Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Oleh-Oleh Khas Jakarta yang Ikonik Sejak Zaman Dahulu

Jika berkunjung ke Kota Jakarta jangan lupa beli oleh-oleh khas Jakarta berikut ya!

Oleh-oleh khas Jakarta menjadi salah satu topik yang akan Bob bahas pada kesempatan kali ini. Bukan sekedar oleh-oleh khas Jakarta biasa, Bob akan menjelaskan beberapa oleh-oleh khas Jakarta yang terkenal sejak jaman dahulu sehingga sering disebut ikonik. Jakarta memang memiliki banyak pilihan tempat wisata yang menarik unuk dikunjungi. Kurang lengkap rasanya jika jalan-jalan ke Kota Jakarta tanpa membawa pulang oleh-oleh khas Jakata untuk orang-orang tersayang.

Dengan membeli oleh-oleh khas Jakarta ini kamu sekan-akan masuk ke dalam dimensi Kota Jakarta tempo dulu. Oleh-oleh khas Jakarta berikut ini sudah ada bahkan sejak zaman penjajahan atau masa kolonial. Dengan membeli oleh-oleh khas Jakarta kamu pun telah membantu perekonomian warga lokal yang berusaha melestarikan kebudayaan Jakarta melalui oleh-oleh khas Jakarta. Penasaran seperti apa sajakan oleh-oleh khas Jakarta tempo dulu ini? Yuk, kita simak informasinya!

oleh-oleh khas jakarta
@IDN Times

1. Oleh-oleh Khas Jakarta: Dodol Betawi

Oleh-oleh Jakarta yang pertama ini pasti sudah familiar di telinga kamu. Kota Jakarta memang cukup terkenal dengan dodol Betawi-nya yang manis dan gurih. Jika kamu merasa dodol Betawi terdengar membosankan untuk dijadikan oleh-oleh maka kamu salah besar. Dodol Betawi memiliki keistimewaannya tesendiri dibandingkan dodol dari daerah lain. Meskipun dibuat dengan teknik atau cara yang sama dengan dodol lainnya yaitu dengan cara diaduk selama berjam-jam, faktanya dodol Betawi memiliki cita rasa yang khas.

Tekstur dari dodol Betawi ini pun bisa dibilang serupa dengan dodol lainnya. Hal yang membuat dodol Betawi memiliki cita rasa yang istmewa adalah karena dodol Betawi ini dibuat dari ketan hitam, ketan putih, dan juga durian. Wah kabar baik nih buat kamu pecinta camilan manis sekaligus durian! Bisa dibayangkan semerbak wangi durian bercampur dengan manis, legit, dan gurih khas dodol Betawi yang kenyal ini. Dodol Betawi ini pun cukup mudah kamu temukan di sekitar Kota Jakarta, lho.

Kamu juga bisa mengunjungi toko Dodol Betawi Gurih Rasa yang berada di Jalan Angsana No 26, Pejaten, Jakarta Selatan.

2. Oleh-oleh Khas Jakarta: Roti Buaya

Oleh-oleh khas Jakarta selanjutnya adalah roti buaya. Roti ini memang unik, sesuai namanya roti ini memiliki bentuk selayaknya seekor buaya. Selain benuknya yang unik rasanya pun nikmat! Jika kamu ingin merasakan cita rasa otentik khas roti buaya kamu bisa memesan roti buaya polos. Jika kamu ingin mencoba rasa yang lebih beragam kamu bisa memesan roti buaya dengan rasa cokelat, keju, hingga stoberi.

Roti buaya biasanya dihidangkan di beberapa perayaan besar Betawi. Beberapa diantaranya adalah saat acara lamaran. Biasanya keluarga Betawi dari pihak calon pengantin pria akan membawa hantaran berupa roti buaya sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi. Roti buaya merupakan sebuah simbol kesetiaan juga kemapanan bagi kedua pasangan. Namun tentu saja roti buaya ini bisa kamu nikmati kapan saja tanpa harus mengadakan acara lamaran ala Betawi.

3. Oleh-oleh Khas Jakarta: Bir Pletok

Meskipun oleh-oleh khas Jakarta ini bernama bir namun kamu tak perlu khawatir karena minuman ini tidak mengandung alkohol sama sekali. Oleh karena itu mengonsumsi bir pletok khas Jakarta ini tidak akan serta merta membaut kamu mabuk. Sebaliknya, bir pletok ini bahkan aman dan baik untuk dikonsumsi karena terbuat dari bahan-bahan alami seperti jahe, daun pandan, batang serai, dan masih banyak rempah-rempah lainnya.

Mengonsumsi bir pletok secara rutin akan membuat tubuh senantiasa bugar dan sehat. tak heran jika bir pletok ini menjadi minuman andalah yang sering dikonsumsi warga Kota Jakarta sejak zaman dahulu ingga saat ini terutama untuk meredakan pegal-pegal, flu, dan masuk angin. Banyak orang mengaku tubuhnya terasa segar dan rasa lelah berangsur hilang setelah mengonsumsi bir pletok.

@IndonesiaKaya.com

4. Oleh-oleh Khas Jakarta: Kue Geplak

Jajanan ini meruapakan kue khas Jakarta yang terbuat dari beras. Sesuai dengan gambar di atas, kue geplak ini didominasi dengan warna puti dan coklat. Rasanya manis dengan tekstur yang lembut. nama kue geplak diambil dari proses pembuatan kue yang dilakukan dengan cara ditepuk-tepuk sehingga jajanan ini disebut dengan kue geplak.

Kue geplak biasanya disajikan sebagai salah satu hantaran yang dibawa calon pengantin pria saat mendatangi calon pengantin wanita ketika melamar sama halnya dengan roti buaya. Dibanding roti buaya, kue geplak memang sudah mulai jarang ditemukan di Kota Jakarta.

5. Oleh-oleh Khas Jakarta: Kue Kembang Goyang

Kembang goyang merupakan salah satu oleh-oleh Jakata yang bisa kamu bawa pulang untuk orang-orang tersayang. Mengapa disebut dengan nama kembang goyang? Hal ini dikarenakan jajanan ini dibuat dengan cara digoreng di dalam minyak panas sambil digoyangkan agar adonan dapat berbentuk bunga sesuai dengan cetakannya.

Kembang goyang dibuat dengan beberapa bahan seperti santan, tepung beras, gula, dan garam sehingga tercipta perpaduan rasa manis dan gurih.Jajanan ini sudah terkenal sejak zaman dahulu dan kini semakin bervariasi dengan hadirnya beragam rasa yang menarik seperti rasa cokelat, keju, dan masih banyak lagi. Kamu bisa membeli kue unik yang gurih ini di berbagai toko oleh-oleh khas Jakarta.

@JejakPiknik.com

6. Oleh-oleh Khas Jakarta: Kue Semprong

Kamu pasti sudah tidak asing dengan oleh-oleh khas Jakarta ini karena juga banyak ditemukan di beberpa daerah lain dengan nama opak. Kue Semprong khas Jakarta ini memiliki bentuk menyerupai tabung kecil. Teksturnya yang kering dan renyah dengan cita rasa gurih membuat kue semprong banyak diminati terutama anak-anak. Kue semprong cocok dinikmati sebagai teman minum kopi atau teh. Bagi kamu yang tertarik mencobanya kamu bisa kunjungi Semprong Glory yang berada di Jalan KS. Tubun III No 2, Slipi, Jakarta Barat.

7. Oleh-oleh Khas Jakarta: Marguerite Nougat

Nougat merupakan jajanan dalam bentuk permen yang terbuat dari madu atau gula dan kacang-kacangan. Kacang yang digunakan untuk membuat nougat pun bermacam-macam seperti kenari, pistachio, dan hazel. Rasanya yang manis dan teksturnya yang cenderung kenyal membuat jajanan ini banyak diburu para pecinta santapan manis. Selain dinikmati secara langsung dalam bentuk batangan nougat beberapa nougat pun ada yang dicampurkan dalam makanan lain seperti cokelat yang nikmat.

Berwisata Santai di Jakarta dengan Bobobox

Berlibur ke kota besar seperti Jakarta, tentunya tidak cukup hanya satu malam dong. Banyak tempat yang pasti ingin kamu jelajahi di Ibu Kota Indonesia ini. Setelah lelah menerjang kemacetan dan hiruk pikuk Jakarta, kamu pasti ingin beristirahat dengan nyaman.

Menginap di Bobobox bisa melengkapi suasana santaimu setelah beraktivitas lho! Pods dengan fasilitas oke dan dilengkapi dengan teknologi canggih pasti tak akan mengecewakanmu deh. Harganya juga sangat terjangkau. Kamu bisa temukan Bobobox di Kebayoran dan Pancoran. Pusat kota banget kan! Yuk pesan pods -nya sekarang di aplikasi bobobox atau klik di sini.