Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Inilah 10 Original Soundtrack Kdrama Legendaris yang Bikin Kamu Auto Nyanyi!

Langsung tahu deh kalau dengar 10 original soundtrack kdrama legendaris ini!

Annyeonghaseyo! Jal jinaeseyo, yeoreobun? Hmm… Demam drakor sepertinya akan terus berjalan. Bukan hanya alur ceritanya saja yang menarik, kualitas akting para aktor dan aktrisnya pun patut diacungi jempol. Apalagi paras para pemainnya pun ganteng-ganteng dan cantik-cantik. Ditambah lagi, makin banyak drama-drama baru dengan plot yang unik dan menarik. Duh! Nggak akan bosen deh begadang buat maraton drama Korea sampai subuh!

Di Indonesia, gelombang Korea atau hallyu sudah terasa sejak akhir tahun 1990an dan awal tahun 2000an. Dilansir dari Korea.net, serial drama dan musik Korea mulai populer di negara-negara Asia sejak pertengahan 1990an. Sementara itu di tahun 2000an, hallyu makin ganas dengan hadirnya boyband dan girlband ternama seperti Girls’ Generation dan Big Bang. Bahkan, gelombang ini juga menyerbu kawasan lain seperti Amerika Latin dan Timur Tengah.

original soundtrack kdrama legendaris
Sumber: Tistory

Nah, kembali bicara soal drakor. Salah satu hal yang bikin serial drama Korea makin menarik adalah daftar soundtrack-nya. Lagu-lagu ini bukan sekadar pengisi adegan, lho, tetapi juga bisa mewakili perasaan karakter atau kisahnya. Nah, Bob punya 10 original soundtrack Kdrama legendaris yang kemungkinan kamu sudah tahu. Kalau dengar salah satu lagu ini, kamu pasti langsung ngeuh dan mungkin auto ikut nyanyi! Apa aja sih pilihan original soundtrack Kdrama legendaris tersebut? Check these out!

1. WHY – Destiny (운명)

Full House (2004)

original soundtrack kdrama legendaris
Sumber: Chartoo.in

Di urutan pertama daftar original soundtrack Kdrama legendaris, ada Destiny dari serial Full House (2004). Percintaan Lee Young-jae (Rain) dan Han Ji-eun (Song Hye-kyo) dikemas dalam komedi romantis yang bikin gemes! Kamu mungkin menduga kalau Rain yang menyanyikan lagu tema drama ini. Padahal, penyanyi aslinya adalah WHY. Dilansir dari Chosun, identitas WHY memang tidak dipublikasikan. Kok gitu ya? Meskipun demikian, lagu ini tetap terkenal dan disukai banyak orang.

2. 10CM – Lean on Me (나의 어깨에 기대아요)

Hotel del Luna (2019)

original soundtrack kdrama legendaris
Sumber: music.163.com

Di posisi kedua daftar original soundtrack Kdrama legendaris, ada lagu dari drama fantasi Hotel del Luna (2019). Ditulis oleh Hong Sisters, drama ini dibintangi oleh IU dan Yeo Jin-goo sebagai protagonisnya. Ada banyak penyanyi yang menyumbangkan suaranya untuk drama ini, dan salah satunya adalah 10CM. Lagu berjudul Lean on Me ini sering muncul dalam adegan-adegan sedih atau perpisahan. Aduh! Selain itu, Lean on Me juga sempat menempati posisi 13 digital chart Gaon tahun 2019 minggu ke-34.

3. Izi – Emergency Room (응급실)

Sassy Girl Chun-hyang (2005)

original soundtrack kdrama legendaris
Sumber: Last.fm

Untuk original soundtrack Kdrama legendaris yang satu ini, Bob yakin pasti banyak yang tahu. Serial komedi romantis Sassy Girl Chun-hyang ditayangkan pada tahun 2005 dan berdasarkan pada cerita rakyat Chunhyangjeon. Drama ini dibintangi Han Chae-young dan Jae-hee sebagai pemeran utamanya. Salah satu soundtrack-nya yang paling terkenal berjudul Emergency Room. Lagu bergenre slow rock ini dibawakan oleh Izi, band rock asal Korea Selatan. Hmm… Kalau dengar chorus-nya, pasti ngeuh deh sama lagu ini!

4. Gummy – You Are My Everything

Descendants of the Sun (2016)

original soundtrack kdrama legendaris
Sumber: VIBBIDI

Lagu yang satu ini ikut melejit karena popularitas dramanya yang meledak. Ditayangkan pada tahun 2016, Descendants of the Sun dibintangi Song Joong-ki dan Song Hye-kyo sebagai protagonisnya. Drama sensasional ini, dilansir dari Korea Herald, menjadi serial terpopuler dan mencetak skor tertinggi di Program Engagement Index di tahun 2016. Salah satu soundtrack-nya, You Are My Everything dinyanyikan oleh Gummy dan sangat populer. Sering dinyanyikan juga di karaoke, lho!

5. Gaho – Start (시작)

Itaewon Class (2020)

original soundtrack kdrama legendaris
Sumber: Game-OST.ru

Di urutan kelima, ada Gaho dengan lagu berjudul Start. Lagu ini merupakan original soundtrack Kdrama legendaris Itaewon Class yang ditayangkan pada tahun 2020. Aransemennya yang berenergi bikin kamu ikut bersemangat deh! Nah, Itaewon Class sendiri merupakan adaptasi dari webtoon dengan judul yang sama. Salah satu hal yang terkenal dari serial ini adalah rambut karakter Park Saeroyi yang khas dan unik banget! Para cowok, ada yang mau coba style rambut seperti itu?

6. Lee Juck – Don’t Worry Dear (걱정말아요 그대)

Reply 1988 (2015)

original soundtrack kdrama legendaris
Sumber: Brunch

Drama Korea yang satu ini berhasil memikat para penontonnya dengan kisah yang hangat. Ditayangkan di tahun 2015, Reply 1988 merupakan installment ketiga dari serial Reply. Trek-trek di album original soundtrack Kdrama legendaris ini merupakan remake dari lagu-lagu lama. Salah satu lagu yang paling terkenal adalah Don’t Worry Dear yang dinyanyikan oleh Lee Juck. Aransemen yang ringan, petikan gitar, dan warna vokal Lee Juck yang khas membuat lagu ini begitu menenangkan!

7. Jang Na-ra – Sweet Dream

My Love, Patzzi (2002)

original soundtrack kdrama legendaris
Sumber: lujuba.cc

Anak drakor tahun 2000an pasti tahu sama drama yang satu ini. Ditayangkan tahun 2002, My Love, Patzzi jadi salah satu drakor yang cukup digemari di era 200an awal. Drama yang merupakan twist dari cerita rakyat Kongji & Patzzi ini dibintangi oleh artis Jang Na-ra sebagai protagonis perempuannya. Jang Na-ra sendiri bermain di beberapa drama lain, termasuk VIP (2019). Di My Love, Patzzi, Jang Na-ra turut menyumbangkan suaranya dalam lagu Sweet Dream yang ceria. Dengar intro lagunya saja sudah bisa bikin kalian ngeuh!

8. Yerin Baek – Here I Am Again (다시 난, 여기)

Crash Landing on You (2019)

original soundtrack kdrama legendaris
Sumber: Kugou

Di posisi kedelapan daftar original soundtrack Kdrama legendaris, ada Here I Am Again milik Yerin Baek. Lagu Here I Am Again merupakan salah satu soundtrack untuk drama romantis Crash Landing on You. Drama yang mengambil latar zona demiliterisasi Korea ini dibintangi oleh Son Ye-jin dan Hyun-bin. Oh, ya! Zona ini ternyata bisa dikunjungi untuk wisata, lho, seperti dilansir dari VVIP Travel. Namun, kamu hanya bisa mengikuti tur khusus yang dipandu tour guide berlisensi.

9. Ailee – I Will Go to You Like the First Snow (첫눈처럼 너에게 가겠다)

Guardian: The Lonely and Great God [Goblin] (2016)

original soundtrack kdrama legendaris
Sumber: Last.fm

Kalau bicara soal Goblin, kamu mungkin tahu lagu Stay with Me. Ya, lagu yang dibawakan oleh Punch dan Chanyeol tersebut adalah salah satu original soundtrack Kdrama legendaris ini. Bisa dibilang Goblin menggait musisi-musisi andal untuk mengisi daftar trek, termasuk MAMAMOO, Heize, hingga Crush. Namun, lagu I Will Go to You Like the First Snow juga nggak kalah terkenal. Trek ballad ini dibawakan oleh Ailee. Dengan aransemen yang sentimental, lagu ini cocok buat menemani momen galau kamu.

10. Shin Seung Hoon – Words You Can’t Hear (너에겐 들리지 않는 그 말)

I Can Hear Your Voice (2013)

original soundtrack kdrama legendaris
Sumber: Popgasa

Dan original soundtrack Kdrama legendaris terakhir datang dari drama I Can Hear Your Voice. Dibintangi oleh Lee Bo-young dan Lee Jong-suk, drama ini punya plot yang cukup unik. Pasalnya, pasangan utama yang menjadi protagonis cerita berbeda usia yang cukup jauh. Lee Bo-young berperan sebagai Jang Hye-sung, seorang pengacara. Sementara itu, Lee Jong-suk berperan sebagai Park Su-ha, siswa SMA yang jatuh hati pada Hye-sung. Lagu ini mungkin menggambarkan perasaan Su-ha… atau mungkin Hye-sung, ya?

Itulah 10 original soundtrack Kdrama legendaris yang sayang untuk kamu lewatkan. Drama favoritmu masuk ke daftar ini atau tidak? Kalau nggak, kasih tahu Bob dong drama favorit kalian dan soundtrack-nya! Ya, supaya Bob bisa dengar dan tonton juga sambil santai di pod Bobobox yang cozy maksimal!

Nonton Drakor Seru Sambil Liburan di Bobobox!

Seperti yang Bob bilang, semua pod di Bobobox nyaman banget buat dipakai istirahat, tidur, atau nonton drakor. Apalagi dengan adanya Bluetooth speaker dan teknologi en-capsule yang terintegrasi dengan aplikasi seluler. Maraton drakor bakalan makin seru deh! Bobobox juga punya shared bathroom, kitchenette, communal space, dan musala untuk menunjang kebutuhanmu selama liburan. Ada juga vending machine supaya kamu nggak perlu repot-repot beli minuman di luar hotel.

bobobox kota lama

Sudah siap buat pesta drama Korea di Bobobox? Yuk download dulu aplikasi Bobobox ke ponselmu. Kamu bisa memesan pod lewat aplikasi tersebut. Ada beragam promo menarik juga yang sayang dilewatkan, lho! Jadi, yuk pesan pod-mu di Bobobox sekarang dan maraton drama Korea kesukaanmu bareng Bob! Gidarilkke!

You might also like