Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Olahraga Saat Puasa, Apa Saja dan Kapan Waktu Terbaiknya?

Olahraga saat puasa bukanlah hal mustahil. Simak informasi berikut ini.

Olahraga saat puasa? Memangnya bisa dan aman? Tentu bisa dan aman! Olahraga saat berpuasa bukanlah hal yang menyeramkan. Olahraga saat puasa berdampak baik pada kesehatan dan juga sangat dianjurkan untuk dilakukan. Namun, kamu harus tahu dulu kapan waktu terbaik olahraga saat puasa, dan jenis olahraga yang diperbolehkan. Berikut adalah penjelasannya.

Kapan Waktu Olahraga Saat Puasa?

Pertanyaan ini mungkin sempat terbersit di benak kamu setelah kamu memasuki bulan ramadhan dan setelah kamu mulai konsisten berolahraga. Faktanya berolahraga itu merupakan sesuatu kebiasaan yang penting dilakukan bahkan saat berpuasa sekalipun.

Tentunya olahraga saat berpuasa aman dilakukan asalkan hindari melakukan olahraga berinsentitas tinggi terlebih melakukannya di waktu yang salah. Berikut ini adalah beberapa waktu terbaik melakukan olahraga saat berpuasa yang bisa kamu pilih.

1. Olahraga Saat Puasa: Sebelum Sahur

Olahraga Saat Puasa

Olahraga saat puasa dapat dilakukan sebelum sahur. Sekitar setengah jam sebelum sahur, minumlah air yang banyak untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Setelah itu, berolahragalah. Sebab, sebelum sahur adalah waktu berolahraga yang disarankan selama bulan Ramadan.

2. Olahraga Saat Puasa: Setelah Buka Puasa

Jika kamu mengeluhkan rasa kantuk jika berolahraga setelah sahur maka kamu bisa mencoba olahraga setelah berbuka puasa. Pastikan kamu menunggu makanan dicerna dengan baik oleh tubuh selema beberapa waktu sebelum mulai berolahraga. Agar kamu tidak merasa mual saat berolahraga setelah berbuka puasa kamu bisa .hindari mengonsumsi makanan berat saat berbuka puasa agar sesi olahraga kamu efektif dan optimal.

Baca Juga: Jangan Sampai Lengah. Hindari Kebiasaan-Kebiasaan Buruk Setelah Puasa Berikut Ini!

3. Olahraga Saat Puasa: Setelah Isya

Punya waktu luang setelah menyelesaikan solat isya dan tarawih? Waktu setelah isya merupakan salah satu waktu terbaik yang bisa kamu manfaatkan untuk melakukan olahraga. Hal ini dikarenakan pada jam 19.00 ke atas, makanan yang kamu konsumsi saat buka puasa sudah tercerna dengan baik. Pastikan sesi olahraga pada bulan puasa tidak melebihi 60 menit agar tubuh kamu tidak lelah. Batasil frekuensi olahraga kardio sebanyak 2 kali saja dalam seminggu.

Jenis Olahraga Saat Puasa yang Bisa Dilakukan

Setelah mengetahui waktu terbaik untuk melakukan olahraga saat berpuasa Bob akan menjelaskan beberapa contoh jenis olahraga yang bisa kamu coba saat berpuasa berikut ini:

1. Olahraga Saat Puasa: Jalan Kaki

Olahraga Saat Puasa

Jalan kaki dianggap sebagai olahraga ringan saat puasa yang boleh dilakukan. Bahkan jalan kaki di tempat sekalipun!Sebab, jalan kaki memiliki banyak manfaat untuk tubuh, termasuk menjaga kebugaran jantung dan paru-paru, menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke, memperkuat tulang dan menstabilkan tubuh, meningkatkan kekuatan serta ketahanan otot, hingga mengurangi lemak tubuh.

2. Olahraga Saat Puasa: Yoga

Jenis olahraga yang sudah dilakukan sejak zaman dulu kala ini adalah jenis olahraga saat puasa yang bisa dicoba, bahkan di dalam rumah sekalipun. Nyalakan saja video pelatihan yoga di dunia maya, dan bersantailah di depan komputer atau televisi Anda sambil mengikuti sang instruktur. Pilihlah yoga dengan tingkat intensitas rendah, seperti Sukhsana (menaruh kedua tangan di lutut sambil duduk bersila) , hingga Tadasana (berdiri tegak sambil menaruh kedua tangan di sisi badan).

3. Olahraga Saat Puasa: Bersepeda

Bersepeda adalah jenis olahraga saat puasa yang mengasyikkan, yang bahkan bisa dilakukan sambil “ngabuburit”.Bersepeda selama 30 menit saja memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot, meningkatkan mobilitas sendi, hingga meredakan stres.

4. Olahraga Saat Puasa: Naik-turun tangga

Naik-turun tangga faktanya bisa kamu manfaatkan sebagai olahraga ringan yang bisa kamu lakukan saat berpuasa. Jika kamu terbiasa menaiki lift saat berada di pusat perbelanjaan, kantor, atau tempat lainnya, kamu bisa coba memertimbangkan untuk menggunakan tangga. Olahraga naik dan turun tangga ini dapat membantu kamu dalam membakar kalori, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan ketahanan tubuh dalam berolahraga, hingga menambah kekuatan tubuh.

5. Olahraga Saat Puasa: Joging

Olahraga Saat Puasa

Olahraga ini tak memerlukan banyak peralatan dan skill. Joging atau lari ringan adalah jenis olahraga yang bisa kamu pilih saat berpuasa. Kamu bisa berlari di sekiar halaman rumah jika kamu malas pergi keluar. Jika kamu hendak ngabuburit kamu bisa melkukan olahraga ini mendekati waktu magrib sambil mencari santapan berbuka di luar.

6. Olahraga Saat Puasa: Tai Chi

Siapa yang tidak tahu jenis olahraga satu ini. Olahraga tai chi ini dikenal memiliki gerakan yang halus dan ringan. Tapi jangan salah dan jangan meremehkan gerakan olahraga tai chi. Gerakan dari olahraga tai chi ini memliki berbagai manfaat yang beragam. Olahraga tai chi dapat membantu kamu dalam meningkatkan kekuatan otot, kestabilan, dan fleksibilitas tubuh, dan juga meningkatkan fungsi kognitif.

Baca Juga: Tips Kreatif Mengajak Anak Berpuasa. Pasti Jadi Pengen Puasa, Deh!

7. Olahraga Saat Puasa: Sit Up dan Push Up

Jenis olahraga terakhir yang bisa kamu coba saat berpuasa adalah olahraga sit up dan push up. Hal ini dikarenakan jenis olahraga ini berintensitas rendah. Meskipun berintesitas rendah, jenis olahraga ini memiliki banyak manfaat seperti menjaga postur tubuh, membentuk otot perut, mengurangi risiko nyeri pinggul, dan meningkatkan fleksibilitas tubuh. Selain itu, gerakan sit up dan push up bisa menjaga stabilitas tubuh, memperbesar massa otot, juga menguatkan otot perut.

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

You might also like