Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Hal Yang Boleh Dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Physical Distancing

Yuk ikuti panduan physical distancing yang baik dan benar seperti berikut!

Physical distancing atau menjaga jarak sosial merupakan sebuah kebijakan yang ditawarkan World Heath Organization (WHO) juga pemerintah di dunia termasuk di Indonesia. Physical distancing diterapkan dengan tujuan memutus rantai penyebaran infeksi virus corona atau Covid-19 merajalela. Salah satu contoh aplikasi Physical distancing adalah dengan menghindari kerumunan di ruang publik dan melakukan berbagai aktivitas di rumah.

Dengan munculnya kebijakan physical distancing di indonesia, masyrakat Indonesia ramai-ramai menggaungkan tagar #dirumahaja untuk mengajak masyarakat Indonesia lainnya untuk tinggal di rumah. Dengan tinggal di rumah maka kamu dapat membantu petugas medis untuk mengobati pasien yang positif terinfeksi tanpa menambah jumlah pasien terinfeksi lainnya. Melakukan semua aktivitas di dalam rumah itu seperti apa sih Bob? Apakah sama sekali tidak boleh keluar rumah?

Boleh Vs Tidak Boleh Dilakukan Saat Physical Distancing

Nah untuk menjawab kebingungan kamu mengenai apa saja yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan saat physical distancing, kamu bisa simak informasi berikut ini. Bob sudah merangkum beberapa hal yang bisa kamu gunakan sebagai panduan mengenai kapan kamu bisa keluar rumah dan kapan sebaiknya kamu diam di rumah. Satu hal yang penting kamu ingat adalah untuk mempertimbangkan kondisi kesehatan kamu sebelum memutuskan beraktivitas di luar rumah.

Bolehkan Pergi Ke Kafe Atau Restoran Saat Physical Distancing?

homesick

Saat physical distancing beberapa restoran ada yang menutup usahanya dan sebagian lainnya tetap buka. Sebagian restoran bahkan menutup restoran fisiknya namun membuka layanan online untuk menghindari pelanggan berkerumun di restoran. Namun kendati demikian jika kamu memutuskan untuk pergi makan di luar karena merasa sudah sangat bosan, upayakanlah untuk mengisi kebosanan kamu dengan bereksperimen dan memasak sendiri,

Jika memang tidak memungkinkan untuk kamu memasak sendiri, carilah restoran atau kafe yang tidak terlalu ramai. Selain itu upayakan agar posisi duduk kamu tidak terlalu berdekatan satu dengan yang lain. Pastikan jarak aman antara kamu dan orang lain sejauh minimal 1,8 – 2 meter. Penting juga untuk tidak berbagi makanan atau alat makan. Jadi jika kamu akan makan di luar bersama pasangan, buah hati, atau orangtua, hindari untuk makan dengan alat makan yang sama apalagi suap-suapan ya.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir. Utamakan mencuci bersih tangan kamu menggunakan sabun dibandingkan menggunakan hand sanitizer untuk memastikan tangan kamu bersih untuk waktu yang lama. Cucilah tangan dengan sabun setiap sebelum dan sesudah makan, setelah ke WC, dan setelah menyentuh permukaan yang kemungkinan tercemar jejak percikan atau cairan orang lain seperti pegangan pintu, meja, kursi, atau bahkan uang.

Panduan Physical Distancing: Bermain Bersama Teman

self isolation
Photo by Grant on Unsplash

Jika kamu sudah mersa sangat bosan dan ingin bertemu teman kamu boleh untuk menemuinya dengan syarat kondisi kesehatan kamu dan teman kamu dalam keadaan baik dan sehat. Jika kamu hendak mengundang teman kamu ke rumah pastikan juga kondisi kesehatan orang-orang yang ada di rumah kamu dalam keadaan baik juga sebaliknya jika teman kamu yang mengundang. Pastikan kamu dan teman kamu yang diundang tidak sedang demam, batuk, atau pilek.

Jika kamu atau salah satu teman kamu sedang dalam keadaan sakit, Bob sangat sarankan untuk membatalkan acara kumpul-kumpul tersebut. Ingatlah bahwa tim medis tengah berusaha keras dan mengorbankan dirinya dengan berinteraksi langsung dengan pasien positif infeksi virus ini untuk mengurangi jumlah pasien positif infeksi. Rasanya tugas kita cukup mudah dengan melakukan physical distancing demi membantu team medis yang kini sedang bertugas.

Jagalah Jarak

Jika kamu dan teman kamu sehat sediakanlah tempat untuk cuci tangan juga sabun untuk cuci tangan atau cairan pembersih alkohol. Tetaplah ikuti physical distancing dengan jaga jarak jika memungkinkan 1,8-2 meter antara satu sama lain. Pastikan juga semua barang yang akan digunakan untuk bermain dilap terlebih dahulu dengan cairan disinfektan sebelum dan sesudah main.

Sebelum dan sesudah mengundang teman kamu ke rumah pastikan juga rumah kamu telah dibersihkan menggunakan cairan disinfektan. Jangan lupakan juga untuk lap menggunakan cairan pembersih beberapa perabotan seperti meja, pegangan pintu, jendela, kursi, dan semua permukaan yang kira-kira akan tersentuh tangan atau kena cipratan liur orang lain. Ingat untuk tidak mengundang terlalu banyak orang ya. Semakin banyak orang yang datang maka semakin besar risiko transmisi virusnya.

Panduang Physical Distancing: Mengunjungi Keluarga Juga Kakek Dan Nenek

Sebaiknya hindari terlebih dahulu perjalanan jarak jauh demi mengunjungi keluarga. Kmau bisa mensiasatinya dengan menelpon mereka atau video call jika memungkinkan. Mengingat usia kakek dan nenek sudah cukup lanjut dan rentan terkena penyakit baik itu virus Covid maupun penyakit lainnya, lebih baik kunjungan ini dihindari terlebih dahulu terutama jika kamu atau keluarga yang akan kamu kunjungi sedang dalam kondisi kesehatan yang kurang baik.

Jika situasi memang memaksa kamu harus datang mengunjungi keluarga usahakan kamu mengunjunginya tidak secara ramai-ramai. Satu atau dua orang saja sudah cukup untuk datang datang berkunjung. Jangan juga berlama-lama berkunjung apalagi dengan bermalam. Cukup berkunjung satu atau dua jam saja kemudian pulang. Hal ini dilakukan karena kamu menyayangi keluarga yang kamu kunjungi dengan membantu mereka menjaga kesehatan.

Panduan Physical Distancing: Ragu Ke Supermarket Karena Ramai?

social distancing

Supermaket menjadi salah satu ruang publik yang masih ramai dikunjungi masyarakat. Loh kok supermaket gak ditutup sih Bob, kan orang-orang jadi berkumpul jadi gak physical distancing? Supermarket masih dibuka untuk membantu memastikan masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-harinya agar dapat beraktivitas di dalam rumah dengan tenang tanpa kekurangan.

Bob punya solusi untuk kamu dapat berbelanja dengan aman dan nyaman saat physical distancing. Kamu bisa berbelanja ke supermarket dengan mencari waktu saat jumlah pengunjung paling sedikit agar tetap dapat melakukan physical distancing. Kamu bisa mensiasatinya dengan berbelanja di waktu pagi-pagi saat supermarket baru saja buka atau di malam hari sebelum tutup. Solusi selanjutnya untuk menerapkan prosedur physical distancing adalah dengan berbelanja online.

Kini banyak sekali e-commerce yang menawarkan belanja online untuk memenuhi kebutuhan sehari-sehari seperti sembako dan lain sebagainya. Jika kamu sedang dalam kondisi kesehatan yang kurang baik kamu juga bisa memenafaatkan layanan ojek online untuk berbelanja sesuai dengan list belanja yang telah kamu buat. Hal ini pun berlaku saat kamu sedang malas memasak dengan memean ojek online untuk membeli makanan dan minuman favorit kamu.

Semoga panduan physical distancing ini membantu kamu ya. Untuk kamu yang sedang work from home dan ingin menjalani masa physical distancing secara nyaman kamu bisa mendapatkan pengalaman baru bekerja sambil menginap di Bobobox. Kamu bisa unduh aplikasi Bobobox untuk mendapatkan informasi lebih lanjut!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.