Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Pantai Bahuluang, Kepulauan Selayar

Sudah pasti masuk list wisata baharimu dong!

Berlibur ke pantai selalu menjadi pilihan tujuan wisata yang paling digemari oleh para wisatawan di manapun. Menikmati suara deburan ombak dan lembutnya pasir di pesisir pantai selalu berhasil membuat pikiran kembali fresh. Melihat jauh ke lautan lepas dengan gradasi warnanya yang memukau jelas menenangkan.

Indonesia yang kaya akan kepulauan dan lautan tak ada habisnya menawarkan keindahan wisata bahari. Dari mulai pantai yang sudah terkenal hingga keindahan wisata bahari yang tersembunyi. Semakin banyak pula pilihan dan bertambahnya wishlist pantai yang ingin dikunjungi setiap tahun.

Di Sulawesi, tepatnya di Sulawesi Selatan banyak wisata alam yang indah yang kamu bisa kunjungi saat liburan. Salah satunya berada di Kepulauan Selayar. Nama pantai ini adalah Pantai Bahuluang. Pantai ini merupakan salah satu surga tersembunyi berupa pulau kecil yang katanya sering berubah bentuk.

Kamu pasti penasaran kan seindah apa sih Pantai Bahuluang ini. Bahkan, Bahuluang dikenal hingga ke mancanegara karena keindahannya yang menakjubkan. Daya tarik pantai ini mampu memukau mata siapapun yang melihatnya. Yuk simak ulasannya!

Indahnya Pantai Bahuluang

pantai bahuluang
amellie.net

Pantai Bahuluang merupakan pulau yang terbentuk oleh patahan karang yang mati dan terbawa arus sungai. Sehingga menyebabkan terbentuknya pulau kecil di tengah lautan Kepulauan Selayar. Keunikan yang dimiliki Bahuluang yaitu pulau ini akan berubah bentuk di setiap musim.

Masyarakat lokal percaya bahwa pulau ini dibentuk oleh seekor gurita raksasa penunggu laut Bahuluang. Hal itu tentu saja merupakan cerita mitos yang beredar di kalangan masyarakat sekitar. Bahuluang juga dikenal dengan keindahan pasir putihnya yang berada di tengah laut.

Nampaknya julukan surga tersembunyi untuk Pantai Bahuluang ini tidak berlebihan ya. Keindahannya memang akan membuat kita terpana sehingga merasa seperti di surga. Pulau kecil ini bisa diakses dengan kapal laut dari Appatanah, Kepulauan Selayar karena letaknya yang berada di tengah-tengah.

Kejernihan airnya dengan gradasi hijau kebiruan membuat nuansa segar semakin terasa. Keindahan alam bawah lautnya juga masih alami. Tempat ini cocok untuk kamu yang ingin menenangkan pikiran karena belum banyak dikunjungi wisatawan. Jadi kamu seolah berada di pulau pribadi.

Jika kamu berkunjung ke pulau ini, jangan sampai melewatkan keindahan panorama bawah lautnya. Biota laut dan terumbu karang yang ada di Bahuluang terbilang masih sangat asri karena jarang dijamah oleh manusia. Dan tentunya juga dirawat dengan baik oleh pengelola setempat.

Lokasi dan Rute Menuju Bahuluang

pantai bahuluang
travelingyuk.com

Pantai Bahuluang berlokasi di Appatanah, Bontosikuyu, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Untuk sampai ke objek wisata ini, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 40 km dari Kota Benteng dengan menggunakan kapal dari Dermaga Appatanah.

Pilihan rutenya adalah menggunakan kapal dari Pelabuhan Benteng menuju Pelabuhan Barang-Barang sekitar 40 km. Atau dari Pelabuhan Benteng menuju ke Bone Taringan dengan jarak tempuh sekitar 45 km. Kapal yang digunakan masing-masing berkapasitas 20 orang dengan kisaran biaya Rp 500.000 – Rp 700.000.

Kamu juga mencapai objek wisata Bahuluang melalui perjalanan darat. Adapun jarak menuju Appatanah dari Benteng, ibukota Kepulauan Selayar adalah sekitar 55 km. Jarak tersebut bisa ditempuh sekitar kurang lebih 1 jam perjalanan hingga sampai ke Appatanah.

Kemudian, sesampainya di Appatanah, kamu tetap harus melakukan perjalanan air untuk sampai ke pulau. Terdapat beberapa perahu nelayan yang bisa kamu sewa untuk mencapai Bahuluang. Pulau Bahuluang sendiri memang banyak dihuni oleh warga yang kebanyakan adalah nelayan. Jadi kamu bisa sambil berkenalan dengan warga lokal.

Hanya butuh sekitar 40 menit saja dari Appatanah menuju Bahuluang dengan menaiki perahu nelayan. Jangan lupa untuk membawa bekal makanan dan minuman yang cukup ya. Karena saat ini masih sangat jarang ditemukan warung makan di lokasi tersebut. Begitu pula penginapan dan fasilitas penunjang lainnya.

Masih minimnya fasilitas yang tersedia di Pantai Bahuluang ini membuatmu harus menyiapkan segalanya dengan matang. Jika kamu berniat untuk menikmati keindahan bawah lautnya, kamu juga harus membawa peralatan snorkeling dan diving pribadi. Bawa perlengkapan dan persiapan lainnya demi kenyamananmu ya.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Pantai Bahuluang

pantai bahuluang
travelingyuk.com

Walaupun belum dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, kamu tetap bisa bersenang-senang di sini. Karena pulau ini belum banyak dikunjungi wisatawan, banyak hal yang bisa kamu eksplor. Dan karena ini pantai, tentu saja kamu bisa bermain air atau berenang di Bahuluang.

Jangan lupa untuk membawa balon karet untuk berenang supaya kamu bisa bersantai di arus pantai yang tenang sambil berjemur. Kamu juga disarankan untuk membawa hammock untuk kamu gantungkan di antara pohon dan pakai untuk tiduran santai.

Jangan sampai kamu melewatkan pemandangan bawah lautnya ya. Bawa perlengkapan menyelammu seperti alat-alat snorkeling atau diving supaya kamu bisa menikmati indahnya biota laut dan terumbu karang Bahuluang. Kamu juga diperbolehkan untuk membawa perahu karet atau canoe untuk digunakan di pantai ini.

Keindahan pemandangan laut dan pesisirnya tentu saja sangat sayang kamu lewatkan begitu saja tanpa mengabadikannya. Jangan lupa bawa kamera dan perlengkapan lainnya untuk mengabadikan momen di Bahuluang ya. Ambil foto sebanyak-banyaknya sebelum surga tersembunyi ini ramai dikunjungi dan tidak sealami sekarang.

Bagi kamu yang sudah memiliki pasangan dan akan segera menikah. Kamu bisa melakukan sesi foto pre-wedding di sini, Dengan latar pemandangan birunya laut dan putihnya pasir, dijamin hasil fotomu tidak akan gagal deh. Jangan lupa bawa peralatan sendiri ya, dan usahakan ramah lingkungan.

Kamu juga bisa bermain pasir atau berjemur dengan berbaring di atas pasir putih yang lembut. Banyak aktivitas menyenangkan yang bisa kamu lakukan di Bahuluang. Apapun aktivitas yang kamu lakukan di sini, tetap jaga kebersihan dan jangan merusak alamnya ya.

Jadi, jika kamu berlibur ke Sulawesi Selatan jangan lupa berkunjung ke sini ya. Ajak serta teman atau keluargamu ke sini untuk menikmati liburan yang menyenangkan bersama-sama. Selamat berlibur!

Lengkapi Liburanmu dengan Menginap di Bobobox

Berlibur tapi bingung cari hotel yang murah dan dekat dengan pusat kota? Bobobox solusinya. Hotel kapsul berupa pods unik yang dilengkai dengan fasilitas nyaman dan teknologi canggih akan memberimu pengalaman menginap yang menyenangkan.

Berada di pusat kota dan harga terjangkau, Bobobox sudah pasti akan mengakomodasi kebutuhan liburanmu deh. Terutama bagi kamu yang sedang berlibur di Kota Bandung dan Jakarta. Bobobox hadir untuk melengkapi kenyamanan liburanmu dengan harga terjangkau tentunya.

Setiap pods dilengkapi dengan teknologi lampu LED yang bisa kamu ubah warnanya sesuai keinginanmu. Juga dilengkapi dengan speaker bluetooth yang bisa kamu gunakan untuk memutar lagu kesayangmu. Kamu juga bisa bersantai dan mengobrol santai di communal space loh.

Selain itu, tersedia juga pantry yang bisa kamu gunakan di kala lapar menyerang saat tengah malam. Pesan pods-nya sekarang di aplikasi bobobox atau klik link ini.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.