Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tetap Bugar Walau Hujan, Ini Dia 10 Olahraga Saat Musim Hujan yang Bisa Dilakukan

Hujan tak boleh menghentikanmu untuk berolahraga!

Bobobox.co.id — Musim hujan seperti sekarang ini seringkali membuatmu tidak bisa melakukan olahraga favorit yang biasa kamu lakukan. Oleh karenanya, kamu membutuhkan alternatif olahraga saat musim hujan.

Dibanding hanya berdiam diri saja, waktu kosongmu akan lebih bermanfaat jika diisi dengan melakukan olahraga. Jangan sampai hujan membuat aktivitasmu olahragamu harus terhenti begitu saja.

Banyak kok olahraga saat musim hujan yang bisa kamu lakukan. Dengan melakukan olahraga saat musim ini, kamu bisa tetap bugar dan daya tahan tubuh tetap terjaga walaupun musim hujan datang.

Nah, berikut ini merupakan 10 olahraga saat musim hujan yang bisa menjadi alternatif pilihan. Kamu tinggal memilih olahraga yang sesuai dengan situasi dan kondisimu saat ini kok!

Peregangan Fisik

Olahraga saat musim hujan pertama adalah peregangan fisik. Gerakan yang satu ini sudah menjadi barang wajib untuk dilakukan agar menjaga otot tubuhmu tetap fleksibel sehingga mampu meningkatkan rentang gerak.

Peregangan fisik sendiri dikenal sebagai salah satu kegiatan yang dilakukan sebelum latihan. Hal ini demi menjaga kondisi otot agar terhindar dari cedera saat kamu melakukan olahraga saat musim hujan lainnya.

Soal gerakan, peregangan fisik ini sendiri mudah dilakukan di rumah. Kamu tak perlu ruangan yang luas ataupun bantuan alat tambahan lainnya. Jadi, jangan sampai terlewatkan ya untuk melakukannya di rumah.

@karolina-grabowska via pexels.com

Yoga

Olahraga saat musim hujan berikutnya adalah yoga. Olahraga yang satu ini bisa kamu lakukan dengan mudah di dalam ruangan. Mau itu di kamar tidur, ruang keluarga, atau di mana saja selama itu di dalam ruangan.

Sebagai olahraga yang memfokuskan latihan fleksibilitas, meditasi, dan pengelolaan stres, olahraga ini akan cocok bagi kamu yang sedang ingin mendapatkan ketenangan di tengah situasi yang tak menentu di sekitarmu.

Jika dilakukan dengan benar, olahraga saat musim hujan ini bisa membakar kurang lebih 280 kalori selama satu jam. Jadi, siapkan matras yoga, ruangan yang tenang, dan video yoga bagi kamu para pemula.

olahraga saat hujan yoga
@alexy-almond via pexels.com

Pilates

Pilates merupakan olahraga saat musim hujan selanjutnya yang bisa jadi pilihan. Sama seperti halnya yoga, kamu pun bisa melakukan pilates di rumahmu tanpa kendala yang berarti.

Secara jenis gerakan, kedua olahraga tersebut sendiri bisa dikatakan serupa. Hal yang membedakan dari keduanya adalah pilates lebih menekankan pada penempaan stamina tubuh dan memperbaiki postur tubuh.

Dengan fokus yang berbeda, manfaat yang dirasakan pun akan berbeda. Latihan pada olahraga saat musim hujan ini dapat mengencangkan otot tubuh, meningkatkan sirkulasi darah, dan memperlancar pernapasan.

@gustavo-fring via pexels.com

Latihan Kalistenik

Mungkin kamu relatif asing dengan nama olahraga saat musim hujan kali ini. Padahal, kamu sendiri sebenarnya sering melakukan beberapa gerakan dari latihan kalistenik saat berolahraga.

Latihan kalistenik sendiri merupakan latihan yang berfokus pada beban tubuhmu sendiri. Dengan fokus pada tubuh, gerakan-gerakan pada latihan ini tak memerlukan peralatan khusus untuk melakukannya.

Beberapa gerakan yang masuk ke dalam latihan kalistenik antara lain push-up, crunch, planks, bridges, dan masih banyak lainnya. Lakukan secara rutin dan jika sudah terbiasa, kamu bisa menambah intensitasnya.

@823sl via pexels.com

Skipping (Lompat Tali)

Jika kamu menginginkan olahraga saat musim hujan yang termasuk latihan kardio, skipping merupakan pilihan tepat. Tak hanya melatih kesehatan pernapasan, fleksibilitas dan koordinasi anggota tubuh pun mampu terlatih.

Hal tersebut tentu tak mengherankan. Pasalnya, gerakan dari olahraga ini melibatkan hampir semua anggota tubuh. Lengan, bahu, punggung, paha depan, dan otot perut harus bisa dikoordinasikan dengan baik.

Untuk melakukannya di dalam ruangan, kamu membutuhkan tempat yang relatif luas untuk melakukan olahraga saat musim hujan ini. Melakukan lompat tali selama satu jam dapat membakar 560 kalori, lho!

@cottonbro via pexels.com

Latihan Aerobik

Latihan aerobik menjadi pilihan olahraga saat musim hujan lainnya. Pilihan latihan aerobik yang bisa dilakukan pun cukup beragam. Mulai dari aerobik, zumba, hingga menari sambil memutar lagu adalah pilihannya.

Olahraga saat musim hujan ini pun termasuk salah satu olahraga yang asyik untuk dilakukan. Pasalnya, kamu bisa mendengarkan musik pengiring saat kamu melakukan gerakan yang mengikuti ritme musik.

Selain menyenangkan untuk dilakukan, latihan aerobik ini pastinya bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat olahraga ini untuk tubuh antara lain menurunkan berat badan, menjaga tekanan darah, serta mengencangkan otot.

@gustavo-fring via pexels.com

Lari di Tempat

Lari merupakan salah satu olahraga favorit banyak orang. Di musim hujan seperti sekarang ini, rasa malas akan hujan yang turun dan kemungkinan sepatumu kotor menjadi beberapa alasan akhirnya tidak jadi lari.

Alternatif lainnya adalah melakukan lari di dalam ruangan. Olahraga saat musim hujan ini bisa dilakukan dengan beberapa cara. Kamu bisa melakukannya dengan lari di tempat ataupun lari di treadmill.

Lakukanlah olahraga saat musim hujan ini selama 30 menit. Dalam waktu 30 menit lari di tempat, olahraga tersebut mampu membakar kalori sebanyak 215 kalori. Jumlah yang cukup banyak untuk sekali olahraga.

@willpicturethis via pexels.com

Angkat Beban

Kamu bisa melakukan latihan memperkuat otot juga selama musim hujan seperti sekarang ini. Olahraga saat musim hujan ini bisa kamu lakukan di rumah atau jika tidak, kamu tinggal datang ke gym terdekat.

Latihan memperkuat otot seperti angkat beban bisa dilakukan dengan satu set dumbbell saja. Bahkan, kamu bisa memanfaatkan barang-barang yang ada di rumah seperti botol bekas yang diisi oleh air.

Jika kamu ingin alat-alat yang relatif lengkap, tempat gym menawarkan kelengkapan fasilitas. Kamu tinggal memilih ataupun mengatur bebannya sesuai dengan kemampuanmu.

@olly via pexels.com

Renang

Sebagai salah satu olahraga untuk kesehatan mental, renang sendiri termasuk olahraga yang tepat untuk dilakukan di akhir pekan. Namun, musim hujan mungkin menyurutkan niatmu untuk melakukannya.

Nah, kamu pun masih tetap bisa melakukan olahraga saat musim hujan ini. Cara mengatasinya adalah dengan memilih kolam renang indoor terdekat yang ada di kota di mana kamu tinggal.

Dengan lokasinya di dalam ruangan, kamu tak perlu khawatir kehujanan saat berenang. Soal manfaat, memperkuat otot kardiovaskular dan mengendalikan gula darah dalam tubuh adalah beberapa di antaranya.

@ajaybhargavguduru via pexels.com

Futsal dan Olahraga saat Musim Hujan Lainnya

Olahraga saat musim hujan yang masih bisa dilakukan terakhir adalah futsal. Sebenarnya, futsal bukan satu-satunya olahraga yang direkomendasikan untuk dilakukan di musim hujan seperti sekarang ini.

Kamu pun bisa memilih olahraga lainnya. Hal terpenting yang mesti diperhatikan adalah olahraga tersebut bisa dilakukan di tempat indoor. Badminton, basket, dan masih banyak olahraga indoor yang bisa dipilih.

Berbagai olahraga saat musim hujan tersebut tak hanya mampu menyehatkan tubuh saja. Kamu pun bisa menikmati momen bercengkrama bersama teman-temanmu setelah beres melakukan olahraga.

apnew0-1021580 via pixabay.com

Menginap sehabis Berolahraga? Ya di Bobobox

Sehabis berolahraga, kamu tentu membutuhkan kenyamanan yang mumpuni. Hal tersebut demi terisi kembali energimu secara maksimal untuk beraktivitas di keesokan harinya.

Salah satu penginapan yang memberikan kenyamanan mumpuni adalah Bobobox. Fasilitas seperti pod yang luas dengan kasur dan bantal yang empuk siap memberikan apa yang dibutuhkan oleh tubuhmu.

Pemesanan bisa dilakukan melalui aplikasi Bobobox yang bisa diunduh secara gratis di sini. Untuk melihat-lihat interior Bobobox, kamu bisa mengaksesnya dengan mengklik link ini.

You might also like