangan dari Puncak Khayangan. Kamu akan melihat pulau-pulau tersebar dan pantai indah nan ciamik memikat siapapun yang berani untuk mendaki.

Yang paling ikonik dari Labengki adalah Teluk Cinta. Tempat ini terkenal karena perpaduan air laut dan daratan yang bertemu di sebuah pantai indah di Pulau Labengki. Pantai indah ini akan memanjang dan berbentuk hati jika dilihat dari ketinggian. Untuk melihat Teluk Cinta, kamu harus memanjat batu-batu karst yang cukup terjal atau mengambil foto dari drone.

Rumah Nenek di Tengah Laut

Ada juga Rumah Nenek di Teluk Sombori yang terletak di perbatasan Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Tengah. Apa sih istimewanya tempat ini? Rumah nenek adalah satu-satunya rumah diatas laut yang dihuni oleh seorang nenek yang konon usianya sudah hampir menginjak 100 tahun!

Di Rumah Nenek ini, kamu akan merasakan suasana rumah laut yang homy banget sambil berbincang dan menikmati secangkir kopi yang nikmat dan memandangi pantai indah nan memesona

Di Labengki juga ada gua yang unik banget bernama Gua Allo atau sering juga disebut gua kolam renang. Dan memang di dalam gua ada kolam renang alami!. Di dalam Gua Allo terdapat cekungan yang akan terisi air laut ketika pasang dan membentuk kolam renang buatan alam. bukan hanya pantai indah saja di Pulau Labengki, gua eksotis pun ada. Keren kan?

Kerang Kima

pantai indah
https://bobo.grid.id/read/08677618/kima-pahlawan-lautan?page=all

Nah, selain menawarkan pantai indah, Labengki juga merupakan tempat konservasi kerang laut terbesar di dunia atau Kerang Kima. Kepulauan Lebangki merupakan habitat alami Kerang Kima dimana kerang ini sangat dilindungi dan sangat langka. Sehingga semua aktivitas memancing yang menggunakan alat-alat berbahaya seperti pukat atau bom sangat dilarang karena akan merusak habitat Kerang Kima dan mengganggu ekosistem laut Kepulauan Labengki.

Cara Menuju Pulau Labengki

Ada banyak jalan menuju Roma, sama dengan ada banyak jalan menuju pantai indah Pulau Labengki. Jadi, meskipun satu-satunya jalan ke Labengki adalah dengan menggunakan jalur laut, kamu tidak usah bingung karena sudah ada beberapa dermaga yang melayani rute ke Labengki, meskipun dengan menggunakan kapal kayu.

  • RUTE PERTAMA. Setelah kamu mendarat di Bandara Haluoleo, Kendari, kamu bisa melanjutkan perjalanan langsung ke Pulau Labengki dari pelabuhan Kendari. Perjalanan laut akan berkisar 4-5 jam.
  • RUTE KEDUA. Kamu bisa naik mobil angkutan ke Desa Lasolo disambung dengan kapal kayu dari dermaga Lasolo ke Labengki. Total perjalanan dari Kendari-Lasolo-Labengki sekitar 4 jam.
  • RUTE KETIGA. Kamu bisa menumpang kendaraan umum ke Desa Sawa dan melanjutkan perjalanan dari dermaga setempat ke Labengki. Perjalanan akan menghabiskan waktu sekitar 3 jam.
  • RUTE KEEMPAT. Kamu bisa menaiki kendaraan umum sampai Dermaga Tanasa di Soropia dan melanjutkan perjalanan sampai ke Labengki. Perjalanan keempat ini yang paling singkat karena hanya menghabiskan total dua jam 30 menit untuk sampai Labengki dari Kendari.

Kalau kamu masih belum yakin untuk backpacking ke Labengki, saat ini sudah banyak jasa paket wisata yang menawarkan rute travelling ke Pulau Labengki dan Sombori. Jadi, yang mana pilihanmu untuk menikmati pantai indah Pulau labengki? Wisata ala backpacker atau menggunakan jasa paket wisata?

Tips Menuju Labengki

Travelling menuju pulau eksotis dengan pantai indah memang menggoda, namun sebelum memulai perjalananmu, Bob punya beberapa tips yang mungkin bisa berguna selama di Labengki

  • Ajak teman sebanyak-banyaknya agar cost menjadi lebih murah. Dengan pergi bersama rombongan, budgetmu untuk membayar sewa kapal akan jauh menjadi ringan. Menuju pantai indah Pulau Labengki sendiri memang masih jarang ada kapal angkutan penumpang, sehingga kamu harus menyewa kapal nelayan setempat.
  • Siapkan obat mabuk laut. Perjalanan menggunakan kapal paling cepat sekita 2-3 jam. Bagi kamu yang tidak terbiasa menempuh perjalanan laut dengan kapal kayu, membawa obat-obatan pribadi menjadi wajib hukumnya.
  • Siapkan air minum yang banyak. Kamu akan tinggal di Pulau Labengki Kecil dimana tidak ada sumber air bersih disana. Warga setempat harus membawa air dari Pulau Labengki Besar dan menjual air per jerigen.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman. Terutama saat berjalan-jalan di pantai. Meskipun pantai indah menghiasi setiap sudut Labengki, bahaya bulu babi selalu mengintai. Tetap berhati-hati ya.

Mau Liburan Seru Lainnya? Coba Staycation di Bobobox!

Liburan seru dengan foto-foto keren memang menjadi tujuan anak muda zaman sekarang. Semua spot instagrammable selalu menjadi buruan. Nah, supaya kamu tidak kalah nge-hits, Bob akan merekomendasikan hotel kapsul keren dengan teknologi canggih yang selain mengakomodasi kenyamananmu juga memfasilitasi hobi fotografimu. Tunggu apalagi, cek infonya disini ya.

 

 

 

 

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.