Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Cari Oleh-oleh khas Semarang di Galeri Industri Kreatif Kota Lama

Tak perlu bingung lagi saat mencari oleh-oleh khas Semarang

Bobobox.co.id — Liburan ke destinasi kota yang kamu tuju tidak akan lengkap jika tidak membeli oleh-oleh khasnya. Sama halnya saat kamu berwisata di Semarang.

Saat jalan-jalan di Semarang, tentu rasanya kamu tidak boleh ketinggalan untuk membeli oleh-oleh khas Semarang. Nah, jika kamu sedang berada di kawasan Kota Lama Semarang, tidak ada salahnya untuk mampir ke tempat satu ini.

Tempat yang dimaksud mencari oleh-oleh khas Semarang adalah di Galeri Industri Kreatif. Galeri Industri Kreatif sendiri merupakan tempat mencari oleh-oleh khas Semarang yang baru diresmikan pada tanggal 27 Mei 2019 yang lalu.

Sehingga, tempat ini sendiri sebenarnya masih relatif baru. Walaupun begitu, banyak pedagang yang menjual oleh-oleh khas Semarang yang patut kamu bawa pulang ke rumah.

Jika kamu ingin tahu soal informasi detil dari Galeri Industri Kreatif ini, langsung saja simak fakta-fakta menarik soal tempat untuk membeli oleh-oleh khas Semarang berikut ini.

Bangunannya Merupakan Bangunan Kuno

Untuk bisa sampai ke Galeri Industri Kreatif, kamu hanya perlu mengingat salah satu tempat wisata Semarang di Kota Lama Semarang yaitu Gereja Blenduk.

Pasalnya, galerinya memang berada persis di belakang Gereja Blenduk. Jadi, tidak perlu khawatir karena sesampainya di area sekitaran Gereja Blenduk, kamu bisa langsung menemukan galerinya.

Dulunya, bangunan yang sekarang digunakan sebagai Galeri Industri Kreatif ini merupakan miliki PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI). Namun, akhirnya dipinjamkan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah sebagai gudang.

Setelah direnovasi, bangunannya sendiri ditempati oleh para pengusaha kecil dan menengah untuk menjajakan dagangannya kepada para pengunjung yang datang.

oleh-oleh khas Semarang lokasi
via humas.jatengprov.go.id

Memerlukan Dana yang Tidak Sedikit

Untuk menyulap bangunan yang asalnya merupakan gedung tua, biaya yang dikeluarkan pun tidak main-main lho. Pembuatan Galeri Industri Kreatif ini memerlukan dana sebesar 1,6 miliar.

Dana tersebut sendiri diambil dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari Bank Jateng. Renovasinya sendiri ditujukan agar penampakan galeri layaknya tampilan saat pertama kali dibangun.

Selain dibangun untuk memanfaat bangunan tua yang ada di Kota Lama Semarang, tujuan dibangunnya tempat ini sendiri untuk menjadi tempat wisata baru di Semarang khususnya dalam mencari oleh-oleh khas Semarang.

Tak hanya merevitalisasi gedung milik PPI, sebenarnya pemerintah Kota Semarang sendiri pun mempercantik Kota Lama untuk bersolek lebih indah lagi agar menjadi daya tarik lebih agar wisatawan datang ke Semarang.

via serat.id

Terbagi ke Dalam Empat Ruangan

Nah, saat kamu masuk ke dalam bangunannya, ada empat ruangan yang tersedia untuk kamu kunjungi boothnya satu per satu. Keempat ruangan tersebut sendiri diisi dengan tiga kategori barang.

Untuk bangunan pertama, kamu bisa membeli barang-barang antik di sini. Barang-barang antik sendiri tentunya bisa jadi akan cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh khas Semarang selepas liburan di kota lumpia ini.

Walaupun barang-barangnya terbilang sudah berumur, namun soal kualitasnya sendiri masih enak untuk dipandang dan banyak yang masih layak pakai kok.

Ruangan yang paling besar di antaranya keempat ruangan yang ada ini ditempati oleh pedagang yang dulunya berjualan di sebelah Taman Srigunting.

Beralih ke ruangan selanjutnya, ruangan kedua ini diisi oleh pedagang-pedagang produk fashion dan furnitur sebagai oleh-oleh khas Semarang yang bisa kamu beli.

via inibaru.id

Beberapa barang yang dijual di ruangan ini di antaranya ada batik, kebaya, dan handicraft. Soal batiknya, rata-rata yang dijual di sini adalah batik tulis.

Nah, sedangkan ruangan terakhir merupakan tempat di mana kamu bisa mengisi perutmu yang keroncongan sehabis berkeliling Kota Lama Semarang ataupun berkeliling ruangan yang ada di Galeri Industri Kreatif ini.

Ruangan yang menjadi pintu keluar ini diisi oleh lapak-lapak penjual makanan dan minuman atau seringkali disebut pujasera.

Beberapa kuliner khas Semarang, Jawa Tengah yang bisa disantap adalah lumpia, soto, dan masih banyak lainnya. Yang jelas, ruangan terakhir ini siap memanjakan bagi kamu yang senang wisata kuliner.

Jangan Lupa Berfoto Sehabis Membeli Oleh-Oleh Khas Semarang

Sehabis menyantap kuliner di Galeri Industri Kreatif, berfoto menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan saat melakukan traveling atau liburan.

Nah, di Galeri Industri Kreatif ini, ada ruangan yang menyediakan photobooth. Spot photoboothnya sendiri berupa papan bergambarkan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang sedang menaiki sepeda motor.

Jadi, saat difoto, hasil fotonya bisa terlihat seolah-olah kamu sedang memboceng Jokowi. Pasalnya, di photobooth tersebut disediakan jok motor sebagai aksesoris saat berfoto.

via inibaru.id

Tak Perlu Uang Tunai Saat Membayar

Nah, bagi kamu yang ingin membeli oleh-oleh khas di Galeri Industri Kreatif Kota Lama Semarang, tidak perlu risau jika kamu sedang tidak membawa uang tunai.

Di tempat membeli oleh-oleh khas Semarang ini, cara pembayarannya sendiri tidak menggunakan uang tunai. Namun, cara pembayarannya sudah mengikuti zaman sekarang yaitu dengan uang elektronik yang disediakan oleh pihak pengelola.

Penggunaan metode pembayaran cashless sendiri ini disinyalir guna mempermudah transaksi yang dilakukan oleh pengunjung. Sehingga, para pengunjung yang datang tidak perlu lagi repot untuk menyiapkan uang tunai terlebih dahulu.

via dotsemarang.blogspot.com

Menginap saat di Semarang? Datang Aja ke Bobobox

Jadi, sekarang kamu sudah mengetahui bukan tempat yang tepat untuk membeli oleh-oleh khas Semarang. Jika sudah, janganlah untuk mampir ke Bobobox Pods Kota Lama.

Di Bobobox, kamu bisa mengisi kembali energimu yang sudah habis setelah seharian jalan-jalan di Semarang dan membeli oleh-oleh khas Semarang di Galeri Industri Kreatif Kota Lama.

Bobobox merupakan hotel kapsul yang mengusung konsep futuristik. Selama di Bobobox, kamu akan dimanjakan dengan fasilitas-fasilitas keren nan ciamik.

Di dalam pod, kamu bisa memanfaatkan lampu led yang bisa diubah sesuka hatimu. Jika ingin menonton film atau serial televisi favorit, ada pengeras suara Bluetooth yang bisa digunakan untuk memaksimalkan momen menontonmu.

Beralih ke luar pod, keamanan tiap podnya terjamin karena menggunakan QR Code yang dikirimkan langsung ke smartphonemu. Jadi, barang bawaanmu yang ada di dalam pod dijamin tidak akan hilang.

kamar bobobox

Tak hanya itu saja, kamu pun bisa menggunakan pantri, toilet, dan musala yang memang ditujukan untuk digunakan secara berbarengan. Ada juga koneksi WiFi bagi yang ingin memainkan media sosialnya.

Dengan sejumlah fasilitas yang keren di atas, tentu kamu berpikir bahwa harga inap per malamnya akan sangat mahal. Padahal, Bobobox sendiri menawarkan harga inap yang justru relatif bersahabat untuk yang sedang liburan murah di Semarang.

Harga inap per malamnya sendiri adalah 139 ribu untuk Earth dan Sky Single. Sedangkan, Earth dan Sky Double dibanderol seharga 179 ribu per malamnya.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir saat menginap di Bobobox akan membuatmu dompetmu tipis. Untuk informasi dan pemesanan, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.