Irfannur Diah/Unsplash

Menginap di Bobocabin Signature Toba? Jangan Lupa Bawa Pulang Oleh-Oleh Khas Toba Samosir Berikut Ini Ya!

Berkunjung ke suatu tempat tidak akan lengkap tanpa membawa pulang oleh-oleh, termasuk saat kamu sedang menginap di Bobocabin Signature Toba. Sama halnya dengan tempat wisata lain, oleh-oleh khas Toba Samosir juga cukup beragam, mulai dari makanan hingga suvernir. Berikut ini oleh-oleh khas Toba Samosir yang bisa kamu bawa pulang untuk kamu bagikan pada teman dan keluarga.

Kain Ulos

via travel.kompas.com

Seagai daerah yang berpenduduk asli Suku Batak, kain ulos tentu menjadi salah satu oleh-oleh khas Toba Samosir yang wajib kamu bawa pulang. Kain tenun ini memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat Suku Batak yang kerap menggunakannya untuk berbagai upacara adat. Sebut saja upacara pernikahan, kelahiran hingga kematian.

Didominasi oleh warna hitam, merah dan putih, kain ulos terdiri dari beragam jenis dan motif yang masing-masing memiliki makna dan kegunaannya tersendiri. Di antaranya adalah ulos antak-antak, bintang maratur, boolean, mangiring, padang ursa, lobu-lobu, pinuncaan dan harungguan yang menjadi favorit.

Jika ingin membeli oleh-oleh khas Toba Samosir ini, kamu bisa mengunjungi Desa Lumban Suhi Suhi yang terkenal sebagai produsen kain ulos. Di sana, kamu juga bisa sekalian menyaksikan cara pembuatannya. Karena pembuatannya menggunakan cara tenun tradisional, kain ulos bisa kamu dapat dengan harga sekitar Rp 2.000.000,00. Namun, kamu juga bisa mendapat harga murah sekitar Rp 45.000,00 untuk kain ulos produksi pabrik.


Baca Juga: Sedang Di Sumatra Utara? Ini Dia Tempat Wisata Hits 2022 Medan Anti-Mainstream!


Arsik

via kompas.com

Salah satu oleh-oleh khas Toba Samosir berupa makanan adalah arsik ikan mas, yaitu makanan khas Batak yang memiliki makna tersendiri, yaitu sebagai simbol berkat kehidupan. Masyarkat biasanya memasak arsik ikan mas  dengan bumbu kuning khas Batak di atas kayu bakar sehingga menguarkan aroma dan rasa yang khas.

Bumbu tersebut di antaranya meliputi bawang merah, bawang putih, cabai rawit, kemiri, kunyit, asam cikala, andaliman, kincung serta daun ubi dan kacang panjang. Olahan tersebut menghasilkan citarasa gurih, pedas dan sedikit asam.

Arsik ini merupakan makanan merakyat yang umum dijumpai di rumah-rumah warga. Jika kamu ingin menikmatinya, kamu hanya perlu mendatangi rumah-rumah makan di pesisir Danau Toba yang menyajikan makanan ini dengan posisi berenang, yaitu kepala ikan menghadap penikmatnya. Meski tidak begitu populer sebagai oleh-oleh karena termasuk makanan basah dan banyak durinya, ikan arsik kini sudah bisa kamu jumpai dalam bentuk frozen.

Kacang Sihobuk

via bobo.grid.id

Kacang Sihobuk merupakan camilan asal Desa Sihibuk, salah satu desa penghasil kacang di Sumatra Utara. Meski tampak sama dengan camilan kacang pada umumnya, kacang Sihobuk telah melalui proses pengolahan yang unik sehingga menghasilkan rasa gurih dan tekstur yang empuk.

Proses bemula dari penyortiran hingga kemudian kacang direndam dalam bumbu asinan khas Sihobuk selama 3-5 jam. Selanjutnya, kacang ditiriskan, dijemur lalu disangrai selama dua jam dengan menggunakan pasir dalam wajan tanah liat di atas tungku kayu.

Jika ingin membeli oleh-oleh khas Toba Samosir ini, siapkan saja uang sekitar Rp 80.000,00 untuk satu bungkus dengan isi 500 gram. Camilan satu ini paling enak kamu nikmati bersama teh atau kopi hangat.


Baca Juga: Bingung Cari Oleh-Oleh Dari Bali? Simak Rekomendasi Tempat Oleh-Oleh Bali Berikut Ini!


Mangga Sibandang

via calderatobageopark.org

Mangga sibandang merupakan jenis mangga yang bisa kamu jumpai di Pulau Sibandang. Oleh-oleh khas Toba Samosir ini termasuk buah musiman yang bisa kamu jumpai di bulan Januari dan Februari saja.

Soal rasa, tidak perlu kamu ragukan lagi. Mangga Sibandang ini memiliki ukuran besar dan rasa yang sangat manis, tanpa rasa asam sama sekali. Dagingnya berwarna kuning dengan tekstur berserat, namu lembut dan penuh sari buah. Karena itu, harganya mungkin lebih mahal dari mangga biasa dengan kisaran Rp 45.000,00 per kilogram.

Itak Gurgur

via travel.tribunnews.com

Selanjutnya, ada oleh-oleh khas Toba Samosir bernama itak gurgur. Itak gurgur ini merupakan jajanan tradisional suku Batak yang biasanya hadir dalam acara adat. Itak sendiri memiliki arti beras yang dihasulkan dengan tumbuk tradisional sementara gurgur artinya membara. Dengan kata lain, siapapun yang memakan kudapan ini akan memiliki semangat membara.

Itak gurgur sendiri terbuat dari tepung beras, kelapa, gula aren (untuk isian bagian dalam) serta garam yang digoreng sehingga menghasilkan rasa manis gurih yang memanjakan lidah. Untuk mencetak itak gurgur, pembuatnya menggunakan kepalan tangan sehingga bentuknya pun unik.

Tipa-Tipa

via merahputih.com

Oleh-oleh khas Toba Samosir berikutnya yang tak kalah lezat adalah tipa-tipa. Camilan asal Porsea ini merupakan sereal khas batak yang kerap disajikan dengan campuran gula pasir, garam dan kelapa parut. Masyarakat biasanya mennyantap tipa-tipa bersama dengan kopi atau teh.

Berbeda dengan serela yang biasanya terbuat dari gandum, tipa-tipa ini terbuat dari beras atau padi muda yang dipipihkan. Setelah memanen padi muda, warga akan merendamnya dalam air selama dua malam. Setelah itu, mereka akan meniriskan lalu menyangrainya hingga matang.

Saat manis panas, padi ditumbuk atau ditipa-tipa. Warga kemudian memisahkan padi dari kulitnya dengan cara menampi. Setelah itu, tipa-tipa siap kamu santap.

Kamu bisa membeli camilan ini di berbagai pusat oleh-oleh yang tersebar di kawasan Toba Samosir. Namun, perlu kamu ingat, tipa-tipa ini memiliki tekstur yang cukup keras. Karena itu, pastikan gigi kamu kuat untuk menikmati gurihnya sereal asal Porsea ini.


Baca Juga: 10 Oleh Oleh Bogor Yang Paling Populer. Jadi Favorit Banyak Wisatawan!


Kerajinan

via kumparan.com

Bagi kamu pecinta kerajinan, kamu bisa menemukan oleh-oleh khas Toba Samosir di Pasar Tomok. Oleh-oleh biasanya berupa kerajinan berbahan kayu seperti gelang, kalung hingga gantungan kunci. Harganya pun cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp 5.000,00 per satuannya.

Selain itu, ada juga kerajinan khas Batak lainnya yang tak kalah menarik seperti:

  • Gorga (ukiran berupa patung atau hiasan dinding khas rumah adat Batak)
  • Miniatur rumah adat Batak
  • Hapetan (gitar tradisional Batak)
  • Tunggal panaluan (tongkat kayu dengan ukiran manusia, cecak, ular dan kalajeingking)
  • Piso halasan (pedang berbentuk seperti golok dengan mata tunggal dan bagian ujung yang sedikit melengkung)

Miniatur rumah bisanya dapat kamu beli mulai dari Rp 125.000,00 tergantung pada kerumit ukirannya.

Kopi Lintong

via lifestyle.okezone.com

Kopi Lintong merupakan salah satu kopi berkualitas premium asal Lintong Nihuta yang wajib banget kamu jadikan oleh-oleh. Oleh-oleh khas Toba Samosir ini memliki aroma khas seperti menguarkan rasa tanah dan rempah. Karena keunikannya tersebut, kopi Lintong pun tak hanya menjadi incaran pasar domestik, namun juga mancanegara.

Kaus Samosir

via libur.co

Selain kerajinan tangan, Pasar Tomok juga menawarkan oleh-oleh khas Toba Samosir berupa kaus. Kaus-kaus bertuliskan “I Love Samosir” dan sejenisnya ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 30.000,00-55.000,00 tergantung pada bahan yang digunakan. Seperti di pasar-pasar lainnya, kamu bisa mencoba tawar-menawar dengan pedagang untuk mendapatkan harga yang pas, apalagi jika kamu belanja dalam jumlah banyak.

Naniura

via yoursay.suara.com

Naniura merupakan makanan tradisional yang mendapat julukan sashimi khas Batak. Makanan satu ini memang merupakan olahan ikan mentah (bisa ikan mas atau nila) namun tidak berbau amis. Penyebabnya adalah proses pembuatannya yang menggunakan air asam jungga atau jeruk purut dan garam untuk merendam ikan hingga 4-5 jam.

Penggunaan air asam tersebut kemudian akan mematangkan daging sehingga kamu tidak perlu menggoreng, membakar ataupun merebusnya. Setelah perendaman itu, ikan kembali dilumuri bumbu khas lalu diamkan selama satu jam agar meresap.

Kamu bisa menjumpai oleh-oleh khas Toba Samosir ini di sepanjang pesisir Danau Toba. Meski termasuk makanan basah, naniura bisa bertahan hingga satu minggu tanpa perubahan rasa. Kamu bisa membelinya dengan harag sekitar Rp 100.000,00-150.000,00 per kilogram.

Lepas Penatmu di Bobocabin Signature Toba!

Bobocabin hadir menawarkan kenyamanan cabin modern dengan keindahan Danau Toba di depan mata. Akomodasi yang berlokasi di kawasan The Kaldera Nomadic Space ini telah dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih seperti B-Pad dan Smart Window yang memberi kamu pilihan untuk menikmati privasi atau mengubahnya ke mode transparan agar kamu bisa lebih dekat dengan alam. Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, unduh dulu aplikasi Bobobox di sini!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles